Jenis Sepeda Motor : Touring Bike, Saat Jarak Tak Lagi Berarti !!

 

Touring Bike Main

 

Sebelumnya, Kita sudah mengupas tuntas segala detail, penjelasan, aspek historis serta kelebihan jenis motor Naked-Bike, Sport Bike & Dual-Sport. . . Kali ini, Materi pembahasan kita akan berlanjut ke jenis motor lain, yang dibekali Tampilan gambot, Mesin torqi, dan Ability mumpuni untuk riding jarak jauh…. Yup, Materi kita kali ini adalah tentang Jenis Motor Touring-Bike. . .

Penasaran seperti apa penjelasan detail, Aspek Historis & Segala kelebihan Touring-Bike ?? Yuk sama-sama langsung kita bahas aja Brosist…. Cekidots !!

 

 

Apaan sih Touring Bike, Kang Eno ?

 

 

Victory Vision

 

Yupp…. Touring Bike atau yang juga disebut “Dresser Bike” adalah sosok sepeda motor yang dilahirkan untuk mengakomodasi keperluan riding jarak jauh. . . Meskipun sejatinya berbagai jenis motor mampu digunakan untuk riding jauh (bahkan di Indonesia skuter/skutik pun digunakan untuk touring), Namun pabrikan telah merancang & men-develop motor yang khusus untuk mengakomodasi segala keinginan touring-riders, dalam wujud Touring Bike ini. . .

 

Touring Bike memiliki beberapa identitas (atau bisa dibilang keistimewaan) yang membedakannya dengan jenis motor lain… Beberapa diantaranya antara lain, Kapasitas Tangki BBM super besar (berguna untuk perjalanan jarak jauh agar tak bolak-balik SPBU), Mesin dengan tenaga mumpuni di putaran RPM Bawah (mesin torqi/torsi besar), Penyangga duduk boncenger, Side Box/Box belakang berukuran besar (berfungsi untuk membawa peralatan touring), Posisi riding yang sangat nyaman bagi biker, serta biasanya dilengkapi windshield & half-fairing berukuran besar (untuk melindungi bikers dari angin sepanjang perjalanan). . . .

 

 

Touring Bike, The History !

 

Harley Davidison Electra Glide 2

Harley Davidson “Panhead” Electra Glide, Lansiran 1965 !

 

 

Dalam dunia Touring-Bike, Nama Harley-Davidson adalah pabrikan yang paling dahulu memainkan segmen ini. . . H-D memperkenalkan Harley Electra Glide di tahun 1965 silam, yang sudah dibekali fairing gambot & box peralatan besar. . .

Sayangnya, Pabrikan lain terlambat menyadari potensi kelas ini… hingga akhirnya tahun 1970-an, BMW merilis Motor Touring Dresser pertamanya yang diberi label BMW R100RT. . . Lantaran ability performa yang lebih menjanjikan ketimbang sang H-D, BMW R100RT pun menjadi Touring-Bike terlaris dimasanya. . .

 

 

BMW R100RT

BMW R100RT… Pantesan laku, Lahwong maknyus koq ! πŸ˜€

 

 

Menyadari kesuksesan R100RT, Pabrikan Jepang pun coba ikut bermain di segmen ini. . . Honda saat itu mendahului Pabrikan Jepang lainnya dengan merilis GL1000 Gold Wing tahun 1974 silam, Sosok Touring Bike yang melegenda hingga masa kini… Honda juga turut menyematkan Fairing & Box besar di Gold Wing, Tapi peralatanΒ  tersebut merupakan kits yang dijual terpisah… Alias bukan merupakan kesatuan dari Touring-Bike yang dijual di pasaran. . .

Beberapa saat kemudian, HalΒ  ini menjadi sebuah problem di kalangan pabrikan yang memproduksi Touring Bike… Yup, Peralatan tambahan yang berukuran besar tadi (dan tentunya berat juga), jelas membuat ability Handling motor jenis ini menjadi sangat buruk. . . Ini disebabkan karena pabrikan tak membuat motor yang didesain khusus bersama dengan kits tersebut, sebagai fitur standarnya. . .

 

Yamaha Venture Royale

Yamaha Venture Royale 1983, “Gold Wing Killer”, kereenn abiss euy !

 

 

Akhirnya, di tahun 1983 Yamaha membuat sejarah baru di pasar Touring Bike dengan meluncurkan Yamaha Venture Royale 1200, Motor Touring bermesin V-4 1200cc (berbasis mesin V-Max) yang sudah dilengkapi dengan Half-Fairing Gambot & Box berukuran besar sebagai standarnya. . .

Tak hanya lebih komplit, Yamaha Venture Royale juga memiliki Handling yang mumpuni meski dijejali part yang notabene berbobot berat tersebut. . . Venture Royale secara fenomenal sukses membuat Honda (bersama Goldwing nya) “garuk-garuk kepala, Karena tampil sangat inferior dbanding Touring Jepang asal Yamaha tersebut. . .

 

Goldwing GL1500

Honda GL1500 Goldwing, Jawaban Balas Dendam !

 

 

Tak ingin Goldwingnya dianggap sebelah mata, Honda kemudian menyiapkan sebuah kejutan di segmen Touring Bike. . . Tahun 1988, Honda memperkenalkan GL1500 Gold Wing terbaru… Dibekali Mesin 1500cc Flat-6 silinder, Handling Kelas Wahid, plus Peralatan lengkap, Goldwing 1500 sukses melakukan aksi balas dendam terhadap Yamaha Venture Royale… Bahkan Goldwing anyar tersebut juga berhasil membungkam pabrikan jepang lainnya untuk berfikir 2 kali, bagi yang coba bermain di jenis motor ini. . .

 

Lanjutkan Membaca >> Aspek Historis Touring Bike & Segala Kelebihannya !

 

30 comments

  1. Tetangga saya dikampung punya tu goldwing jadul kayak foto yg dibawah, bodong, selundupan dari malaysia…berat banget, ga berani nyoba saya, hehehe

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s