Suzuki Shogun 125 SP, Inovasi Brilian di Era Keemasan!

Shogun SP FD125 1

Jika berbicara tentang “Shogun“, tentu yang ada di benak kita adalah motor bebek legendaris yang pernah mewarnai belantika roda 2 Indonesia. Namanya tak kalah tenar, sekalipun dibandingkan dengan “Kaze” milik Kawasaki, “Jupiter” dari Yamaha, hingga yang sekaliber nama besar “Supra” dari Honda.

Dan dikesempatan kali ini, kita bakal membahas Shogun dengan spek tertinggi, plus paling mutakhir yang pernah dijual di Indonesia. Yes, this is SHOGUN 125 SP!

SHOGUN 125 SP (FD125 XRM & XSD)

Shogun SP 4

Dirilis perdana di Indonesia pada Agustus 2005 dengan warna hijau (atau kuning?) stabilo yang unik, Suzuki Shogun SP (singkatan dari Sport Production) menjadi varian tertinggi dari family Shogun 125. Fans Suzuki di Malaysia sebenarnya juga disuguhkan Shogun 125 Sports pada bulan September 2005. Namun versi yang dihadirkan di Indonesia – pada akhir 2005 silam – berada di level yang berbeda!

Selain upgrade body yang jauh lebih sporty dibanding versi konvensional, Shogun 125 SP juga sudah kebagian detail yang jauh lebih spesial. Contohnya seperti kehadiran desain spion baru yang futuristik, plus end grip (behel) terbaru yang dilabur chrome. 2 part Shogun SP ini jadi idaman modifikator dijamannya lho!

Kemudian nggak ketinggalan, velg Y-spoke dengan desain yang sama persis laiknya Hyper Underbone Satria F150… Komplit dengan double disc brake, plus cakram petal disc brake berukuran lebar. Saking kerennya, velg ini bahkan sampai di-copy oleh berbagai merk aftermarket untuk tipe motor lain juga lho!

Shogun 125 Sports Malaysia

Shogun 125 SP Thailand - Best

Selain upgrade tampilan dan fitur, motor racikan desainer Makoto Kato dari Suzuki Motor Co. Jepang ini juga sudah kebagian upgrade dari sisi permesinan. Basis mesinnya tetap menggunakan silinder tunggal, SOHC 2V dengan piston 53,5mm dan langkah stroke 55,2mm, namun di versi Shogun SP sudah menggunakan kopling tipe manual – yang sudah langka di motor bebek konvensional ‘jaman now.’

Bukan cuma kopling manual, sistem starter di Shogun 125 SP juga dirombak. Dinamo starter dicopot untuk mengurangi beban kruk as. Hasilnya, meskipun diatas kertas power yang dihasilkan nggak jauh beda dengan Shogun 125R konvensional, tapi respon mesin bebek yang satu ini dikenal lebih sigap dan terasa ringan dibejek ke RPM tinggi.

Ditambah dengan sensasi kopling manual, nggak heran kalau motor yang satu ini sempat jadi idola di pertengahan era 2000-an silam… Meskipun sebenarnya ketiadaan electric starter bakal terasa menyusahkan bagi sebagian rider.

Semasa SMA dulu, saya juga sempat kepengen lho!

SPESIFIKASI SHOGUN 125 SP (FD125)

Manufaktur : Suzuki Indomobil Sales

Model : Shogun SP (FD125 XRM & FD125 XSD)

Tahun Pembuatan : 2005 – 2007

Engine : 4-Tak, Silinder Tunggal, SOHC 2-Valve, Air-Cooled

Bore x Stroke : 53,5 x 55,2 mm

Kapasitas Silinder : 124 cc

Rasio Kompresi : 9,6 : 1

Transmisi : 4-Speed, Manual-Clutch

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM18SH

Sistem Starter : Kick Starter

Max Power : 9,85 HP (10 PS) @ 8.000 RPM

Max Torsi : 9,6 N.m @ 6.000 RPM

Dimensi P x L x T : 1.910 x 720 x 1.075 mm

Tinggi Jok : 770 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.220 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 135 mm

