All New Yamaha YZF R1 2015… European Style, Near Sophisticated !!

 

YZF R1 2015 Main

 

Oke, Sepertinya kehadiran Kawasaki Ninja H2 yang menggoyang pasar superbike 1000 cc telah sedikit banyak membuat Pabrikan berlogo garputala ini “kebakaran jenggot” juga. . . Menyandang nama sebagai salah satu brand asal Jepang yang tersukses, Yamaha kini memperkenalkan jagoan barunya di kelas superbike, Yakni Yamaha YZF R1 2015. . . Hadir dengan tampilan baru, power yang melonjak signifikan, piranti elektronik terbaru, plus bobot yang mampu direduksi, Yamaha YZF R1 2015 datang sebagai salah satu calon kuat penguasa superbike 1 liter di 2015 nanti. . .

Seperti apa sih sosok detailnya ?? Yuk, Kita intip Brosist. . . Cekidots !!

 

Tampilan plus Material Anyar, Mantap !!

 

 

YZF R1 2015 2

YZF R1 2015 5 YZF R1 2015 3 YZF R1 2015 8 YZF R1 2015 9 YZF R1 2015 10

 

Perubahan yang paling utama terlihat adalah dari sisi tampilan. . . Yup, Yamaha YZF R1 2015 kini hadir dengan tampilan baru yang semakin agresif dan semakin jauh meninggalkan kesan “Japanese Superbike” seperti yang tersemat di versi terdahulunya. . .

Tampilannya diklaim mengacu pada sosok Yamaha YZR M1 yang kini menjadi jagoan utama Yamaha di kancah MotoGP 2014, Dengan sebuah lubang RAM Air besar di tebeng depan yang sekilas memang mirip YZR M1. . . Meskipun IMHO, YZF R1 2015 ini justru lebih bercitarasa “European Superbike“, dengan tampilan aneh namun tetap sedap dipandang layaknya HP4. . .

 

 

YZF R1 2015 Magnesium Sub-Frame

YZF R1 2015 Deltabox YZF R1 2015 Frame YZF R1 2015 Titanium Exhaust

 

Tak hanya tampilan, Yamaha YZF R1 2015 juga mendapatkan sejumlah update Metalurgi pada beberapa bagian fisiknya. . . Diantaranya Frame Controlled-Fill Asymetrical Aluminium Deltabox yang kini didesain semakin compact dan memberikan jarak sumbu roda yang lebih pendek, Controlled-Fill Magnesium Sub-Frame yang telah digunakan di YZF R6 plus lebih ringan ketimbang Aluminium biasa, Tangki BBM bermaterial Alumunium, Velg Casting Magnesium, Knalpot berbahan Titanium, Plus Stang Piston “Fracture-Split” bermaterial Titanium yang pastinya memiliki bobot jauh lebih ringan ketimbang Logam biasa. . . Akhirnya, Penjelasan Metalurgi ala EA’s Blog berguna semua untuk penjabaran New R1 euy !!!

 

Terbukti, Dengan update Metalurgi yang hampir bisa dibilang Sophisticated tersebut, Yamaha YZF R1 2015 kini hanya memiliki berat isi, sekali lagi BERAT ISI 199 Kg. . . Ini tentu merupakan sebuah update yang signifikan, mengingat YZF R1 terbaru ini lebih ringan 7 Kg ketimbang R1 versi lawas. . .

 

 

New Engine, Ready for Battle !!

 

 

YZF R1 2015 Engine

 

Tak hanya tampilan & Bobot yang direduksi, Mesin Inline-4 Crossplane-Crankshaft teranyar inipun memiliki Power yang menanjak signifikan. . . Yup ! YZF R1 terbaru kini diklaim memiliki power hingga 200 HP  loh Brosist, Alias naik 18 HP ketimbang versi terdahulu !! mantaapp juosss !!

 

YZF R1 2015 Engine 3

YZF R1 2015 Crossplane Crankshaft Engine YZF R1 2015 Engine 2

 

Dengan bobot total yang hanya 199 Kg, Plus Power 200 HP, Tentunya Yamaha YZF R1 akan langsung menjadi seteru utama dari Superbike 1 Liter yang kini dicap sebagai favorit para  “Speed Freak” yakni Kawasaki Ninja ZX-10R di Brand Jepang & BMW S1000RR di Brand Eropa. . . Meskipun tak seheboh Power yang pernah dirumorkan sebelumnya yakni 230 HP, Kita harapkan saja YZF R1 teranyar ini memiliki ability handling & cornering yang lebih baik ketimbang 2 superbike yang telah EA’s Blog sebutkan tadi. . .

 

 

YZF R1M, Closest Thing to YZR M1 !

 

 

YZF R1M 5

YZF R1M 3 YZF R1M 4 YZF R1M 4

 

 

Selain Yamaha YZF R1, Yamaha juga memperkenalkan Yamaha YZF R1M yang merupakan Edisi Terbatas (Limited Edition) plus didukung spesifikasi yang lebih tinggi dibanding R1 biasa. . . Yamaha menyebutkan bahwa YZF R1M adalah Motor yang identik dengan Jagoan MotoGP mereka, YZR M1. . . YZF R1M sudah dibekali Suspensi Öhlins’ ERS Semi-Active, Fairing yang bermaterial Serat Karbon (Carbon Fiber), plus Sistem data logging dengan integrasi GPS yang bisa dikoneksikan ke perangkat smartphone atau tablet secara wireless. . .

