Ini Dia 5 Alasan TIDAK Memilih New Honda CB150R Facelift !

 

New Honda CB150R Facelift

 

Lebih baik terlambat daripada nggak sama sekali kan ? Yup, EA’s Blog rada kelupaan euy sama yang satu ini. Dimaklumin ya, Faktor U sepertinya, hahaa… Oke, New Honda CB150R Facelift mengundang perhatian banyak orang… Saking banyaknya, Sampai-sampai penjualan bulan oktober kemarin untuk pertama kalinya mampu menjungkalkan Yamaha New Vixion Advance ! Tapi yang jadi pertanyaan terbesar nya : Apakah Sport 150cc Terbaru Honda sebagus yang kita pikirkan ??

Nah, Beberapa waktu silam (sebulan yang lalu sih) EA’s Blog sudah menjelaskan segala kelebihan & keunggulannya dalam Artikel Alasan Memilih New CBSF… Dan untuk menjawab rasa penasaran akan kelanjutan artikel tersebut, Ini dia segala kekurangan & kelemahan nya dalam Alasan TIDAK Memilih New Honda CB150R Facelift… Cekidots !

 

Build Quality

 

 

New Honda CB150R Facelift

 

Dalam beberapa hal, New Honda CB150R Facelift mengalami perbaikan disisi kualitas… Contohnya adalah sektor las-lasan yang kini sudah lebih rapi dibanding versi sebelumnya yang… ah, berantakan. Tapi, Ada beberapa hal juga yang sepertinya perlu jadi perhatian Brosist, dan juga jadi perhatian AHM selaku produsen nya.

Yang pertama adalah kualitas plastik nya yang nggak lebih baik dibanding skutik berharga 13 jutaan. Terutama bagian plastik di area headlamp, serta sambungan antara tangki-setang yang benar-benar tipis (bisa dibuktikan sendiri)… Kedua, Adalah finishing bodi New Honda CB150R Facelift. Okelah, Untuk bagian cat glossy nya sudah nampak sedikit lebih baik dibanding edisi lawas… Tapi jelas masih dibawah finishing milik kompetitor ! Yang lebih parah, untuk bagian yang bermotif kulit jeruk (tanpa cat glossy) ?? Masih memprihatinkan ! Saking parahnya, bahkan Brosist bisa bikin scratch di plastik depan tangkinya (area kunci kontak) hanya dengan pakai kuku saja… Silahkan dicoba, Tapi yang perlu digaris bawahi : EA’s Blog nggak anjurkan loh ya.

 

 

Overstroke

 

 

New Honda CB150R Facelift

 

Oke, setelah ini pasti banyak FBH yang menghujat EA’s Blog, dengan pembelaan kalau mesin yang digunakan adalah Near Square, Almost Square, Hampir Square, atau blablablabla lainnya… Tapi yang jelas, Komposisi Bore x Stroke itu cuma ada 2 jenis, Overstroke (Undersquare) & Overbore (Oversquare). Sejujurnya, Mesin baru dengan kode K56 ini nggak begitu jelek-jelek banget koq ! Malah kini akselerasi dan power Low to Mid RPM nya jauh lebih nendang dibanding versi lawas yang terkesan tanpa karakter… It’s Good, If not the best one.

Tapi ada satu hal yang annoying dari mesin satu ini. Dan itu sangat kentara, terutama bagi Brosist yang doyan Geber – Gantung RPM – Gasspol, Bak pebalap MotoGP kesiangan… Hal yang EA’s Blog maksud adalah Overstroke alias Undersquare, dimana ukuran langkah (stroke) nya lebih panjang dari ukuran piston (bore) nya… Yang menyebabkan turunnya Redline, serta limiter RPM nya sangat cepat terasa tuh Brosist. Seberapa terasa sih Kang Eno ? Kesan-kesan saya saat Test Ride New Honda CB150R Facelift mungkin bisa menggambarkan lebih jelas soal performanya.

