Spesial : Ini Dia Alasan Untuk “Setia” dengan Motor Brosist !!

 

Eno Main

 

Tahun 2014 ini, Gelontoran Motor baru makin banyak menghiasi pasaran roda 2 tanah air. . . Mulai dari Skutik, Bebek, Sport, Hingga Moge anyar, semuanya turut meramaikan panasnya jagad roda 2… Kehadirannya bagaikan semangkuk es buah di tengah teriknya matahari ๐Ÿ˜€ … yang selalu menggoda dan membuat “ngiler” kita untuk membelinya. . .

Nah, Kalau kita terlanjur tergoda untuk membeli / memboyong motor baru dan kebetulan belum memiliki budget yang memungkinkan… Sebaiknya baca dulu artikel EA’s Blog yang satu ini, Tentang Mengapa Brosist harus bertahan dengan Tunggangan yang sekarang !! Penasaran apa saja alasannya ?? Yuk kita simak Brosist….. Cekdisot !!

 

 

Chemistry

 

 

Spacy 2

 

Bersama tunggangan kesayangan selama bertahun-tahun lamanya… Tentu saja kita sudah mengetahui segala macam tentang motor tersebut. . . Brosist sudah mengetahui setiap kelebihan & kekurangan saat menungganginya di jalanan, Apa saja yang membuat tunggangan kita ”ngambek” beserta cara mengatasinya, Hapal dimana lokasi sparepart dan bengkel kepercayaan nya, Atau mungkin bahkan Brosist sudah hapal jumlah baut di bodi tunggangan saat mencucinya beberapa hari silam ??

 

Yaa, Itu adalah nilai plus dari ”chemistry” yang sudah terjalin antara Brosist & Tunggangan yang kini dijadikan andalan. . . EA’s Blog pun sekarang pun sedang mengalaminya bersama sang skutik gambot kesayangan. . . Nah, Jika memboyong sebuah motor baru, Pastinya butuh adaptasi yang cukup lama untuk mendapatkan kembali ”chemistry” tersebut. . .

 

 

Bukan ”Teknologi” Minded

 

 

Vyrus 987 C3 4V 2

 

Mungkin Brosist terpikirkan untuk memboyong sebuah motor baru yang sudah dibekali fuel-injeksi,ย  teknologi rem yang bikin mumet, atau mesin mati sendiri saat berhenti, atau teknologi lain yang digembar-gemborkan so called hi-tech. . .ย  Namun, Bagi Brosist yang awam teknologi canggih yang kini mulai diaplikasikan di sepeda motor… Tentu teknologi lama sudah lebih dari cukup bukan ??

 

Yaa, buat apa membeli sepeda motor baru yang bakal mogok saat akinya soak ? Kalau ternyata motor yang sekarang masih bisa kick-starter dengan mudah…

Buat apa membeli motor baru yang servisnya harus pakai elektronik canggih seperti laptop, smartphone, kulkas, tv, magic jar dll ?? Bukankah motor lawas kita hanya membutuhkan obeng dan beberapa kunci pas untuk menyervisnya/menyetingnya (malah bisa dilakukan sendiri)…. So, Pikirkanlah itu….

 

 

Optimalkan yang Ada !

 

 

CB Jadul 7

 

Mungkin ini terdengar yang paling masuk akal dibanding kedua alasan sebelumnyaโ€ฆ Ya ! Untuk apa mengeluarkan kocek hingga puluhan juta untuk memboyong motor baru, sedangkan motor yang kini dipakai masih potensial untuk dikembangkan. . ??

 

Dan ini tak hanya berlaku untuk sektor engine/permesinan saja loh Brosistโ€ฆ Dengan colekan kelir warna baru, airbrush, kaki-kaki baru, atau mungkin aksesoris bolt-on ?? Ya, dengan part sederhana itu semua, bahkan motor kita saat ini mampu lebih eyecathing (jadi bahan lirikan) dibanding motor yang sudah ngebet ingin kita beli dalam kondisi standard !! So ??

 

 

Rasa Bersyukur

 

 

Bersyukur

 

Yaa, Terkadang kita selalu tertarik dan ”ngiler” saat sebuah motor keren dilaunching oleh pabrikan. . . Bahkan ada kalangan yang sampai menghalalkan segala cara untuk bisa memboyong tunggangan yang diinginkan. . . Namun, Dibalik itu semua terselip sebuah pertanyaan… Sudahkah Kita Bersyukur atas Apa yang kita miliki ??

Masih banyak di luar sana yang bahkan hidup di bawah garis kemiskinan… Jangankan untuk membeli motor… untuk makan sehari-hari pun terkadang mereka harus banting tulang dari pagi hingga malam hari. . . So, Untuk apa membeli motor baru, Kalau motor kita yang sekarang masih sangat bisa diandalkan untuk menemani kegiatan sehari-hari ??

