Honda RC116, Gendeng & Edannya Gak Kira-Kira !!!!!

RC116 1

 

Holla Brosist !!! Berjumpa lagi kita di Artikel History Ringan yang selanjutnya ala EA’s Blog. . . Pada kesempatan berikutnya, EA’s Blog akan membahas Jajaran Motor Legendaris lainnya yang ternyata Gak Kalah sama Motor Super Edan Layaknya Honda RC166, Honda RC149 & Suzuki RK67 yang kesemuanya sudah Pernah EA’s Blog Bahas & Kupas Tuntas di Blog Sederhana ini. . . Lantas, Motor Apakah yang mampu menyamai Motor Fantastis tadi ???

Yap, Jawabannya adalah Honda RC116 !! Salah Satu Motor Karya Langsung dari Team Engineering yang Diketuai oleh MendiangΒ Soichiro Honda, Sekaligus merupakan Adik Bungsu dari RC166 & RC149. . . . Bahkan RC116 di Era-nya Berhasil Mengalahkan Kedigdayaan Motor 2-Tak dengan Spek Mesin yang sama di Ajang Isle Of Man TT pada tahun 1966. . . Gilee Benerr !!

 

 

Seperti apa sih Sejarah, Detail & Performa RC166 ini ?? Yuk kita bahas & intip bersama-sama Brosist. . . Cekdisot !!

 

RC116 3

 

Honda RC116 adalah Motor Andalan Honda di Ajang WorldGP (MotoGP) kelas 50cc yang saat itu dipenuhi oleh Motor 2-Tak yang Super Powerfull. . . Mungkin banyak Brosist sekalian yang lebih mengenal RC166 dibanding motor ini, Lantaran saat itu prestasi RC166 jauh lebih mengkilap dibanding RC116 (Namanya Mirip, EA Jadi Njelimet nulisnya πŸ˜› ). . .

Meski melawan Motor 2-Tak, Ternyata bukan berarti si RC116 ini mengusung mesin yang sama loh Brosist. . . RC116 Justru menggunakan mesin Parallel-Twin 4-Tak untuk bisa bersaing dengan kompetitor, Padahal seperti yang kita ketahui Sungguh sangat sulit & Hampir tak mungkin Motor 4-Tak mengalahkan motor 2-Tak dengan spesifikasi dan kubikasi yang sama. . . Tapi, RC116 Hasil Racikan Sang Masterpiece Soichiro Honda Berhasil mematahkan Teori itu dan mampu bersaing ketat melawan Motor 2-Tak lainnya. . .

RC 1966 Family

Honda RC116 Bersama Kakak-Kakaknya di Era 1966 Silam

 

Di sisi Desain sebenarnya tak ada yang terlalu istimewa dari RC166 ini. . . Bentuknya masih mirip kakak-kakaknya dengan desain Fairing & Buritan membulat khas Motor balap Jaman Dahulu kala. . . Namun dibalik desain Fairing yang membulat itu ternyata tersimpan mesin 4-Tak 2 Silinder yang maha dahsyat dan mampu membuat bergidik siapapun yang melihat ataupun mendengar suara knalpotnya. . . Meski mengusung mesin 4-Tak yang terkategori lebih berat dibanding 2-Tak, Namun berat kosong RC116 ini sangat enteng loh Brosist, Yaitu hanya 58 Kg saja alias hampir hanya setengahnya dari Spacy Helm-In milik EA’s Blog. . . Ebyusehh !!

Sedikit tambahan Info, Pen Piston & Exhaust Valve milik RC116 yang berukuran payung 11, 5 mm ini hanya berbobot 6 gram saja. . . Dan diakui sebagai karya yang fantastis sekaligus misterius soal pembuatan & material yang digunakan pada eranya. . . Bayangkan, Itu di tahun 1960-an loh Brosist !! Edyan kan ??

