Yamaha Tesseract, Motor Konsep Beroda 4 dengan Penampilan Bengis !

YT2

 

Hollaa Brosist. . . Kembali lagi kita bertemu di hari yang indah bersama Artikel History Spesial ala EA’s Blog. . . Di saat puasa seperti ini enaknya bahas yang ringan-ringan aja ya Brosist, Tapi mudah-mudahan tetap bisa menambah pengetahuan Brosist sekalian. . . Kali ini kita akan membahas tentang Yamaha Tesseract, Sebuah motor konsep yang pernah dipamerkan sekitar 7 tahun silam. . .

Seperti apa sih Detail & Cerita-nya ?? Yuk kita bahas sama-sama Brosist, Cekdisot……

YT1

 

Jika dilihat dari namanya (Tesseract), Tentunya kita akan teringat pada benda berkekuatan besar yang ada di cerita Captain America ataupun Marvel : Avengers. . . Tapi Motor ini sebenarnya gak ada hubungannya koq Brosist dengan film tersebut ( Malah mirip motor Transformers, πŸ˜€ ). . . Yamaha Tesseract adalah sebuah Motor Konsep beroda 4 dan bermesin hybrid dari Yamaha yang spesial diciptakan untuk pameran di Ajang Tokyo Motor Show 2007. . . Motor ini Spesial didesain oleh Luciano Marabese yang merupakan Desainer Andalan untuk motor beroda – 4. . .

 

YT6

YT8

 

Urusan desainnya bisa dibilang Bengis ya Brosist !! Tuh lihat aja sudut bodi-nya tajam serta meruncing banget. . . Jika dilihat dari depan, IMHO kita seakan-akan melihat Monster yang siap melahap mangsanya alias Monster lagi mangap. . . Tapi perlu diakui, Yamaha Tesseract memang punya desain overall yang sangat sangat sangat bengiss alias keren abis Brosist !!

 

Motor yang dijuluki “4-Wheeled Motorcycle” oleh pabrikan garputala ini memang unik banget Brosist. . . Baik di bagian depan ataupun di bagian belakang dibekali Swingarm, Part ini sedemikian rupa mengatur kinerja semua part lainnya sehingga ketika menikung, Semua bannya ikutan miring juga. . . Mekanisme ini juga ditopang oleh Ban kanan & kiri yang mempunyai suspensi sendiri-sendiri (Independen), Walhasil motor tetap stabil meski dibawa miring-miring. . . Waoowww !!

 

YT7

YT5

 

Di sektor mesin, Yamaha membekali nya dengan Teknologi Hybrid, Yakni penggabungan antara Mesin V-Twin SOHC Fuel-Injeksi serta Motor Elektrik. . . Untuk penggerak akhir yang menghubungkan mesin & ban, Tesseract menggunakan Gardan layaknya Mobil yang didesain sedemikian rupa agar tetap bisa menyalurkan tenaga maksimal meski Motor dalam kondisi rebah. . .

 

 

TAHUKAH BROSIST ?

 

YT4

 

Nah, Tahukah Brosist kalau Yamaha Tesseract tak pernah mencapai kenyataan untuk Diproduksi Massal ??

Yup, Meskipun sudah didesain sedemikian rupa agar tetap bisa digunakan, Namun pada kenyataannya Tesseract tak pernah diproduksi Massal hingga saat ini. . . Tesseract memiliki kendala besar jika ingin masuk ke pasar Amerika (Yang animo Moge-nya Besar), Lantaran Tesseract memiliki 4-Roda dan akan masuk klasifikasi sebagai Mobil (Meskipun pada kenyataannya Tesseract adalah Motor). . . Hal tersebut berarti Tesseract harus melewati berbagai Tes serta Pengujian Ulang untuk bisa lolos uji Kenyamanan dan Keselamatan. . .

 

Tricity

 

Tahukah Brosist Bahwa Yamaha Tricity (Skutik 3 Roda)Β  adalah Suksesor dari Yamaha Tesseract ??

Nah, Jika melihat dari konstruksi keseluruhannya pastilah kedua motor ini berbeda, lantaran Tricity beroda-3 sedangkan Tesseract beroda-4. . . Namun, Pada kenyataannya Tricity memang mengambil basis suspensi yang mengacu pada Yamaha Tesseract untuk kedua Roda depannya. . . Baik pada Tricity versi Konsep hingga Tricity versi Produksi Massal yang katanya akan segera masuk pasar Indonesia, Semuanya mengacu pada kestabilan yang dimiliki oleh Tesseract. . .

Sebenarnya sih ada Versi sebelumnya dari Yamaha Tricity yakni Yamaha Quadro yang menggunakan 4-Roda, Persis layaknya Tesseract. . . Namun hingga kini tak ada kelanjutan kabar Motor yang digadang-gadang akan diproduksi massal tersebut. . . Entah EA’s Blog yang ketinggalan beritanya atau memang tak jadi diluncurkan. . .

 

 

Well. . . Meski Yamaha Tesseract tak jadi Diproduksi Massal, Namun kehadirannya tetaplah mampu mengundang animo yang cukup positif dari bikers di seluruh penjuru dunia. . . Pasalnya selain memiliki konsep desain yang sangar abisssss, Tesseract juga memiliki segala kelebihan (terutama di sektor suspensi) yang membuatnya layak untuk diproduksi Massal. . .

Oleh karena itu, Tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan Tagline :

” Yamaha Tesseract Concept, The 4-Wheeled Beast “

YT3

Okeee, Demikian dulu yang bisa EA’s Blog sharing di kesempatan kali ini. . . Sedikit harapan dari EA’s Blog, Semoga artikel ini mampu menambah informasi ataupun wawasan Brosist sekalian meski sedang menjalankan ibadah Puasa di Bulan Ramadhan. . .

Kita berjumpa di Next artikel History ya Brosist. . .Β  See yahhh !!

 

So, Yamaha Tesseract. . . What do yah think lads ?? (Mang Kobay Mode : On πŸ˜€ πŸ˜€ )

YT9

26 comments

  1. kapan ni motor di impor dimari ya om?
    Kok mesinnya sohc?
    Kalo tricity kok ga hybrid?
    Tesseract aja lah…

  2. Wah top markotop tuh design nya…andaikan saja di jual bebas buat mainan bareng atx gagah banget dah…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s