Spesial : Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor (Chapter 3)

 

Magnesium Yamaha YFZ 450

 

Perkembangan teknologi dalam dunia Roda 2 memang sangat menarik untuk kita ikuti. . . Mulai dari Teknologi Mesin, Frame, Kestabilan Motor, Hingga Metalurgi seperti yang akan kita kupas tuntas pada kesempatan kali ini. . . Nah, Beberapa Minggu silam, Kita sudah membahas tentang Perkembangan Metalurgi dari Logam Besi, Baja & Alumunium di Industri Roda 2. . . Sekarang, Kita akan melangkah sedikit lebih maju kedepan dengan Logam lainnya yaitu Magnesium. . .

 

Oiya, Bila Brosist belum membaca tentang Perkembangan Metalurgi Roda 2ย  pada Artikel Sebelumnya, Brosist bisa lihat Pada Artikel dibawah ini :

– Spesial : Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor (Chapter 1 : Besi & Baja)

– Spesial : Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor (Chapterย 2 : Alumunium)

 

 

4. Magnesium

 

The History !

 

 

Sir Joseph Black

Sir Joseph Black, Penemu Magnesium !

 

Sebelum membahas lebih jauh tentang Logam yang satu ini, Alangkah baiknya bila kita mengenal Sejarah & Sifat dari Magnesium terlebih dahulu. . . Yup ! Nama Magnesium diambil dari Nama Daerah yakni Magnesia, di Thessaly, Yunani, Tempat dimana Logam ini ditemukan. . . Sebenarnya, Senyawa-senyawa Magnesium telah lama diketahui, Bahkan sudah diketahui lebih dari 200 tahun silam loh Brosist. . . . Nih Dia Sejarah awal ditemukannya :

 

– Tahun 1755, Sir Joseph Black asal Inggris berhasil menemukan Magnesium dan menggolongkannya ke Dalam salah satu Unsur Kimia,

– Tahun 1880, Sir Humprey Davy berhasil Mengisolasi Magnesium,

– Tahun 1831, Busy berhasil mempersiapkan Magnesium dalam bentuk yang Koheren.

 

 

Sifat Magnesium dan Fungsinya di Roda 2

 

 

Magnesium

 

Magnesium merupakan logam yang ringan, putih keperak-perakan dan cukup kuat, terlebih bila dipadukan dengan unsur/senyawa lainnya. . . Campuran Magnesium merupakan logam yang paling ringan dalam hal berat jenisnya, Serta mempunyai sifat yang cukup baik seperti Alumunium. . .

Magnesium merupakan elemen terbanyak kedelepan di kerak bumi, yang membentuk 2% dari berat total kerak bumi. . . Magnesium tidak muncul secara begitu saja secara tersendiri, Tapi logam ini selalu ditemukan dalam bentuk magnesite, dolomite dan mineral-mineral lainnya. . . Logam ini sekarang banyak dihasilkan di Amerika Serikat dengan cara meng elektrolisis Magnesium Klorida yang terfusi dari Air Asin, Air Sumur & Air Laut

 

 

Magnesium vs Alumunium

Perbandingan Bobot Magnesium vs Alumium vs Baja Tungsten

 

Magnesium memiliki bobot 30-35% lebih ringan dibanding Aluminium ! Selain itu, Magnesium juga memiliki sifat meredam getaran yang jauh lebih baik ketimbang Alumunium. . . Dalam pengunaannya di era Modern ini, Campuran Magnesium (Magnesium Alloy) digunakan sebagai bahan konstruksi Pesawat Terbang, Alat Fotografi & Teropong. . . Dimana kita ketahui, Pesawat terbang sangat membutuhkan Logam yang kuat namun Ringan. . .

Hal inilah yang membuat Logam ini semakin dicintai dan mulai menggantikan posisi alumunium dalam Industri Roda 2, Khususnya untuk Motor dengan performa tinggi yang memiliki Putaran Mesin sangat Cepat. . . Nah, Magnesium ini digunakan untuk Sparepart Mesin yang berputar dengan cepat tersebut, Dimana diperlukan nilai Momen Inersia yang rendah. . .

