Spesial : Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor (Chapter 2)

 

NR750 Open

 

Setelah sebelumnya kita kupas tuntas tentang segala perkembangan Metalurgi yang digunakan dalam otomotif sepeda motor, Kali ini kisah #ehh Pembahasan akan kembali kita lanjutkan ke arah yang lebih kompleks. . . Bagi, Brosist yang belum membaca sekuel pertamanya, Bisa dicek disini nih :

Spesial : Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor (Chapter 1)

Okay, Langsung aja kita mulai Brosist, Cekidotss !!

 

3. Alumunium

 

 

SONY DSC

 

Okey sebelum membahas segala kegunaannya dalam dunia sepeda motor, Mari sedikit kita bahas terlebih dahulu soal sejarah beserta Tokoh yang paling berpengaruh dalam penemuan Logam yang masuk kategori Berbobot Ringan, Lumayan lah sekalian untuk menambah Ilmu. . .

Seperti diketahui dari buku yang EA’s Blog baca tentang Logam Ringan ini, Ada beberapa tokoh ternama dunia yang berhasil menemukan serta mengembangkan Alumunium seperti yang bisa kita lihat pada saat ini yaitu :

1. Pada tahun 1782, seorang ilmuwan Prancis bernama Lavoiser telah menduga bahwa aluminium merupakan logam yang terkandung dalam Alumina….
2. Pada tahun 1807, seorang ahli kimia Inggris bernama Humphrey Davy berhasil memisahkan Alumina secara elektrokimia. . . Nah, Logam yang diperoleh dari pemisahan ini adalah Aluminium. . .
3. Pada tahun 1825, seorang ahli kimia Denmark, Orsted berhasil memisahkan Aluminium Murni
4. Pada tahun 1886, Seorang Mahasiswa dari Oberlin Collage di Ohio Amerika Serikat, yang bernama Charles Martin Hall menemukan bahwa Aluminium dapat dihasilkan dengan cara melarutkan Alumina (Al203) dalam larutan Kriolit (Na3AlF6) pada temperatur 960ΒΊC dalam bentuk kotak yang dilapisi logam karbon dan kemudian melewatkan arus melalui ruang tersebut. . . Pada tahun yang sama, Seorang ahli kimia berkebangsaan Prancis bernama Paul Heroult menemukan proses yang sama dengan penemuan Charles Martin Hall, Sehingga cara menghasilkan Aluminium yang seperti ini disebut Proses Hall-Heroult
5. Pada tahun 1888, seorang ahli kimia Jerman yang bernama Karlf Josept Bayern menemukan cara menghasilkan Alumina dari bauksit dengan cara pelarutan kimia, Cara menghasilkan alumina sepertiini disebut dengan Proses Bayer
Lebih detail tentang Proses tersebut tentunya tak akan EA’s Blog bahas saat ini, Mengingat yang akan kita bahas bukan tentang Kimia atau Sejenisnya (Walaupun pembahasannya Nyerempet). . . Lagipula, Kalau dibahas lebih lanjut, Bakal malu euy sama suhu-suhu ahli Kimia sekalian. . . πŸ˜€
Alumunium Billets
Alumunium sejatinya adalah Logam Ringan yang Kini banyak digunakan dalam Industri, Terutama Sepeda Motor berikut Segala Pernak-pernik nya. . . Dahulu, Alumunium tidaklah setenar Besi ataupun Baja !! Hal itu dikarenakan Alumunium merupakan Bahan yang Langka dan Sulit untuk didapatkan. . . Namun, Setelah berbagai penemuan yang tadi telah EA’s Blog jabarkan diatas, Alumunium menjadi semakin dikenal Luas oleh Dunia. . .
Dalam awal perkembangan dunia Sepeda Motor, Alumunium tidak serta-merta menjadi pilihan utama untuk membangun sebuah Kendaraan Roda 2. . . Pasalnya, Meski Alumunium Murni memiliki Karakter yang Ringan serta Mudah dibentuk (Alumunium merupakan Logam Kedua termudah soal Pembentukan), Namun Alumunium Murni sangatlah Lunak & Tidak kuat untuk menopang Bobot serta Power Sepeda Motor yang kian hari kian menunjukkan Kemajuan Pesat. . .
Alumunium Engine
Setelah dikenalnya Pencampuran Alumunium (Alumunium Alloy) dengan berbagai Unsur Logam lain seperti Tembaga, Magnesium, Silikon, Mangan, Zinc, dan Unsur-unsur lainnya, Barulah Alumunium menjadi Bahan Utama dalam pembuatan sepeda Motor, Bahkan hingga ke Arena Balap !!
Contoh dari Pencampuran Alumunium dalam Proses Casting adalah Antara Alumunium dan Tembaga ( Al-Cu ), Yang menghasilkan Alumunium yang mempunyai Sifat Kuat serta Tangguh. . . Ataupun Campuran (Alloy) Antara Aluminium, Silikon & Tembaga (Al-Si-Cu) yang kini banyak digunakan karena Sifat Tembaga yang mampu menguatkan karakter Alumunium, serta Silikon yang Memudahkan dalam Proses Casting / Pembentukan Model yang diinginkan. . .
RC30  Inside !
Honda VFR750R (RC30), Alumunium Hand-Built Frame !!
Setelah Proses Alumunium Alloy Casting tersebut Populer, Akhirnya Pada tahun 1980-an Alumunium sukses menggantikan Peran Baja (Steel) yang sebelumnya selalu dipercaya dalam pembuatan Frame, Suspensi, serta Bagian Sepeda Motor Lainnya. . . Jenis sepeda motor yang saat itu dijejali Part Alumunium adalah Sport-Bike dengan Performa tinggi & Motor Balap. . . Dimana Alumunium mampu dimanfaatkan untuk membuat Frame yang lebih Mudah dibentuk sesuai Keinginan, Rigid, serta Ringan untuk menopang Performanya yang tinggi. . .
Itulah moment dimana Frame Alumunium mulai menggantikan Steel-Tube Frame yang juga sering EA’s Blog bahas di Artikel History. . .
Iklan

35 comments

  1. MANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri OtomotiMANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri OtomotiMANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri OtomotiMANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri Otomotif dunia…

  2. MANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri Otomotif dunia….

  3. Teknologi tinggi..sayang jarang dijumpai di motor kita sehari-hari..karena mahal.

    Kalo spacy dikasih velg magnesium, rangka alumunium, serta lapisan body serat karbon gimana tuh ya rasanya πŸ˜€

  4. […] Performance, yang membuat Ninja H2 terlihat memanjang bagaikan sosok motor Drag Tulen. . . Lainnya, Velg Alumunium motor ini diganti dengan Velg Carbon Fiber buatan Brock’s Performance BST. . . Sisanya, hanya ada […]

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s