Ini Dia Alasan Anda TIDAK Memilih Yamaha New Vixion Advance !

New Vixion Advance Stizza Black Red

Pabrikan garputala sepertinya sedang panas-panasnya di Tahun 2015 ini yaa Brosist… Bagaimana tidak, setelah jajaran Skutik Blue Core terbaru, MX King 150, Livery Spesial ala MotoGP, kini Yamaha kembali memperkenalkan lagi Motor terbarunya di 2015, New Vixion Advance, bersama jajaran sport lainnya yang juga siap dirilis tahun ini. . .

Nah, Setelah beberapa hari lalu kita puas membahas segala keunggulan & kelebihan evolusi “Raja Sport” terbaru pabrikan asal Negeri sakura, Yamaha New Vixion Advance dalam artikel Alasan Anda Memilih Yamaha New Vixion Advance… Maka tentu saja kali ini EA’s Blog akan membahas tentang segala Kelemahan & Kekurangan yang ada di New Vixion Terbaru 2015 ini. . . Seperti apa pembahasan ala Kacamata & Analisa EA’s Blog ?? Yuk langsung kita intip segala Kekurangan New Vixion Advance di ALASAN ANDA TIDAK MEMILIH YAMAHA NEW VIXION ADVANCE. . . Cekdisott Brosist !!

Tak Ada Improve Signifikan !

New Vixion Advance 8

Nah, mungkin inilah yang sering dianggap sebagai kekurangan terbesar di Yamaha New Vixion Advance… Yup, improvement yang dilakukan Yamaha kelihatan seperti dilakukan ‘setengah-setengah’. Oke, desainnya mungkin adalah pengecualian, apalagi dengan model headlamp yang menurut saya jauh lebih bagus dibanding generasi sebelumnya.

Tapi selain desain? Nah, ini dia masalahnya.

Pertama dari sisi permesinan, meskipun sudah gembar-gembor berubah kode produksi dari 1PA ke 2TP… Tapi faktanya, mesin ini masih berkonfigurasi 150cc, SOHC 4-Valve, 5 Speed Gearbox, yang notabene sudah dipakai sejak Old Vixion tahun 2008-an silam!

Mungkin engine DOHC yang mampu berkitir di RPM tinggi adalah hal yang sulit diwujudkan oleh Pabrikan garputala… Tapi soal transmisi 6-Percepatan dan improvement di sektor power? Terlebih ketika calon kompetitornya, All-New CB150R Streetfire dikabarkan bakal memakai konfigurasi mesin baru. Heck, bahkan calon maxi-scooter Yamaha pun kabarnya bakal pakai mesin generasi baru!

Kemudian di sisi detail, kita juga bakal tetap menemui basis yang sama seperti halnya New Vixion Lightning. Tetap pakai velg palang 5, masih pakai ukuran ban yang sama, nggak ada improvement dari sisi pengereman, dan masih pakai sasis yang juga nggak berubah.

Akibatnya? Problem yang sebelumnya terkenal di New Vixion Lightning pun berpotensi diturunkan ke versi New Vixion Advance. Apa saja?

Komstir Oblak

NVA 2

Nah, kalau berbicara soal komstir sih harusnya sudah nggak lagi aneh ya. Soalnya, semua Vixion-series punya problem yang sama, mulai dari Old Vixion, New Vixion Lightning, sampai New Vixion Advance: Komstir gampang oblak!

Banyak yang bilang solusinya adalah dengan mengganti dengan tipe bearing bambu (komstir bambu). Tapi menurut saya ini jelas bukan solusi, apalagi tipe komstir bambu yang murahan punya problem soal penyetelan setang (berat), plus bikin pusing mekanik saat bongkar-pasang steering stem.

Soalnya bukan tanpa alasan, harga komstir set (race ball kit) Vixion-series itu sekitar Rp 200 ribuan. Lumayan menguras kantong, apalagi kalau daerah tempat tinggal kalian jalanannya banyak ranjau lubang kayak laporan keuangan departemen pemerintahan. Harga komstirnya masih lebih murah dibanding kepunyaan Scorpio sih… Tapi kalau jauh lebih awet? Ya jadi lebih murah hitungannya.

