Spesial : Ini Dia Sejarah Pabrikan Yamaha, Dari Masa ke Masa ! (Part.I)

Yamaha

Setelah membangun Prestasi yang Fenomenal dengan berbagai Motor berperforma tinggi & Memiliki kualitas produksi yahud. . . Mengandalkan Motor 2-Tak yang ringan plus kencang, Yamaha Mulai dikenal Dunia sebagai Pabrikan Jepang yang Sukses di Pasar Domestik ataupun Ekspor. . . Selalu berwawasan jauh ke depan dan Mengandalkan berbagai inovasi terdepan adalah Motto dari pabrikan ini sejak dahulu kala. . .

Lantas seperti apakah sejarah Pabrikan Yamaha yang sesungguhnya ?? Yuk kita bahas bersama Brosist, Cekidotss !!

Lambang Garputala yang tersemat dalam setiap produk Pabrikan yang satu ini dimulai sejakΒ  Torakusu Yamaha sang Founder Pabrikan Yamaha ikut berkecimpung di dunia Musik & Instrumen pada tahun 1887 silam. . . Dimulai dengan memproduksi Organ sejak 1887, Yamaha akhirnya berhasil membuat pabrik nya sendiri yang diberi nama Nippon Gaiki pada tahun 1897. . .

Kala itu, Yamaha mendapatkan keuntungan yang sangat besar serta Penetrasi Pasar yang sangat menggembirakan. . . Hingga akhirnya, Saat itu Yamaha berhasil mencatatkan dirinya sebagai salah satu Produsen Alat Musik Terbesar seantero jagad. . .

 

YA-1 1955

Yamaha YA-1, Motor Pertama Buatan Yamaha Motor Company

 

Pada Tahun 1955, Presiden Nippon Gaiki Geichi Kawakami yang merupakan penerus kesuksesan Torakusu Yamaha, Mendirikan Yamaha Motor Company di Daerah Hamakita yang merupakan cikal bakal Pabrikan Motor Yamaha yang tenar saat ini. . . Produk Andalan pertamanya yakni Yamaha YA-1 yang mengambil basis Motor German DKW buatan tahun 1930 silam. . . Yamaha YA-1 mengusung mesin 2-Tak, Berkubikasi 125cc dengan silinder tunggal, Plus Kick-Starter yang menjadikan Yamaha YA-1 sebagai kendaraan pertama di Jepang yang mengusung Kick-Starter. . .

Motor ini menawarkan styling yang mewah, Gagah serta didukung oleh mesin 2-Tak yang sangat bertenaga di masanya. . . Tak heran, Saat itu Yamaha pede memboyong YA-1 ke berbagai ajang balapan yang dihelat di Negeri sakura tersebut. . . Hasilnya tak mengecewakan, YA-1 mampu mendulang Juara di Asama Highland Race plus menjadi Motor yang Disegani di ajang balapan tersebut lantaran performa plus durability nya yang jempolan. . .

 

YD-1

Yamaha YD-1, Jagoan Andalan Yamaha !!

 

Kesuksesan Yamaha YA-1 menjadi pelecut antusiasme Pabrikan Garputala ini untuk makin bersaing di kancah Roda 2 Jepang. . . Setelah YA-1, Yamaha juga menelurkan Produk baru dengan nama YB-1 (penerus YA-1) & Produk yang terinspirasi dari Motor German Adler yaitu YD-1 . . . Spesial bagi YD-1 , Karena Motor ini adalah Motor 2-Tak 250cc yang menggunakan konfigurasi mesin Parallel-Twin 2 silinder. . .

Akhirnya YD-1 yang terkenal dengan motor super tangguh ini mampu membantu Yamaha kembali meraih pundi-pundi keuntungan, Lantaran produknya laku dipasaran. . . Bukan tanpa sebab, Pasalnya Yamaha YD-1 memiliki mesin yang bandel, powerfull serta memiliki tampilan mewah ala Motor Eropa loh Brosist !!

 

Perkembangan Yamaha Motor Company pun semakin pesat lantaran Motor 2-Tak andalannya semakin laris dan diterima di pasaran. . . Selanjutnya Yamaha mulai merambah ke pasar yang lebih menggiurkan yakni Pasar Ekspor ke Amerika, Bersama Motor Andalannya yaitu Yamaha YD-1. . . Akhirnya secara resmi Motor 250cc Parallel-Twin ini masuk ke Pasar Amerika mulai tahun 1960 dengan nama Yamaha YD-2 Twin & Varian Racing-nya yang bernama YDS-1. . .

 

YDS-1

Yamaha YDS-1, Jagoan Yamaha di Pasar Amerika !!

 

Yamaha juga mulai mengikuti kejuaraan balap Paling Bergengsi di Dunia World GP mulai tahun 1961 di kelas 250cc, Bersama dengan pembalapnya Yoshikazu Sunako. . . Beberapa musim awal, Yamaha harus menghadapi ketatnya persaingan antara MV-Agusta, Jawa Motors & Honda yang saat itu sedang berjaya di kelas 250cc. . . Hingga akhirnya tahun 1964 Yamaha mulai menunjukkan tajinya di kancah GrandPrix. . . . .Β  >> BERSAMBUNG

 

Oke, Di Cerita selanjutnya kita akan membahas tentang Prestasi Yamaha di Kejuaraan GP beserta segala perjuangannya merebut kelas Superbike & Supersport yang sangat membara di Era 1970-1990’an. . . So, Silahkan Baca Lanjutannya di

 

Ini Dia Sejarah Pabrikan Yamaha, Dari Masa ke Masa (Part2-Tamat) !!

 

 

23 comments

    • Wakakakakaaa, Kalau dibikin satu artikel bakal gempor banget kang jari saya ngetiknya, wkwkwk πŸ˜€
      Ditunggu ya, nanti ada lanjutan plus resume nya koq. . . πŸ˜€

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s