Honda NR750, Kreasi, Inspirasi & Inovasi Gila yang Menembus Dekade !

 

NR750

 

Part I : Pengenalan NR750 & Teknologi Oval-Piston

 

Yapp,,, Sudah beberapa hari tak menulis artikel History rasanya seperti ada yang kurang. . . Akhirnya dengan kesempatan Ini EA’s Blog coba menyuguhkan Artikel Motor History yang semoga mampu Menginspirasi Kita Semua. . .

Dibalik rasa Takjubnya EA’s Blog terhadap Produk Lawas yang Inspiratif dan seakan mampu melintas zaman seperti contohnya Honda VFR400R, Kawasaki Ninja ZXR-250, Suzuki RGV250, Yamaha FZR400EXUP dll, , , Ternyata ada sebuah Produk yang Sangat Menginspirasi EA’s Blog agar terus belajar, belajar dan belajar melakukan yang terbaik untuk Tanah Air yang Kita Cintai Ini. . .

 

 

nr750 2.jpeg

Yaaa ! Honda NR750 , , , Adalah Produk yang EA’s Blog Maksud. . . Mengapa NR750 ? ? ? Kan masih ada RC213V, Ninja ZX14R, Ducati Desmosedici ataupun BMW S1000R Yang Superior & High Tech di Kelasnya ? ? ?
Bukan Produk superior yang EA’s Blog Cari, , , Tapi Produk yang Mampu Melawan Arus, Menembus Zaman & Menginspirasi Kita semua dengan Teknologi nya lah yang EA’s Blog Cari. . .

 

NR750 Open

 

Balik ke topik, , , Honda NR750 adalah sebuah Motor Sport keluaran 1992 (Jaman gue lahir tuh !!) yang kabarnya hanya diproduksi sekitar 300 Unit. . . Melihat sosoknya pertama kali dikala motor ini diperkenalkan pada publik, , Tentunya decak kagum dari para Bikers seluruh dunia akan dengan mudah kita temui. . . Desain Body nya yang Seksi, Eksotis dan Mampu menembus Zaman seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi Motor Replika Balap Besutan Honda ini. . . Tak ayal banyak yang menyebut NR750 Bagaikan Ferrari Roda 2

 

NR750

 

Tak hanya Desain yang mampu mengundang Decak Kagum para Bikers, , , Ternyata ada bagian lain yang mampu mengenyitkan dahi para Bikers Dunia. . . Material, Mesin & Frame NR750 adalah Bagian itu ! Yup Mesin NR750 ini menggunakan Platform V4-Engine, OVAL-PISTON, DOHC (Atau QOHC ya ?), 32 Valve + Rangka Eksotis Twin-Spar Alumunium Alloy Beam yang dibalut Titanium untuk melindungi Goresan (Stress euy nih Motor). . . .

Tunggu dulu, 32 Valve di Konfigurasi V4 Engine ? ?
Oval-Piston ?? Piston kan Bundar ? ?
Ngarang kali nih kang Eno ? ?

 

ovalpiston 2.jpeg

Fakta itu benar adanya Brosist. . . Sejak 1978 Honda dengan Panutannya si Jenius Soichiro Honda yang ingin Mengurangi Produksi motor 2-Tak karena Emisinya yang buruk dan Menggantinya dengan motor 4-Tak, , Oval-Piston ini mulai didevelop untuk Mengejar Ability Performa Mid-End Power Khas Motor 2-Tak (Salute, Aplause, 4 Jempol… Filosofi 4-Tak Honda Mampu Menembus Jaman, Era & Dekade) . . . . Bukan Membuat Blok Silindernya yang Susah, Bukan Membuat Pistonnya yang Susah,Ataupun Membuat Konfigurasi Mesinnya yang susah, Tapi Merangkainya menjadi satu kesatuan yang Utuh adalah sebuah Masalah yang Sangat Kompleks saat Membuat Teknologi ini. . .

 

oval 1.jpeg

Yang lebih mengejutkan ternyata NR750 Tak hanya mampu mengundang decak kagum para Bikers seluruh dunia, , , Tapi NR750 Beserta NR Series juga mampu mendapat Aplause dan Rasa Respect yang tinggi dari Pabrikan Lain yang Notabene Bersaing di Pasar Roda 2 ( Wedyann Pisan Brosist, , , Sekarang ada ga ya Produk yang bisa menginspirasi Pabrikan Lain ? ? ). . .

 

Sejarah Oval-Piston

 

NR500

 

NR750 merupakan pengembangan dari Versi Race nya yakni NR500 yang pada tahun 80-an dulu pernah berduel dengan Motor Balap 2-Tak di ajang WorldGP, Balapan Internasional dan All Japan Champiosnship (AJC). . . Saat itu Pabrikan Lain ” Hanya ” mampu membuat Mesin 2-Tak, , Sementara Honda Memutuskan untuk ikut serta dikelas yang sama Tapi dengan Basis Motor 4-Tak . . .
Seperti kita ketahui bersama Motor 4-Tak dengan Kapasitas, Konfigurasi & Teknologi Mesin sama tak mungkin Bisa melawan apalagi Mengimbangi Performa Khas Motor 2-Tak. . . Honda pun memulai riset dan development besar-besaran termasuk menggunakan Konfigurasi Mesin 4-Tak V8 500cc saat percobaan pertama. . . Hasilnya memang memuaskan , , Namun mengingat Regulasi yang tak bersahabat (Saat itu regulasi balap Maksimal menggunakan 4 Silinder/Ruang Pembakaran), , , Maka Honda kembali harus melakukan Riset panjang. . .