Mimpi Buruk DiAsil & Ring Piston

NVL 2014

Aslinya nggak ada yang salah dengan plating silinder DiAsil ala Yamaha. Begitupun dengan jargon Forged Piston nya yang bisa kalian temui mulai dari brosur sampai bannner bengkel resmi Yamaha. Garansi part ini juga nggak main-main, 50.000 km atau setara 5 tahun lho! Apresiasi justru adalah sesuatu yang harus diberikan untuk effort pabrikan berlogo garputala, bukan sebaliknya.

Tapi sayangnya (atau anehnya) ini juga yang menjadi kekurangan paling fatal di generasi New Vixion… Mulai dari generasi Lightning sampai Advance. Tipikal plating DiAsil ini aslinya super keras lho! Tapi sayangnya, juga terkenal punya kekurangan gampang baret kalau dipaksa bergesekan dengan lumpur atau kotoran mesin yang tersapu ring oli di piston. Walhasil, blok silinder ini jugalah yang menjadi biang kerok apabila usernya telat ganti oli.

Solusinya adalah dengan mengganti blok silindernya dengan kepunyaan Old Vixion berkode 3CI. Sayangnya, karena tipe motor tadi sudah discontinue sejak lama, walhasil sparepart ini pun sekarang tergolong langka dan harganya jadi nggak masuk akal dibanding cylinder comp original New Vixion.

Terlebih pelumas Yamalube Super Sport yang direkomendasikan untuk interval penggantian oli sampai 3000 km (dengan pengecekan level berkala), harganya tergolong tinggi. So, kalau terpaksa harus mengganti oli dengan kualitas yang lebih rendah, jangan lupa HARUS cek berkala soal ketinggian level oli dan warnanya ya! Kalau nggak?

Ngebul & Vampir Oli

Mesin New Vixion Advance

Gimana jadinya kalau nggak ganti oli dan mengeceknya secara rutin, Kang? Well, efeknya ya nggak ada yang lain: Ngebul & Vampir Oli. Kondisi blok silinder DiAsil yang baret dan Ring Piston yang longgar akibat nggak rutin penggantian oli bisa mengakibatkan pelumas merembes melewati celah antara ring dan blok silinder, kemudian terbakar bersama campuran udara & BBM di ruang bakar.

Akibat kontaminasi ruang bakar dengan pelumas oli… Efeknya, knalpot bakal mulai ngebul dengan asap putih.  Kondisi ini bakal merembet ke level oli yang cepat berkurang – kondisi yang lebih dikenal sebagai Vampir Oli. Problem ini nantinya menyebabkan pelumasan DiAsil Cylinder dan ring piston yang kurang optimal, otomatis bertambah parah deh!

Begitulah cycle nya, dan kondisi ini bisa terjadi terus-menerus sampai level kronis dan harus melakukan penggantian blok, piston kit plus paking set yang harganya sekitar Rp 650-700 ribuan!

Aslinya semua motor yang dibuat produsen di Indonesia juga punya problem yang sama. Semua motor juga bisa ngebul kalau sampai telat ganti oli. Tapi sejauh yang saya ketahui, efeknya yang paling parah ya ada di Mesin LC4V generasi New Vixion ini!

Issue Next CB150R Facelift !

New Vixion Advance Striking Black

Dan akhirnya sampailah kita di urutan terakhir, soal Alasan Anda Tidak Memilih Yamaha New Vixion Advance kali ini… Dan sosok yang tepat untuk menutup Pembahasan kali ini, Tentunya adalah Next CB150R Facelift Terbaru. Kalau sebelumnya CB150R Gagal Total mengkudeta kuasa NVL di segmen sport 150cc tanah air karena desain, mesin & detail yang dinilai kurang mumpuni (kalau nggak mau dibilang jelek, sorry that’s the truth), maka kini kemungkinan bakal beda cerita!

