Asal Mula Power Valve SUPER KIPS, RC-VALVE & YPVS

Buat para fans 2-Tak, kalian pastinya kenal dengan Super KIPS atau RC-Valve kan? Yap, teknologi powervalve ini nih yang bikin motor 2-Tak punya julukan Jambakan Setan begitu masuk ke RPM tinggi. Tapi kalian tahu nggak, awal mula pengembangannya itu dari Yamaha lho!

Yamaha YZR500 0W35K (1977)

Tahun 1977 dulu, pabrikan garputala menguji coba inovasi bernama Yamaha Powervalve System (YPVS) untuk meminimalisir kekurangan motor balap 2-Tak High RPM + Expansion Chamber yang terkenal lemot di RPM rendah.

Cara kerjanya, YPVS seolah membuat port exhaust jadi variable, alias punya 2 settingan, yang singkat, sama yang bablas angine. Di putaran rendah, YPVS berfungsi menutup sebagian port exhaust untuk menaikkan efisiensi volumetric mesin. Hasilnya pembakaran lebih sempurna, lebih irit, dan torsi meningkat.

Sementara di RPM tinggi, YPVS membuka penuh buat memaksimalkan porting exhaust dan menggali tenaga setinggi-tingginya… Which is trademark motor 2-Tak yang memang terkenal punya power lebih tinggi dibanding mesin 4-Tak di kapasitas mesin yang sama.

5 tahun kemudian, YPVS mulai diadopsi Yamaha ke motor produksi masal RD-series… Dengan peningkatan power mencapai 50% dibanding versi Non YPVS! Karena fungsinya brilian, semua pabrikan akhirnya copypaste ide Yamaha ini ke motor 2-Tak masing-masing.

Dengan perbedaan mekanisme masing-masing tentunya… Karena kalau copypaste mentah-mentah pastinya bakal bermasalah soal patent & copyright.

Contohnya kayak Honda Automatic Torque Amplification Chamber System (ATAC), Suzuki Automatic Exhaust Timing Control (AETC), Kawasaki Integrated Powervalve System (KIPS), Honda Revolutionary Controlled Exhaust Valve (RC-Valve), dan seabrek lagi yang lainnya.

TONTON DETAIL POWERVALVE SYSTEM DISINI

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....