Akhirnya pada tahun 1978 Honda mampu memecahkan solusi dengan menggabungkan Dua Piston menjadi Satu Piston berbentuk Elips, Lalu mengaitkan dua setang piston ke dalam satu piston yang digabungkan tadi, Ditambah 8 Valve dan 2 Injektor FI yang mengatur Campuran Udara & BBM ke Ruang bakar V4 Engine yang memiliki “Rasa” V8 ini. . . Sangat Kompleks, Rumit dan Menguras Otak memang, , , Tapi Honda terus Bekerja keras, Berkreasi dan Pada Akhirnya mewujudkan Mimpinya. . . Itulah awal mulanya tercipta Teknologi Oval-Piston atau bisa dikenal dengan “Satu Piston Rasa Dua Piston”. . .

 

nr500 engine.jpeg

Meskipun hanya mampu Finish Terbaik di Posisi 13 di WorldGP, Posisi 5 AJC (All-Japan Championship) dan Sekali Juara International Race di Italy, , , Tapi teknologi Oval-Piston NR Series ini mampu membuktikan dan membuka mata dunia Bahwa NR Series sebagai Motor 4-Tak dengan Kapasitas, Konfigurasi & Teknologi Mesin yang sama juga mampu mengimbangi Motor 2-Tak (Motor 2-Tak nya juga Speknya Gila alias Pure Balap Loh, motoGP Brosist tahu kan kaya gimana ? Cek di Arsip History dehh) Yang membedakan NR500 dengan Motor Balap 2-Tak kala itu adalah Kreatifitas & Inovasinya. . . Sekali lagi ini membuktikan Kreatifitas, Kejeniusan, Inovasi & Kerja Keras para Insinyur Honda mempertahankan Prinsip Filosofi 4-Taknya sangat sangat sangat Luar biasa. . . 4 Jempol Lagi Lah

 

Oke, , , Lanjut di Part II ya Brosist. . .
Di Part II kita akan membahas tentang Spesifikasi Detail, Bagian Frame, Mesin, Bahan Baku dan Test Power NR750…..

40 comments

  1. Siiippp broo eno, yg sngt ane suka dari blog ente ya di history ini, bisa jd ciri khas yg tentunya jg harus di imbangi kualitas tulisan.. 2 thumbs for you broo..

    • Haturtengkyu banyak & 2 Thumbs Up juga buat apresiasi dari kangbroo…
      Insyaallah ane akan selalu belajar & berusaha bikin artikel yang berkualitas, enak dibaca dan yang pasti bisa bermanfaat bagi pembaca…. πŸ˜€

  2. di asia ya Honda itu yg bisa sejajar gendengnya dngan produsen2 engine hightech europe,
    di MoGp skarng malah yg mnggila kan malah motor2 asia,

  3. Bro Ea’s Blog, Coba buat artikel tentang Honda CB750, yang merupakan Cikal Bakal motorsport Inline 4 Cilinder.

  4. mas buatin artikel kalahnya penjualan jupi z1 ama blade 125. kali aja yamaha mau mewariskan mesin 135nya mx buat jupi z1. seperti kebiasaannya yamaha yg memberikan cc lebih di banding kompetitor..

  5. kalo tidak salah, pada awal pengembangn teknologi multi valve Yamaha, yakni Yamaha Genesis juga memakai 7 valve/cylinder, namun pada akhirnya disederhanakan menjadi 5 valve/cylinder aja lantaran terlalu rumit konstruksinya.
    dan pada saat ini, jika ingin merasakan warisan teknologi genesis pada motor massal, ada pd FZ-1 yang punya 20 valve Inline-4.
    Tapi kan saat ini ane pikir buat apa pake tekno multi valve yg rumit jika standar DOHC 4 valve aja udah bisa menghasilkan power & torsi yang optimal. contoh mesin S1000RR 1L 16 Valve, bisa menghasilkan 180 HP on wheel, turunnya sedikit dari klaim pabrikan di crankshaft 193 HP, brati emang hebat & efisien itu mesin bikinan BMW:)))

  6. mobil BMW ya? ane jg mau, gampang dapetin awewe, wkwkwkwkwk….XD!
    tapi sayangnya Motor BMW S1000RR penyakitnya juga hampir sama kek Ducati, “gak bisa belok” makanya belum pernah juara dunia WSBK, bandingkan Aprilia & Kawasaki sekarang.

  7. NR750 itu udh ada dari tahun 80an, bukan 92. Develop awal dari akhir 70an, puncaknya di 80an (saat motor sport lain masih kotak2), nr udah rounded. Terakhir produksi di tahun 90an karena walaupun efisien, tapi tidak ekonomis.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s