Yup, berbagai bocoran mengatakan kalau CB150R terbaru ini nantinya bakal mengadopsi desain yang berubah total dari generasi sebelumnya. Belum lagi ditambah mesin anyar 150cc DOHC 4-Valve yang diupgrade dari edisi lawas. Dan jangan lupa juga soal detail anyar New Streetfire yang sudah betebaran di dunia maya. Ini nih improvement yang nggak kita temui di New Vixion Advance terbaru!

Jika menganalisa dari bocoran diatas tadi, maka sudah tak heran kalau Next CB150R adalah salah satu Sport 150cc yang layak ditunggu di 2015. Dan demikian tadi berbagai alasan mengapa tak memilih New Vixion Advance. Saran saya, tunggu New CB150R Streetfire dulu. Kalau nggak lebih bagus dari sang Vixion Advance, maka kalian bisa pertimbangkan ulang soal jagoan 150cc terbaru Yamaha ini.

Well… Pembahasan tentang segala poin minus atau kelemahan Yamaha New Vixion Advance ini tentunya hanya pengamatan & analisa sederhana ala ENOANDERSON saja ya Brosist. Keputusan akhirnya tentu saja ada di tangan Brosist sekalian. Yang terpenting, pilih motor yang sesuai kebutuhan, karakter, style, dan keinginan kalian. Dan terakhir, jangan lupa selalu berhati-hati di jalan.

Oiya, buat kalian yang terlewat soal pembahasan keunggulan New Vixion Terbaru 2015, silahkan baca artikel ini ya: ALASAN ANDA MEMILIH YAMAHA NEW VIXION ADVANCE.

So, Yamaha New Vixion Advance ? Yang Mana Kekurangan Terbesarnya Menurutmu ??

New Vixion Advance Striking Black

Baca Juga Seputar New Vixion Terbaru Lainnya yaa Brosist. . .

New Vixion Advance 12

Ini Dia Alasan Anda Memilih New Vixion Advance !

New Vixion Advance Luminous White

Yamaha Rilis New Vixion Advance 2015… Tambah Fitur, Harga Naik 200 Ribu !

New Vixion Facelift 2015 Movistar MotoGP 2

Sosok Yamaha New Vixion Advance MotoGP, Kode Mesinnya Berubah Bro !

 

New Vixion Advance 2015 Headlamp

Ini Dia Tampilan Detail Yamaha New Vixion Advance Facelift 2015 Warna Merah !

 

New Vixion Advance 2015 Tampak Belakang

New Vixion Advance 2015, Se-Advanced Apakah Edisi Facelift Ini ?

 

new-vixion-advance-2015-2

Perubahan di Yamaha New Vixion Advance Adalah Hasil Masukan Konsumen…

 

New Vixion Lightning Facelift 2015 2

New Vixion Facelift 2015 Hanya Minor Update, Kabar Gembira Bagi User NVL Lawas !

 

CBSF vs NVL

Analisa Penjualan Yamaha New Vixion Lightning vs Honda CB150R Streetfire !

 

CBSF vs NVL SE

Honda CB150R & Yamaha New Vixion Facelift, Battle Jilid 2 ?

 

Modif Yamaha Vixion Fender MX King 3

Modifikasi New Vixion Pakai Fender (Spakbor) Belakang Jupiter MX King, Nih Dia Hasilnya !

88 comments

  1. @enoanderson: Mesin Ngebul, Haus Oli, Ring Piston bermasalah, Memang telah diakui oleh beberapa owner New Vixion Generasi sebelumnya 1PA. . . Meskipun
    kini sudah diubah menjadi kode 2TP, yang
    diberitakan serupa dengan Part mesin MX King
    150… Tapi, Tetap saja masih belum terbukti
    maknyus layaknya generasi Old Vixion 3CI kan ??
    —————————————————————————————-
    ya jelas aj blum trbukti maknyus..orang motornya jg blum di test ride dn blum dicoba sma konsumen dlm wktu yg lama..kn spa tw dimesin trbaru ini keluhan” sperti Mesin Ngebul, Haus Oli, Ring Piston bermasalah jd berkurang..

