Honda CB200-Twin, The Legendary Entry-Level Bike !!

 

CB200-Twin 3

 

Pernah bertemu di Kawasan Pangkalan Jati, Kalimalang, Jak-Tim tahun 2011 silam, Membuat EA’s Blog bertekad membuat sebuah artikel tentang Motor 200 cc ini suatu saat nanti. . . Hingga hari ini, Tepat 3 tahun kemudian, Alhamdulillah EA’s Blog bisa membuat Artikel tentang Sang Motor Entry Level 200 cc Legendaris Dunia,Β  Honda CB200-Twin ini dalam Artikel Historical Bike ala EA’s Blog Spesial untuk Brosist sekalian. . .

Seperti Apa Sejarah & Pernak-pernik nya ?? Yuk kita intip sama-sama ya Brosist. . . . πŸ˜€

 

The History !

 

CB200-Twin 2

 

Dahulu kala, Setelah Honda menelurkan Honda CB450 yang kemudian menjadi Sportbike pertama Honda yang berkubikasi besar, Honda kemudian memikirkan untuk menambah Amunisinya untuk merambah Pasar Global. . . Setelah memiliki Honda CB125-Twin & CB160 (CB160 kemdian bertransformasi menjadi CB175-Twin) pada tahun 1969-1970, Kini Honda menelurkan motor berkubikasi Medium yang diberi label Honda CB200-Twin. . . Yup ! CB200-Twin pertama kali dilahirkan pada tahun 1972 hingga harus masuk masa pensiun pada tahun 1978 silam (Note : Masa pensiunnya masih simpang-siur). . .

 

Tahukah Brosist ?

Honda CB450 Merupakan “Motor Gede” Pertama dari Honda yang dilahirkan Tahun 1967. . .

CB450 Merupakan Permintaan Takeo Fujisawa kepada Soichiro Honda, Yang menyadari Pasar Eropa & Amerika lebih Menyukai Sport Berkubikasi Besar….

 

 

Oiya, Kabarnya CB200 juga pernah mengaspal dan diproduksi di tanah air loh Brosist (Dalam bentuk CKD/Hanya Rakitan). . . Namun sayangnya, Kala itu CB200-Twin jelas kalah bersaing dalam kuantitas penjualan melawan saudaranya sendiri CB100 yang memiliki Spesifikasi lebih sederhana (Silinder tunggal). . . Secara Teori, Saat itu CB100 jelas memiliki kelebihan yang signifikan yakni Banderol harga jauh lebih murah & biaya perawatan yang lebih bersahabat ketimbang CB200-Twin. . .

Baca Juga : Ini Dia Pelajaran Penting dari Kegigihan Hidup Soichiro Honda !!

 

 

Superb Longlasting Design !!

 

 

CB200-Twin 9

 

Melihat bagian eksterior nya, Tentunya kita akan teringat pada sosok Honda CB750 & Honda CBX1047 yang dulu pernah kita bahas bersama-sama. . . Aura klasik yang kental, Seakan menjadi Permata yang indah bagi pencinta Motor klasik sekalian. . .

Saat EA’s Blog pertama kali melihat nya tahun 2011 silam (Umur 18 tahun), EA’s Blog langsung terpana melihat sosoknya yang masih mulus mengkilat dinaiki sebuah keluarga (Ayah, Ibu, 1 Anak). . . Kelir Warnanya yang kuning-kehijauan plus Logo tulisan Honda Jadul & Emblem CB200 yang terpampang, Seakan menunjukkan dirinya adalah sosok yang dulu pernah menjadi Legenda di kalangan Pencinta Roda 2. . .

 

CB200-Twin 4

 

Suspensi Teleskopik dengan Tambahan Karet (Mirip Suspensi Teledraulic), Disc Cakram Mungil di Depan, Rem Belakang Tromol, Frame Tubular-Steel Cradle, Suspensi Belakang Dual-Shockbreaker, Velg Jari-jari (Spoke) 18 inci, Plus beberapa Aksen Chrome, Menandai Bahwa CB200-Twin ini memang keluarga besar dari CB-Series tahun 60-70 an yang melegenda. . .

Dibekali warna standard Tahitian Red & Muscat Green Metallic, Desain mumpuni, Plus Part yang maknyus dijamannya, Membuat motor ini Seakan tak pernah Tertinggal, Meski era modernisasi kini telah mengikis dan meninggalkan Sport Inline-Twin milik Honda ini. . .

Baca Juga : Honda RC116, 50 cc Twin-Cylinder. . . Gendeng & Edan nya Gak Kira-kira !!!

 

 

Inline-Twin 200 cc, Feel It !!

 

 

CB200-Twin 5

 

 

Dipersenjatai Mesin 200 cc Inline-Twin, Tentunya Motor ini jelas memiliki reputasi yang cukup Brilian ! Mengingat kala itu, Sport dengan kubikasi 200 cc masih menggunakan Silinder-Tunggal. . . Menilik ke jantung pacunya, Honda CB200-Twin dibekali Mesin 4-Tak, 198 cc, OHC 4 Valve (2 Valve per Silinder) , dengan pendinginan mesin tradisional, Air-Cooled. . .

