Honda All New CBR150R vs CBR150R CBU, Ability Performa & Handling !

 

CBR Test by Eno

 

Brosist sekalian…. Setelah sebelumnya kita komparasi soal Ergonomi & Riding Position antara All New CBR150R & CBR150R CBU ( Selanjutnya kita sebut saja New CBR & CBR CBU), Kali ini pembahasan akan berlanjut ke sisi Performa & Handling. . . Sekedar Info, Sebelumnya EA’s Blog sudah mengetes CBR150R CBU lansiran 2012 dengan Mesin yang sehat plus BBM Ron 92. . .

Nah, Bagaimana bila kita bandingkan feeling keduanya menurut EA’s Blog ?? Yuk kita intip bareng-bareng Brosist. . .

 

 

Suara Mesin yang Garing !

 

 

Knalpot CBR

 

Pertama kali naik diatas Motornya, EA’s Blog langsung membuka throttle All New CBR150R ini. . . Yang menarik, Kini saat membejek throttle nya menjadi terasa lebih ringan loh Brosist…. Hal ini bisa jadi disebabkan lantaran All New CBR ini sudah mengadopsi Kabel Gas Ganda, ketimbang CBR CBU yang masih mengandalkan satu kabel gas saja. . . Kenaikan RPM pun terasa lebih cepat ! Entah mengapa, CBR CBU kalah dalam hal ini. . .

 

Bagaimana suara mesin & knalpot nya Kang Eno ? Yap ! Suara Mesinnya sih mirip-mirip, Meskipun sedikit lebih smooth milik CBR CBU. . . Namun, Saat mendengar suara knalpotnya, All New CBR Terdengar jauh lebih garing & cempreng ketimbang Sang CBR CBU. . . Dari yang bisa EA’s Blog bandingkan, Suara Knalpot All New CBR ini justru lebih mirip ke CB150R Streetfire. . . Dalam hal ini, Desain Knalpot standar keduanya jelas memiliki andil besar dibalik perbedaan karakter Suara yang dihasilkan. . .

 

 

Kombinasi Power CB150R Streetfire & CBR150R CBU !!

 

 

CBR 6

 

Satu hal yang perlu digaris bawahi, Akselerasi dari All New CBR150R ini memang pantas untuk membuat EA’s Blog nyengir-nyengir sendiri. . . Masalah lambannya power yang EA’s Blog temui di Gear 1 & 2 CBR CBU yang powernya landai, Kini teratasi sudah. . . Yup, Akselerasi New CBR150R ini nampol nyus loh Brosist !! Tendangan Power dari kitiran RPM bawah di Gear1 & 2 sudah terasa tanpa perlu gantung RPM, seperti yang EA’s Blog lakukan di CBR CBU. . .

 

Loh, Berarti persis dengan CB150R Streetfire dong, Kang Eno ?

 

Eits, Tunggu dulu Brosist. . . Sebelum meminjam CBR150R CBU milik Kang Sunarya, EA’s Blog juga sudah meminjam CB150R Streetfire lansiran 2014 untuk dites performa nya. . . Hasilnya, IMHO All New CBR150R Rakitan Lokal ini ibarat penggabungan 2 karakter milik CB150R Streetfire & CBR150R CBU Thailand. . . Ganas di Akselerasi, Tapi Powernya juga Linear hingga menyentuh High-RPM !! Bahkan, Saking nggak percayanya, Tuh motor EA’s Blog tes dari Gear 1 – 3 sampai Puncak Power Klaim di 10.500 RPM, pada lap awal di Straight Lurus Arena JI-EXPO Kemayoran (Saat Test-Ride, Lupa habis Corner ke berapa yaa kemaren πŸ˜› ). . .

Padahal, Jika kita melihat ke atas kertas (baca : spesifikasi), All New CBR150R ini justru memiliki Power yang lebih rendah ketimbang CBR CBU, Meskipun Torsi Puncak nya lebih unggul. . . Jadi, Yang berkoar-koar Sunatan Power di CBR150R Rakitan Lokal ini, Sepertinya harus menjajal nya terlebih dulu. . . Nih Dia perbandingan Spek-nya :

 

Power New CBR150RΒ  : 17,1 PS @ 10.500 RPM

Power CBR150R CBUΒ  : 17,8 PS @ 10.500 RPM

 

Torsi New CBR150RΒ  : 13,0 N.m @ 7.500 RPM

Torsi CBR150R CBUΒ  : 12,6 N.m @ 8.500 RPM

 

 

Sayangnya lantaran straight sirkuit yang terbatas, All New CBR150R CBU ini hanya bisa EA’s Blog test sampai Gear-4 saja. . . Tentunya, Masih butuh pembuktian lebih lanjut soal Power New CBR150R ini, Terutama feeling power hingga ke Top-Gear (Dalam kasus CBSF, Powernya justru melorot di Top-Gear), Agar perbandingan makin sempurna ( Ngarep Dipinjemin AHM 1 unit All New CBR ke rumah buat test harian #NgarepEuy πŸ˜› ) . . .