Berat Kosong : 92 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 4,3 Liter

Rangka : Steel Underbone Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Dual-Shockbreaker, Swingarm

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Pots Nissin

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Pots Nissin

Ban Depan : 70/90 – 17 MC 38P

Ban Belakang : 80/90 – 17 MC 44P

SHOGUN 125 SP (FL125 SP)

Shogun SP FL125 ENOANDERSON

Memasuki akhir tahun 2007 – tepatnya di bulan November – Suzuki memperkenalkan update terbaru ke line-up Shogun 125 series. Dan nggak tanggung-tanggung, di versi yang terkenal dengan sebutan Shogun FL-series ini, pabrikan berlogo S kasih 4 varian sekaligus!

Pertama ada Shogun 125R konvensional dengan velg spoke wheel alias jari-jari. Kemudian ada Shogun 125 RR dengan detail ala versi SP, minus kopling manual. Lanjut ada Shogun 125 SP yang jadi versi tertinggi dari family FL-series… Dan terakhir ada Shogun 125 F1 (rilis belakangan di 2008) dengan teknologi Hyper Injection alias Fuel Injection ala Suzuki – yang waktu itu mulai booming di Indonesia.

Shogun SP FL125 ENOANDERSON 3

Dari sektor tampilan, Shogun 125 SP racikan desainer Takahiko Kawaguchi dari SMC Jepang ini full dirombak total dibanding versi FD sebelumnya. Sebut saja desain yang jauh lebih agresif, atau yang waktu itu sering disebut desain ala “robot”. Lampu sein kini berpindah dari batok headlamp utama ke tebeng body depan, plus kombinasi warna dual tone yang nyentrik banget.

Sisi detailnya juga nggak ketinggalan mendapat rombakan. Desain cakram belakangnya pakai ukuran lebih lebar, plus model suspensi belakang baru. Sedihnya model spion Shogun SP generasi sebelumnya justru malah kembali ke model lawas yang *yuck membosankan.

Shogun SP FL125 ENOANDERSON 2

Sementara dari area permesinan, Shogun 125 SP generasi FL ini juga mendapat rombakan total. Dinamo starter yang sebelumnya absen di varian SP, kini balik lagi di generasi FL125 SP. Selain dinamo starter, generasi ini juga kebagian Throttle Position Sensor – yang menurut Suzuki –  mampu mengurangi konsumsi BBM dibanding generasi sebelumnya.

Dan bukan cuma dari sisi eksternal doang, internal mesin di generasi terbaru ini juga ikutan dirombak total dibanding generasi sebelumnya! Contohnya dengan ubahan total di area kubah pembakaran, plus penggunaan engine balancer terbaru untuk mengurangi vibrasi mesin.

Shogun F1 FL125 ENOANDERSON

Spek powernya masih tetap mumpuni laiknya versi pendahulunya, di angka 10 PS dan torsi 9,6 Nm. Sayangnya, akibat penggunaan engine balancer & dinamo starter – menurut saya – respon mesinnya tidak seistimewa Shogun 125 SP generasi sebelumnya.

Tapi poin plusnya… Di versi ini ada electric starter yang amat-sangat memudahkan rider, plus mesinnya juga sedikit lebih halus! Nggak ada sesuatu yang sempurna dong pastinya…?

SPESIFIKASI SHOGUN 125 SP (FD125)

Manufaktur : Suzuki Indomobil Sales

Model : Shogun SP (FL 125 SP)

Tahun Pembuatan : 2007 – 2010

Engine : 4-Tak, Silinder Tunggal, SOHC 2-Valve, Air-Cooled

Bore x Stroke : 53,5 x 55,2 mm

Kapasitas Silinder : 124 cc

Rasio Kompresi : 9,6 : 1

Transmisi : 4-Speed, Manual-Clutch

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM18

Sistem Starter : Kick & Electric Starter

Max Power : 9,85 HP (10 PS) @ 8.000 RPM

Max Torsi : 9,6 N.m @ 6.000 RPM

Dimensi P x L x T : 1.905 x 715 x 1.075 mm

Tinggi Jok : 770 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.220 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 135 mm