 

RC116 2

 

Beralih ke Sektor Mesin, Maka kita akan menemukan sesuatu yang sangat incredible di RC116 ini. . . Meskipun mesinnya hanya 4-Tak 50cc alias mungkin tak sampai setengah dari kubikasi bebek atau skutik Brosist, Tapi Output Powernya pasti bikin tercengang deh. . . Motor yang mengusung mesin berkonfigurasi 4-Tak Parallel-Twin DOHC 8 Valves ini masih menggunakan Air-Cooled sebagai pendinginannya. . . Selain itu di sektor penyuplai BBM, RC161 menggunakan 2 buah Karburator Keihin 18 mm dan sudah dibekali Transmisi 9-Speed alias 9 PercepatanΒ Plus pengereman yang layaknya sepeda di bagian depan & Tromol di belakang !!Β (Pusing-pusing deh tuh pembalapnya πŸ˜› ) . . .

Yang lebih fenomenal adalah Muntahan Power Outputnya Mesin 50cc RC116 yang mampu mencapai 16 HP @ 21.500 RPM. . . Edann !!!!!!Β Bila dikalkulasi secara matematis maka akan didapat Power Sebesar 320 HP per Liter (320 HP / 1000 cc), Sebuah angka matematis yang sangat fantastis dan Belum bisa dikalahkan Mesin Sophisticated sekelas MotoGP & Formula 1 Hingga akhir era 2000-an silam atau 40 Tahun setelahnya. . . Yang lebih membuat merem-melek adalah Redline nya RC116 yang mampu menembus 22.500 RPM Alias Lebih Fantastis dari Lengkingan Suara Jet Darat Formula 1 !!! Brosist bisa bayangkan bagaimana lengkingan suara Knalpotnya ?? Tenang, Nanti akan EA’s Blog sertakan Videonya pada akhir artikel. . .

” As regards bhp per litre (RC116), This is a figure that has never been surpassed by any naturally aspirated four stroke engine, and even today’s Formula 1 cars with their special fuel brews cannot hold a candle to it “. -Honda Race History, vf750fd.com

 

RC116 Engine

RC116 4

 

Singkat Cerita, Meskipun RC116 Gagal mendulang Juara di kelas 50cc pada tahun 1966, Namun RC116 berhasil menjuarai GrandPrix paling bergengsi yaitu Isle of Man TT (IOM TT) dan mampu mengantarkan Honda menjadi Juara Dunia Konstruktor di Tahun 1966 lewat pebalapnya, Ralph Bryans & Luigi Taveri. . . Tak hanya itu, RC116 yang hanya bermesin 4-Tak juga mampu membuat pusing para Kompetitornya pada tahun 1965-1966. . . Saking takutnya pada RC116, Hingga saat itu Suzuki mendevelop Motor 2-Tak dengan spesifikasi lebih gila dibanding versi sebelumnya yaitu Suzuki RK67 . . . Gendeng memang si RC116 ini !!

 

RC116 Test

 

Nah, Berikut EA’s Blog berikan sedikit Spesifikasi nya, Spesial untuk Brosist para Pembaca Setia EA’s Blog (Mohon Maaf dan dimaklumi kalau hanya sedikit, Soalnya Motor ini kelas WorldGP/MotoGP, Jadi kebanyakan Informasi lainnya adalah Top Secret) :

 

Manufaktur : Honda (Honda Motor Company / HM Racing )

Model : RC116

Class : World Grand Prix

 

Engine : 4-Tak, Parallel-Twin 2 Silinder, Air-Cooled, DOHC 8V, Gear-Driven Camshaft

Bore x Stroke : 35, 5 x 25, 14 mm

Kapasitas Silinder : 49,7 cc

Rasio Kompresi : Β  11,2 : 1

Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Keihin 18 mm

Transmisi : 9-Speed, Close Ratio

Max Power : 16 HP @ 21.500 RPM

Max Torsi : ———

Top Speed : Lebih Dari 160 Km/h

 

Frame : Tubular-Steel Open Duplex

Berat Kosong : 58 Kg

Suspensi Depan : Teleskopik Cartridge

Suspensi Belakang : Honda Twin-Girling Shockbreaker

Rem Depan : ——-

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)

Ban Depan & Belakang : ——-

 

