Honda All New CBR150R dan Jawaban Pertanyaan Brosist Sekalian. . . !

 

CBR with Eno

 

Saat EA’s Blog mempublish artikel diundang ke Acara Testride New Product AHM (All New CBR150R) beserta membawa CBR150R CBU Thailand, Banyak pertanyaan yang masuk ke Newsroom EA’s Blog dari Brosist sekalian pembaca setia EA’s Blog. . . Kebanyakan dari pertanyaan tersebut, Berisi tentang adu kualitas serta performa dari CBR150R terbaru rakitan AHM ini, sambil dibandingkan dengan CBR CBU yang sudah dikenal luas di kalangan Masyarakat Tanah Air. . .

Nah, Seperti apa sih jawaban atas beberapa pertanyaan tentang All New CBR150R ini dari Kacamata (*ehh gak pake kacamata deng) EA’s Blog ?? Yuk kita simak bareng-bareng Brosist. . . Cekidots !!

 

 

1. Akselerasi & Performa dibanding CBR150R CBU ?

 

Jawaban :

Seperti yang sudah EA’s Blog bahas di Artikel disini. . . All New CBR150R secara mengejutkan mampu menghipnotis dan membuat terkesima EA’s Blog bersama beberapa Rekan Blogger Senior Lainnya. . . Meskipun memiliki Spek diatas kertas yang jelas dibawah CBR CBU (17,1 PS vs 17,8 PS), Namun pada kenyataannya All New CBR memiliki Akselerasi & Performa Gear 1-4 yang lebih baik ketimbang CBR Import asal Thailand. . . Sayangnya, Trek yang hanya sekitar 400 meter tersebut membuat EA’s Blog gagal mengail top speed tertinggi dari Motor rakitan lokal ini. . . So, masih butuh pembuktian lebih lanjut untuk bisa mengetes ability performa dan speed All New CBR150R ini. . .

 

 

2. Handling dibanding CBR150R CBU ?

 

Jawaban :

Sebelumnya, EA’s Blog sudah membahas tentang materi ini. . . Namun, Untuk mengulas kembali hal tersebut, All New CBR150R ini memiliki Handling yang telah berhasil Improve signifikan ketimbang sang CBR CBU !! Meskipun menyandang sasis/frame yang terkesan “inferior” bila dibandingkan dengan sang CBU (Truss Frame vs Twinspar Perimeter), Namun perpaduan Truss Frame plus Pro-Link Monoshock terbukti mampu membuat sang All New CBR lebih asik diajak melahap setiap cornering di Sirkuit PRJ kemarin. . . So, Yang koar-koar sasisnya “downgrade” sepertinya harus uji motornya dulu tuhh …. 😀

 

3. Kualitas Plastik ?

 

Jawaban :

Ada Harga ada Rupa ! Itulah yang bisa EA’s Blog amati dari perbedaan Material Plastik antara All New CBR150R & CBR150R CBU. . . Terbukti, Kualitas Plastik CBR CBU masih lebih tebal ketimbang sang CBR rakitan lokal. . . Demikian juga dengan Finishing nya, Di bagian dalam fairingnya, Terasa CBR CBU jauh lebih smooth ketimbang CBR Lokal yang justru memiliki tekstur lebih kasar. . .

 

 

4. Kualitas Painting ?

 

Jawaban :

Senada dengan pertanyaan nomor 3 tadi, Kualitas Painting sang CBR rakitan lokal ini juga masih sekelas dibawah sang CBR Import. . . Painting Body nya masih terlihat layaknya Produk AHM lainnya seperti CB150R Streetfire. . . Apalagi jika dibandingkan dari sisi painting bagian lainnya, All New CBR150R lebih banyak dijejali part berkelir Powder Coat Hitam, Ketimbang sang CBR CBU yang rata-rata dibekali Finishing Cat Glossy. . .

 

 

5. Dimensi & Berat Kosong nya ?

 

Jawabannya :

Untuk Dimensi & Berat All New CBR150R seperti yang tertera di Tabel Spesifikasi Resmi :

P x L x T :  1.995 x 711 x 1.117 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.296 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm

Tinggi Jok : 786 mm

Berat Kosong : 143 Kg

 

 

6. Posisi Riding ?

 

Jawabannya :

Meskipun memiliki Dimensi dan Bobot yang sedikit lebih berat (5 Kg) ketimbang Sang CBR CBU, Namun All New CBR150R ini tetap memiliki aspek Ergonomi Riding yang Nyaman untuk ukuran Sport Tulen koq Brosist. . . Sensasi berkendaranya tak jauh dari CBR150R CBU Thai yang terkenal akan kenyamanan dan comfort bagi Rider ataupun Boncengernya. . . Percayalah, All New CBR ini takkan membuat Brosist kepegelan apalagi sampai harus memanggil tukang pijit hanya untuk sekedar Riding Santai ataupun Touring Jarak Jauh. . . wekekekekekee 😀