Berat Kosong : 108 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 4,3 Liter

Rangka : Steel Underbone Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Dual-Shockbreaker, Swingarm

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Pots Nissin

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Pots Nissin

Ban Depan : 70/90 – 17 MC 38P

Ban Belakang : 80/90 – 17 MC 44P

Versi FL125 SP ini jadi Shogun yang sebenarnya hendak saya boyong sewaktu awal mulai bekerja akhir tahun 2010 silam. Sedihnya, saya malah batal beli lantaran unitnya stop produksi dan digantikan versi terbaru yang rilis di penghujung tahun.

Ironisnya, update tadi juga yang secara nggak langsung sekaligus mengakhiri kiprah Shogun-series yang lebih dari 1 dekade menemani fans Suzuki di tanah air… Yap, dengan kehadiran ‘The Nightmare’, Suzuki Shogun Axelo!

Tapi yang satu ini kita bahas dikesempatan selanjutnya ya…

Suzuki Axelo 2

Baca Artikel History Favorit Lainnya ya Brosist. . .

Suzuki FXR 150 13

Suzuki FXR 150, Millenium Sport yang Powerfull & Fenomenal !

Suzuki RG125 Gamma

Suzuki RG125, Gamma Mungil yang Tak Kalah Garang !

Yamaha TZM 150 3

Yamaha TZM 150, Perpaduan Eksotisme & Kebengisan

Dash Evo 3

Honda Nova Dash 125, Ayago Kencang yang Sesungguhnya

KRR SSR2

The Story of Legendary Kawasaki Ninja 150 !

Tiara Brosur

Yamaha Tiara 120, Ayago Eksotis nan Legendaris dari Yamaha !

103 comments

  1. Dulu jaman awal2 lulus kuliah, ngidam banget motor ini. Tapi setelah terkumpul duitnya, malah belinya Thunder 125, hehehe.. Btw, Kang Eno pernah bahas motor klasik Thunder125 gak ya? Menurut saya motor ini cukup legendaris, karena satu2nya motor sport dengan harga sangat terjangkau pada jamannya..

    • Belum kang… nanti lah ya kita bahaas bareng2… Atau kalo akang mau kirimin draft generasi thundernya, saya siap nampung buat bahan next artikel 🙂

  2. nih motor emg primadona bgt di jamannya ! tapi yg lebih fenomenal rasa ane suzuki arashi deh kang … dgn karbu yg lebih gede ,model yg out of the box , keren deh pokoknya ! tapi sayang gak laku … hihihi

  3. yg generasi pertama keren… apalagi kalo filter karbu-nya dilepas 😀 suaranya masih terdengar sampai sekarang… gara gara itulah ane mutusin buat lanjutin ke kakaknya si epyu…

  4. motor keluaran suzuki emang melebihi jaman nya…
    jadi inget pertama kali keluar fxr…sasis deltabox, speedometer digital plus arm banana yang aduhai…
    sayang inovasi nya kini terhenti, semoga suzuki lekas bangkit lagi…

  5. nah ini baru asik. bahasannya ttg motor yg pernah ngaspal disini dan udh familiar sama org awam. lanjut kang, rx king, satria r, f1zr, crypton, supra 2000, grand, dll dll dll. btw, udh lama ga parkir di warung ini nih.

  6. Wadohhhh klo saya jaman putih abu abu mah masih suzuki tornado, blm ada tuh shogun sp hahahahaha…..keiatan tua

  7. Peranh punya, tapi akhirnya di jual setelah setahun pake. Memang rasa nambah pake yang versi ini, Axello ga mantap

  8. Dulu pas SMA ,sempet jajal SP yang robot , tenaga nya emg yahud bener dah bwt ukuran motor bebek, tapi GC nya kurang tinggi kang euy, dipake rebah gesrot aspal wae :mrgreen:

