Ini Dia 5 Generasi Yamaha YZF R1, Berikut Para Desainernya !!

 

Yamaha YZF R1 Generations

 

Yamaha YZF R1 adalah Sportbike Flagship dari Yamaha, yang sejak pertama kelahirannya sudah identik dengan eksotisme tingkat tinggi… Bahkan, dari beberapa literatur yang EA’s Blog baca, banyak yang mengkaitkan Superbike Pabrikan Garputala ini dengan motor Italia dengan desain sophisticated nya. . . Nah, Demi merayakan kelahiran versi terbaru YZF R1 2015, Yamaha ternyata juga membuat sebuah video singkat tentang berbagai Generasi Superbike ini tuh Brosist… Bahkan, Lengkap dengan para desainer nya juga ! Penasaran ? Yuk, Kita Intip bareng-bareng… Cekdisot !

 

Yamaha YZF R1 Generasi Pertama (1998 – 2001)

 

 

Yamaha YZF R1 1998

 

Inilah dia generasi pertama Yamaha YZF R1 yang pertama kali diperkenalkan tahun 1998 silam… Sosoknya sangat identik dengan warna Merah – Putih, yang melekat di sekujur bodinya. . . Evolusi terbaru dari versi sebelumnya, Yamaha YZF1000R Thunderace ini didesain oleh seorang Desainer yang super berbakat dalam menelurkan berbagai motor Eksotis, Kunihiko Miwa ! Tak hanya YZF R1… Pria murah senyum ini juga adalah orang yang bertanggung jawab atas eksotisnya desain Yamaha TZR250SP, YZF R6 Edisi Pertama, dan beberapa motor Eksotis Yamaha lainnya !

 

Yamaha YZF R1 1998 2 Yamaha YZF R1 1998 4

 

YZF R1 Generasi Pertama ini dikenal sebagai awal mula eksotisme Superbike Pabrikan Garputala… Tak hanya eksotis, R1 1998 tersebut juga mengusung berbagai teknologi Inovatif, dan beberapa diantaranya adalah Original ala Yamaha…. Sebut saja Alumunium II Deltabox Frame, Genesis 5-Valve Engine (DOHC 20-Valves) & Teknologi Powervalve 4-Tak Original Yamaha EXUP. . .

 

 

Yamaha YZF R1 Generasi Kedua (2002 – 2006)

 

 

Yamaha YZF R1 2002 2

 

Jika Brosist menganggap desain YZF R1 gen awal tadi kurang sedap dipandang mata (karena memang lansiran hampir 2 dekade silam), Maka lihatlah YZF R1 generasi kedua ini. . . Yup, Kali ini R1 hadir dengan tampilan yang lebih sharp, dinamis, dan tentunya beraura Superbike tulen, yang saat itu diklaim merupakan perwujudan versi jalanan Yamaha YZR M1 MotoGP… Ciri khas yang kentara dari Superbike Millenium Pabrikan Garputala ini adalah Livery Kenny Roberts (Kuning-Hitam) yang melegenda. . . Dan Pria dibalik desain mumpuni Superbike ini adalah Yoshikazu Koike, yang dulunya merupakan Desainer + Project Leader R1 generasi kedua. . .

 

Yamaha YZF R1 2002 3 Yamaha YZF R1 2002 4

 

Tak hanya sektor desainnya yang berubah, Tapi juga dengan beberapa detailnya… YZF R1 2002 ini sudah dibekali dengan Frame terbaru Alumunium Deltabox III, Diasil Cylinder, RAM Air Intake, plus Knalpot “gambot” berbahan Titanium demi meminimalisir bobot & panas berlebih. . . Sektor mesinnya juga terdapat update siginifikan, Karena inilah YZF R1 pertama yang menggunakan teknologi Fuel-Injection, meninggalkan Karburator Mikuni di edisi sebelumnya. . .

 

 

Yamaha YZF R1 Generasi Ketiga (2007 – 2009)

 

 

Yamaha YZF R1 2007 4

 

Tak ada yang banyak berubah selama 5 tahun Yamaha YZF R1 gen kedua menuju ke generasi ketiga ini… Beberapa updatenya hanya seputaran pernik kecil, dan beberapa update livery yang khas ala Yamaha. . . Namun, Ada satu hal yang berubah signifikan dari generasi ketiga ini, Yaitu perubahan di sektor Bodykit yang jauh lebih seksi dibanding edisi sebelumnya… Selain itu, Inilah YZF R1 pertama yang memperkenalkan Knalpot Undertail alias dibawah Jok. . . Seperti yang pernah EA’s Blog bahas di Artikel Perkembangan Knalpot, Model penyalur gas buang ini memungkinkan ability cornering untuk lebih dimaksimalkan. . . Dan pria yang bertanggung jawab di edisi ketiga R1 ini adalah Makoto Shimamoto. . .

 

Yamaha YZF R1 2007 5 Yamaha YZF R1 2007 2

 

Berbeda dibanding sektor facia yang tak terlalu banyak berubah, Sektor detail nya justru banyak terdapat update dibanding versi sebelumnya. . . Kali ini, Yamaha YZF R1 generasi ketiga sudah dibekali dengan Teknologi Casting Alumunium terbaru dari Yamaha, Controlled-Fill Alumunium yang terdapat di Frame Deltabox baru & Swingarm nya… Selain itu, YZF R1 generasi ketiga ini juga sudah dibekali dengan Model RAM Air terbaru bergaya YZR M1 MotoGP, plus Kaliper 6-Pots Disc Brake layaknya YZF750R. . .

Sektor mesinnya juga ikut banyak mengalami Update… Jika sebelumnya Yamaha mempercayakan teknologi originalnya (Genesis+EXUP) yang sudah bertahun-tahun melekat di Superbike Flagship mereka. . . Kali ini, Yamaha mempercayakan mesin Inline-Four, DOHC 16-Valves, plus Yamaha Chip Control Intake (YCC-I) & Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T) di sektor mesinnya. . .

 

Lanjutkan Membaca >> Yamaha YZF R1 Generasi Ke-4 & Ke-5 (2015) !!

Β 

30 comments

  1. sosok superbike jepang yg sering dibilang memiliki taste eropa ya kang? gen 4 masih megang buat masalah desain. knalpotnya dan lampunya itu yg bikin demen mandanginnya berlama lama. kalo di compare sama fireblade, seru kali ya kang.

  2. kalo cuma liat model, generasi ke 4 yang paling oke..
    lha yank dipake ben spies pas juara superbike dulu pake gen ke 3 ato ke 4 ya??

  3. masih suka yg gen 5…ntah knpa…mungkin karena klo diliat lbih ramping…pernah naikin yg gen 3…ya ampun mbleber bgt nglebar ke samping…tumpe tumpe wakakakakaka…

  4. 4 dan 5 the best R1 ever,tapi paling top of the top ya ke 5,asal ga pake lampu bulet itu… Harusnya cukup pake yang atas aja

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s