Honda FXX, Sketsa Superbike V6 Penentu Masa Depan !

 

Honda FXX

 

Di tahun 1980-an, Saat Honda pertama kali memperkenalkan generasi V-Engine nya yang fenomenal hingga saat ini, Mereka tak hanya puas sampai disitu… Padahal kurang apa sih ? V-Twin sudah ada di VT250, V-Twin Longitudinal + Turbo ada di CX500-CX650 Turbo, V-Three (V3) ada di MVX250NS400R, V-Four (V4) juga sudah ada di VFR400RVFR750R, bahkan yang bagai cerita negeri dongeng alias V-Four Oval Piston juga mereka pernah buat di Honda NR750 ! Tapi masih ada konfigurasi V-Engine yang membuat Honda penasaran, Yakni V6 (6 Silinder) dalam diri Honda FXX, yang ternyata justru berakhir tak menyenangkan… Brosist penasaran soal Honda bermesin V-Six 6 Silinder ini ?? Yuk, Kita bahas bareng-bareng Brosist… Cekidots !

 

Oke, Faktanya Honda FXX tak pernah diproduksi massal, bahkan lebih parahnya versi Prototype/Konsep nya pun tak pernah diperkenalkan di ajang otomotif manapun. Loh, Maksudnya bagaimana sih Kang Eno ? Yup, Wujud dari motor ber-codename FXX ini sebenarnya hanya sketsa desain official Honda semata… Meskipun demikian, Sketsanya sudah komplit banget koq Brosist, Ada Frame, Kaki-kaki, Mesin, sampai Bodywork nya juga ada.

 

Honda FXX

 

Honda FXX awalnya diprediksikan sebagai Superbike kasta tertinggi dari Honda, yang saat itu dipegang oleh VFR750R. Berbeda dengan Sang “Ultimate 750” tersebut, FXX dibekali mesin yang jauh lebih fantastis, yakni V6 ! Dan dibuat lebih powerfull dibanding V4 Gear-Driven Camshaft milik VFR750. Berbicara soal rumor, Ternyata dulu rumor ngeri-ngeri sedap nya nggak kalah dengan era modern ini loh Brosist…

Sempat diisukan sebagai cikal bakal mesin CBR750RR Prototype, Namun sayangnya hal tersebut adalah mimpi belaka, Lantaran nantinya versi produksi Original Fireblade (CBR900RR) hanya menggunakan mesin Inline-Four. Selain itu, Prototype ini saat itu juga diisukan bakal disandang oleh salah satu Patent Desain Misterius Honda, yang juga pernah EA’s Blog bahas… Namun akhirnya juga cuma berakhir sebagai rumor.

 

Mysterious Honda Patent

 

Motor ini didesain oleh Tomoo Shiozaki, Orang yang juga bertanggung jawab terhadap motor “gokil” Honda lainnya. Seperti yang pernah EA’s Blog baca dari Visordown : Honda meracik FXX sebagai jembatan antara Ridiculously-Exotic NR750 & Superbike andalan mereka VFR750R (RC30). Dengan tujuan, Menciptakan Superbike V6 yang secara Performa lebih baik dibanding RC30 dan Se-eksotis NR750. Meskipun tujuannya sangat fantastis (Dan kalau jadi kenyataan, Mungkin banyak pabrikan lain yang juga ikutan), Sayangnya, Sketsa desain ini hanya berakhir di tumpukan file prototype Honda…

 

Tahukah Brosist ?

Honda RC211V

Selain sebagai sosok yang bertanggung jawab terhadap Honda FXX – Tomoo Shiozaki juga adalah Desainer Honda RC211V MotoGP, VFR1200 Dual-Clutch, serta pernah menjadi anggota team desainer NR750.

 

 

 

 

 

 

Well… Meskipun hanya berakhir sebagai “khayalan” belaka, Tapi effort pabrikan sayap mengepak terhadap Honda FXX terbukti membuahkan hasil… Apa hasilnya ? Yup, Hasilnya adalah motor terbaik era MotoGP 990cc, yang bernama RC211V. Meskipun Honda sepertinya lebih memilih memangkas 1 silindernya, demi pengurangan bobot 10 Kg (Regulasi MotoGP saat itu)… Dan satu lagi fakta yang menarik, Kedua desainer FXX – RC211V adalah orang yang sama lho Brosist !

 

 

RC211V Engine

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Honda Revo AT Yamaha Lexam

Solusi yang Tak Terbalas, Yamaha Lexam & Honda Revo AT !

 

Honda Super Cub 4

Ini Dia Trik Honda Menguasai Amerika, Eropa & Dunia !

 

RC213V-S & VFR750R

Antara Honda VFR750R (RC30) & RC213V-S…

 

Mysterious Honda Patent

Sisi Misterius Paten Original Honda Fireblade…

 

Honda CBR 750 Hurricane 12

Honda CBR 750 Hurricane, Si Legendaris yang Jarang Diketahui !!

 

CBR Hurricane

Honda CBR Series dari Masa ke Masa….

 

Tadao Baba Fireblade

Kisah Tadao Baba & Sejarah Tentang CBR Fireblade !!

 

Honda CBR1100XX 3

Honda CBR1100XX, The Other Story of Honda CBR-Series

 

CBR25

Honda CBR250RR Reborn, Bodykit Baru Lintas Generasi !

 

Honda CBX125F 13

Honda CBX125F, Leluhur Honda Sonic dengan Twin-Muffler 17 HP !

 

Honda CBR1100XX 7

Ini Dia Kode Penamaan Motor Honda (Kode Awalan C). . . !

 

CBX 1047

Honda CBX, 1047cc 6 Silinder Mahakarya Soichiro Honda

 

CB200-Twin 3

Honda CB200-Twin, The Legendary Entry-Level Bike !!

 

CB750 Ride

Honda CB750, Motor Bermesin 4-Silinder Modern Pertama di Dunia !

16 comments

  1. Rc 211 v emang unik . Mesin v tapi depan belakang beda jumlah silinder . Ngapa ga sekalian 6 silinder ya . Nunggu motor multi silinder dari honda . rc lawas gen awal 1 misal rc 166 dll itu silindernya banyak kubikasi kecil . Suaranya garang

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s