  9. inget bngt dlu di bonceng temen pake ni motor…gtw ny di jalan nabrak bocah SD yg nyebrang asal main lari aja

    ngeri euy klo di inget…

  10. Nyesel jual motor ni,,, tapi apa daya karena harus pindah pulau jadi motor sp g bisa di bawa…

  11. Yang bikin mahal tuh huruf “G” nya tuh, Coba kalau gak ada “G” bakalan jadi Sho’un (mie putih gitu) peace cuma :becanda:

  12. Masih agak bingung juga. Ini motor bagus banget di kelasnya dan di jamannya. Bahkan mungkin masih bagus kalau dijajarin dengan moped sekarang. Tapi kok kurang laku. Powernya saya rasakan masih agak lebih nendang daripada Supra X125. Masih bingung, motor Suzuki bagus-bagus tapi susah laku kecuali FU

    • Kalau menurut saya : Mungkin dulu karena masalah sales kang, dulu Honda rajin banget nyebar2 brosur gitu, sampe2 ortu saya jadi ngambil supra-fit yang harganya gak beda jauh sama shogie SP ini 😦

  13. ini motor buat yg pengen bebek kopling tapi gak punya duit buat beli cs1 dan jupiter mx 😀

    pertama liat motor ini kelas 1 SMP warna biru waktu itu kukira shogun 125r pakek kopling suntik, blum tau klo ada model 125SP.. knalpot shogun SP gen.1 emang paling mantap, model macam punya fu dan suara ngebas.. sedangkan shogun 125r pakek knalpot warna hitam.

      • mantap lah pokoknya, motor anak muda. tapi sayangnya seumur2 aku belum pernah ngetes shogun sp bro hahah 😀 *pengen*
        n sayang banget axelo sp penjualannya hancur gak bs nerusin shogun sp.

  14. Sya suka bener nih sama kang eno, bahas tntang sejarah” motor dan cukup membawa kenangan.

    Tpy tuk SP ini sih cuma sempet keracunan sama spionya sih, keren tpy kurang fungsional 😀

    Gak cuma bombardir blog dengan berita lunching produk.

    Keep posting kang eno 🙂

    #KomenPertamaLooh

  15. alhamdulillah sampe sekarang saya masih pelihara keduanya kang eno, shogun SP FD125 sm shogun NR FL125. partnya awet bener, mesin masih halus. ga nyesel minang nih motor. yg terpenting, nih motor ga pasaran.

  16. Jaman putih abu2 mah msh rame2nya shogun kebo kang.Raja bebek 4 tak pada jamannya.Wkwkwk,wah jd kliatan tua ya?

  17. saya masih pelihara tuh yg gen awal fd125 warna kuning stabilo,catnya awet,mesin udah 9thn baru ganti seher 1kali

  18. Seandainya saja calon satria young star nantinya menggunakan mesin shogun sp ini, akan lebih cocok daripada menggunakan mesin shooter.

  19. motor keren ni dgn desain sayap depan meruncing kebawah bolong2 (gen 1)gak kayak shogun 125 biasa…
    lanjut draft artikel mantan motor ane jaman sekolah mang…fizr th 2000 milenium kuning silver…ma suzuki satria hiu

  20. adik ane punya nih shogun sp generasi 1 warna merah, mantap katanya buat mudik lebaran kebut kebutan malam hari jogja – nganjuk vs bus sumber kencono :). Suka pinjam pas lebaran, mantap emang!. Sayang abis nikah terus ganti scoopy 😦

  21. wah lihat komen komen disini bikin ngiler euy sama kerennya shogun FD125..
    tapi untung udah terobati dengan punya axelo yang notabene downgrade dari shogun FD125..
    btw jaman dulu harga FD125 juga tinggi sampai 17 jtaan waktu itu setara 20jt masa kini

  22. sekalian buatin komparasi axelo S[auto],athlete,blade125,spx125,jupi z1 dong om hehehehehe

  23. jadi inget dulu jaman arashi, padahal motor kenceng itu, sayang gara” batok depannya aja jadi banyak yang bilang :motor bego, udah belok lampu ga ikut belok” :P, oh iya kang saya juga ngerawat gen FL 1 dirumah si NR hehe

  24. Waaaahh..Kang Eno menginspirasi sayah nih…
    kebetulan lg nyari bebek manual clutch yg agak ringan n good handling bwt bini yg lagi mau belajar kopling manual..hehe..