 

 

Relatif Mahal

 

 

New Honda CB150R Facelift

 

Secara spek, Yamaha New Vixion Advance & New Honda CB150R Facelift terasa cukup berimbang… CBSF punya mesin DOHC, Sementara NVA punya Frame Twinspar, yang jadi keunggulan keduanya dan nggak dimiliki kompetitor. Tapi dari segi harga ? Beda banget tuh Brosist ! Saat artikel ini ditulis, Harga sport 150cc andalan Honda tersebut dibanderol 25,4 Jutaan, sementara seteru nya dibanderol Rp. 24,9 Jutaan saja. Perbedaannya Rp. 500 ribuan lho !

Bagi yang berdompet tebal, Selisih harga Rp. 500 ribu tadi mungkin kecil. Tapi, Mengingat pasar New Honda CB150R Facelift ini lebih ditujukan kepada “first user” atau para konsumen yang baru naik kelas dari bebek/skutik, So EA’s Blog rasa perbedaan tersebut cukup besar untuk dikategorikan sebagai salah satu kekurangannya. Sebagai perspektif, Uang Rp. 500 Rb tadi bisa digunakan untuk membeli 1 unit Helm Full-Face Lokal, atau Jaket Lokal Branded yang jelas mampu meningkatkan unsur kegantengan dan safety… Atau juga untuk uang makan siang EA’s Blog 1 bulan lebih. Dibanding menggunakan helm & jaket bawaan ? Iya kalau dapet, Toh malah terkadang “dikorupsi” dealer… #ups

 

 

Yamaha MT-15

 

 

Yamaha MT-15

 

Well, Sudah bukan rahasia lagi kalau Kompetitor sedang mempersiapkan “Counter Attack” terhadap New Honda CB150R Facelift yang konon bakal dinamai Yamaha MT-15… Bukan tanpa alasan sport terbaru Yamaha tersebut “merecoki” Artikel motor terbaru honda kali ini, Tapi memang karena ada alasannya. Dari spyshot yang beredar, Nantinya MT15 bakal mengusung desain yang agresif dan sangar, serta dibekali beberapa part yang membuat Honda CB150R Streetfire terbaru bagaikan “tertinggal 1 dekade“…

Suspensi Depan Upside-Down, Swingarm Alumunium Banana ala YZF R15, yang dibalut ala Motor Streetfighter adalah hal yang membuat ngiler user motor batangan di tanah air –  Bahkan user di kelas 250cc sekalipun, yang notabene lebih mahal… Nah, Sepertinya Brosist sekalian harus sedikit bersabar menunggu kedatangan Naked-Bike tersebut. Sambil cari tahu kelanjutan infonya via EA’s Blog…

 

 

The Beginning and The End

 

 

CB150R Streetfire vs New Honda CB150R Facelift

 

Mungkin yang terakhir ini sedikit beraroma perspektif atau psikologis, Tapi itulah yang justru kadang nggak dipikirkan yang lain… Yang jadi perbedaan EA’s Blog dan Blog-blog lainnya. Bener nggak ?? #pedebanget Tahun 2012 silam, Honda CB150R Streetfire adalah sebuah Revolusi Sport dari Honda (atau dalam hal ini AHM), dimana Gen mesin CBR150R yang legendaris, Pro-Link Suspension, serta beberapa Inovasi lainnya diwujudkan dalam versi yang relatif terjangkau oleh konsumen Indonesia… Produksinya pun dilakukan di dalam negeri, Setelah sekian lama menjadi penghuni kontainer impor dari negeri seberang. Meskipun gagal menjungkalkan New Vixion Lightning kala itu, Tapi Old CBSF tetaplah sesuatu… Sesuatu yang jadi inspirasi lahirnya New CBR150R Lokal (K45) yang akhirnya sukses besar menjungkalkan kompetitor di segmennya, YZF R15.

