Honda CBR250R Bermesin V-Twin Memang Menjanjikan, Tetapi….

 

CBR250R V-Twin Main

 

Honda CBR-Series… Waow… Klan sport bike yang melegenda dan sarat “inovasi” dari Pabrikan Sayap mengepak. . . Akhir-akhir ini, Publik sedang ramai membicarakan varian 1/4 liter keluarga CBR-Series, Honda CBR250R. . . Bukan tentang sosoknya yang makin tak terendus “taji“nya… Tapi tentang sebuah evolusi baru CBR 250cc ini yang kabarnya bakal greget nih Brosist. . .

Apa yang bisa EA’s Blog analisa, selaku pengamat otomotif dari masa ke masa tentang Honda CBR250R ini ? Yuk, sama-sama kita bahas Brosist… Cekidots !

 

 

V-Engine itu Original Style Honda, Tapi Bukan Original Style CBR !

 

 

VTR 04

 

 

Seperti yang pernah EA’s Blog singgung di sebuah Artikel lawas… Honda memang terkenal akan mesin V-Engine nya yang smooth & berkarakter, Termasuk di Generasi Mesin Honda V-Twin 250cc nya. . . Hal ini bisa Brosist lihat pada jajaran motor Honda dengan klan VT, VTR, RVT, VF, VFR & RVF – Series. . .

Dan percaya nggak percaya… Konfigurasi mesin V-Engine inilah yang membuat nama Honda membumbung tinggi di kancah persepeda motoran dunia. . . Terutama lewat produk Brillian mereka, seperti VF750F Interceptor, VFR750R RC30, RVF750R, VFR400R, VTR1000, hingga NR750 yang didevelop secara khusus sebagai ultimate bike. . .

 

CBR600 Hurricane 1987

 

Namun, hal tersebut justru berbanding terbalik dengan klan CBR-Series tuh Brosist. . . Sejak awal diluncurkan dalam diri CBR400F3 Endurance & CBR600F Hurricane tahun 80-an silam… Ada sebuah pakem yang seakan melekat, Bahwa CBR-Series adalah Klan Sport Bike Honda yang setia mengusung mesin Inline-Engine, hingga Silinder Tunggal di Produk berkubikasi (baca : cc) kecil. . .

Nah, Dalam sejarah Honda yang EA’s Blog pelajari sejak lama… Tak sekalipun Honda mencoba menerapkan mesin V-Engine ke dalam diri CBR-Series. . . So, Beralasan kan kalau EA’s Blog menyebut demikian. . . ?

 

 

Inline – Engine Lebih “Masuk Akal” !

 

 

CBR250R Inline-Twin

 

 

Lantas, Konfigurasi mesin apa yang cocok disematkan ke Next Honda CBR250R Kang Eno ? Apakah Inline-4 Gear Driven Camshaft yang super duper eksotis layaknya Honda CBR250RR 20 tahun silam ?? Yaa, tentunya harapan tersebut terlalu tinggi yaa Brosist… Karena apa ? Ya, mau dijual harga berapa tuh Motor ? Wekekeeeekeeee 😀

Tapi masih ada konfigurasi mesin lainnya koq yang cocok buat si CBR250R ini… Jawabannya adalah mesin Inline-Twin layaknya para kompetitor, Kawasaki Ninja 250FI & Yamaha YZF R25. . . Selain lebih memungkinkan secara harga… Juga disinilah para Engineer Honda Jepang diuji kebolehannya untuk melakukan inovasi, membuat mesin Inline-Twin 250cc menjadi khas ala CBR yang “Fun to Ride“. . .

 

Basicnya dari mana Kang Eno ? Bisa dari Honda CBR400R yang diturunkan kubikasinya (baca : pangkas bore & stroke)… ataupun pengembangan dari mesin Inline-Twin 250cc Honda di masa silam. . . Loh, Emangnya Honda pernah punya mesin 250cc Twin Kang Eno ? Ada koq… Nanti deh EA’s Blog bakal kupas tuntas. . .

 

 

Kenapa Inline-Twin lebih memungkinkan Dibanding V-Twin ?

 

 

cbr250rr headlamp

 

Pertama, Cost produksi untuk mesin V-Twin (dalam kondisi yang sama) pasti lebih besar dibanding mesin Inline-Twin… yang nantinya pasti berpengaruh pada Banderol Next CBR250R itu sendiri. . . Jika memang ingin membenturkan kompetitor secara harga, Jelas mesin 2 silinder segaris tentu lebih bisa diandalkan. . . Apalagi yang perlu digaris bawahi, Honda CBR-Series sedari dulu adalah produk yang selalu dibenturkan dengan kompetitor sekelas, dan dengan harga yang 11-12 pula. . .

