Sidecar GP, Ini Dia Kelas MotoGP Paling Unik !!

 

Sidecar Cornering 4

 

Hollaaa Brosist. . .  Kita kembali bertemu lagi di Artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Pada kesempatan kali ini, Mari kita sejenak mengulas sesuatu selain Motor Legendaris. . . Eits, Tapi tenang aja Brosist, Ini jelas masih ada kaitannya dengan dunia Otomotif koq. . . Soalnya kita akan membahas tentang MotoGP pada era dahulu kala atau yang dulu sering dikenal dengan nama WorldGP. . .

Tahukah Brosist bahwa ternyata di MotoGP dulu ada kelas super Unik ?? Yaa, Nama kelas itu adalah Sidecar GP, Satu-satunya kelas paling unik & Nyentrik yang ada di MotoGP kala itu. . .

 

Sidecar GP2

 

Sidecar Grand Prix pertama kali digelar pada tahun 1949 yang merupakan Balapan Original yang dimiliki oleh FIM, Selaku penyelenggara MotoGP kala itu. . . Balapan dimana Ridernya ada dua Orang (Rider Pertama : Pengendara, Rider Kedua : Pembonceng Side Span) ini ternyata juga mengundang persaingan yang cukup sengit loh Brosist. . . Tercatat ada beberapa pabrikan besar yang pernah berjaya di Kelas Sidecar ini, yaitu Norton, BMW, Krauser-BMW & Yamaha. . .

 

Norton 1949 Eric-Oliver

Norton Sidecar 1949, Juara Dunia Perdana Sidecar GP Bersama pasangan Eric Oliver – Dennis Jenkinson. . .

 

Di era Modern ini, Tentunya Balapan Sidecar sudah mulai terasa asing didengar, Lantaran kita sebagai orang Indonesia jarang disuguhi tontonan dan ulasan Balapan yang nyentrik ini, Berbeda 180 derajat dengan Balapan MotoGP dan WSBK. . . Namun di Amerika, Eropa dan beberapa Negara lainnya, Balapan yang satu ini memiliki fans nya tersendiri dan banyak peminatnya. . .

 

FIM World Sidecar

 

 

Jika di era Modern motor Sidecar sudah dirancang sedemikian presisi & sangat kompleks, Maka apa salahnya bila kita menilik jagoan-jagoan Sidecar masa lampau. . . Jika brosist masih ingat pembahasan Historical Bike EA’s Blog tentang Honda RC166, Honda RC149, MV Agusta 500-3 ataupun Harley Davidson RR 250, Coba bayangkan Motor bertampang klasik namun berpower besar tersebut diberi Side span dan diadu balap di Sirkuit GP. . .

Selain itu coba lihat Apa yang dilakukan Rider Kedua saat memasuki Cornering, Rider Kedua harus ikutan Mereng-mereng bahkan sampai hampir 90 derajat agar Motor Stabil dan berada pada Racing Line yang tepat (Edyan, Marquez kalah nih Bodyout nya 😀 ). . . Tentunya Unik, Keren, Lucu & Menantang Adrenalin kan Brosist ??

 

Sidecar Cornering 3

Sidecar Cornering 2

Sidecar Cornering 1

Sidecar Cornering

 

Di era ini, Pabrikan BMW menjadi salah satu yang paling sukses dengan mampu menyabet titel Juara Dunia sebanyak 19 kali, Juga sebanyak 7 Kali saat bernama Krauser-BMW. . . Sementara itu pemegang Gelar Juara Dunia Perdana pada tahun 1949 diisi Oleh Pabrikan asal Amerika Norton dengan Koleksi 5 Gelar Juara Dunia. . . Tak hanya pabrikan Non-Jepang, Pabrikan Jepang sekelas Yamaha pun pernah mencicipi manisnya Gelar Juara Dunia Sidecar GP dengan koleksi 1o Gelar Juara Dunia. . .

 

BMW Sidecar

BMW Sidecar, Pemegang Juara Dunia Sidecar GP Terbanyak

 

Setelah berkecimpung sejak 1949, Sidecar GP sendiri akhirnya berpisah dengan MotoGP pada tahun 1996. . . Sidecar GP akhirnya mampu berdiri sendiri dengan Bendera FIM Sidecar World Championship, Tentunya dengan spek yang jauh lebih modern dibanding era Lawas. . . Tapi tetaplah, Sidecar GP ini juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari era MotoGP (WorldGP), Tentunya dengan segala Keunikan dan sisi Memacu Adrenalin yang tak kalah dengan Balapan lainnya. . .

 

Gimana Brosist, Keren & Unik Nggak ??

Sidecar GP

Iklan

32 comments

  1. Pernah liat di starsport balapan ini kayanya jadi satu sama isle of man tt deh cz waktu itu tracknya track yg biasa dipake TT man…….

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s