Jengah !

 

Motor di Indonesia

 

Guru sekolah saya pernah mengajarkan : Indonesia adalah negara yang kaya akan suku, kultur budaya, dan keberagaman diantara masyarakatnya… Dari ujung Sabang sampai Merauke, Terbentang lebih dari 17.504 pulau, 1.340 suku bangsa, yang menghiasi sekitar 252 juta jiwa penduduk tanah air…. Wuih, Sungguh luar biasanya negeri kita tercinta ini. Tapi wait, Kali ini EA’s Blog nggak pengen ngajar pelajaran geografi koq, Bukan keahlian saya juga soalnya, hahahaa… Tapi bakal kita hubungkan dengan sepeda motor juga… Apakah keberagaman masyarakat kita yang luar biasa ini juga diimbangi dengan keragaman jenis motornya ??

 

Motor di Indonesia

 

Supaya jelas, EA’s Blog sudah pernah membahas berbagai genre sepeda motor mulai dari yang paling mungil hingga yang paling besar, dari yang paling terjangkau, hingga yang super-duper mahal nan eksotik… Diantaranya ada Skuter, Naked Bike / Streetfighter, Sidecar, Sportbike, Touring Bike, Sport Tourer, Cruiser, Cafe Racer, Dual-Sport dan Adventure Bike… Itupun belum ditambah dengan genre lainnya yang belum sempat EA’s Blog bahas, seperti Underbone (Bebek), Dirt-Bike, Classic, Supermoto, Scrambler, dll. Brosist bisa pelajari segala kekurangan serta kelebihannya di masing-masing artikel tersebut… Dijamin nggak nyesel deh bacanya ! #pedeWah, Banyak juga ya ternyata jenis motor di dunia ini ??

Sekarang pertanyaan nya : Apakah semua genre motor tadi sudah ada, dijual dan diproduksi di Indonesia ?? Eh, Jangan muluk-muluk deh, Produsen kita kan terkenal pelit #ups… Apakah 50% dari semua genre motor yang disebutkan tadi sudah ada ??

 

Motor di Indonesia

 

Oke, EA’s Blog coba bantu jawab ya… Sekarang genre motor mainstream yang ada di pasaran yakni Skuter, Underbone, Naked-Bike & Sportbike. Sementara jenis motor seperti Classic, Dual-Sport, Cafe-Racer, dan Supermoto sebenarnya juga sudah ada, Tapi pemain nya hanya 1-2 produsen saja. Itupun ada yang pemain yang masih anak bawang… Jadi, Ya makin jarang aja deh. Sementara untuk genre yang lainnya gimana tuh Kang Eno ?? Sepertinya Brosist harus tidur lebih nyenyak lagi, untuk mendapatkan kualitas mimpi yang lebih baik… 🙂

Sekalinya ada dari produsen kenamaan, Harganya langsung melambung bak tendangan pemain sepak bola Indonesia… Seperti di Kasus Kawasaki KLX150, Yamaha WR250R Dual-Sport dan Estrella 250 Classic… Oiya, Untuk jenis Moge atau “Motor Gede” diatas 250cc jelas nggak bakal EA’s Blog ikut sertakan di artikel ini, Karena nggak semua lapisan masyarakat bisa memiliki motor berharga ratusan juta tersebut. Jangankan mempunyai, Buat bermimpi pun kadang rasanya pahit… #curhat

 

 

 

Well… Yang luar biasa lainnya dari masyarakat Indonesia (atau dalam hal ini pengguna sepeda motor / bikersnya), Banyak diantara mereka yang memodifikasi tunggangan nya menjadi sosok genre motor lain… Ada yang mengubah Naked-Bike jadi Classic / Scrambler, Naked-Bike jadi Adventure, Sportbike jadi Sport-Tourer, bahkan sampai Skuter & Underbone (bebek) yang diubah jadi Motor Touring pun ada… Banyak ! Bahkan kadang biaya modifikasinya setara dengan harga motornya sendiri, Malah nggak jarang juga yang sampai lebih !!

Sebuah hal yang luar biasa, sekaligus jadi ironi yang pahit… Jadi luar biasa lantaran Kreatifitas bikers dan modifikator Indonesia yang layak diacungi jempol ! Namun jadi ironi yang pahit lantaran Produsen kita sendiri nggak mampu melihat, mendengar dan merasakan kebutuhan konsumennya… Anyway, Pabrikan punya orang luar sih, tapi seenggaknya di Indonesia. So, Siapa yang sudah Jengah dijejali genre motor yang itu-itu aja ?? Angkat Kakinya… #eh maksudnya Angkat Komentarnya !

 

” Every story I read is Google vs someone else. That’s boring ! We should be focusing on building the things that don’t exist. ” – Larry Page, Pendiri Google –

 

 

 

 

Baca juga Pemikiran EA’s Blog yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Sinetron Anak Jalanan

Sinetron Anak Jalanan itu Ngeselin Juga…

 

Barry Sheene vs Kenny Roberts

Belajar dari Duel Kenny Roberts Sr. vs Barry Sheene…

 

Ninja 4 Tak

Maneater !

 

Berita Konyol MotoGP

Ini MotoGP, Bukan Balap Liar !