Well. . . Meski tak berhasil mengantarkan Ralph Bryans menjadi Juara Dunia kala itu, Namun Honda RC116 ini harus diakui sebagai Mahakarya Dahsyat yang akan selalu dikenang hingga era Modern sekarang ini. . . Keberanian sekaligus Inovasi yang Diberikan Soichiro HondaΒ & Team-nya pada RC116 ini untuk menantang Motor Bermesin 2-Tak yang hampir tak mungkin dikalahkan saat itu sangat layak kita acungi Jempol & Bisa menjadi Inspirasi pada kita semua yang hidup di era yang serba Mutakhir seperti sekarang. . . Bahwa, Tak Selamanya Teori itu selalu berbanding Lurus dengan Kenyataan, Semuanya dapat dipatahkan dengan “Keajaiban” buah dari Kerja Keras, Semangat Pantang Menyerah & Inovasi yang Mutakhir. . .Β Hal ini telah dibuktikan oleh para Team Engineering Honda dengan Kerja Kerasnya yang sangat luar Biasa. . .

So, Tak berlebihan Rasanya bila EA’s Blog memberikan Tagline :

” Honda RC116, When Miracle Break The Limit Of Theory “

RC116 Last

Oiya, Ini Video tentang suara Melengking RC116, Seperti yang EA’s Blog janjikan tadi (Di Video pertama masih ada brebetnya, Maklum umurnya sangat tua)

 

Nih dia, Naikin RPM nyampe diatas 10.000 RPM ga sampe sekedipan mata

 

 

Oke Brosist !!! Sekian dulu Artikel History EA’s Blog pada kesempatan hari ini. . . Sedikit harapan dari EA’s Blog, Semoga Artikel Ringan ini mampu menginspirasi Brosist sekalian untuk terus Menjalani Hari dengan Semangat Kerja Keras & Pantang Menyerah, Aminn. . .

Kita bertemu di Next Artikel Historical Bike Sabtu depan ya Brosist. . . So, Stay Tune terus hanya di EA’s Blog !!!

Terima kasih sudah berkenan membaca & Komentar dari Brosist EA’s Blog tunggu banget yaa. . . See Yah Brosist. . . πŸ˜€

Iklan

55 comments

    • Cuma beda point akhir koq bro Ansheidt, Bryans & Taveri. . .ga sepenuhnya dibantai. . .
      Lagipula dari spek mesin udah sama, RC gak ngelebihin silinder RK. . . Tapi RC yang 4-tak malah bisa menang di seri IOM TT, Spanyol & Belanda, Padahal seharusnya gak mungkin dan gak bisa. . . πŸ˜€

      *Silahkan dikoreksi masbroo kalo ada kesalahan penulisan, Soalnya berguna buat pembaca lain biar gak salah paham soal sejarah πŸ˜€

      • ya abis itu Honda keluar kan, ketika aturan harus 1 silinder.
        makanya 4 tak Honda menang lawan 2 tak, silinder nya banyak. sama kek RC211V F yang 5 silinder bisa menaklukkan NSR 500 4 silinder.

        πŸ˜†

      • Tahun 1968 karena aturan pembatasan silinder akhirnya honda nyerah, Dah pusing kali yak nyari cara lain ngebendung bengisnya 2-T Suzuki πŸ˜€ . . . wkwkwk

        Tapi bukannya RK66, RK67, RC115 & RC116 samaan ya jumlah cyl-nya ??

      • iya sama…
        ini motor bikin suzuki gerah, akhirnya RK67 keluar, tapi sayang taon berikutnya RK68 gak jadi keluar gara2 aturan 50cc harus 1 silinder. RK68 itu 3 silinder, bisa di bayangin repot nya 3 silinder 50cc 2 tak lg, reed valve nye kek gimana tuh…

        πŸ™‚

      • Betul banget, Apalagi RPMnya itu loh nyampe 20.000 RPM, Edyan gilaa. . . Ga kebayang suaranya gimana. . . πŸ˜€

        Sayangnya FIM kayaknya waktu itu ga berpihak sama pabrikan jepang yg gokil, Jadi banyak inovasinya yg berhenti di tengah jalan, Gak tau kenapa -imho- . . . Padahal si Suzuki udah susah payah riset mesin RP68. . . Katanya gearbox nya 16 speed ya. . . Mantapp πŸ˜€

      • Tapi mesin dengan cc sama, kalau 4 tak lebih sulit mekanismenya, karena part klep dan penggeraknya begitu kecil, apalagi dengan 50cc, 2 silinder 8 klep, begitu kecil ukurannya.

