Honda RC149, 125cc Paling Edan di Dunia !

RC149 Main

Holla Brosist !! Tak terasa sudah hari rabu yag artinya kita akan kembali bersama artikel History ringan ala EA’s Blog. . . Di era modern ini, Kubikasi (cc) mesin yang besar adalah suatu keharusan. . . Namun apa jadinya bila ada motor 4-Tak dengan kubikasi sekelas bebek/skutik, Namun mesinnya mampu berteriak hingga 22.000 RPM dan menembus top speed lebih dari 210 km/h ?? Jawabannya ya cuma satu kata = Impossible !!

Yap ! Namun anehnya semua cerita tadi bukanlah dongeng semata koq Brosist. . . Penjabaran tadi adalah sebagian kecil keajaiban yang dimiliki oleh incredible bike yang satu ini, yaitu Honda RC149. . .

 

Seperti apa Pernik Sejarah, Detail & Performanya ??? Yuk Kita bahas bersama-sama motor ajaib ini Brosist. . . Cekdiswanaut !!

 

RC149 Naked

Honda RC149 adalah kuda besi jagoan Honda di ajang worldGP (motoGP) 125 cc di tahun 1966. . . Motor ini didaulat untuk menggantikan versi sebelumnya yaitu Honda RC148 yang masih memiliki kekurangan disisi daya tahan & vibrasi mesin. . . Upgrade tersebut bukanlah tanpa sebab, Mengingat yang harus dihadapi RC149 adalah motor balap super 2-Tak dari pabrikan Yamaha & Suzuki yang saat itu sedang berjaya. . . Sejujurnya hal ini adalah hal yang mustahil, Dimana seharusnya untuk bisa mengalahkan motor 2-Tak, diperlukan motor 4-Tak dengan kubikasi (cc) yang 2 x lipat, Mengingat cara kerja mesin 2-Tak yang hanya 1/2 kali cara kerja mesin 4-Tak. . .

Namun Soichiro Honda beserta team engineeringnya memiliki konsep berpikir yang berbeda. . . Ia mengutus orang kepercayaannya yaitu Soichiro Irimajiri untuk membuat konsep mesin 4-Tak yang mampu menggapai RPM 2x lipat dari redline motor balap 2-Tak saat itu. . . Namun hal tersebut dirasa oleh pabrikan lain adalah sebuah pemikiran yang bodoh, Mengingat kala itu motor 2-Tak kompetitor rata-rata memiliki redline diatas 10.000 RPM. . . So, Honda kudu membuat motor yang mampu meraung diatas 20.000 RPM di tahun 1960-an. . . Lagi-lagi = Impossible . . .

RC149 View

Berbekal mesin RC148 yang berkonfigurasi inline 5 silinder, Irimajiri mendesain ulang seluruh bagian crankcase dan blok silindernya menggunakan bahan baku utama yang super duper ringan yaitu Magnesium. . . Bore x Stroke pun dirombak ulang menjadi 35,5 x 25,14 mm dengan total kapasitas silinder sebesar 125cc. . . Sementara konfigurasi mesinnya masih menganut Inline 5 Silinder DOHC 20 Valves, Dengan Sistem penyuplai BBM 5 Karburator Keihin 18mm yang mungil. . . Bukan hanya karburatornya saja yang mungil, Bahkan hampir seluruh part milik RC149 berukuran sangat kecil-kecil banget lohh  Brosist. . .

RC149

Di sektor frame, Honda RC149 tak mengalami perubahan signifikan dari RC148. . . Namun berkat masukkan dari pembalap Swiss yang penuh talenta Luigi Taveri , Sektor suspensi Honda RC149 ini mengalami ubahan agar tak terlalu liar saat dipacu dalam kecepatan tinggi. . .

RC149 Rear

Dibekali Penggerak Noken as tipe Gear (Gear-Driven Camshaft) plus Transmisi 8 Percepatan, Hasil Riset Honda yang satu ini sangat mengerikan Brosist. . . Honda RC149 mampu memuntahkan maksimum power hingga 35 HP @ 20.500 RPM. . . EA’s Blog ulangi sekali lagi 20.500 RPM Brosist !!! Sementara itu Redline Maksimumnya berada di 22.000 RPM !!! Gilaaaaaaa !! Catatan Top Speed RC149 ini mampu meraih lebih dari 210 Km/h pada tahun 1966 !! Uedyannn !!

RC149 3

RC149 Speedo2

Tak Ayal, Honda bersama RC149 dan pembalapnya Luigi Taveri pada tahun 1966 mampu menyabet gelar Juara Dunia sekaligus mengalahkan motor 2-Tak dari para Pesaing terberatnya. . . Bahkan saat awal race dimulai, Semua mata langsung tertuju pada Honda RC149 ini. . . Mengapa demikian ? Tak lain dan tak bukan adalah Karena RC149 memiliki output suara knalpot yang sangat menggelegar Brosist. . . Berbeda dengan kakaknya RC166 yang memiliki output suara menggelegar namun tetap merdu didengar, RC149 Justru mengeluarkan suara yang lebih kasar dan meledak-ledak dibanding RC166. . .

