Spesial : Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor (Chapter 2)

Kompleksitas Alumunium & Sepeda Motor Modern !!

 

Alumunium casting

 

Proses Pengalihan masa dari Penggunaan Baja ke Alumunium bukanlah tanpa masalah !! Proses Die-Casting Alumunium tersebut juga memiliki masalah pelik yaitu Saat Alumunium Cair dituang ke dalam Cetakan (Cetakan Model Swingarm, Crankase, dlsb). . . Dalam proses ini, Gas Oksida mudah terjebak dalam proses tersebut. . . Gelembung Gas tersebut dapat menjadi Bumerang dalam Proses Alumunium Casting, Pasalnya Gelembung gas tersebut mampu melemahkan struktur Cetakan Alumunium, Terutama saat memasuki Proses selanjutnya yakni Dipanaskan. . .

 

Alumunium Frame

 

Masalah tersebut terselesaikan saat Populer nya Proses Vacuum Die-Casting Alumunium terbaru, Dimana gas yang “mengganggu” tersebut dibuang oleh Pompa Vakum saat Proses Penuangan Alumunium Cair ke Cetakan sedang berlangsung. . . Metode tersebut juga memungkinkan Alumunium bisa dicetak ke dalam bentuk yang lebih Besar serta Model yang lebih Kompleks, Lantaran tak takut lagi Gelembung Gas akan mengganggu Proses tersebut. . .

Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi para Produsen, Karena Waktu yang diperlukan menjadi semakin berkurang, Alumunium Casting yang dihasilkan tetap kokoh, Serta Irit Cost/Biaya karena Tak perlu berlama-lama serta menghabiskan Material untuk Mengelas komponen Model Alumunium yang Kompleks ( Ingat, Alumunium Juga Bisa di Las Loh yaa !!! )

 

YZF R1 2004

Yamaha YZF R1 Lansiran 2004-2006, Awal Mula Pengenalan Teknologi Casting Modern !!

 

Pabrikan Roda 2 yang pertama kali memperkenalkan Teknologi Vacuum Die-Cast ke dalam Proses pembuatannya adalah Yamaha, Dengan Metode nya yang diberi Nama Yamaha CF Aluminum Die Casting Technology (Yamaha Controlled-Filling Die Casting Technology). . . Hasil karya Yamaha tersebut pertama kali bisa ditemui pada Frame & Swing Arm Yamaha YZF R1 & R6 lansiran tahun 2004 Silam, Yang mampu mengurangi Bobotnya hingga 30% dibanding Proses Alumunium Casting biasa. . . Metode ini juga diaplikasikan untuk Yamaha YZR M1 di Ajang MotoGP, Yang setelah EA’s Blog telusuri ternyata banyak membantu Om Valentino Rossi menyabet Gelar Juara Dunia bersama Yamaha di Musim perdananya. . .

Baca Juga :

– Yamaha YZR500, Juara Dunia GP Kelas Premier Untuk Yamaha !!

– Akan Ada Lompatan Besar Dari Yamaha YZF R1 !!

 

Non Vacuum

YZF R6 Vacuum

Atas : YZF R6 Non Vacuum Controlled-Fill (1999-2003), Bawah : YZF R6 Controlled-Fill (2004). . .

Bisakah Brosist temukan Bedanya ??

 

Pada akhirnya, Hampir semua pabrikan meniru Metode yang sangat berguna ini, Tak terkecuali Pabrikan Kompetitor hingga Pabrikan Eropa. . . Teknologi Controlled-Fill ini sekaligus memperbarui Frame “Khas” Yamaha yakni Alumunium Deltabox Frame yang sebelumnya diperkenalkan di Yamaha TZR250 tahun 1985 silam. . . Jika Brosist bertanya-tanya mengapa Yamaha begitu Lekat dengan Logam Ringan bernama Alumunium ini Pada Frame Twinspar #ehh Deltabox & Swingarm nya (Bahkan di Sport Lighweight seperti YZF R125 & R15), Tentunya sudah dapat Jawaban kan ??

Pada Era Modern ini, Teknologi Low-Pressure Vacuum Casting tak hanya sebatas digunakan pada Frame saja loh Brosist, Tapi sudah merambah hingga ke Komponen Mesin. . . Salah satunya yang paling terkenal akhir-akhir ini adalah Proses Vacural yang digunakan pada Motor Ducati Modern, Termasuk Sang Motor penyandang Desain Terbaik, Ducati Panigale. . . Sedangkan Kegunaan Alumunium tersebut dalam “Kehidupan Bikers” kita sehari-hari juga bisa kita temui koq Brosist, Contohnya adalah Velg Casting atau Spoke (jari-jari) yang Berbahan Alumunium, Menggantikan Velg Spoke yang berbahan Stainless-Steel. . .
Well. . . Sekian dulu yang bisa EA’s Blog Posting dalam Artikel Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor kali ini, Jari EA udah keriting plus kepala mumet euy ngetik & bikin pembahasanyaa *Hiks πŸ˜› . . . . Di Next Artikel, Kita akan kembali lagi dengan Material Logam Lainnya, Yang semoga mampu menambah wawasan serta pengetahuan Brosist sekalian. . .Tentunya, Masih bersama Artikel Spesial ala EA’s Blog. . . !!
Oiya, Jika dirasa bermanfaat, Bantu Share ke teman-teman lain via Facebook, Twitter atau Google+ ya Brosist. . . Berbagi itu Indah loh…. πŸ™‚

So, Stay Tuned terus bareng EA’s Blog ya Brosist !!! πŸ˜€

YZR M1 Tech

35 comments

  1. MANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri OtomotiMANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri OtomotiMANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri OtomotiMANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri Otomotif dunia…

  2. MANTAF!…, Artikel teknik ky gini yg ane paling demen, coz sangat nambah pengetahuan banget, jgn lupa jg ya mas bro bahas jg tntng perkembangan metalurgi logam Titanium dan Magnesium dlm industri Otomotif dunia….

  3. Teknologi tinggi..sayang jarang dijumpai di motor kita sehari-hari..karena mahal.

    Kalo spacy dikasih velg magnesium, rangka alumunium, serta lapisan body serat karbon gimana tuh ya rasanya πŸ˜€

  4. […] Performance, yang membuat Ninja H2 terlihat memanjang bagaikan sosok motor Drag Tulen. . . Lainnya, Velg Alumunium motor ini diganti dengan Velg Carbon Fiber buatan Brock’s Performance BST. . . Sisanya, hanya ada […]

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s