    • 4Tak ngelawan 2Tak kalah = wajar, woles toh heheee….
      4Tak ngelawan 2Tak menang = it’s an amazing, ruuarrrr biasaaaaaaaaaaa……………….:)

  1. 50cc top speed 160kmpj bener2 gila kalo ni motor ada dimari mgkin cuma jadi ledekan doank cz bentuknya kaya sepeda dikasih mesin tapi begitu diblayer lgsg mlongo yg ngeblayer wkakaakka πŸ˜€

  2. ah mas anderson kayak ga tau aja. mesin 2 tak cepat panas mas. 1 putaran isle of man ditempuh 20 menitan oleh cc moge. lag
    h motor cilik apalagi 2 tak ngempos duluqn kehilangan tenaga.

    4 tak jelas juaranya.

    yg saya kagus desingannya kok gila yaaaaaa!!!! gak turbo lagi. gak nitro lagi. ramuan opo iki.

    partikel apa yg disematkan. pakai BBM jenis alien planet mana???? ckck

    curiga klepnya terbuat dari batu berlian. huahahahahaha

    • Di espana (Spanyol) & dutch TT (Belanda) juga menang massbroo. . . Hehehee, mungkin itu yang jadi kelemahan mesin 2-Tak yaa, Dibanding powernya yg ganas. . . πŸ˜€

      Nah itu yang jadi misteri masbroo, Tahun jebot dulu gimana cara bikinnya ya ?? Aneh bgt nih motor. . .
      Batu berlian ?? #asli ngakak wkwkwkwkwk πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  3. ah mas anderson kayak ga tau aja. mesin 2 tak cepat panas mas. 1 putaran isle of man ditempuh 20 menitan oleh cc moge. lag
    h motor cilik apalagi 2 tak ngempos duluqn kehilangan tenaga.

    4 tak jelas juaranya.

    yg saya kagus desingannya kok gila yaaaaaa!!!! gak turbo lagi. gak nitro lagi. ramuan opo iki.

    partikel apa yg disematkan. pakai BBM jenis alien planet mana???? ckck

    curiga klepnya terbuat dari batu berlian. huahahahahaha

    oyah di youtube.com ada mas video 2 tak vs 4 tak trail. 2 tak hebat beberapa lap. pas mau lap akhir keok. huahahahaha. padahal kubikasi 2 tak 2x lipat loh.

  4. oyah di youtube.com ada mas video 2 tak vs 4 tak trail. 2 tak hebat beberapa lap. pas mau lap akhir keok. huahahahaha. padahal kubikasi 2 tak 2x lipat loh.

    • Mungkin karena panasnya itu juga ya, Butuh sistem Cooling yg lebih advance. . . Secara trail lebih condong ke buka tutup gas cepet bgt, Buka sitik joss deh. . . heheheee

  5. ini baru super duper gila nya 50cc mampu lari 160km/h lbh?? ini data real jk kelas motoGP..jk dimari bisa2 ninin baik 2 ato 4t bisa dikepret tuh..krn real speed ninin gk sampai sgitu..weleh weleh welehhhhh

  6. 4-Tak 2 Silinder yang
    maha dahsyat dan mampu membuat
    bergidik siapapun yang melihat ataupun
    mendengar suara knalpotnya.

    *jaman semunu wes gak mono,la saiki ngeyel mono…
    terlalu…
    hehe

  7. sorry kang.. keduluan saya di kaskus.. πŸ˜€
    tetapi kang eno emang lebih keren dalam hal penataan bahasa,
    joslah kang eno.. #belajarbikinartikel

  8. jelas mahal buat bikin ni motor,
    terutama klep nya, 50cc 8 klep?? segede apa tuh klepnya?? segede korek api mungkin,
    jelas mahal buat riset material keciik kayak gitu namun kuat digenjot hingga rpm 20k
    klep ninin aja kata nya rawat di rpm 13k, padahal ukuran klep nya kan udah lebih besar..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s