Valentino Rossi Effect ! Sebuah Perspektif…

 

Rossi Wins Misano

 

EA’s Blog memang sudah lama absen membahas soal MotoGP (Karena saya pasti bakal jadi yang terlamban publish artikelnya, dan akhirnya nggak laku), Tapi itu bukan berarti saya tak mengikuti setiap seri kejuaraan balap motor paling bergengsi ini… Seperti duel kontroversial antara Valentino Rossi vs Marc Marquez di #SepangClash kemarin, EA’s Blog bahkan punya pemikiran tersendiri soal yang battle panas yang satu ini… Dalam battle tersebut, Bukan sekedar kisah klasik ala National Order, atau Bullshi* semacamnya, Tapi juga ada intrik di dalamnya yang mengarah ke hal yang lebih kompleks. Yes, It’s Valentino Rossi Effect !

 

Rossi, Yamaha & Honda

 

 

Rossi Fast Bike

 

Sekitar 2 bulan silam, Saya pernah membaca sebuah jurnal dari Fast Bike Magazine yang membahas soal Valentino Rossi secara mendalam… Segelintir diantaranya sudah EA’s Blog singgung di artikel Suzuki & MotoGP. Isinya antara lain, Tentang betapa berpengaruhnya seorang Valentino Rossi di dalam sebuah tim. Bukan sekedar pemberi input brilian ke motornya, ataupun jadi ambasaddor produk Yamaha yang memang kini “The Doctor” perankan… Tapi juga soal image & pengaruh Rossi yang sangat kuat ke Brand yang menaunginya. Terutama dalam hal penjualan / market… #VR46 adalah sosok yang super-duper brilian bagi Yamaha !

Kita sudah paham lah segala pencapaian Valentino Rossi… Brosist disini malah mungkin lebih paham soal prestasi pebalap berjuluk “The Doctor” tersebut. Hampir tak ada pebalap modern yang menyaingi prestasi seorang Rossi… Bahkan jika kita bandingkan dengan Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, atau Marc Marquez sekalipun… Kaliber Rossi sangatlah tinggi !

 

Rossi 2004

 

Kemenangan Valentino Rossi akan memberikan buah yang amat manis bagi Yamaha, Itu fakta… Lihat saja betapa buaannyak fans nya diluar sana. Dan tanpa bermaksud “merendahkan” kelas Jorge Lorenzo di kompetisi ini, Valentino Rossi Effect saya rasa bakal jauh lebih berasa, bahkan lebih kuat daripada Jorge Lorenzo yang meraih gelar Juara Dunia… Pamor Yamaha membumbung tinggi, Ambassador Valentino Rossi, plus Sebuah Gelar Juara Dunia, adalah ramuan mantap untuk mengangkat penjualan Yamaha secara Worldwide ! Ingat, #VR46 bukan cuma dipuja fans nya di Italia, atau Eropa saja, Tapi juga seluruh Dunia !

 

Marc Marquez

 

Hal diatas tentu saja diwaspadai Honda & HRC… Pabrikan sayap mengepak tak mau begitu saja nama, pamor & penjualannya tenggelam layaknya apa yang dilakukan Valentino Rossi tahun 2004 silam, Saat “The Doctor” justru berpaling ke Yamaha dan menjadi Juara Dunia ! Coba ingat apa prestasi yang ditorehkan Yamaha sejak tahun 2004 hingga saat ini ? Brilian ! Ada Yamaha Jupiter Z, Jupiter MX, Mio-Original, Vixion-Series, dll… Sebelum tahun 2004 ? Yang EA’s Blog ingat sukses kayaknya cuma RX-King deh… Oleh karena itu, EA’s Blog melihat ada Indikasi kuat kalau HRC mengutus Marquez untuk mengintimidasi atau bahkan “menggagalkan” Valentino Rossi Menjadi Juara Dunia ! Kenapa Marquez ? Ya karena memang cuma #MM93 yang bisa hentikan seorang Rossi. Masa iya HRC perintahkan Dani Pedrosa, Scott Redding, Cal Crutchlow, atau Jack Miller ? Duel enggak, Ketinggalan mah iya… wkwkwk…

 

 

Rossi, Penalty & MotoGP

 

 

Rossi Kick

 

Kemudian, EA’s Blog juga ingin berkomentar soal Pinalty yang diberikan Race Direction kepada Valentino Rossi. Tanpa melihat “Order Spesial” yang diberikan Honda terhadap Marc… Kita sudah tahu bersama lah, Vale memang terlihat dengan sangat jelas “menendang” Marquez, Itu faktanya, Saya yang aslinya fans Valentino pun mengakuinya… Hal yang “aneh” tersebut dilakukan oleh pebalap dengan pengalaman tertinggi di MotoGP musim ini ! Sungguh disayangkan, Meskipun kalau kata orang diluaran sana : “Sabar juga ada batasnya”

Dan tanpa ba-bi-bu, Jorge Lorenzo pun angkat bicara mengenai hukuman yang diterima The Doctor… Menurutnya, Sanksi yang diberikan Race Direction terlalu ringan, Ia juga yakin kalau ada pebalap lain di luar Valentino yang melakukan hal sama, Pasti hukumannya lebih berat ! Loh, Jadi menurut #JL99, Rossi seakan “disayang” oleh Dorna dong ya ?