    Motor gw sendiri (CS1)..terlalu berat bobotnya (114kg)..
    Pilih Satria..terlalu beringas tenaganya…
    Pilih MX…masih relatif mahalan yak sekennya..(gw kere..hehe..meskipun paling realistis)
    Naaahhh…ternyata ada Shogun SP yg manual clutch yak…(jujur gak inget loh Kang..)
    Btw klo yg Shogun Axelo itu masih Manual Clutch gak sih Kang..??

  25. sayang berganti nama malah keok ya… shogun tinggal kenangan walaupun mungkin konsumen fanatiknya masih banyak diluar sana..
    sayang manajemen PT SIS tidak mendengar hal-hal seperti ini

  26. Naksir sma SP ini, full chrome silencer dan taste of vibration like an big bike..double cakram, velg enkei palng 10, digital spido. Cumn gk ada elektrik starter, repot klo mesin gk sngaja mati di lampu merah, hrus diengkol.
    Pengalamn skali naik ojek dri puncak-bogor. Wuihhh getaran nya aduhai dan suara knalpot yg merdu..

  27. Suzuki banyak melakukan blunder di lini produknya terutama dalam hal desain yg sudah bagus jd acakadul. Shogun FL(keren) jd Axelo(jelek), Titan(keren) jd Shooter(jelek), Spin(lumayan) jd Nex(jelek), Skywave(super keren) jd Hayate(lumayan), Satria FU reog(keren) jd Satria pesek(jelek), FXR ga da penerusnya????. IMHO-CMIIIW

  28. ane masih punya ini motor, tapi yg shogun sp lama, bukan yg robot, powernya emang enak banget, buat naik gunung juga masih joss gandos ga kalah sama motor jaman sekarang
    sekarang malah ane lg cari shogun sp yg robot buat duet maut dirumah, barangkali dari sodara ada yg mau jual ane mau, utamain yg plat bekasi atau plat klaten, hhe

  29. Umur saya sekarang 22 tahun.shogun sp itu kenangan jaman smp kelas 2 semester2.dlu pake motor itu banyak yg nglirik hahaha.kebut2an dijalan uda kaya pembalap waktu dlu sainganya cuma motor satria fu thn 2006 tuh hahaha

  30. Tadi nya bingung mau beli motor apa sebagai pengganti shogun 125 R thn 2005 yg baru saya jual seminggu yg lalu.
    padahal neh motor uda ikut saya 11 tahun sampek saya dpt istri & 2 orng anak
    Motor ini jg yg jd transport saya tuk cari harta dunia sampek uda ngasilkan satu unit rumah
    Berhubung neh motor uda sakit2an makanya saya jual

      • Bg eno bantu solusi nya dong…
        Si SP ku gak bisa hidup lampu nya…uda ganti bola lampu…ganti kiprok uda juga…plingan hidup lampu nya cuman jalan skitar 100m…lampu nya jim lagi…
        Bantu masukan nya bg eno…
        Thank’s

      • coba cek spul nya mas, mungkin spul nya kebakar, SP saya dulu spul nya kebakar imbasnya jadi kayak gitu, coba digulung ulang aja spul nya

  31. 5 tahun ane make si putih biru, semenjak nonton lounching nya oleh band yang kesohor dimasanya NIDJI ane langsung kepincutttt…mesin enak beutt..teknologi gak kalah, misalnya aja dual head lamp yang terang benderang, stop lamp yang sudah LED jarang2 moped dimasa itu dapet LEd…jok yg bisa dibuka dari kunci kontak bagasi yang lumayan spacy…sering ane bawa jalan jaauuuuuh nyari spot buat hunting foto terus terang emang keren nih mongstor….salam kenal kang dari banjarmasin. thx

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....