Setiap kali melakukan deselerasi dan downshift,  RC149 layaknya mesin akan segera meledak ! -motorcycle usa-

 

Gak percaya ?? Nih Videonya Brosist . . .

 

Sebagai tambahan, Ini dia sedikit spesifikasi Honda RC149 (Maklum cuma sedikit, Soalnya ini motor kelas GP, So hampir kebanyakan informasinya adalah Top Secret) :

 

Manufaktur : Honda

Model : RC149

Class : World Grand Prix

 

Engine : 4-Tak, Parallel-Inline Transverse 5 Cylinder, Oil-Cooled, DOHC 20 Valves

Bore x Stroke : 35,5 x 25,14 mm

Kapasitas Silinder : 124,3 cc

Rasio Kompresi :  11,2 : 1

Sistem Penyuplai BBM : 5 x Karburator Keihin 18mm

Transmisi : 8-Speed, Close Ratio

Max Power : 35 HP @ 20.500 RPM

Max Torsi : —-

Top Speed :  210 Km/h (130 Mph)

 

Frame : Tubular-Steel Open Duplex

Berat : 85 Kg

Suspensi Depan : Teleskopik Cartridge

Suspensi Belakang : Honda Twin-Girling Shockbreaker

Rem Depan : Drum Brake (Tromol) 8 Inci

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol) 7 Inci

Ban Depan & Belakang : —

 

Well. . . Honda RC149 adalah salah satu Mahakarya terbaik di dunia dari ajang worldGP. . . Keberadaannya mampu disandingkan dengan sang kakak RC166 yang juga terlahir sebagai motor yang melampaui era-nya. . . 125cc 5 Silinder, 35 HP, 20.500 RPM, adalah sesuatu yang seharusnya bukan berada di tahun 1966. . . Namun apapun itu, percayalah, Dari Honda RC149 inilah kita mempelajari sebuah makna tentang kerja keras & keajaiban. . . Dengan kerja keras tanpa pantang menyerah, Maka keajaiban adalah sesuatu yang akan diraih berikutnya, Seperti yang team Honda lakukan dengan RC149 ini. . . So, Rasanya tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan tagline pada Motor Ajaib satu ini yaitu :

” Honda RC149, When Passion Break the Limit “

RC166 Last

 

Oke, Sekian dulu, , , Kita berjumpa di artikel History selanjutnya ya Brosist. . . Silahkan sampaikan saran, kritik & request Brosist di kolom komentar ya. . .

See Yah !!

54 comments

  1. Misal MotoGP dibebaskan pengembangan mesin (bore, stroke, jumlah/type silinder, dsb) asal cc nya sama kayaknya Honda sulit dibendung yach….

  2. wow.. luar biasa.. 125cc multisilinder 20rb-an rpm? ga kebayang kl tuh motor ada/diproduksi hari ini.. motor 125cc siluman yg siap ngasepin motor2 berkubikasi 2x lipat diatasnya.. hehehe.. 😀

  3. Seharusnya kita bisa buat ginian !!!…
    Jasmerah baca lgi sejarahnya…era sukarno pemuda2 dkrm ke luar buat belajar..tujuannya pas balik bsa mmbngun bangsa. Eeehh udh wktunya menuai hasil malah dikudeta sma politik bangsat amerika yg pgn nyuri SDA indo…hmmm
    Habibie slh satu contoh yg brhsil eksis, karya2 beliau ngk kalah sama soichiro honda..BENERAN, konsep teori2 beliau dlunya dianggap gila n bodoh sma org barat, tp dgn krja keras brhsil buktiin, break the limit…

    • Iya masbroo, , Saya juga selalu berharap nantinya ada yg demikian. . . Untuk itu, saya sering tulis artikel yg seperti ini, semoga bisa menjadi inspirasi buat rekan2 pencinta otomotif. . .
      Btw, Nice share broo…. 😀

  4. It’s actually a nice and useful piece of info.

    I’m happy that you shared this useful information with us.
    Please keep us up to date like this. Thank you for sharing.

  5. Ngga bisa di gambarkan dengan kata2….. sungguh mahakarya terbaik dari honda… thank’s infonya mas bro…

  6. sekarang terlalu banyak aturaan yang membuat pikirian terbatas dan berdampak pada penciptaan/pembentukan karya yang terhambat..

  7. sekarang terlalu banyak aturaan yang membuat pikirian terbatas dan berdampak pada penciptaan/pembentukan karya yang terhambat.. #helehh..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s