Tanya Eno : Jenis Motor Adventure Bike ?

 

Adventure Bike main 2

 

Sebenarnya, Jenis Motor Adventure Bike yang EA’s Blog anggap keren ini sudah pernah sedikit diulas dalam artikel Jenis Motor : Dual-Sport, beberapa hari silam. . . Namun, Karena ada request langsung dari 2 orang sekaligus yakni Bro Reynaldo (via FB Fanspage EA’s Blog) & Bro MazDai (via Kolom Komentar)… Maka sekiranya akan lebih afdol jika pembahasan tentang Jenis motor ini kita bahas lebih spesifik. . . Sekaligus, untuk menjawab pertanyaan 2 pembaca EA’s Blog tersebut. . .

Nggak usah berlama-lama lagi… Yuk, Langsung aja kita kupas tuntas Adventure Bike ini Brosist. . . Cekdisot !!

 

 

BMW R80GS 2

 

Di Jaman dulu, Setiap Kegiatan Riding bersama motor kesayangan adalah Petualangan… atau yang bahasa inggrisnya disebut “Adventure”. . . Betapa tidak ? Jalanan yang belum diaspal, Hutan & Alam yang masih menyelimuti banyak bagian dunia, serta Kegiatan bepergian jarak jauh menggunakan motor dengan tumpukan tas berisi perlengkapan pribadi, Merupakan definisi dari Adventure itu sendiri. . .

 

Namun sekarang, Adventure Bike adalah suatu konsep sepeda motor yang berbeda. . . Jenis Motor ini dibekali style & ability yang spesifik, serta telah disesuaikan oleh keinginan Bikers petualang sejati. . . Meskipun pada kenyataannya, Di tanah air… Setiap tipe motor bisa dibuat menjadi motor Adventure, Termasuk Naked Sport, Skutik, hingga Bebek… Seperti yang sering nongkrong di beranda facebook EA’s Blog. . . 🙂

 

 

Apa Itu Adventure Bike, Kang Eno ??

 

 

Adventure vs Dual-Sport !

 

Adventure Bike, atau yang sering disebut Motor Adventure Tourer, adalah salah satu kelas Motor Dual-Sport yang paling berat dan paling besar kubikasi mesinnya… Jika dibanding motor dual-sport lain, yang punya model ramping & mesin berkubikasi maksimum 600-700cc. . .

Adventure Bike juga memiliki karakteristik yang mirip-mirip dengan Motor Dual-Sport biasa, Yakni Suspensi Depan panjang, Ground Clearance yang super tinggi, Velg (biasanya) masih Jari-jari/Spoke Wheel & Knalpot yang diposisikan tinggi. . . Hanya saja, Ban & Tangki BBM yang digunakan di Adventure Bike lebih spesifik… Yakni memiliki spek kapasitas tangki BBM besar (untuk Touring), serta ban yang mumpuni untuk bisa sekaligus jalan di dua kondisi sekaligus yakni aspal & jalan berbatu/tanah. . . Berbeda dengan motor dual-sport biasa yang dibekali ban model tahu alias kotak-kotak. . .

 

KTM Adventure 1190 2

 

Di kelas ini, Kemampuan motor Dirt-Bike (Trail) yang ringan, lincah & mampu diajak meliuk di jalanan rusak (kategori rusak berat, seperti naik gunung/menjelajah hutan) hilang seketika ( ya iyalah… kalo nyusruk siapa yang kuat angkat motor segede adventure bike sendirian ? 😀 )… Sebagai gantinya, Terdapat perpaduan antara 3 jenis sepeda motor, yakni Naked-BikeDual-SportTouring Bike… Dimana abilitynya mampu menaklukkan jalanan tanah (kategori medium) & aspal sekaligus… Namun tetap nyaman & bersahabat ketika dibawa dalam perjalanan jauh, serta punya tampilan yang menggoda iman *eh Dompet. . .

Motor Adventure ini juga dibekali (opsional) perlengkapan touring lengkap seperti Box/Side box besar, GPS, Penghangat Handgrip, Windscreen tinggi, dlsb…. Contohnya, Yamaha Super Tenere, Honda Africa Twin, BMW R1200G/S, KTM 1190 Adventure, dll….

 

 

 

The History of Adventure Bike !

 

 

BMW R80GS

BMW R80 G/S, Lansiran 1980-1981. . .

 

 

Saat perkembangan motor Dual-Sport sempat stuck alias jalan di tempat pada tahun 1980 silam, bahkan hingga saat ini (Bisa brosist lihat dari perkembangan modelnya, hampir tak ada perubahan kecuali perkembangan mesin 2-Tak ke 4-Tak & perkembangan desain semata)… Adventure Bike hadir sebagai pembeda di Kelas ini. . .

 

Adalah BMW… Pabrikan pertama yang memasuki kelas Adventure Bike ini… Lewat BMW R80G/S yang diperkenalkan di ajang IFMA, Cologne, Jerman, 34 tahun silam (1980). . . Pabrikan asal Jerman ini membuka jalan bagi pengembangan kelas baru Dual-Sport yang berbasis motor Rally Dakar. . . Yakni Dual-Sport yang tak hanya mampu bertualang di tengah jalanan tanah (semi) rusak & aspal.. Namun juga mampu dibawa perjalanan jarak jauh, serta punya performa yang tak kalah dibandingkan dengan kelas Naked-Bike atau Sport Bike sekalipun. . .

 

Nah, dengan kehadiran BMW R80G/S yang membawa label official dengan market “Adventure Bike” untuk pertama kali itulah… Hingga kini Adventure Bike mulai berkembang ke sebuah era baru. . .

 

 

Tahukah Brosist ?

Arti G/S dalam BMW R80G/S adalah Gelände/Straße, yang berasal dari kosakata Bahasa Jerman… Jika diartikan ke dalam bahasa inggris berarti Terrain/Street, atau bahasa Indonesianya Medan Tanah/Aspal. . . .

 

 

Lanjutkan Membaca >> Aspek Historis & Kelebihan Adventure Bike !

 

40 comments

  1. salute to kang eno!!!
    dari berapa blog langganan saya,,
    blog kang eno yang ngupas materi secara luas,
    jadi ndak cuman gosip mtor bru!!

  2. Wah request ktm 1290 superadventure kang eno, kesengsem lihat tampangnya. Kalo lihat di Google katanya motor teraman didunia, sapa tau kang eno bisa korek-korek lainnya lagi lebih dalem…

  3. Kang eno !!!! Itu CS1 kan bentuknya 11-12 ama jenis adventur bike ????
    Seharusannya CS1 punya value lebih meren ya 😦
    klo adventure bike di jual di mari pasti pada gak laku 😀
    soalnya masih trauma ama domba garut :p

  4. Wah jadi kepengen nih satu, tapi dompet belum kuat 😀 😀 😀
    Oh iy Mas eno, Request dong artikel tentang cara kerja mesin scuderi-split cycle engine, kayaknya saya masih bingung pas baca keterangannya dalam bahasa inggris
    Maklum english masih pas2an 😀
    Makasih sebelumnya mas

  5. nice article kang eno.. mantap lah artikel kaya gini bikin wawasan tentang motor lebih luas buat pencinta roda dua macam ane hehe.. keep posting bro!!

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s