Jenis Sepeda Motor : Naked-Bike & Streetfighter, Lahirnya Sepeda Motor Modern !

 

AJS Leslie Graham

AJS Porcupine, Juara Pertama Kali GrandPrix kelas Premier

 

Berbicara tentang sepeda motor, Tentunya ada banyak jenis serta karakteristik disana. . . Perkembangannya dimulai dari Motor dengan mesin sederhana, Sepeda dengan Mesin (Japanese), Hingga Sportbike yang kencang & canggih pun sudah hadir mengisi belantika roda 2 dunia. . .

Nah, Kali ini di Artikel Spesial EA’s Blog, Kita akan membahas tentang Jenis-jenis sepeda motor yang pernah berkembang dan eksis di penjuru dunia. . . Apa saja, dan Bagaimana sejarah perkembangannya ?? Yuk kita intip sama-sama Brosist. . . Cekidots !!

 

Sejarah Perkembangan Naked-Bike !

 

 

821 6

Ducati Monster 821, Modern Naked-Bike !

 

 

Naked-Bike atau yang sering disebut sebagai Standard-Bike / Roadsters, adalah Jenis Sepeda motor modern yang tertua di dunia. . . Model ini awalnya beken di seantero Eropa & Amerika, Sebagai sebuah evolusi dari motor jadul yang modelnya lebih simple. . . Sayangnya, Gelontoran sepeda motor Naked-Bike Jepang ke hampir seluruh dunia di era 1960 – 1970’an, Membuat banyak persepsi orang berubah saat berbicara tentang asal-usul motor telanjang ini. . .

Yup, Hal itu dikarenakan Sepeda motor Naked-Bike asal Jepang yang sesungguhnya meng-copypaste motor-motor eropa ini, justru tampil lebih keren, canggih & futuristis. . . Apa yang dilakukan oleh Pabrikan Jepang lewat motor UJM nya (Universal Japanese Market), Sedikit banyak telah mempercepat Evolusi motor Naked hingga seperti yang kita lihat saat ini. . .

 

CB7502

Honda CB750 Inline-Four !

 

Pabrikan Jepang pertama yang sukses lewat Motor Naked-Bike nya adalah Honda, Lewat Honda CB750 4-Silinder nya yang melegenda. . . Kesuksesan Honda ini, Membuat Kawasaki juga mencoba peruntungannya lewat Kawasaki Ninja GPZ900 (Ninja 900) di tahun 1984. . . Nah, Kehadiran Ninja GPZ900 yang sempat menghebohkan dunia lewat Styling Full-Fairing  ini membuat perkembangan Sport Full-Fairing semakin membabi-buta, Meninggalkan Naked-Bike yang seakan-akan tampil Out of Date. . .

 

Z1 Ride

Kawasaki Z1, The First Kawasaki Z-Series !

 

 

Namun, Siapa yang peduli ? Prakteknya di lapangan, Naked-Bike tentu jauh lebih ringkas & praktis ketimbang Motor Full-Fairing. . . Naked-Bike juga dibekali posisi ergonomi yang lebih nyaman ketimbang motor yang disebut Sport tulen tersebut. . . Oleh karena itulah, Naked-Bike kembali terlahir dengan sosok anyar yang tak kalah dengan Sport Fairing. . .

Yup, Dengan tambahan styling yang lebih catchy & teknologi yang tak kalah dibanding Full-Fairing, Di akhir era 80-an Naked-Bike is Back !! Malahan, Naked-Bike saat itu justru beralih menjadi sosok yang dibekali teknologi Sport Tulen, Namun juga mengusung Tampilan Maknyus & Ergonomi bersahabat. . .

Bahkan, Ada juga yang dibuat berdasarkan (Basic) Sosok Sport Full-Fairing kemudian Fairingnya dilepas, ditambahkan stang model fatbar, plus mesinnya dituning ulang loh Brosist. . . Di era Modern ini Jenis itu disebut Motor Streetfighter…. Alias penggabungan 2 karakter antara Sport Bike & Naked-Bike. . . Contohnya Balius ZR250, CB250 Hornet, GSF250 Bandit, TV250 Wolf, Bandit 1200, CB250F, dll. . .

 

FZ1 2001

Yamaha FZ1 EXUP Genesis !

 

 

Di Pabrikan Jepang, Honda masih setia bersama Klan CB-Series nya yang melegenda. . . Kawasaki juga masih terus mengembangkan Z-Series yang merupakan Klan Naked-Bike 4-Tak pertama dari Geng-Ijo yang melegenda. . . Sementara itu, Suzuki merubah generasi Baru GS-Series (Naked-Bike Suzuki Lawas) dalam diri Bandit-Series, Yang sempat laku keras di Amerika. . . Terakhir, Yamaha membuat sebuah perubahan besar di Kancah Naked-Bike bersama Klan FZ-Series nya yang (saat itu) menggunakan Teknologi EXUP & Yamaha Genesis. . .

 

 

Kelebihan Naked-Bike !