Yamaha YZF R1M juga menggunakan semua perangkat elektronik canggih yang telah dikembangkan oleh Yamaha. . . Mulai dari Traction Control, Launch Control, Wheelie Control, Slide Control, and Anti-Locking Brakes. . . Semuanya bekerja menjadi satu dengan dikontrol oleh Inertial Measurement Units (IMU). . . Biyuuhh, Mantaapp pisun euy !!

 

 

YZF R1M 6

 

Kedua motor ini diperkenalkan oleh Para “Gladiator” Yamaha di kancah MotoGP 2014, Yakni “The Doctor” Valentino Rossi & “Por Fuera” Jorge Lorenzo di acara press release di EICMA Milan. . . Kedua pembalap dengan segudang pengalaman di kancah MotoGP tersebut, berperan sebagai Development Riders untuk YZF R1 & YZF R1M terbaru ini. . .

 

 

 

Well. . . Kehadiran Yamaha YZF R1 2015 tentu akan menjadi warna tersendiri di Dunia Superbike. . . Tak seperti Kawasaki Ninja H2 yang merupakan versi lain dari Ninja ZX-10R, Yamaha justru lebih nekat lagi memperkenalkan Superbike yang sudah umum terkenal ditelinga orang banyak, namun memiliki spek power-to-weight yang mempesona alias lebih dari 1HP/1Kg. . .

Untuk harganya sih, YZF R1 Dikabarkan akan dibanderol sekitar £15.500 atau bila dirupiahkan sekitar Rp. 300 jutaan & YZF R1M sekitar £20.000 atau bila dirupiahkan sekitar Rp. 388 jutaan. . . Waaoooww, Itu harga Luar Negeri loh yaa Brosist, Bagaimana kalau Masuk ke Indonesia ?? Yaaaa silahkan ditambah Pajak plus Tetekbengek nya saja Brosist…. 😀

 

 

So, New Yamaha YZF R1 2015. . . That’s What I’m Talking About !!!

YZF R1M 7

Hurry Up & Tell Megatron. . . Let’s Roll !!!

 

Baca juga yaa Brosist. . .

 

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 1 ( Besi  &  Baja )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 2 ( Alumunium )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 3 ( Magnesium )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 4 ( Titanium )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 5 ( Serat Karbon )

Yamaha YZF750R, YZF Series Pertama di Dunia !

Yamaha FZR 150, Mbahnya V-Ixion & YZF R15 Bermesin V-Twin 150 cc !!

Yamaha SDR200, Saat Yamaha Menciptakan Monster !!!

Yamaha FZR250R, 250cc Super Bengis Andalan Yamaha !

Spesial : Ini Dia Sejarah Pabrikan Yamaha, Dari Masa ke Masa

Yamaha Tesseract, Motor Konsep Beroda 4 dengan Penampilan Bengis !

Ini Dia Evolusi Sport 250cc Yamaha, Dari Masa ke Masa !

Yamaha Touch 125, Slim, Ringan, Kencang !

Iklan

38 comments

  1. Iya sih, mirip european bike –ya emang lakunya di europe– tapi IMHO lampunya aneh dan terkesan mengurangi estetika, terus dari samping menurut ane bagian buritan mirip Panigale, IMHO loh yaaa..

  2. Cuma 1 aja sih nilai minusnya, lampu depannya yg mirip mata Hiu Kepala martil atau ikan lele/patin kali yak-___-, mungkin akan lebih manis kalo diletakkan tepat disamping kanan-kiri lubang RAM-AIR, tapi masih mending ini dari pada si mata picek S1000RR.
    Dan kalo bro Edno Cermati, ternyata bentuk chassis/framenya sudah sangat YZR-M1 wanna be, yakni terlihat pendek & betul2 memeluk/menutup area mesin, lalu swing arm terlihat panjang guna menjaga kestabilan. Cuma karna letak knalpot disamping (yg otomatis terdapat catalitic converter segede gaban itu) jadi gak bisa pake model swing arm terbalik kayak R1 sebelumnya/M1. Ane yakin kalo buat balap superbike, itu swing arm akan diganti model terbalik, lihat saja Kawasaki ZX10R & CBR1000RR SBK juga pake model sama.

  3. sasis R1 sebelum ini masih menggantung kebawah dudukan sub frame ke enginenya, udah memeluk sih tapi belum sepenuhnya memeluk seperti sekarang. yg udah pake model memeluk full itu justru CBR1000RR edisi 2008-current, model2nya persis R1 yg baru. makanya ga heran CBR dikenal punya chassis yg amat balance dan stabil. dan Kawasaki ZX10R 2011-current pun sasisnya jg sama model2nya.
    tapi kusus R1 ini emang klo diperhatiin dari sektor enginenya bener2 niru M1, terlihat dari begitu kompak sizenya, lalu jarak antara gir depan dg posisi tengah crankshaft yg amat dekat, bikin mesin jadi terlihat pendek dan kompak. lalu kalo dari bentuk radiator, itu keknya sama aja dg radiator R1 sebelum ini, cuma sekarang pendinginnya ditambah oil cooler, ngikutin Suzuki GSXR 1000 & BMW S1000RR nih. tinggal nanti apakah sektor midrange power & power on the wheel ada peningkatan apa tidak, cuz klo ane amati kelemahan R1 sebelumnya adalah power on the wheel yg jauh banget dropnya dg on crank, dan mid range yg loyo, makanya R1 sebelumnya lebih boros mileagenya, klo midrange loyo kan otomatis kudu buka gas lebih dalam guna mengail power yg diinginkan, makanya jadi lebih boros BBM.

  4. buntut mengingatkan aprilia rsv-4, muka M1 tp lampunya yg bikin………aneh tp suka liatnya….
    btw bahasannya sangat mendalam…..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s