 

 

7. Getaran (Vibrasi) di Area Kemudi & Body ?

 

Jawabannya :

All New CBR150R ini jelas masih memiliki Vibrasi berlebih terutama Saat memasuki 10.000 RPM ke atas. . . Untuk Getaran di Area Stang & Area Kemudi lainnya, Mulai terasa berlebih sejak RPM nya menyentuh angka 7.000 ke Atas, Alias Persis dengan CBR150R CBU yang sebelumnya juga EA’s Blog test. . . Nah, Untuk getaran di Body nya All New CBR150R ini lumayan minim koq Brosist, Serta masih berimbang dengan CBR CBU yang EA’s Blog bawa. . . Untuk diketahui bersama, CBR150R CBU yang EA’s Blog bawa adalah lansiran 2012, Sementara All New CBR150R yang tersedia adalah Unit Test yang benar-benar kinyis-kinyis alias Masih Baru !!

 

 

8. Sistem Injeksinya ?

 

Jawabannya :

 

o2 Sensor CBR

Perbedaan Letak O2 Sensor !

 

All New CBR150R ini dibekali Sistem Injeksi yang sudah Closed-Loop, plus Lolos Regulasi Emisi Euro-3. . . Hanya saja, Perbedaan letak O2 sensor antara kedua motor ini sangat terasa. . . Di All New CBR posisi O2 sensor nya berada di Leher Knalpot, Sementara CBR150R CBU berada di dekat moncong exhaust outlet (gambar diatas). . . Perbedaan lainnya, All New CBR150R sudah dibekali Throttle Body dengan 2 hole drum, ketimbang CBR CBU yang masih dibekali 1 hole (lubang) saja. . .

 

 

9. Suara Mesin & Knalpot nya ??

 

Jawabannya :

Keduanya memiliki Output suara yang berbeda jauh tuh Brosist !! Jika di CBR CBU output suara knalpotnya smooth dan hampir tanpa ada suara knalpot, Maka di All New CBR150R ini suara Knalpotnya lebih garing alias gurih-gurih enyoy alias cempreng Brosist. . . Begitupun suara mesinnya, CBR CBU terasa lebih anyep ketimbang CBR rakitan lokal ini Brosist. . . Saat Throttle dibejek dalam, Suara CBR CBU yang terdengar signifikan justru berada di gerungan mesinnya, Berbeda dengan CBR Lokal yang Suara Knalpotnya sangat terasa di telinga. . .

 

 

Well. . . Bagaimana Brosist ?? Apakah semua rasa penasaran Brosist terkait All New CBR150R Lokal ini sudah terjawab ?? Jika memang ada yang belum, EA’s Blog mohon maaf yang sebesar-besarnya dan silahkan Brosist tanyakan ulang pada Kolom Komentar yang ada di bawah yaa. . . Insyaallah, EA’s Blog akan menjawab nya dengan senang hati. . .

 

So, CBR Lokal & CBR CBU ?? Rasa Mirip tapi Bahan Berbeda loh Brosist !!

CBR Lokal vs CBU 3

Baca Juga ya Brosist. . . .

 

Honda All New CBR150R vs CBR150R CBU, Komparasi Finishing & Material !!

Honda All New CBR150R vs CBR150R CBU, Ability Performa & Handling !

Honda All New CBR150R, It’s Fun To Ride Bro !!!

Test Ride TVS Max 125, Sport Murah Tapi Tak Murahan !

– Spesial : Perjalanan Panjang Honda CBR-Series !!

Kisah Tadao Baba & Sejarah Tentang CBR Fireblade !!

Ini Dia Kode Penamaan Motor Honda (Kode Awalan C). . . !

Alhamdulillah, Diundang Testride Sama AHM Euy. . . CBR150R Anyar Kah ?

Honda RC149, 125cc Paling Edan di Dunia !

Sport Murah Yamaha Sudah Masuk Tahap Pengetesan, Siapkan Kameramu !

Motor – Motor Ini Memang Eksotis, Atau Malah Overprice ??

Honda RC116, Gendeng & Edannya Gak Kira-Kira !!!!!

Honda RC166, 250cc Paling Gendeng di Dunia !

Iklan

38 comments

  1. menurut kang Eno sendiri, dengan harga segitu, ini motor “value” ngga kang? buat “dimiliki”,,apakah memang pas atau “kemahalan” dengan segala plus minus yang ada?…nuhun kang

  2. sudah jelas honda cbr 150 r versi lokal ini patut diidamkan..saya belum baca ulasan yang sebaliknya dari para blogger setanah air yang saya baca sejak peluncuran tanggal 7 sepetmber 2014. Artinya penilaian umum adalah motor ini oke dari segi harga dan sudah tentu performa dan ergonomi adalah khas honda. he..he..cbr gitu bro..nabung ach buat ngumpulin dp. mudah-mudahan aja kebeli empat bulan lagi..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s