 

 

Bandit 1200 Ride

 

Naked-Bike disamping segala keterbatasannya, Ternyata juga memiliki kelebihan yang tak bisa dilirik sebelah mata loh Brosist. . . Naked-Bike tentu saja memiliki keunggulan banyak di Aspek Ergonomi, Praktis, Simple & tentunya Lebih Terjangkau ketimbang Jenis Motor Sport Fairing, Dual-Purpose,  ataupun Adventure. . . Yuk, Kita intip kelebihan Naked-Bike Brosist !

 

 

Ergonomi : Perpaduan Dua Tipe

 

Dari Aspek Ergonomi, Naked-Bike mencomot perpaduan antara Sporty nya motor Full-Fairing & Rileks nya Cruiser-Bike. . . Dengan posisi Setang yang masih berada di Sudut Nyaman, Naked-Bike seringkali dianggap sebagai Motor Serba Bisa, Karena selain mampu menemani aktifitas sehari-hari tanpa harus mengorbankan style, juga mampu diajak Touring jarak jauh karena faktor kenyamanan-nya. . .

 

 

Styling : Ringkas, Ringan & Keren !

 

Naked-Bike hadir tanpa adanya Fairing yang melebar di sisi kanan/kiri Motor tersebut. . . Meski kadang dibekali sedikit fairing kecil plus windshield (Half-Fairing), Namun ukurannya tak sebesar motor Full-Fairing/Adventure Dual-Purpose, dan hanya sebatas melindungi pandangan Bikers saja. . .

Efeknya, Motor juga terasa ringkas dan ringan tuh Brosist ! Dengan Naked-Bike, Brosist tak perlu ragu lagi untuk selap-selip di antara kemacetan, yang seakan sudah menjadi rutinitas di kota besar tanah air. . . Selain itu jika mampu diekspose pabrikan dengan baik, Frame & Mesin milik sebuah motor Naked-Bike bisa menjadi sebuah estetika tersendiri loh Brosist. . . Apa lagi mesin Multi-Silinder ! Hmmm, Keyeeennn 😀

 

 

Harga : Paling Terjangkau !

 

Berbicara tentang harga, Sudah barang pasti Naked-Bike adalah yang termurah diantara jenis motor yang ada di penjuru dunia. . . Jika tak percaya, Coba saja Brosist bandingkan harga motor Naked-Bike, Streetfighter, Cruiser, Dual-Sport Adventure & Full-Fairing yang sejenis dan lihat hasilnya. . .

Sebagai contoh, Brosist bisa lihat di Keluarga Honda, Antara Honda Tiger (Naked), CB150R (Streetfighter), CBR150R (Sport) & Phantom 200 (Cruiser)…. Mana yang Paling Terjangkau ?? Tentu jawabannya CB150R & Tiger 200 bukan…. ?

Tak hanya itu, Bahkan yang sama juga terjadi di seteru abadinya alias Yamaha loh Brosist !! Nah, Sisa uang hasil pembelian Naked-Bike, Tentu bisa digunakan untuk modal membeli sembako modifikasi kan ?? Keren deh !!

 

 

Well. . . Naked-Bike tentu saja tak mampu dianggap sebelah mata, Meskipun kini eksistensinya mulai tergerus oleh Sport Full-Fairing & Streetfighters, yang dibekali performa & teknologi tinggi. . . Karena sebenarnya, Salah satu sosok Genre Motor yang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun silam ini ternyata memiliki keunikan, nilai historis & kelebihannya tersendiri. . .

So, Bagi Brosist yang memiliki Naked-Bike dan belem berkesempatan berpindah ke lain genre, Jangan Berkecil Hati ! Berbanggalah, Karena Brosist para User Naked-Bike adalah salah satu pengguna Jenis Motor modern pertama di Dunia !!

 

So, Naked-Bike or Streetfighter ? Be Wild !!

 

 

Jiajue N10 CBR250R Naked 7

 

Baca juga yaa Brosist. . .

 

Pilih Naked-Bike ? Why Not !! Ini Dia Alasan Mengapa Brosist Memilih Naked-Bike !

Pilih Naked-Bike, Full Fairing atau Cruiser ?

Suzuki TV250 ‘Wolf’ , Saat Gamma Melepas Bajunya !

Suzuki GS1100, Superbike Flagship Suzuki, Tercepat di Eranya !!

Modifikasi Honda CBR150R Ala Naked-Bike, Mantap Joss !!

Kawasaki ZR250 (Balius), Sport-Tourer Dengan Teriakan Bengis !!

Honda CB250F Hornet, Generasi Terbaik CB250 – Series !!

Suzuki Bandit 250 (GSF250), Tourer Ganas Pencuri Hati Bikers !

Benelli Sei 750, Inline-6 Silinder Taste of Italia

Suzuki Stratosphere, Naked-Bike Inline 6 Silinder Aroma Modern !!

Sumber Referensi : The Idiot Guide of Motorcycling

Iklan

30 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s