Spesial : The Story of Legendary Ninja 150 !

 

 

 

 

Ninja 150 Generations

 

 

Holla Brosist. . . . Puji Syukur EA panjatkan karena kita masih bisa berkumpul bersama di Artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Nah, Kali ini yang akan menjadi korban #ehh pembahasan adalah Jagoan 2-Tak yang legendaris dari Kawasaki, Yaitu Ninja 150 – Series. . .

Speedlovers mana sih yang tak kenal dengan motor yang satu ini, Sosoknya yang terkenal dengan “Jambakan Setan” plus mampu menembus jaman, Seakan membius berbagai generasi speedlovers di Tanah Air. . . Sebelum Era Ninja 250-Twin merebak di tanah air 2008 silam, Sosok Ninja 150 inilah yang menjadi tulang punggung utama bagi Kawasaki untuk menancapkan taringnya di dunia Sport Indonesia. . .

Terinspirasi dari Kisah Sang Ninja yang sebentar lagi “terpaksa” mengakhiri masa edarnya di Tanah Air, Maka waktunya EA’s Blog kembali mempublish artikel Spesial tentang Generasi Ninja 150 ini. . . So, This is : The Story of Ninja 150 ! Cekdisott Brosist. . . .

 

 

1. Kawasaki KR-150 Series

 

 

KR150 SP

 

 

Bisa dibilang, Motor ini adalah mbah buyut sekaligus generasi paling jadul dari Ninja 150 yang berpenampilan serba minimalis. . . Yap ! Namanya adalah Kawasaki KR-150 R yang dulu diperkenalkan Kawasaki pada awal tahun 90-an di Negeri Gajah Putih, Thailand. . . Coba Brosist perhatikan gambar KR-150 R diatas. . . Decal Striping nya sangat mirip Ninja 2-Tak paling bengis yaitu KR-1S yang bermesin 250cc Brosist !! Tak heran sih, Karena memang KR-150 ini adalah versi Mini dari sang kakak yang punya Power Super Maknyuss. . .

 

KR150-SP

 

Di sisi desainnya, Hampir tak ada yang spesial ya Brosist. . . Kecuali Model Tromol Depan & Frame Twinspar-nya yang hingga kini kita temukan di Generasi Teranyar Ninja 150 R. . . Selebihnya, KR-150 R masih dibekali body dengan lekukan kotak-kotak dengan sudut yang membulat ala Motor era 90-an. . .

 

Meski berpenampilan Minimalis, Namun jangan sekalipun meragukan spesifikasi mesinnya ya Brosist !! Meski hanya dibekali Powervalve sebatas KIPS saja, Namun Motor 150 cc yang punya Spesifikasi Teknis Identik dengan Ninja 150 terbaru ini mampu memuntahkan output Power hingga 34 PS @ 10.000 RPM loh Brosist !!

Bahkan pada edisi terakhirnya yang diberi label KR-150 SSE, Powernya mampu mencapai 36 PS @ 10.500 RPM, Berkat tambahan Super KIPS. . . Super KIPS inilah yang selanjutnya akan menjadi andalan Kawasaki untuk mendongkrak tenaga sang Ninja, Bahkan hingga era terbaru seperti saat ini. . .

Tercatat ada beberapa versi KR-150 yang sempat beredar, Seiring dengan perkembangan jaman saat itu. . . Versinya Antara lain :

– KR-150 R (KIPS, Velg Spoke/Jari-jari)

– KR-150 SP (KIPS, Velg Cast/Racing)

– KR-150 SSE ( Super KIPS, Velg Cast Enkei Palang 3, Stabilizer Stang)

Detail tentang perubahan KR-150 dari masa ke masa, bisa Brosist lihat pada gambar di bawah ini. . .

 

 

KR - Generations

 

 

Kawasaki KR-150 Series Generations

 

 

 

Selanjutnya >> Kawasaki Serpico Series

64 comments

  1. kenapa chasis serpico gak dipake di ninja rr modern ya, malah pake turbular. padahal saingan nya nsr, tzm, rgv pake twin spar deltabox semua

  2. ane jg udah pny mas bro,,,sblm discontinue ane kandangin 1 tuh.
    oiya maap nih koreksi dikit kl blh,super kips itu bkn utk mendongkrak tenaga tp hny utk sbatas agar lebih efisien di putaran bawah,sebab di rpm bawah katup kips menutup,itu utk lbh hemat bbm,tp stlh 7rb keatas itu katup br membuka,keluarlah karakter aslinya 2stroke.
    blh dibandingin ninja yg blm kips&kips,,tarikan awal pst lebih sadis yg blm kips tp y itu konsumsi bbm nya lbh boros yg blm kips.
    tdk smua pemilik ninja 2stroke ngebut mulu kn?
    just my opinion,,maap kl salah 😀

  3. Ini yg paling ajib dari seri ninja khas dengan balutan warna gold PDK dblok cilynder untuk membendung nsr sp,rgv,tzm.hingga sekarang masih jadi buruan blok cilynder serpico.sayang malah yg bertahan lama ninja bukan serpico series dnegara ini.hanya dnegara labu SIAM aja.

      • Iya jg. Tp masih serem rx king kalo full tune gigi 4 masih bisa ngankat plus tiap pindah gigi ngangkat terus saking entengnya masbro

      • Iya tp blom pnh. Yg ada dulu wkt jama. Kuliah pintanya ninja 150 s di porting+reamer+papas head+ bobrok knalpot standar bisa mentok 200km/jam versi speedometer dlm jarak 1,1 km tp bensin sehari sekali isinya WEW.. mana itu cms nenggak premium, pake pertamax malah ga sampe.. 😀

      • Iya. Tp klo mas mo beli NSR mending beli NSR thn 96 trus tinggal beli blok komplit SP sama pengapian SP plus karbu pwk28 cuma tgl setting bisa kenceng ga perlu di oprek, plus body lebih enteng cma modif radiator biar ga kepanasan mesinnya.

  4. Baru baca artikel ini gara2 baru tau istilah serpico, jd pengen tau sejarahnya si RR. Tadi pagi, sepanjang jalan berangkat kerja dr bogor ke bintaro, ktm sekitar 3-4 Ninja 150. Yang menyedihkan adalah semua motor itu pake ban cacing…wkwkwk.. aneh memang, ketika rider RX King udh mulai khilaf dan motornya dibikin standar semua (dulu kan alay bener, tutup box samping lepas + ban cacing depan belakang), sekarang malah biker ninja 150 yg pada make ban cacing. Belom pada tobat… hehehehe

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s