 

 

Handling ? Gurih-gurih Enyoy !!

 

 

CBR Frame

 

Handling All New CBR150R ini memang tak perlu diragukan lagi. . . Dengan kondisi ban standard, CBR Lokal ini mampu menyantap setiap tikungan dengan ability yang mumpuni ! Bila kita membandingkannya dengan CBR150R CBU yang EA’s Blog tes sebelumnya, Tentunya Handling All New CBR ini jauh lebih mumpuni !! Meskipun hal ini bisa dipengaruhi oleh Unit Test CBR CBU yang EA’s Blog bawa (Bisa saja umur bannya sudah tua). . . Namun perlu EA’s Blog akui, Ergonomi yang Nyaman plus Ability Handling sang All New CBR melewati corner di Sirkuit JI-Expo tersebut, Memang terbukti mantap. . .

 

Dari analisa saat EA’s Blog test langsung, Kombinasi Sasis Inovative Truss Frame plus Monoshock with Pro-Link mampu memberikan improve kenyamanan dan handling, dibanding CBR CBU yang notabene sudah menggunakan Sasis Twinspar. . . So, Bagi yang Mengatakan Sasisnya All New CBR150R Downgrade (Dalam sisi handling), Sepertinya Harus nyobain dulu tuh yaa. . . Padahal, Kita ketahui bersama, Karakter Twinspar-Perimeter Frame seharusnya bisa lebih maknyus. . . Tapi, untuk kasus Sport Fairing Anyar dari Honda ini, EA’s Blog angkat jempol deehh. . . πŸ˜€

 

Akan tetapi, Masih perlu pembuktian lebih lanjut terkait Handling dari Sang All New CBR150R, Mengingat sesi test ride dilakukan hanya di Trek Sirkuit yang notabene memiliki aspal halus. . . All New CBR ini harus diuji dalam kondisi trek yang bergelombang, berpasir, berbatu & rusak total. . . Namun, Untuk perbandingan saat melewati Trek yang sama (Aspal Halus), Unit Pro-Link milik All New CBR150R ini menunjukkan taji & kemampuannya nih Brosist !! Handlingnya Top Markotop !!

 

 

Handling CBR150R CBU ?

 

 

CBR7

 

Nah, Bagaimana dengan handling CBR CBU yang Kang Eno Test ?? Jujur saja Brosist, Motor ini kurang nyaman untuk diajak bersusah payah di lintasan/trek rusak. . . Jangankan untuk trek demikian, Untuk melewati jalanan aspal halus dengan kontur ketinggian yang berbeda, Handling CBR CBU dengan Ban Standardnya justru patut dipertanyakan (baca : gak enak). . . Awalnya sih sempet ngira kalau ban nya kurang nitrogen, So saat dibawa ke kediaman mang Kobay hari minggu kemarin, EA’s Blog isi aja tuh anginnya. . . Ehh, gak taunya Hasilnya, Sama sajaaa….. -_-

 

Bahkan untuk hal ini, Mang KBY (Kobayogas.com) pun mengiyakan hal tersebut saat beliau mengetes sendiri motornya. . . Velg Sehat, Sasis Sehat, Ban Standard masih tebal, Suspensi joss, Tapi mengapa Handling CBR CBU justru demikian ? Sepertinya IMHO , Motor ini memang tidak didesain untuk kontur jalanan Indonesia yang….. You Know Laah Brosist….

 

 

 

Well. . . Kehadiran All New CBR150R rakitan lokal ini sepertinya memang berpatokan pada satu paket yang full. . . Isi Paket tersebut adalah Handling yang Mantap, Power yang Mumpuni, Ergonomi/Riding Position Nyaman & Pengereman Oke. . . Lagi-lagi ini membuktikan bahwa All-New CBR150R kembali memiliki “Sentuhan” ala Klan CBR-Series yakni Full-Package. . . Kenapa EA’s Blog bilang demikian ? Silahkan baca Artikel yang satu ini ya Brosist untuk tau Jawabannya. . .

 

 

So, All New CBR150R. . . Enjoy The Great Complete Package !!

IMG-20140907-WA0054

Nah, Kalau Mang Ketua D’Gujubar yang satu ini emang

Maknyus banget dah Ngetest Motornya. . .