Dibekali 2 Karburator Keihin berukuran 18 mm sebagai penyuplai BBM ke Mesin 2 Silindernya, CB200-Twin memiliki catatan power yang cukup mumpuni untuk motor yang beredar di Masanya. . . Yup ! Motor yang pernah memenangkan Anugerah “Bike of The Year” versi Cycle World ini, Mampu memuntahkan Power hingga 17 HP @ 9.000 RPM & Torsi Maksimum 13 N.m @ 7.000 RPM. . .

 

CB200-Twin 6

 

EA’s Blog sesungguhnya bukanlah pencinta motor klasik bermodel seperti ini (EA’s Blog lebih menyukai Sport-Tulen & Race-Replica Klasik). . . Namun saat mendengar dentuman suara 2 silinder yang karakternya sangat beda jauh ketimbang Ninja 250 yang saat itu Booming, Percayalah, You’ll Love It !!!

Baca Juga : Honda CB750, Motor Bermesin 4 Silinder Pertama di Dunia !

 

 

Spesifikasi Detail….

 

 

CB200-Twin Speedo

 

Nah, Kurang lengkap rasanya bila EA’s Blog tak menyertakan Spesifikasi Detail dari Jagoan Honda era 70-an silam ini. . . So, Ini Dia Spesifikasi Detail dari Honda CB200-Twin, Spesial untuk Brosist sekalian. . .

 

Manufacturing : Honda Motor Company

Model : CB200 T (Twin Cylinder)

Tahun Pembuatan : 1972 – 1978

 

Engine : 4-Tak, Inline-Twin (2 Silinder), OHC 4 Valves (2 Valve per Silinder), Air-Cooled

Bore x Stroke : 55,5 x 41 mm

Kapasitas Silinder : 198 cc

Rasio Kompresi : 9,0 : 1

Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Keihin 18 mm

Transmisi : 5-Speed, Constant-Mesh

Max Power : 17 HP @ 9.000 Rpm

Max Torsi : 13 N.m @ 7.000 Rpm

Top Speed : 77,1 Mph (124 Km/h)

 

Frame : Tubular-Steel Open Duplex Cradle

Berat Kosong : 132 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 11 Liter

 

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Dual-Shockbreaker, Tubular-Steel Swingarm

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston, Cable-Operated

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)

Ban Depan : Dunlop 2.75 – 18 Inch

Ban Belakang : Dunlop 3.00 – 18 Inch

 

 

 

Well. . . Sosoknya yang terkesan “Bersahaja“, Membuat Honda CB200-Twin hingga saat ini menjadi Hot Item yang menjadi incaran para kolektor. . . Kini, Setelah lebih dari 40 tahun melanglang buana di seluruh penjuru dunia, Jumlahnya pun menjadi sangat sedikit, Serta tentunya Sparepart nya menjadi sangat langka. . . Sekalipun tersedia, EA’s Blog yakin harganya akan menjadi sangat tidak masuk akal, alias “Mahal“. . . πŸ˜€

 

Meskipun demikian, Rasanya CB200-Twin layak mendapatkan Tagline dari EA’s Blog :

 

” Honda CB200-Twin, Spread the Wings & Feel The Touch of Simplicity “

CB200-Twin 8

Oke, Sekian dulu yang bisa di share pada Artikel History Ringan ala EA’s Blog kali ini. . . Semoga mampu bermanfaat & sedikit menambah khasanah informasi seputar Dunia Roda 2 bagi brosist sekalian. . . Kita bertemu lagi di kesempatan lain ya Brosist. . . See Yaahh !!

 

So, Honda CB200-Twin. . . Mampu Mempesona EA’s Blog loh Ternyata !!!

CB200-Twin 5

44 comments

  1. alhamdulillah pernah nyoba dua tahunan dulu waktu kuliah …..
    ini motor kedua yg pernah saya coba …. setelah astrea prima hehehe

  2. apakah ini si honda black thunder itu ya om….(artikel yang ku minta seminggu yang lalu). kira2 harga di pasaran sekarang brpa ya…….hehehehe ngiler…pengen punya yang jadul..orangnya juga jadul hehehheheh

    maturnuwun

  3. andai saja tiger di bangkitin lagi menggunakan mesin ini
    stroke di panjangin(di patok 250cc) , pembaruan menggunakan sistim injeksi , kompresi 12:1 , oil coller dengan kipas pendingin electrik , transmisi 6 speed , power 21ps++ ,pasti penjualannya laris.

  4. saya jumpa td
    suaranya bikin telinga uenak πŸ˜€
    desain nya juga klasik amat….
    makanya saya langsung googling eh dapat di blog mas ea

  5. Gan itu speedometernya emang 2 ya ?
    Saya punya CB 100 mau nyari speedometer yg double gitu yg 1 buat rpm
    Bagi info dong gan

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s