 

Untuk pamer kekayaan kepada orang lain ? Supaya dipandang oleh rekan-rekan pergaulan ?? Untuk Menggaet Cabe-cabean ?? Atau hal tak berguna lainnya yang justru diupayakan ??ย  Bersyukurlah !ย  Karena apa yang kita miliki saat ini, Belum tentu bisa dimiliki orang lain…. Apalagi yang kita impikan dan kejar susah payah demi hal tak berguna tadi, Tak akan dibawa mati Brosist…. So, Bersyukurlah !

 

 

Kenangan

 

 

Kenangan

 

Ini adalah faktor psikologis yang paling terasa saat ingin mengganti motor kesayangan kita, Kenangan ! Yap, Kenangan bersama motor kesayangan tentu tak akan pernah bisa terhapus, Apalagi bagi seorang bikers sejati. . .

 

Mungkin Brosist masih mengingat momen saat jadian bersama pacar / suami-istri tercinta lalu boncengan pertama kali dengan motor kesayangan tersebut ? Atau Brosist masih mengingat terakhir kali menghabiskan waktu touring jarak jauh yang menyenangkan bersama rekan-rekan ? Yaa, kenangan tersebut adalah hal yang perlu diakui sangat sulit dilupakan… dan tentunya menjadi salah satu alasan psikologis kuat, mengapa Brosist tak mengganti motor kesayangan dengan motor baru. . .

 

 

 

Well. . . Tentunya banyak alasan lain yang mampu membuat kita enggan mengganti motor kesayangan dengan motor baru. . . Jadi, buat yang galau karena melihat motor baru ataupun printilan bocorannya di jagad blogsphere dan budget nya terbatas… jangan galau dan memaksakan diri lagi yaa. . . Mungkin Brosist bisa memberikan sentuhan baru ke motor Brosist untuk menghilangkan kejenuhan… Dengan aksesoris murah meriah atau warna cat yang lebih kinclong mungkin ?? Try It Brosist !!

 

So, Beli Motor Baru ?? Masih Tertarik ??

 

Sport 150cc 2

 

Baca juga yaa Brosist. . .

 

Tanya Eno : Perkembangan Model Knalpot Sepeda Motorย ?

Ini Dia Alasan Unik Mengapa Brosist Memilih Sepeda Motorย !

Jual New CBR150R CBU Thailand ?? Sakitnya Tuh Disiniย !!

Ini Dia Differensiasi Sport Bike 150cc Tanah Air (R15, RX-150, CBR150 & Ninja RR) !

Duet Suzuki RG500 โ€œGammaโ€ Ini Dijual Dengan Harga Fantastisย !!

Beberapa Fakta Sejarah Unik, Tentang Pabrikan Roda 2 !

Apa Warna Favorit Untuk Tungganganmu ? Ini dia Penjelasannyaย !!

Mengapa Bikers Selalu Identik Dengan Kata โ€œModifikasiโ€ ??

Pilih Naked-Streetfighter, Sport Bike, atau Naked-Tourer ?

Eropa VS Jepangย !

89 comments

  1. ahh kan eno, bikin ane makin berat aja lepas tunggangan lama ane yang udah nemenin dari 2005 silam. alasan yg terakhir itu lohhh..

  2. motor kenanganku tiger taun 2001 di tahun 2010 terpaksa dilego.karena sakit2an.. tiap bulan ada aja yg rusak..mulai LAT jebol menyebabkan klep bengkok,spul tewas .sayang sebenarnya mau dijual.mau gimana lagi..saat itu UMK baru 850ribu..udah ada anak istri hihihi..jadi curhat..semoga nanti bisa beli tiger lagi..mungkin prang lain bilang ngapain beli tiger kan lemot,kuno ..bagi saya kenangannya yg tak ternilai..pertama ngapel istri,pertama menjelajah pantura ,sampe mbolang tiap akhir pekan cikarang-tangerang

  3. wah artikel menarik masbro, bagian “Rasa Bersyukur” nya seperti menampar ane.. kalau hanya mengikuti ego kayanya ga bakal habis

    btw request artikel tentang persaingan motor motor semprot di indo pada masanya dund
    kaya

    Tiger, Scorpio, Thunder250
    NSR150, TZM150, RGR150
    CBR150 & FXR150

    nampaknya asik thuuu haha thx broh!

