Ini Dia Pernak – Pernik Mesin Inline-Four dari Masa ke Masa !

 

Inline 4 ZX-10R

 

Seperti yang telah kita bahas Komplit sebelumnya di Artikel Honda CB750-Four yang merupakan Superbike 4 Silinder pertama di Dunia. . . Kini kita akan membahas tentang pernak-pernik Mesin yang berkonfigurasi Sejajar ini sedikit lebih detail. . .

Jika Brosist masih bertanya-tanya, Seperti apa sih perkembangan Mesin 4 Silinder sejajar ini dari Masa ke Masa ?? Semoga Artikel ini sedikit akan mengobati rasa penasaran tersebut. . .

 

 

Booming-nya Honda CB750 !!

 

CB750 Ride

 

Efek hadirnya Honda CB750-Four dalam dunia Sepeda Motor bisa disejajarkan dengan Pengenalan Sistem Operasi Microsoft Windows ke Dunia Komputer. . . Boomingnya sangat fenomenal Brosist, Bahkan hampir semua ProdusenΒ Latah” Ikutan mengembangkan Fenomena ini. . . Tentu saja masih ada Pabrikan yang lebih suka Sistem Operasi DOS ketimbang Windows, Seperti halnya Pabrikan Inggris dengan Mesin Parallel-Twin (Inline-2 Simder) nya. . .

Akan tetapi, Saat itu masyarakat lebih banyak memilih Sistem Operasi Windows ketimbang DOS, Lantaran menginginkan pengalaman baru dalam hidupnya. . . Kisah tersebut persis seperti apa yang terjadi pada Honda CB750 !! Dimana konsumen menginginkan pengalaman baru bersama Mesin 4-Slinder yang terbukti lebih powerfull dan “exciting” ketimbang mesin Parallel-Twin. . .

Baca Juga : Honda CB750, Motor Bermesin Inline-Four Pertama di Dunia !!

 

CB7502

 

Meskipun saat itu Pabrikan Eropa (Khususnya Inggris) juga mengembangkan Mesin Parallel-Twin ke arah yang lebih Modern, Namun tetap saja tak bisa dipungkiri bahwa Bikers telah terlanjur jatuh cinta pada Mesin Inline-4 Silinder milik CB750-Four serta Produk dari Pabrikan lain yang mengikuti jejak sang Superbike Inline-4. . . Inilah yang membuat Honda CB750 begitu tersohor seantero dunia, Sekaligus menandai dimulainya Agresi Otomotif Pabrikan Jepang di Ranah Internasional. . .

 

 

Kelebihan Inline-Four !!

 

CB750 Engine Specs

 

Seperti diketahui dan telah disinggung sebelumnya, Mesin Inline-4 Silinder ini jelas memiliki keunggulan dalam Meraih Peak Horsepower plus Mereduksi Getaran dari Mesin. . . Selain itu, Mesin Inline-Four ini juga memiliki kemampuan untuk meraih RPM yang lebih tinggi, Lantaran langkah piston yang bisa dipastikan lebih pendek ketimbang Mesin Parallel-Twin. . . Otomatis, Peak Power juga dapat dimaksimalkan lebih mudah ketimbang Parallel-Twin. . .

Baca Juga : Suzuki GS1100, Superbike Flagship Suzuki, Tercepat di Era-nya !!

 

Inline 4 2

 

Akan tetapi, Mesin Inline-Four bukan tanpa Kekurangan. . . Mesin jenis ini memiliki kekurangan di Torsi yang lemah serta tendangan RPM Bawah yang lebih landai dibandingkan mesin Parallel-Twin dalam Kubikasi yang sama. . . Oleh karena itu, Hampir semua pabrikan berbondong-bondong untuk membuat suatu gebrakan teknologi, Untuk membuat mesin ini tetap bertenaga baik di sisi Power ataupun Torsi. . .

Selain itu, Mesin Inline-Four juga memiliki masalah yang kompleks yakni Lebar mesin yang sangat mengganggu sisi Aerodinamika Motor tersebut. . . Mesin Inline-Four juga dikenal memiliki Cost maintenance (Biaya Perawatan) yang lebih tinggi ketimbang Twin ataupun Single, Pasalnya Komponen Mesin di dalam Mesin Inline-Four pasti lebih banyak ketimbang Twin apalagi Single Silinder. . .

 

 

Pengembangan Mesin Inline-Four !!

 

Inline 4 Crossplane

 

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Selain memiliki kelebihan, Tentunya Mesin Inline-Four tersebut juga memiliki kekurangan Brosist !! Nah, Pada era selanjutnya, Masing-masing pabrikan berlomba-lomba untuk menciptakan Mesin Inline-Four yang lebih bertenaga di RPM Bawah namun Tanpa mengorbankan sisi Maksimum Powernya yang besar. . . Bahkan sampai ada beberapa Produk yang diciptakan untuk mengejar Torsi semata, Layaknya Suzuki Bandit 1200 yang lebih berkarakter Torqy ( Power : 98 HP, Torsi : 92 N.m ). . .

Baca Juga : Suzuki Bandit 250, Tourer Ganas Pencuri Hati Bikers !!

 

Yamaha Genesis

Yamaha Genesis, 5 Valve per Silinder !!

