Jenis Sepeda Motor : Dual Sport, Sang Pemilik Kepribadian Ganda !

 

CRF

 

Setelah membahas tentang jenis motor Naked-Bike & Sport Bike, seminggu silam… Kali ini pembahasan akan terus berlanjut ke jenis/genre motor lain yang tersebar di seluruh penjuru dunia. . . Yup, Kali ini materi yang akan kita bahas adalah Jenis sepeda motor yang memiliki dua sisi kepribadian ! Eits, Tapi yang EA’s Blog maksud bukan yang “berbau” supranatural loh yaa Brosist… Tapi adalah Sepeda Motor Dual-Sport alias Dual-Purpose !!

Penasaran seperti apa penjelasan, aspek historis & segala kelebihan sepeda motor jenis Dual-Sport ?? Yuk langsung kita simak bareng-bareng yaa Brosist…. Cekidots !!

 

 

Apa Itu, Sepeda Motor Dual-Sport ?

 

 

WR Main

 

Banyak orang mungkin menyukai berkendara di jalanan umum dengan Motor Naked atau Sport Bike nya, seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya… Namun, Tak sedikit pula yang menyukai petualangan menantang alam bersama tunggangan kesayangannya. . . Lantas, apa solusinya ?? Yup, Solusinya adalah Dual-Sport !!

Sepeda Motor Dual Sport atau yang sering disebut Dual-Purpose (All-Purpose), adalah jenis sepeda motor yang didesain untuk keperluan on road (aspal) & off-road (jalanan tanah). . . Motor Dual Sport sejatinya adalah pengembangan dari motor Dirt-Bike (Trail) yang hanya cocok berada di track off-road… dengan penambahan aksesori jalanan, layaknya lampu-lampu, sein, spion & ban yang sesuai untuk digunakan di dua kondisi sekaligus, aspal atau jalanan rusak. . .

 

 

KLX

 

Dalam perkembangannya, Banyak penyebutan untuk sepeda motor jenis Dual-Sport, dari berbagai pabrikan di dunia… Beberapa penyebutan produk yang tenar dari berbagai pabrikan antara lain, Suzuki dengan sebutan Dual-Sport, Kawasaki dengan sebutan Dual-Purpose, Honda dengan sebutan Under Off-Road & Pabrikan Eropa dengan sebutan Enduro-Sport / Adventure Bike. . .

Lainnya, Pabrikan seperti KTM & Husqvarna menggabungkan ability motor Dual-Sport dengan styling Naked-Bike, yang menjadi sebuah motor jenis baru yakni Supermoto. . . Jadi, Jangan terkecoh yaa Brosist kalau mendengar sebutan-sebutan tadi… karena sesungguhnya, Itu adalah bahasa marketing ala pabrikan saja koq. . .

 

 

Sementara itu, Untuk kelasnya… Motor Dual-Sport dibagi menjadi 3 karakteristik yang berbeda :

 

 

Lightweight

 

 

Kawasaki-KLX150L

 

Adalah Kelas Dual-Sport paling ringan … Kelas ini adalah kelas yang paling mendekati spek motor Dirt-Bike (Trail) yang sesungguhnya, dengan suspensi depan panjang, velg depan berdiameter besar, ground-clearance tinggi & ban bermodel knobble alias ban tahu, serta diisi oleh motor ber kubikasi dari 125 hingga 250cc. . . Biasanya, Digunakan untuk riding sehari-hari sambil sesekali mampir ke dalam kubangan lumpur untuk mencari kesenangan (gak bercanda koq, karena itulah kata-kata dari para pecinta motor Trail)…. Contohnya, Kawasaki KLX250, KLX150L, Yamaha WR250R, dll…

 

 

Middleweight

 

 

Suzuki DR650

 

Adalah Kelas Dual-Sport Medium. . . Di kelas ini, Spek motor Trail mulai memudar (panjang travel suspensi depan berkurang, ground clearance semakin rendah & ban yang mulai menyerupai spek motor on road), seiring dengan bertambahnya kubikasi & power yang semakin besar. . . Biasanya di kelas ini diisi oleh motor berkubikasi 350 hingga 690 cc, dibekali mesin silinder tunggal yang punya torsi mantapp… dan digunakan untuk keperluan sehari-hari dalam kondisi hi-speed (kalau di luar negeri, masuk jalan tol), atau sesekali touring bersama tunggangan kesayangan melewati berbagai trek yang menantang. . . Contohnya, Suzuki DR650, Kawasaki KLR650, KTM 690 Enduro R, dll…

 

 

Heavyweight

 

 

Yamaha Super Tenere

 

Adalah Kelas Dual-Sport paling berat dan paling besar kubikasinya dibanding motor dual-sport lain, dan memiliki bobot yang berat. . . Di kelas ini, Kemampuan motor Dirt-Bike (Trail) yang ringan, lincah & mampu diajak meliuk di jalanan rusak hilang seketika… Sebagai gantinya, Terdapat perpaduan antara jenis sepeda motor Dual-Sport & Touring Bike, Dimana abilitynya mampu menaklukkan jalanan tanah & aspal sekaligus, Namun tetap nyaman & bersahabat ketika dibawa dalam perjalanan jauh. . . Motor kelas ini juga dibekali (opsional) perlengkapan touring lengkap seperti side box besar, GPS, windscreen tinggi, dlsb…. Contohnya, Yamaha Super Tenere, Honda Africa Twin, BMW R1200GS, KTM 1290 Super-Adventure, dll….

 

 

Lanjutkan Membaca >> Sejarah unik Motor Dual-Sport & Segala Kelebihannya !!

 

Iklan

23 comments

  1. beli klx bwt sibungsu malah akhirnya sering dipake sendiri ke hutan,,,,,,asyik ,,handlingnya gampang,,,,disini motkas klx 2010 ditawar 20 jt,,,,suweer,,,

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s