 

Dan entah kebetulan atau tidak, Kehadiran New Honda CB150R Streetfire juga menjadi Revolusi kedua di kancah Sport AHM… Berbekal mesin DOHC Overstroke yang diklaim generasi terbaru, CB150R Facelift juga lah yang bakal “membunuh” generasi mesin yang telah membesarkan namanya, 150cc DOHC 4-Valve Overbore, khas CBR-Series yang sudah populer di konsumen Indonesia… Yang berarti, Juga bakal merubah konstruksi mesin CBR150R K45 menjadi Overstroke (Soal K45 kita bahas di artikel terpisah) !! CBSF Facelift adalah biang kerok dibalik tenggelamnya platform mesin yang begitu populer, Sekaligus membuktikan bahwa “Motor Kelinci Percobaan” itu memang layak jadi Julukannya…

 

 

 

 

Well… Itu tadi, Segala Kelebihan & Kekurangan New Honda CB150R Facelift versi EA’s Blog… Sebagai versi terbaru, CB150R Facelift jelas punya keunggulan mutlak dibanding pendahulunya. Kaki-Kaki Gambot, Desain lebih Sporty, plus Fitur “Futuristik” layaknya Speedometer Full Digital & Lampu LED, dan sebagainya, adalah hal yang kita inginkan saat versi lawasnya masih beredar… Dan kini ada di CB150R Streetfire terbaru – yang berarti : Mantap !

Nah, Kalau EA’s Blog ditanya apakah New Honda CB150R ini bagus ? Ya jelas bagus lah, Buktinya bisa diterima dengan baik oleh konsumen kita, dengan merebut pasar sport Oktober 2015 kemarin (Data AISI)… Jadi yang menilai bukan EA’s Blog saja loh ya, Melainkan konsumen langsung… Alasannya ? Mungkin karena kita sudah terlalu bosan dengan ubahan Vixion-Series yang terkesan gitu-gitu aja – Atau bisa juga karena versi lawas nya yang terlampau inferior…

 

Kelebihan Honda CB150R Streetfire Facelift

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

New Honda CB150R Facelift

Ini Dia 5 Alasan Memilih New Honda CB150R Streetfire Facelift !

 

Sport Honda vs Yamaha

Berkat Kehadiran Sonic, Segmen Sport Honda Saingi Yamaha !

 

New Honda CB150R Facelift

Apa Aja Sih Kelebihan & Kekurangan Fisik All New Honda CB150R Facelift ?

 

New Honda CB150R Facelift

Test Ride All New Honda CB150R Streetfire, So Fun – So Good !

 

CB150R Facelift vs CBR150R K45

CBR150R Lokal (K45) atau New CB150R Facelift ?

 

CB150R Facelift & SOnic 150

Kita Memasuki Era “Overstroke”, Honda CB150R Facelift & Sonic 150R

 

2016 New Honda CBR500R

Revolusi Desain Sport Honda Semakin Dekat ?

 

New Vixion Advance 11

Honda & Yamaha Saling “Meniru” !

 

CBR250

Ini Dia Alasan Mengapa Anda Memilih New Honda CBR250R !

 

Spacy with Eno

Ini Dia Alasan Untuk “Setia” dengan Motor Brosist !!

 

Yamaha MT25

Ini Dia Alasan Mengapa Brosist Memilih Naked-Bike !

66 comments

  1. Buat yang the beginning and the end bener banget, baru kepikiran. Kalo CB okelah overstroke, tapi kalo CBR overstroke. Oh no,,, mindset CBR series high rpm bakal sirna

    • Hahaha 7 kurang maksimal itu, liat analisa di blog “beliau” jg 7 point isinya ah sudahlah

      Jauh dibanding mang eno analisnya, termasuk kemaren bongkar ples mines kompetitor
      Sori guweh bandingin sbg silent reader dan silent rider,,fifauzi vs eno,,,,fifauzi mah murahan orang foi jg suka komemt nyerang produk Y di kolom iwb kok

  2. mantap.. khas kang eno pembahasannya…
    yang paling pedes emang soal cat si kang eno… beat esp drmh merahnya lebih mengkilat dari pada merahnya cb yang cenderung ke oren orenan

  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Stroke_ratio

    The Mercedes-Benz M117 engine with a displacement of 5547 cubic centimeters is an example of a nearly square engine with a 96.5 mm × 64.8 mm (3.80 in × 2.55 in) bore and stroke.

    The Cadillac 500-V8 manufactured from 1970-1976 is a nearly square engine with a 109.2 mm × 109.3 mm (4.300 in × 4.304 in) bore and stroke.