 

CBR150R CBU Repsol Edition

Produk Edisi Livery Spesial, Kebanggaan atau Kemahalan ?

 

Rossi Fast Bike

Valentino Rossi Effect ! Sebuah Perspektif…

 

Brough Superior SS100

Kita Meninggalkan Era “Kuda Besi”…

 

Metode Kredit PCP

Metode Pembelian Motor Secara PCP, Mungkinkah Diterapkan di Indonesia ?

 

Honda Lightweight Supersport Concept

Revolusi Desain Sport Honda Semakin Dekat ?

 

Livery 60th Anniversary Yamaha

Fakta Dibalik Livery 60th Anniversary Yamaha !

 

Indonesia Berkibar

Apakah Indonesia Butuh Perang ?

 

Honda Super Cub 4

Motor Bebek Perlu Tetap Dilestarikan, Ini Alasannya !

 

Ekspektasi vs Realita

Kehidupan Bermotor : Ekspektasi vs Realita !

 

 CB Jadul 9

Ini Dia Alasan Untuk “Setia” dengan Motor Brosist !!

 

Vario 150 Byonic Red

 Cicilan Motor Belum Lunas, Ehh Sudah Ada yang Baru Lagi…

39 comments

  1. Kang Eno,
    Maap nih..
    Kok Sonic di foto di atas dimasukkin di jajaran bebek/underbone bareng MX King dan Satria FU??
    Kan kata AHM, Sonic itu masuknya kelas sport barengan CB150 & V-ixion?
    #eh 😛

  2. Bahas motor2 imoet aje Kang. Lagi ngetrend. Kalo perlu bahas historical Pocket Bike alias motor dendi. Dulu gw kecil tiap minggu naek begituan di Ancol, sirkuitnya di sirkuit mobil RC, depan teater mobil. Gw jadi pengin beli satu nih, pajang di tembok digantung keren juga… 😀

  3. saya termasuk yang merasakan kejengahan yang sama #ceile

    Bosan gitu ngeliat launching motor ‘baru’ selalu motor mainstream.
    Kenapa AHM tidak menghidupkan ‘CB klasik’ dengan basic megapro atau verza atau CB150R sekalian biar jadi retro modern?
    Atau kenapa YIMM tidak berhasrat menghidupkan Scorpio dengan ganti body ala Scrambler atau Cafe Racer?

    Padahal kalo kita amati dunia kustom dan modifikasi, motor-motor seperti megapro/tiger, verza, scorpio, termasuk yang paling banyak terkena jamahan tangan terampil dan kreatif untuk dijadikan motor klasik/retro, Enduro, Scrambler, Bratstyle, Adventure/Trail, Cafe Racer, Street Fighter, You name it..

    Belum lagi fenomena member club motor batangan seperti Vixion, CB150R, Thunder dll yang gemar sekali memodifikasi tunggangan mereka menjadi Sport Tourer/Adventure.

  4. Sport Tourer / Adventure 150 cc yang paling ditunggu Kang. Menurut saya padahal cukup gampang buat AHM atau YMII, tinggal kasih tuh Reog di CB150 atau Vixionnya. Ditambah setting suspensi, kalau gak mau setting ulang karakter mesin.

    suka gregeten juga sama duo japan itu #curhat

  5. kang sy kok malah inget perusahaan modifikasi tapi dr pabrikan langsung, mirip brabus atau amg di mercy, beda pasar sih…. misal yamaha bikin y-art atau honda bikin ahm-mod buat bikin motor standar jadi modif level pabrikan dan semi masal, harga bisa ditekan… selama ini ada beberapa dealer bikin trail di kalimantan atau modif gp di bogor, tapi kan modalnya motor utuh + modifikasi jelas jatuhnya mahal, gimana kang mimpi ane?

  6. kayak nya sih ..bakal ada beberapa motor di masa mendatang yg bakal melepas kejengahan kang eno… yamaha dg streetfighter nya n kawasaki dg seri klasik yg under 200cc nya.. perlu di ingat.. perkembangan otomotif indonesia baru berkembang setelah tahun 2000an.. vixion yg fenomenal aja.. baru lahir tahun 2006 kalo g salah… itu aja udah di bilang pendobrak oenghancur tiger… perlu waktu agar segala selera masyarakat dapat terpenuhi oleh pabrikan… melalu diferensiasi produknya… trail 150 cc buatan H n Y .. tunggu Y duluan nanti jg H ikut buat

  7. Yhaa namanya juga tinggal di Indonesia, saya pribadi suka honda tapi ga suka A*M, suka yamaha tapi ga suka Y*I. Jaman sekarang semua orang udah melek informasi, gimmick2 remeh ga bakalan guna, apalagi kalo masih batu sama suara konsumen, mati sadja~

    Hidup kendaraan umum!!

  8. Yhaa namanya juga tinggal di Indonesia, saya pribadi suka honda tapi ga suka A*M, suka yamaha tapi ga suka Y*I. Jaman sekarang semua orang udah melek informasi, gimmick2 remeh ga bakalan guna, apalagi kalo masih batu sama suara konsumen, cuman ngandelin loyalitas, komunitas yang kuat blablabla, tapi ga ngeluarin produk yang kompetitif, mati sadja~

    Hidup kendaraan umum!!

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s