Istilah Simple-nya, Magnesium digunakan untuk memperingan kinerja mesin yang berputar cepat tersebut. . . Nah, Jika Material Sepeda Motor yang digunakan sudah se-ringan mungkin & minim getaran, Kebayang kan bakal gimana tuh Power & Stabilitas nya ??

Baca Juga : Honda VFR400 & RVF400, Duet 400cc Hardcore Hondaย !

 

 

Penggunaan Magnesium di Roda 2 !

 

 

RC51 Magnesium

 

Awalnya, Logam Eksotis ini tak begitu saja bisa menggantikan Posisi Alumunium sebagai Logam favorit untuk Dunia Balap & Motor produksi massal berperforma tinggi (Race-Replica). . . Meskipun memiliki sifat yang ringan, Namun Alumunium tetaplah memiliki masalah yang kompleks loh Brosist !! Yup, Magnesium dan Logam Campuran Magnesium (Magnesium Alloy) jauh lebih mahal daripada Alumunium. . .

Inilah yang menyebabkan Magnesium dulunya hanya digunakan pada Motor berspesifikasi Balap (WorldGP/MotoGP) & Produk Massal yang berkategori Race-Replica. . . Yup ! Kita pun tahu sendiri, Motor Race-Replica tersebut dipastikan memiliki banderol harga yang selangit alias Muaaahhaall. . . ๐Ÿ˜€

Baca Juga : Honda VFR750R (RC30), The Ultimate Legendary 750ccย !

 

 

NSR500 Magnesium

Honda NSR500 1988, Magnesium Elf-5ย  Frame. . . Edyaann !!

 

 

Pengembangan Magnesium untuk Motor Produksi Massal & Keperluan Balap, Dilakukan secara besar-besaran Oleh Para Pabrikan Jepang sejak akhir era 1980-an silam. . . Salah satu yang paling terkenal & fenomenal adalah Honda NSR500 tahun 1988 yang memiliki Frame & Swingarm Elf-Designed 5, Berbahan baku Magnesium. . . Motor tersebut terbukti Ampuh mengantarkan Eddie Lawson merebut Juara Dunia kelas 500 cc di tahun 1989. . . Maknyuss !!

 

Contoh penggunaan Magnesium yang sering ditemui pada Industri Roda 2 adalah pada bagian Velg, Frame, Blok Mesin & Beberapa Bagian Internal Mesin. . . Beberapa yang pernah Terekspose di Artikel Historical Bike ala EA’s Blog adalah Penggunaan Blok Mesin Magnesium milik Honda VFR750R, Velg Magnesium berlabel Mag-Tek milik NSR250SP, CBR250RR, VFR400R,ย VFR750R & NR750. . . Asli, Motor yang disebutkan tadi memang layak masuk ke kelas Motor Eksotis nan Legendaris deh Brosist !!

Baca Juga : Spesial : Adu Spesifikasi Motor Legendaris 250cc 2-Tak ala EAโ€™s Blogย !

 

 

Lanjutkan Membaca >> Kompleksitas & Kekurangan Magnesium, Serta Penggunaannya di Era Modern

 

Iklan

36 comments

    • Lah itu kang, di halaman awal ada buanyak motor Honda yang pakai magnesium. . . Yang Yamaha itu lebih spesifik kang, Karena dia yang bikin teknologi magnesium bisa dikurangi cost nya ๐Ÿ™‚

  1. asli beneran bermanfaat ini bro, ane jg baru tau klo tekno controlled fill magnesium dikenalkan pertama kali by Yamaha, ijin share di twitter ane @aryckagusta ya bro:)) tapi BTW kapan ya R15/NVL pakai tekno CF ini, gak usah magnesium, aluminium aja. tpi keknya buat 2 motor itu cukup pake deltabox kaleng (deltabox yg ber-rongga) aja kali ya, wkwkwkwkwkw..XD

  2. Mas bro pemabahasan utk logam titanium jgn smpe ketinggalan jg ya, secara tuh logamkn merupakan salah satu yg terkuat dimuka bumi n tersulit utk diproses,hehe…

  3. artikel ini juoss..unsur entertainnya dpt, pengetahuannya mantap, pun cara menyajikannya jg joss (pake banget). ibarat warung mkn, ini warung favorit gw..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s