Wak Haji Taufik tmcblog & Mang Vandra Monkeymotoblog

dah jadi saksi keganasannya tuh. . . wekekekekee πŸ˜› *Piss ya Mang

Baca Juga ya Brosist :

 

Honda All New CBR150R, It’s Fun To Ride BroΒ !!!

Honda New CBR150R, Powernya 17,1 PSΒ !!

Kisah Tadao Baba & SejarahTentang CBR FirebladeΒ !!

Bertemu TVS Max 125, Sport Seharga 12,6 JutaanΒ !!

Spesial : Perjalanan Panjang Honda CBR-SeriesΒ !!

CBR150R CBU Thai Sudah Ditangan EA’s Blog, Apa Yang Mau Brosist Bandingkan dengan CBR LokalΒ ?

67 comments

  1. Uji ketahanan saja.
    Bukan yg diagendakan AHM, tapi bener2 milik konsumen.
    Toh pengalaman Verza di km12.000, noken as sudah oblak.

  2. makasih kang Eno reviewnya, jadi agak yakin buat meminang ni motor,,mudah2an ditambah lagi reviewnya ntar,,biar jadi + yakin lg,,nuhun kang..

  3. Unggul ni ya kyny, karakter tarikan CBSF dengan kemewahan ala CBR..gak lemot lagi di gigi awal hehe. Yang di test itu repsol semua ya? belom liat penampakan yang RWB…

    ayo kang eno beli, kan udah ngidam dari dulu πŸ˜€

    • Iya kang, yang ditest repsol semua euy… Padahal penasaran yang item, hehehehehee πŸ˜€

      Wahhh, aku kapan yaa beli…. Kemarin gak ada diskon khusus bloger sih , wekekekekee πŸ˜€

  4. Wahh..keren yak..sasis trussnya bs lbh enak dari twin spar frame…sepertinya suspensi prolink turut andil..btw kang Eno..engine mountingnya brubah gak dibanding CB150SF..?? Klo brubah bs jadi yg bikin tuh motor jd lbh stabil..
    Angkat 2 jempol bwt AHM deh..hehe..

  5. reviewnya jelas lugas tegas apa adanya, 4 jempol untuk blog ini…. a eno untuk brand lain ditunggu yak, next angkat yang lokal seperti viar misalnya, salam blograyman ckkk

  6. wow ahm sekarang makin canggih power disunat .cbr versi lokal malah makin nyusss dgn sasis baru bikin handling makin ok. spt kasus nmp fi yah power berkurang ganti sasis versa malah performa dan handling makin jos dibanding nmp karbu racikan yg dari india.

  7. itu yang koar2 tenaga turun pasti masih nubitol di otomotif…
    sebagai perbandingan, TVS tormax ane tenaganya cuma 13,2 HP dan torsi cuma 12,5 Nm, tapi diadu sama NVL (tenaga 16,3 HP dan torsi 14,5 Nm), bisa bejaban sampe topspeed.
    Sempat juga drag test sama Old Vixi knalpot racing punya temen (tormax ane full standar), dari 6x attempts, ane 4x menang dengan selisih sekitar 2 meter.
    So, jangan cuma bisa liat brosur. Test real world dong! :mrgreen:

  8. ane pesen yang warna tricolors nya. inden kemarin sabtu, agak was2 jg nih, itu warnanya kira2 bagus gak ya? soalnya blm pnh liat aslinya, tau gt ane pesen yang repsol..

    liat gambarnya kykny kurang meyakinkan ya warnanya 😦

  9. mohon saran donk, saya sehari-hari biasanya pake motor bebek supra 125R dan pengen beralih ke motor sport, karena tiap hari harus menempuh perjalanan total kira2 90 km, dan kata orang-orang lebih nyaman menggunakan tipe sport dibanding tipe bebek untuk pemakaian jarak jauh. terus terang aja honda minded neeh, hehehe. klo liat tampilannya suka banget dengan all new honda CBR150R, tapi dari beberapa ulasan banyak yang mengatakan desain all new honda CB150R streetfire lebih ergonomi. ada juga yang mengaitkan sisi ergonomi dengan tinggi badan, tinggi badan saya 172 cm. Terimakasih atas sarannya

    • Kalau memang sudah terlanjur naksir All-New CBR150R ya mangga kang… Ergonomi nggak jauh-jauh banget koq bedanya.

      Lagipula ergonomi tentunya lebih gampang dimodifikasi ketimbang nyesel karena udah naksir tapi nggak keturutan, kang anto… khihihi πŸ˜€

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s