 

Ezpeleta & Rossi

 

Nah, Sebuah jurnal dari SportRider yang berjudul : Rossi Impact on MotoGP, juga semakin menguatkan hal tadi… Valentino Rossi memang punya daya tarik yang luar biasa bagi perkembangan MotoGP ! Carmelo Ezpeleta, CEO DORNA, sudah paham betapa pentingnya Valentino Rossi bagi MotoGP lebih dari siapapun. Bahkan, Ezpeleta juga mengaku, Jika Ia adalah seorang Manajer Team, atau seorang Petinggi Pabrikan yang berlaga di MotoGP, Ia tanpa ragu akan memilih Valentino Rossi sebagai ridernya.

” Di Dunia, Valentino Rossi telah menjadi ikon bagi siapapun. Dan Mayoritas penonton MotoGP berada di luar Italia, Karena Ia bukan Ikon Italia – Melainkan Ikon di Seluruh Dunia. Setiap penggemar mengetahui dia (Rossi), soal personality nya, dan soal apapun tentang Rossi – Itu adalah efek (magis) yang saat ini hanya bisa diberikan seorang Valentino… Dan berita baik selanjutnya adalah Ia meningkatkan popularitas MotoGP. Dan saya pikir, banyak penggemar baru yang datang menyukai olahraga ini hanya karena seorang Valentino Rossi, kemudian menjadi fans berat kejuaraan MotoGP… Jika saya menjadi Team Manager atau Pabrikan, Saya akan memilihnya. Lin Jarvis (Manager Factory Yamaha) sudah tau akan daya tarik Valentino ” Ucap Ezpeleta…

 

 

Livio Suppo

 

Dan nggak cuma Carmelo Ezpeleta, Bahkan salah satu orang tertinggi di HRC – Repsol Honda (yang notabene musuh bebuyutan Yamaha), Livio Suppo, pernah mengatakan :

” Kemampuan Valentino Rossi untuk mempopulerkan MotoGP & Brand yang menaunginya – Bukan cuma di Italia tapi juga untuk seluruh dunia – Sangat luar biasa… Berjuta-juta orang menyaksikan MotoGP dilayar kaca, hanya demi melihat aksi seorang Valentino Rossi. MotoGP sangat membutuhkannya untuk mempromosikan olahraga ini di luar area normal penyelenggara MotoGP “.

 

 

Nah, Dari ucapan kedua orang paling berpengaruh di MotoGP tadi, Sudah bisa disimpulkan kalau sosok Valentino Rossi memang sangat penting bagi perkembangan MotoGP kedepannya… Bukan cuma faktor teknis, tapi juga non-teknis. Jadi ya rasanya masuk akal soal “Rossi disayang Dorna” dan Sanksi bagi Valentino Rossi terkesan ringan, Seperti kata Jorge tadi. Apalagi saat ini Rossi juga masih dalam perburuan gelar Juara Dunia yang sengit, plus adanya unsur “gangguan” dari Marc Marquez ! Kalau Vale pensiun, Kebayang nggak tuh berapa banyak MotoGP kehilangan pemirsa setianya ??

Tapi, Seharusnya Jorge Lorenzo juga tak perlu banyak berkomentar soal ini, Kecuali tinggal menghitung hari kejayaan nya, saat Rossi bakal menjadi pesakitan di Seri penutup & pamungkas, di Sirkuit Valencia nantinya… Poor Jorge !