  4. itu yang bikin saya males ganti granny, grand 95.
    – pulang malam nga was-was motor dibegal orang.
    – Maling pun ogah nyentuh, malah ngincar pulsar yang parkir disebelahnya waktu rumah kemalingan (padahal kunci nyantel di motor)
    – pas razia, sering dicuekin polisi, padahal ane udah pelan-pelan didepan pak polisi dengan knalpot non std
    – banyak teman dijalan (pada nga rela kl ane salip dijalan)
    – spare part fast moving masih banyak yang jual
    – masi enak dibawa lari 70/80 km (mentok dah segitu larinya, hahaha)
    dll

  5. Itulah kelebihan bro Eno, artikel2nya itu sangat berbobot, edukatif dan isinya enak dicerna. Saya bandingin ama blogger lain, jujur aja blognya bro Eno inilah yg paling saya acungin jempol. Berkarya lah terus bro, salute to you…!!! Keep movin’ on to the top…!!!

  6. poin kedua… Jleebbbb. Haha, ngena ke ane kang. Ego ngalahin logika. Logikanya, ZR ane msh sehat wal afiat diusia 2taun, jarang ngambek, mogok cuma sekali pas keabisan bensin, yg paling penting, kredit dah lunas (baru banget lunas). Eeh, dibukain jalan buat ngambil tekno injek. Dengan senang hatinya, ambillah si ”sinchan” injek, dan melepas kepergian ZR ane ke tangan mpok tercinta. Kenapa poin kedua mengena? Langsam! ZR, ambil obeng, puter skrup, langsam kembali normal. Injek? Buang doku dulu ke BeRes baru langsam normal. Sengkek. Weh, panjang ya komennya? Sorry kang, keterusan nih. Hehe.

    • Gak apa-apa kang mau komen bikin 1 artikel juga silahkan, disini warung yg paling woles koq, malah saya yg seneng dapet artikel kiriman pembaca… khihihihiii ๐Ÿ˜€
      Terkadang hal yang kita anggap canggih itu belum tentu lebih baik yaa ternyata ๐Ÿ™‚

  7. Faktor KENANGAN itu yg paling jleeeb
    Masih miara Yamaha Force one 92 sampe skrng, ga mau ngelepas dan ga bakal ngelepas sampe kapanpun. Krn kenangannya, bolak balik ganti2 pacar sampe pacar terakhir yg skrng jd istri ya pake force one, ga pernah rewel jg d bawa jalan2 dr jogja ke bandung, keliling nemenin nganterin ngelamar kerjaan dari satu tempat ke tempat lain ya sama force one, dr yg punya cuma force one sampe skrng punya yg lain2. Soo sampe kapanpun ga akan di jual.

  8. alasan nyampe sekarang masih mikir2 minang chibi2
    1.harga dikampung 31 lebih, meskipun cuma beda 2 juta, kok dipikir2 beli motor 30 jutaan cuma buat harian sayang2 duit yaa

    2.berasa was2 baca banyak begal/maling.beli pake duit segitu yg ngumpulinnya bertahun taun ntar kalo ilang sakitnya tuh dijidat. masih mending sisiti 24 jam gak masuk rumah gak ada yg ngelirik tuh,hahaha

    3.masih mikirin masa depan,mau buat inilah,itulah,buat makan lah. toh masih ada si siti yg siap menemani

    4.dirumah cuma ada gw ma ibu, yg bisa make motor cma gw. ngapain juga beli motor lagi

    5.harga jual si siti. sayang banget kalo dijual,pasti harganya bikin sakit lagi. kalo gak dijual mo diapain

    6.seandainya pun harus beli motor lagi, kyaknya matic lebih pas deh,yg pnting kan fungsinya

    7.sekarang malah lg mlirik motor antik,cuma mikir2 budget buat bangunnya lumayan juga yaakk

    nah lhoo bisa dibikin artikel nih
    wkwkwkwkwk

  9. Kang mohon sarannya, saya di rumah punya karisma 2005 body full ringsek mesin full klotok klotok (kalo panas) tapi tenaga masih nampol,, si babeh pengen motor blade fi,, apakah harus di jual si karisma? Karena karisma tsb sudah menemani keluarga kami selama hampir 10 th, banyak sekali kenangan dari mulai merintis usaha kecil kecilan sampai besar kayak gini,, apakah harus di jual atau saya benerin? Soalnya saya sudah punya Chemistry sama ni motor,, Thanks sebelumnya,,

    • karisma sparepartnya masih buaanyak koq kang…. mulai dari ori sampe kw10… wkwkwk ๐Ÿ˜€
      kalo emang punya bnyk kenangan, ya dibenerin aja kang yg karisma dulu uang buat beli blade bisa diarahkan ke velg, cat, atau aksesoris mungkin ๐Ÿ™‚ … karisma mesinnya bandel loh biasanya…. mantapp

  10. Bener banget… Dulu motor pertama dapet Honda Beat, jaman SMA kelas 3 semester akhir baru dikasih buat sekolah.

    Pas dikasih Blade 110, rasanya gimana gitu. Itu Beat udah “gue banget” setelannya. Chemistrynya beneran deh. Hahaha. Berat ngelepas Beaty (nama si Beat).