 

Kedua, EA’s Blog menganalisa ada semacam hal unik pada Mesin V-Engine Honda… IMHO Ada semacam “pengkhususan” untuk mesin berkonfigurasi V ini. . . Sejak dahulu kala saat VF750F Interceptor hadir ke pasaran… Honda hampir selalu merakit mesin ini di Pabrik Pusat di Jepang. . .

Bahkan, Saking specialnya… Honda VFR750R (RC30) pun dibuat secara Handbuilt tanpa Bantuan Mesin ! Dan, Andaikata memang akhirnya mesin Next CBR250R menggunakan V-Twin yang dirakit di Jepang… Kebayang kan, bakal berapa banderol harganya. . . Honda Jepang Broo !!!

 

 

Ketiga, Ya pasti karena hal yang sudah dibahas di awal tadi… Honda CBR-Series tak pernah menggunakan mesin berkonfigurasi V-Engine. . . Tapi ada pengecualian yaa Brosist… Kecuali, Apabila nantinya CBR1000RR Fireblade bakal menggunakan mesin V4 seperti rumor yang pernah membahana dulu… Baru deh, EA’s Blog yakin bakal lain cerita. . .

 

 

 

Well. . . Apakah nantinya Next CBR250R akan menggunakan mesin V-Twin seperti yang pernah diberitakan para rekan Blogger Tanah Air ? Ataukah justru menggunakan mesin Multisilinder sejajar layaknya para pendahulunya ? Yaa, Kita tunggu aja tanggal mainnya yaa Brosist. . . Yang penting, semoga nantinya nggak “babak belur” kayak kondisi di tanah air sekarang. . . Hitung-hitung biar persaingan 250cc makin panas lah, dan kita sebagai konsumen makin mumet milihnya…. 😀

 

So, Next Honda CBR250R V-Twin ?? Mungkinkah ??

 

VTR Last

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

 

VTR Ride2

Spesial : Ini Dia Generasi Honda V-Twin 250cc !!

 

VTR 04

Next 250cc Honda Pakai Mesin V-Twin ?? Itu Baru Original Style “Honda” !

 

CBR600F

Spesial : Perjalanan Panjang Honda CBR-Series !!

 

CBR250R Repsol Edition

Saat Visordown Berbicara Tentang Sport 250cc Honda…

 

CBR6

Honda CBR250RR Reborn !! Bodykit Baru Lintas Generasi !

 

Honda MVX 250F 11

Honda MVX250F, Motor 250cc Bermesin Threesome V-3 yang Unik !

 

Hornet10

Honda CB250F Hornet, Generasi Terbaik CB250 – Series !!

Iklan

40 comments

    • Betul, dan semua kembali kepada cost, wekekeee 😀
      Tapi berhubung yang develop honda jepang langsung, which is bakal jadi bakal jadi produk global…. unsur element of surprise masih bisa kejadian koq 🙂

  1. sptny sih lebih pas skenario ke 2, pake cbr 400.

    bisa jadi juga v-twin buat naked aja, tapi dah ada yach si vtr?

    mbuhlah.

    tapi bisa saja sich, kalu honda dah ngamuk

  2. Klan cbr memang agak rancu klo pake v-twin ! 😦
    tapi klo NSR ? Adakah yg V-twin ?

    *V-twin + honda = CBR250RR = 0% 😦
    *inline + honda = CBR250RR =100% 😀

  3. mesin inline-2 gpp tapi akan jadi special kalo Honda mau menggeser posisi crankshaft sejauh 270 derajad, seperti halnya di mesin Yamaha MT-O7 atau Super Tenere, sensasi dan suaranya akan berbeda dari engine paralel 180 derajad:+)))

  4. tau sendiri lhoo kalo juragan ngamuk semua bisa dikeluarin…
    lagian kalo ngeliat muka moge klan cbr kaga ada bosennya gitu, kaga galak tapi ganteng. 😀

  5. Klo menurut anna bang…sejalan arah promo honda di moto gp yg menggunakan mesin v…ada kemungkinan akan menggunakan mesin v untuk cbr250…mungkin klo pemikiran awam bagi saya mesin v akan mahal dalam produksinya…klo seperti itu bukan honda namanya…saya yakin honda berani bikin v mungkin menemukan pormula rakitan mesin v baru, mesin v tapi cos produksinya inline…mungkin

  6. namanya revolusi, apa aja bsa lah…inovasi ga mandek d situ2 aja, klo gue yg punya honda sih bakalan gue kasih itu cbr pake v twin, why? because awesome bike need awesome engine mix by unique idea…kenapa ngga?

  7. satu lagi dah, honda udh di cere mulu ma merek2 sebelah, lah masa juara moto GP, Xtrial tapi bikin motor cemprot kaga laku di tempat yg katanya MSnya u wow? wakakakaka apa kata dunia ntar?

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s