  2. Dan satu lg blunder yamaha,.
    Inget waktu peluncuran GT sama nmax? Kaya apa tuh petinggi yamaha memuji headlamp led nya,eh giliran di nva katanya itu lampu sudah yg terbaik,. (Sumber iwb)
    Kl emg terbaik knp gt sama nmax di kasih led??
    Kadang² petinggi yamaha indonesia kl ngomong kurang hati²..

  3. Ada satu kekurangan lagi a eno !
    Yaitu harganya 🙂
    apa gak di singgung masalah yg itu ????
    24jt,sekian ? Mepet scorpio dong ? Hehehe

    NP:
    tak ada yang salah dengan new vixion advance, jika kita bandingkan dengan sohc lain, SOHC yg satu ini mungkin terbaik di kelasnya tak patut kita kompare dengan DOHC karna indonesia bukan tanah yg berumput sirkuit.

  4. Wehhh..kalau blog lain nulis ginian,bakal perang besar tuh para fans boy 😀

    Sekedar info,adik saya pakai Vixion buatan 2012…keluhan terbesarnya komstir oblak yg tak kunjung sembuh dan boros oli mesin.
    Akhirnya motor gagahnya hanya untuk jalan-jalan dalam kota saja.

    Tragis

  5. Bener juga sih. Terutama yg udah punya motor sport 150cc
    Rugi bgt ganti motor kalo masih sekelas..
    Kecuali motornya udah lbh dr 10th br cocok buat update

  6. mang kobay tolong jelasin kenapa NVL cuma sedikit pesulap nya?di sini pada gak ngerti kenapa cuma minor change dari NVL.strategi pancingan dari yimm ini mah.NVL major change belum waktu nya.yimm mau lihat dulu seperti apa CB peslip nanti mulai dari design dan performance nya.CB peslip ntar di serang balik sama vixion Major change.mang kobay mah udah tau tuh syretegi NVA

  7. kok mesinnya nggak ke NMAX yak, VVA lebih value dari pada MXking 😆
    beginilah akibat kalo “no common enemy” masih pede dengan jualannya akhirnya senasib kaya FU ya cuma ganti ini itu saja :mrgreen:

  8. Nvl baru 2013 punya, tau ada nmax pingin ganti, ehh kabar2 nya mau keluar x-max… Wait n see dulu, mending x-max bngt dah hehehehe

  9. sebenarnya kesimpulannya adalah tunggu pengujian cb facelife dan nva baru deh putuskan .mengenai desain menurut sy , karena desain lawas sudah everlasting jadi improv tidak bisa jauh dari pakemnya, mengenai kekurangan mesin 1pa menjadi 2tp jangan diragukan toh bukti sudah ada 3c1 sebelumnya. klo mau tunggu cb facelife boleh aja ,tapi ingat rata rata desain sport yim lebih ok

  10. berarti temen ay punya old vixion yang anomali ya

    keluaran 2008, komstir masih sehat jarang masalah, mesin malah ga pernah masalah sama sekali, ngebul ga pernah, ganti oli juga teratur, ampe sekarang belum pernah servis besar sih, jadi ngga ketauan itu isi mesinnya kek begimana

    ntar kalo ada kumpul2 lg ay pinjem dah tu vixion anomali

  11. wah ini nih pembahasan yg netral, stelah bahas kelebihan2nya skrang bhas kekurangannya, tggal kita sbg konsumen menilainya, so salut bwt kang eno 😀

  12. pernah baca kang, evolusi pixion udah mentok dimana yah kang, kayaknya artikelnya mbah dukun deh… hahahaha
    kayaknya bener adanya deh kang..

  13. Terima kasih ulasannya bro. Saya memang sedang timbang-timbang mau ngambil vixion advance apa cbsf ganti wajah yang belum muncul. Dari segi harga gimana bro perbandingan keduanya?