 

 

 

Well… Terlepas dari siapapun yang bersalah soal insiden & kontroversi di Sepang 2015 kemarin… Ini hanyalah efek dari betapa tingginya level seorang Valentino Rossi di kancah MotoGP. Yes, It’s Valentino Rossi Effect !! Pepatah mengatakan : Semakin tinggi pohonnya, Maka bakal semakin kencang juga angin yang menerpanya… Dan Brosist juga seharusnya jangan pernah lupa, Kalau semua ajang balapan kini merupakan lahan bisnis yang potensial. We’re talking about big, big, big business here… Kalau masih berharap ingin lihat balapan yang benar-benar “Murni Balapan“, Silahkan jadi seorang Ilmuwan, Lalu rancang sebuah mesin waktu untuk bisa kembali ke era jadul silam ! Tapi tenang dan nggak usah diambil pusing, Ini hanyalah sebuah perspektif dari EA’s Blog koq… Silahkan Bro-Sist nilai sendiri, dan berikan komentar 😀

 

Rossi Silverstone

 

Baca juga Pemikiran EA’s Blog lainnya yaa Brosist…

 

 

Suzuki Ecstar MotoGP 2015

Antara Suzuki, MotoGP & Motor Produksi…

 

Capirossi vs Tetsuya

Ini Dia Rivalitas Kontroversial Pembalap MotoGP Yang Melegenda !

 

Main Article

Ini Dia Perbedaan MotoGP, Jaman Dulu & Sekarang !

 

Helm Giacomo Agostini Pudding Basin

Pebalap MotoGP Jadul Ini Cuma Pakai Helm Catok !!

 

RC116 Test

Motor MotoGP Jadul Ini Ternyata Cuma Pakai Rem Sepeda !!

 

F1 vs GP

MotoGP Adalah Formula 1 Edisi Roda 2, Bener Nggak Sih ?

 

Sidecar Cornering

Sidecar GP, Ini Dia Kelas MotoGP Paling Unik !!

Iklan

59 comments

  1. Ada unsur dendam pribadi juga bisa aja toh ga ada yg tau,tuduhan di race sebelomnya walapun alasan data teknis apa 100% itu bisa di buktikan oleh rossi yg sangat di sayangkan legenda sekelas rossi masih kepancing emosinya oleh anak kemaren sore

  2. Iye mon, gw heran ampe sebegitu populernya vr46, didaerah gw nih (malang) Anak kecil dimarih nyebut motor sport berfairing = motor Rossi
    Ada orang ngebut naek motor diteriakin “Wih Rossi lewat”
    Jadi moto gp = Valentino Rossi 😀

  3. pit crew rossi sampe geleng2
    harusnya mm disenggol aja cukup buat dia dnf, tanpa kena penalti krn dorna cayang oci celalu 🙂

  4. Pasti ada sbuah(konspirasi)..baca di warung sebelah smbil beli roko,(kang eno ulh ngambek nya)..hehehe..data statistic balapan,kecepatan marq turun dratis stelah disalip jorge(sngat mudah)..sigana mah aya maksud.last smoga rossi jd juara sblm pensiun..#dukung aksi rossi..wataw marq..smoga yamaha wataw JL99..

  5. Setuju sekali bang enno….kalau rossi pensiun jadi malas liat motojipi,jadi ingat dulu ketika NBA masih ada michael jordan antusias banget liatnya jika jordan main, setelah jordan pensiun bye bye NBA.

  6. jujur gan ane nonton moto gp gara” rossi… klo rosi di udah posisi dua rasanya degdegan… beda klo lorenzo udah ngacir duluan jadi ngantuk malah ane sering ketiduran nonton moto gp klo gap lorenzo sama blakangnya lebih dari 2 detik jadi ngebosenin…

      • Betul sekali itu….rossi sudah terlanjur jadi fenomenal sejak masih di kelas 125 cc dan tetap konsisten samapai saat ini…….pastinya bakal susah buat fans setia rossi untuk menerima apa yang di alami rossi saat ini….semoga tidak antiklimaks seperti legenda olahraga lain…zidane , maradona atau mike tyson….

    • sama, kang..
      waktu jaman masih sekolah, ane terkagum2 sama aksinya yg cusss! cusssss! nyalip2 lawan kalo dah last lap..

      dan tanpa sadar, ane jadi penggemarnya..
      dan tanpa sadar juga, mainan Die Cast motor prtama ane adalah YZR M1 46 Rossi..! yg skrg ane pajang di meja kerja ane..! 🙂

  7. Setuju sama kang Eno, seandainya rider lain yang melakukan itu, pasti hukumannya berat. Liat aja marc marquez tahun 2014 karena terlambat masuk pit dia kena black flag diskualifikasi poin nol, padahal dia tidak merugikan siapapun.

  8. Tapi MotoGP harus bertahan meskipun pakde Rossi gak ada.. Sama seperti halnya F1 tetap jalan meskipun gak ada Schumacher.. Show must go on..
    Menurut saya semakin MotoGP = Rossi semakin Bumerang effects bagi MotoGP..

