Ini Dia Kode Penamaan Motor Honda (Kode Awalan C). . . !

 

CBR MC22

 

Mendengar Huruf C, Mungkin bagi sebagian mahasiswa adalah huruf yang cukup “dijauhi” ya Brosist. . . Yup, Akan tetapi hal tersebut sepertinya tidak berlaku bagi para bikers pencinta pabrikan sayap mengepak !! Pasalnya, Banyak produk-produk unggulan Honda di setiap segmennya diawali dengan huruf C (Contoh : CB, CBR, dll). . . Seperti yang akan kita bahas di kesempatan kali ini, Yaitu tentang seluk beluk dan penamaan produk honda dengan awalan C. . .

Seperti apa sih kode serta peruntukannya ?? Yuk langsung kita intip bareng-bareng Brosist. . . . !! Cekidots ..!

 

 

Berbeda dengan kode penamaan motor kawasaki yang memiliki karakteristik huruf per huruf (baca artikel pengkodean motor kawasaki disini). . . Biasanya, Produk Honda justru memiliki karakteristik 2-3 huruf pertama, Yang menjadi patokan base model (baca : patokan model/tipe) pada motornya. . .

Dibanding kawasaki, Kode Produk Motor Honda jauh lebih rumit ketimbang Geng Ijo !! Bahkan EA’s Blog juga sempat dipusingkan saat menelaah serta mengulik bermacam-macam kode yang ada. . . Nah, sebagai pencerahan pada Brosist sekalian pembaca setia EA’s Blog, Kali ini kita akan membahas tentang penamaan produk Honda yang sebelumnya mungkin tak pernah terlintas di pikiran Brosist sekalian. . .

Nih dia Brosist, Kode penamaan Sepeda Motor Honda (Kode Awalan C). . . Tenang saja, Untuk memudahkan Brosist dalam memahami masing-masing modelnya, Berikut juga EA’s Blog sertakan Pic & contoh produk nya. . . Let’s Cekidots !!

 

 

1. Honda C :

 

Honda Supercub

Honda C-90 Supercub, Motor Paling Fenomenal dalam sejarah Industri Roda 2

 

Nah, Ini dia motor yang paling fenomenal di dunia ini !! Bagaimana tidak brosist, Pasalnya motor ini memegang rekor sebagai motor terlaris di planet ini dengan total penjualan lebih dari 60 juta unit selama masa edarnya yang tak pernah pudar dimakan waktu. . . Yup ! Benar, Motor ini adalah Honda C-Series (Cub-Series)Β  atau yang kita kenal sebagai Sepeda motor tipe bebek buatan Honda. . .

Bahkan, Nama Honda Supercub (C-Series), Adalah motor terbaik di dunia versi Discovery Channel loh Brosist. . . Hal tersebut dikarenakan fungsionalitas, kepopuleran, kesuksesan & daya historis dari motor ini yang memang sangat menggetarkan dunia kala itu. . .

Contoh Produknya : Honda C-70, C-90, dlsb. . .

 

 

2. Honda CA :

 

CA 125 Rebel

Honda CA125 Rebel, Loh koq Mirip Harley yaa ??

 

Honda CA-Series adalah Motor yang dilahirkan dengan Desain Tourer ala Motor Amerika. . . Yup ! Sepintas modelnya identik dengan motor buatan pabrikan Amerika, Macam Harley-Davidson, Indiana, dll. . .

Contoh Produknya : Honda CA125 Rebel

 

 

3. Honda CB :

 

CB750

Honda CB750-Four, What A Revolutionary Engine !!

 

Commuter Bike Alias Sport Naked yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari. . . Honda CB-Series adalah salah satu Varian tertua dari sepeda motor sport Honda yang masih eksis hingga saat ini, dan juga Tenar di Indonesia. . . Honda CB-Series pada akhirnya memiliki banyak varian derivatif (turunan) yang akan kita bahas pada poin-poin selanjutnya. . .

Contoh : CB100, CB200-Twin, CB500F, CB750-Four, Hingga CB150R Streetfire, dlsb

 

 

4. Honda CBF :

 

CBF600S

Honda CBF600S, Tiba-tiba EA’s Blog tak melihat Aura “Japanese Bike” disana !

 

Sepeda Motor yang Desain, Ergonomi, serta Powernya disesuaikan dengan Selera Orang Eropa. . . Bahkan saking suksesnya CBF-Series di Eropa, Bule-bule berbahasa “londo” disana punya singkatan sendiri buat seri CBF loh Brosist, Yakni Cheap to Keep, Built to Last, Fun to Ride. . . That’s CBF !!

Contoh Produknya : Honda CBF600S, CBF500, CBF1000, dlsb. . .

 

 

5. Honda CBR :

 

CBR1000RR

Honda CBR1000RR Fireblade

 

Sepeda Motor Pure-Sport Alias Sport Fairing Tulen yang ditujukan untuk High-Performance Commuting (Motor performa tinggi untuk kebutuhan sehari-hari). . . Oiya, CBR juga memiliki karakteristik berdasarkan huruf akhiran nya loh Brosist, yakni CBR-R untuk Sport-Fairing Commuting, CBR-F untuk Kebutuhan Touring, CBR-RR “Fireblade” untuk kebutuhan balap (Race Replica), Serta CBR-XX untuk Hyperbike alias Motor berperforma Super Badak. . .

Contoh : Honda CBR150R, CBR650F, CBR1000RR Fireblade & CBR1100XX Super Blackbird. . .

 

 

6. Honda CBX :

 

CBX 1047

Honda CBX 1047, Dahsyatt !!

 

CBX-Series adalah Commuter Bike yang merupakan derivatif (baca : turunan/pengembangan) dari Varian CB-Series. . . Namun, Punya salah satu bagian/part yang ekstrim, Seperti namanya CB-Xtreme !! Contoh gampangnya : Honda CBX1047 dengan mesin Inline-6 Cylinder, Output suaranya bak Ferarri loh Brosist !!

Contoh lainnya : Honda “Dragster” CBX400F dengan Hy-Vo Cam Chain, Pro-Link Shockbreaker & Mesin Inline-4 Cylinder berperforma tinggi di tahun 1981. .

 

 

Lanjutkan Membaca >> Honda CD, CG, CJ, CM, CL-Series, dll !!

 

33 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s