  14. aku punya NVL beli belum lama, tapi alhamdulilah udah lunas jadi sudah merdeka heheh 😀
    review yang di tulis sampean memang bener , beberapa pendapat pengguna vixion teman saya katanya komstir cepet kena , tapi NVL ku belum kena tapi jangan sampai oblak hehe, padahal NVLku tak gunain buat belajar stoppie kwkwkwk :v

  15. NV advance emg bgus utk jiwa2 yang bersemnagat beraktivitas.
    tapi ma harga minta sm ptinggi yamaha klo bs jgn trus upadte haha

  16. aku heran, … knp nvl gw baik baik aja padahal gw makenya sembarangan, malahan bisa dibilang motor bebas perawatan ke diler udh g prrnah , kurangnya cuma rante cepet kendor doang itupun ilang setelah gw ganti pake sss, malahan gw pikir nvl salah satu motor yang recomended banget buat touring + butuh perjalanan cepet, meski g kencang tapi kelincahannya bikin handal aja..

  17. tp alhamdulillah, NVL saya masih sehat dan semoga slalu sehat, walaupun udah bolak balik lintas provinsi mesin dan yg lainnya masih oke… Semua kekurangan dan kelebihan pasti ada di motor mah, yg udah pke DOHC aja kayak FU tmen2 pada ngeluh, ujung2 nya 10 tmen saya yg pke FU pada jual motor mereka… the last Tergantung slera sih haha

  18. yg kyk gt di blg mtr sport ?? ha.ha.ha..lwn fu aja kalah..kl mtr pake radiator itu artinya mtr pling byk klmhannya.

  19. Sadarlah anak indonesia, kita hanya diperdaya oleh teknologi, dimanfaatkan negara luar, tinggalkan budaya konsumtif, kelemahan dari smua itu adalah mahal dan kelemahan kita adalah terlalu bodoh dimanfaatkan bangsa asing. Kalau aku, lebih pilih sanjung2 produk dlm negri wlpun msh banyak kekurangan. Tp kelebihannya adalah itu produk dari tangan anak2 negri.

  20. Sejak kmunculan vixion tahun 2008 ampe skrang yamaha masih betah aja pakai SOCH 5 speed, pdhal pabrikan lain uda pake DOCH. Yamaha mmang lbih mmntingkan kenyamanan masyarakat dripda performa buktinya tetap aja toh penguasa motor masih dpegang ama si vixi. Bila dbandingkan pnjualannya ama rival trdekatnya yaitu CB150R tentu si CB masih jauh dbawah dbawah vixi. Klu msalah performa mah jelas smua org juga tau klu vixi msi bertekuk lutut dbawah CB150R.

  21. ane mah beda pd updet yg baru ane milih vixi 2012 nih beli awal 2015 pas masih ada stok gudang tgl 2 pas warna merah lg hhe pecinta barang klasik

  22. Saya rasa emang mesin nva emang kalah jauh dari si kompetitor seperti satria dan new cb150r tp kometitor kalah jauh sma nva atu nvl dalam hal penjualan karena vixion emang paling pas dan paling nyaman mengaspal di jalan kya di indonesia untuk pemakaian sehari hari, jd ke inget pilem tokyo drive nih ada adegan di mna si lakon mencemoh isi mesin mobil si wanita si wanita pun menjawab dasar lelaki hanya tau mesin gede doang giliran si lakon di ajakin ngedrive benar saja si lakon ngedrive dengan kacau berantakan so mesin gede bukan segala nya broo yg paling penting tuh kenyamanan kya lagu nya risky febian 😸 demi kenyamana ini juga desain dr new cb150r desain nya ATM (amati tiru menyaingi ) bgt dr beberapa kompetitor nya ,so pilihan ikhlas kan saja pda pilihan masing” salam satu aspal ✌

  23. Selinder besaran donk jangan seperti vixion yang 2008 terus speed tambah 1 biar seperti motor sport yang lain dan ingat kalau vixion ingin laku dipasar penjualan harus gaya yang sangat memikau minimal tinggi dan panjang standat

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s