      • Sebenernya dulu saya juga fans VR46 sejak doi di Nastro Azzuro Honda..
        Pernah pas nonton balapan bokap gw nanya “siapa yg menang ?”..gw jawab “Rossi donk..”..trus bokap gw cuman bales gini..”Wah bahaya tuh kalo dia terus yg menang..terlalu dominasi..” gw gak mudeng..tapi akhirnya skrg gw paham akan Rossi Effect yg bokap gw sebutin secara tersirat itu..
        Makanya yg gw tonton dari balapn skrg ini lebih ke teknologi motornya (kendaraanya) ataupun skill balapnya..bukan pembalapnya ataupun mereknya..jadi gw gak fanatik buta..
        I love technology…I love race…I love talented rider…Go MotoGP..show must go on..!!!

  9. Menurut gue Rossi tuh kontrol emosinya bagus pas balapan,beda dgn mm yg super nekad betot gas,tiap balapan moto gp saya ikuti (kecuali pas Rossi ga ada hrapan menang gue pindah channel) keliatan banget gaya mm balap tuh kaya org yg g sayang nyawa…

  10. Gw pengin semua pembalap pas start di Valencia besok ngasih jalan buat Rossi maju kedepan. Dan berharap Dovi dan Ian nabrak Horhe dan Markes ampe ndlosor. Ngoahahaha…

    Dendam Spaniard dari jaman Sete Gibernau kali nih…

  11. dan vr bukan dewa yg ngak mungkin mati, dan dorna mesti cari pengganti.

    dan cuma mm yg mendekati, dan cuma mm yg berani usilan vr ,

    terlepas dari kontribusi vr terhadap penjualan,

    justru tidak sehat kalu suatu kondisi hanya tergantung pada satu figur

  12. Ada waktu dan ada generasi dan regenerasi……Sampai kapankah MotoGP harus mengandalkan Rossi sebagai ikon?…..itu pertanyaannya, sedangkan vale sudah tidak muda lagi…..Mungkin Dorna sebagai penyelenggara sudah mulai berfikir untuk menggeser ikonnya, walau pun harus melalui intrik dan politik politik ala motogp yg merupakan lahan bisnis yang WOWW…….Jikalau Vale harus pensiun pun, akan mempengaruhi di awal awal saja, karena akan banyak sosok baru yang menggantikan di masa depan….. Contoh dulu ketika mick doohan berjaya (waktu ane masih sd) orang hanya tahu pembalap ya mick doohan saja dan GP500 nya plus NSR yang gilanya ngga ketulungan………. saking suksesnya gp500 hingga kini pun masih banyak yang bilang motogp itu adalah “gp500” padahal era itu sudah tiada………. Saatnya motogp untuk regenerasi, agar ada Rossi baru di tahun yg akan datang………

  13. awalanya sih sandiwara aja..
    rivalitas ya kontroversi gitu
    cuman yg dluar kendali itu ya pas emosi jg
    urusan di sirkuit ampe mleber ke luar sirkuit dah

    tp emank bener..ikon di tiap cabang olahraga brasa bgt
    musti ada gantiny tiap 20 tahun deh..
    masa peralihanny pasti suram
    apalagi kalo calon ikon itu…kliatan bnyk dosany

  14. Kang Eno, kalo di video slow motion yang dilakukan Marquez malah tampak seperti pemain bola yang melakukan diving. Keliatan refleksnya menanggapi jarak Rossi yang mendekat, diapun masang body duluan nyamperin kaki Rossi. Tapi ini sekedar opini https://youtu.be/nKiMMANG5fU

  15. Kasihan Rossi lah kalau disuruh balapan terus, kapan rabine?
    Ada Rossi maupun tidak, motoGP tetep jalan, tiap jaman ada bintangnya, jangan khawatir. Agostini, Doohan, Rossi, dst….

  16. bener banget kang…
    kalo yang udah pernah nonton gp dari jaman baheula, pasti setuju dengan perubahan icon motoGP…
    dari kevin schwantz ke doohan, lalu dari doohan ke rossi, dan sekarang memang waktunya rossi untuk diganti…

  17. Gw kgk mw tau… pokoknya rossi out dr gp gw out nnton moto… markuess n lorencong tu g mutu… duo celeng yg tolol akan masalah marketing… mbah dukun sana satar dulu eh tatar dlu kduany bwt bljr mrketing

  18. Pokoknya mbah rossi is the best.. Kalau duo kunyit gue neg liatnya…lorencong pembalap mewewekan sejati..ini semua ada indikasi konspirasi pembalap spanis yg tdk mau jurdun diraih mbah rossi..

  19. Klo saya berharap pengganti’nya rossi nanti alex rins yg sekarang msh di moto2… Ngeliat performa’nya dia di moto2 yg mulai naek, dan karakter balap’nya mirip” sma rossi.. mungkin nanti bisa jdi “the next VR46”

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s