Honda Kembangkan Motor Dengan Turbo/Supercharged ?? Feels Like An Old Way. . .

 

CX500 2

 

Teknologi mesin motor terus berkembang dari generasi ke generasi, Seperti yang bisa kita lihat miniaturnya pada Artikel History ala EA’s Blog. . . . Setelah berhasil  & populernya Mesin berpenyuplai BBM Fuel-Injeksi untuk motor, Kini kabar terbaru jika mesin tersemat turbo dan supercharged akan tersedia pada kendaraan roda dua. . . Salah satunya berasal dari Pabrikan Motor Honda yang kini dikabarkan tengah mengembangkan mesin dengan perangkat Turbocharged dan Supercharged. . .

 

Kawi Supercharged

Kawasaki Supercharged Prototype !!

Langkah Honda ini tentunya mengikuti Kawasaki dan Suzuki yang sudah lebih dulu mengembangkan konsep Mesin Supercharged, Yang ternyata sudah populer di Kancah Otomotif Roda 4 tersebut. . . Kawasaki sudah mengembangkan mesin 4 silinder supercharged yang dikabarkan akan digunakan Edisi terbaru pada ZX-14R, Yang sempat dipamerkan di Ajang Tokyo Motor Show, November 2013 silam . . . Sementara Suzuki sudah menampilkan motor konsep Recursion dengan komponen turbocharged tahun lalu di ajang Tokyo Motor Show. . . .

Baca Juga : Honda X-Wing, Sport-Touring Futuristik yang Melampaui Jaman !!

 

VFR1200F Engine

Honda VFR1200F Engine Basic !

Beberapa alasan untuk mengaplikasikan komponen Turbocharged dan Supercharged adalah untuk menekan konsumsi BBM dan menurunkan emisi CO2 yang menjadi landasan utama pada kendaraan roda dua di Eropa. . . . Kabarnya Honda akan menggunakan Basic Mesin Honda VFR1200F untuk menguji coba komponen Turbo. . . . Mesin yang juga pernah dipakai dan dieksplor sisi kebengisannya oleh Ariel Ace tersebut akan menjadi mesin riset utama, Dimana konfigurasi mesin V-Four yang Identik dengan Sejarah Honda bakal diubah menjadi mesin V-Twin plus Turbo/Supercharged nantinya. . .

Baca Juga :

– Ariel Ace, Sisi Lain VFR1200F yang Trengginas !!

– Nih Spesifikasi Detail Plus Cuplikan Raungan Knalpot Ariel Ace, Suaranya Mantap !!

 

CX500

Honda CX500 Turbocharged !!

 

Jika menilik tentang perkembangan sejarah Sepeda Motor yang beredar di Ranah Internasional, Tentunya nama Turbocharged serta Supercharged bukanlah sesuatu yang bari di Kancah Roda 2. . . Pada era 80-an, Honda bersamaan dengan Pabrikan Jepang lainnya juga pernah membuat Sepeda Motor dengan Mesin Turbocharged untuk Produksi Massalnya. . . Sebut saja Honda CX500 Turbo (1982) , Honda CX650 Turbo (1983), Kawasaki ZX750 Turbo (1983), Suzuki XN85 Turbo (1983) & Yamaha XJ650 Seca Turbo (1984) . . . Btw, Semua Motor tersebut sudah masuk list Artikel History EA’s Blog koq Brosist, Ditunggu aja yaaa…. 😀

Sedangkan Supercharged banyak diaplikasikan untuk keperluan Balap Drag-Race dengan basic Motor yang disebutkan diatas. . . Walhasil, Pada tahun 1980-an tak aneh rasanya bila kita sudah disuguhi Motor dengan Bantuan “Ekstra Power” berupa Turbocharged ataupun Supercharged. . . Hingga akhirnya kembali tenar akhir-akhir ini, Seiring Suzuki & Kawasaki kembali membangkitkan kenangan 30-an Tahun silam tersebut. . .

Baca Juga : Custom Honda CBX1047 Turbo, 6-Silinder Turbocharged Tembus 220 HP !!

 

Well. . . Dari penyematan Turbocharged atau Supercharged tersebut, Adanya komponen itu diakui bisa menambah Power Mesin serta tetap menghemat konsumsi BBM. . . . Dari kabar burung yang beredar, Honda akan menampilkan Mesin plus Supercharged anyar tersebut pada ajang INTERMOT atau EICMA 2014 yang akan digelar November 2014 di Milan, Italia. . .

 

So, Honda Akan Membuat Motor dengan Turbocharged/Supercharged ??

Semoga Seheboh dan Sepopuler Honda CX500 Turbo dahulu kala. . . . !!

CX500 Banner

24 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s