 

Perkembangan dalam hal Teknologi ini terlihat kala masing-masing Pabrikan berlomba-lomba menciptakan Sistem/Mekanisme baru untuk menaikkan Torsi. . . Suzuki menggunakan TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber) & SPES (Suzuki PowerUp Exhaust System) untuk mendapatkan karakter mesin yang bertenaga dari RPM Bawah hingga Peak RPM. . . Yamaha secara mengejutkan “nimbrung” membuat Mesin 4-Silinder serta memperkenalkan Teknologi Yamaha Genesis (5 Valve per Silinder), EXUP System (Exhaust Ultimate Powervalve System) serta baru-baru ini memperkenalkan Crossplane Crankshaft yang juga dipakai Team Factory Yamaha di ajang MotoGP. . .

Sementara itu, Honda hadir dengan sesuatu yang berbeda dibanding dua kompetitor sebelumnya yaitu dengan Menghadirkan Gear-Driven Camshaft untuk meminimalisir Loss Power dari Crankshaft ke Camshaft, Serta Dual-Sequence Fuel-Injection (PGM-DSFI) yang diperkenalkan di CBR1000RR & CBR600RR. . . Sisanya, Kawasaki memperkenalkan Sistem Fuel-Injeksi pertama kali di Kawasaki Z1000-G tahun 1970-an yang saat itu dikenal sebagai Motor Injeksi Pertama di Dunia, Serta Sport – Kawasaki Traction Control (S-KTRC) yang kini digunakan di Superbike andalan mereka ZX-10R. . .

Baca Juga :

– Yamaha EXUP System, Saat Powervalve Bukan Hanya Milik 2-Tak. . .

– Yamaha Genesis, Teknologi 5 Valve per Silinder !!

– Ragam Penggerak Camshaft (Noken-As). . . Chain, Belt & Gear-Driven Camshaft !!

 

CBR1000RR

 

Selain itu, Pabrikan Jepang ini juga berlomba-lomba untuk membuat Mesin Inline-4 yang gambot serta lebar menjadi seminimalis (se-ramping) mungkin. . . Berbagai cara pun dilakukan oleh Para Desainer Motor, Seperti Yamaha yang memindahkan Pompa Sirkulasi Water-Cooled agar Mesin tampil lebih Slim. . . Akan tetapi cara tersebut belum berhasil membuat Superbike nya, Yamaha YZF R1 menjadi lebih Ramping. . . YZF R1 justru memiliki Bobot yang paling berat plus dimensi lebar yang cukup “gendut” dibanding Kompetitor Jepang lainnya. . .

Salah satunya yang paling berhasil merubah dimensi mesin Inline-Four supaya terlihat lebih compact adalah Honda dengan CBR1000RR & CB1000R yang ramping dan memiliki Sisi Aerodinamika yang cukup baik. . .

 

 

Well. . . Demikian tadi sedikit pencerahan tentang Evolusi serta Pernak-pernik Mesin yang kini identik digunakan oleh Superbike asal Negeri Sakura ini. . . Semoga dapat sedikit menambah wawasan serta informasi Brosist sekalian tentang Dunia Otomotif Roda 2. . . Oiya, Artikel ini juga merupakan “Test Animo Pembaca EA’s Blog“, Terhadap Artikel tentang Konfigurasi Mesin yang akan EA’s Blog bahas secara lengkap. . . Jika dirasa animo nya cukup, EA’s Blog akan teruskan menulis tentang Ragam Konfigurasi Mesin plus Kelebihan serta Kekurangannya. . . So, Stay Tuned terus ya Brosist. . . . !!

 

So, Inline-4 Silinder ?? Kapan ya EA’s Blog bisa punya 1 di Rumah ??? *Hiks πŸ˜› πŸ˜€

Inline 4 ZX

28 comments

  1. Keren artikelnya kang eno…lebih berbobot dan banyak berbagi ilmu…..dan mohon maaf bukannya membandingkan tp lebih mendidik dripada beberapa blog yg isinya menampilkan keren kerenan doank dan unggul2an tp speed yang bahkan jarang banget kepake didunia sehari hari,, semoga tetep konsisten seperti ini kang, selalu berbagi ilmu yg baru ataupun yg lama namun belum kita ketahui khususnya dunio otomotif roda 2

    • Alhamdulillah, Trima kasih banyak kang buat apresiasi nya. . . πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

      Masing-masing blog pasti punya idealisme tersendiri ya kang. . . Dan kalau sayah pribadi memang sudah niatkan untuk sharing info buat pembaca sekalian, Jadi meskipun artikel ringan tapi kudu ada wawasan nya sedikit. . . wekekekeee πŸ˜€

  2. Nambah ilmu lg euy.. Oiya mw nanya nih kang eno, kl konvigurasi mesin mtr 4 tak yg terbanyak kan pernah ada v12 (cmiiw) kl yg 2tak konvigurasi mesin terbanyaknya yg prnh ada brp silinder?

  3. Sekalian dibahas donk kelebihan PGM DSFI dibanding PGM Fi biasa apa?terus kenapa honda bisa buat mesin inline 4 sekompak itu maap kalo pertanyaannya gk mutu πŸ˜€

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s