  11. dari 4 pilihan poto terakhir, kayaknya pilih si “mimin” aja deh, pake mahar seperangkat alat sholat dibayar tunai… ๐Ÿ˜€ mimin oh, mimin oh, minimn oh…

  12. Vario 125 tahun 2012 , motor pertama saya (bener2 pertama) ..hasil keringat sendiri , bolak balik cikarang-jogjakarta via pantura brpa kali(banyak pokoknya) , nubruk megapro pas mudik lebaran , ndlosor di bekasi , dll.. pokoknya bekas lecet2 itu kenangan, ngga bisa diilangin cuma dikompon biar bersih, touring ke puncak cibodas bareng temen2 buruh , ke cibodas juga pas mau naik gn.gede bawa cerrier gede2 (berat) , terus “klayapan” keliling jakarta pas pulang kerja malem2 (dulu belom musim begal) , boncengin beberapa cewe (sekarang udah engga=jomblis kayak cbr) , terus bongkarin cvt sendiri , masih banyak kenangan lainnya.. udah kuat banget chemistry sama motor saya.. abis baca artikel ini kok jadi nyesel kapan hari buka2 OLX liat pasaran haraga seken vario 125 old.. hehehe, komentar satu artikel kang eno ๐Ÿ˜ fis broh

  13. Vario 125 tahun 2012 , motor pertama saya (bener2 pertama) ..hasil keringat sendiri , bolak balik cikarang-jogjakarta via pantura brpa kali(banyak pokoknya) , nubruk megapro pas mudik lebaran , ndlosor di bekasi , dll.. pokoknya bekas lecet2 itu kenangan, ngga bisa diilangin cuma dikompon biar bersih, touring ke puncak cibodas bareng temen2 buruh , ke cibodas juga pas mau naik gn.gede bawa cerrier gede2 (berat) , terus โ€œklayapanโ€ keliling jakarta pas pulang kerja malem2 (dulu belom musim begal) , boncengin beberapa cewe (sekarang udah engga=jomblis kayak cbr) , terus bongkarin cvt sendiri , masih banyak kenangan lainnya.. udah kuat banget chemistry sama motor saya.. abis baca artikel ini kok jadi nyesel kapan hari buka2 OLX liat pasaran haraga seken vario 125 old.. hehehe, komentar satu artikel kang eno ๐Ÿ˜ fis broh

  14. chemistry dan kenangan bener banget tuh bang, aku dulu pas ganti dari merek kepakan sayap absolut revo gen 1 ke nvl, serasa pas dijual, kenangan tuh muncul kembali bareng si revo, tapi sekarang dah dapat chemistry sama si nevil, ga peduli dah nv advance, cibi anyar, r15, toh si nevil dah dapet chemiatrynya dan ngapain buang duit kalau motor lama masih bisa bersanding riding bareng.

  15. Wkwkw bener banget gan.. Masih setia sama F1ZR punya bapak ๐Ÿ™‚ lecetnya aja ane hafal (karena ane yg jatohin) he he he

  16. haha jujur motor ane motor lawas(Supra 100 keluaran tahun 99). Banyak kenangan sama itu motor, pertama kali bisa naek motor ya pake motor itu, pertama kali ngerusakin motor ya motor itu yang dirusakin, itu motor udah ane anggep kaya adek sendiri. pokoknya banyak dah kenagannye, sekarang sih ntu motor masih jadi sahabat setia dalam perjalanan hahaha, ya walaupun ada problem tapi masih bisa di handle

    artikelnya bagus kang…..
    Motor Lawas = Motor Simple

  17. ya setuju. jangan konsumtif lah, masih bandel dan enak motor lama daripada yg baru kok. tuh buktinya crypton 97 dan fizrr 00 ku masih ga kalah kenceng dan nyaman daripada beberapa bebek yg baru. Mending duitnya buat beli cewe hahahaha…

  18. Sebelum baca artikel ini ane udah salut ama postingan abang karna informasinya bermutu,menarik +bahas a “gluean”(nglawak)nya lumayan bikin ngakak.tp ternyata abang bisa bikin orang kembali menggunakan hati jg (kebawa perasaan)..thx bang infonya.moga lancar trus dalm menyebarkan info” yg lagi update+berguna buat kita”๐Ÿ™‹

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s