    Similarly, the BMW S70/2 used in the McLaren F1 is a nearly square engine with a 86.0 mm × 87.0 mm (3.39 in × 3.43 in) bore and stroke.

    The 2009 single cylinder Yamaha Fazer 150 (launched in India), is a nearly square engine with 57.0 mm × 58.7 mm (2.24 in × 2.31 in) bore and stroke.[3]

  4. MT 15 secara segment beda , lebih segmented

    nvl dan ncb lebih luas segmentnya

    jadi kurang pas bandinken mt 15 dgn ncb,

    mt 15 nanti mungkin di hadaken dgn konsep cx-01 ato dn-01

  5. yang saya heran tuh semenjak dipegang astra kok built quality kebanyakan motor honda jadi jelek ya… pengalaman kakak miara karisma 125x baru setahun sejak dari dealer udah getar-getar bodinya. sebegitu susahnya kah ngasih built quality yg bagus bagi ATPM sebesar AHM?

    • overhead astra khan besar om,

      nah supaya tetep ada untung,

      yach kualitas dikurangi,

      kalu ngak suka kualitas plAstik ahm yg jelek, ngak usah dibeli

      • saya rasa kebanyakan konsumen ga tau dan ga
        peduli soal overhead cost suatu pabrik. konsumen
        sih maunya ya dapat produk bagus sesuai uang yg
        dibayarkan dan reputasi merk produk ybs. saya sih g
        ada komplain sama mesinnya, agak kecewa aja sama
        built qualitynya yg ngga lebih bagus daripada astrea
        grand punya babe

    • Saya lihat juga emblem honda yg lambang sayap itu dari skutik sampai sport kok cuma stiker ya? Kesannya pelit, beda sama merek lain yg pake lambang timbul..

  6. 1lagi sebenernya kang. rantai nya itu kek hujan deres penah nyobain punya temen brisik. tapi emang tarikannya enak banget biarpun nyampe limiter rpmnya cepet toh giginya 6.
    soal shock belakang emang bikin shock keras bener bener…

  7. saya rasa kebanyakan konsumen ga tau dan ga peduli soal overhead cost suatu pabrik. konsumen sih maunya ya dapat produk bagus sesuai uang yg dibayarkan dan reputasi merk produk ybs. saya sih g ada komplain sama mesinnya, agak kecewa aja sama built qualitynya yg ngga lebih bagus daripada astrea grand punya babe

  8. Selalu asik dan kerwen bahasan artikelna…3.alasan memilih blog ini..1.teu kahaja nga klik.2.artikel2nya keren.asik.simpel(bari teu ngarti oge)..3.anu boga blogna someah…dan 1 alasan untuk tidak memilih blog ini adalah…kurang lincah bikin artikel baru untuk tiap hari nya…hehehe#piss..damai itu indah

  9. yup…build qualitynya parah. masih lebih bagus yg kelas matik. lihat difoto ni motor bisa di bilang wow, tapi pas lihat langsung…agak gimana gitu. oia..teman ane ambil ni motor dapat bonus stang bengkok & lampu rem belakang mati. setelah dikomplain ke ahas alasannya kesalahan waktu pengiriman. stang cuma di lurusin pakai pipa besi, switch rem disetel ulang.

  10. Sukaaaa,, cadas ,,,keren,,,terbukti ada fbh kelojotan, yg harusnya gak perlu kelojotan,

    Lanjut aja dah mang konsisten, gak pake seponsor jadi gak jas jes jos doangan kaya warung.sebelah

    #dukungan moral critanyeeee

  11. Klo dari jauh ni motor keliatan woow…. dari deket kok weew….. tapi mesinnya emang keliatan enak banget buat slow maupun digeber ….

  12. Okelah setelah baca2 beberapa artikel
    Gw akuin blog lumayan recomend bwt cari review motor

    Klu warung sebelah fbh
    Sebelehnya lagi fby
    Sainganya sebelah fbu (uang) wkwkwkwk

    Gw baca lagi artikelnya
    Nice

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s