Honda CB250F Hornet, Generasi Terbaik CB250 – Series !!

 

Hornet Main

 

Hollaa Brosist. . . . Bertemu lagi dalam Artikel History Ringan ala EA’s Blog di hari yang Indah ini. . . Pada kesempatan ini, Mari kita membahas tentang sesosok Motor Naked 250 cc dari Honda yang sangat powerfull dan menggelegar, Yakni Honda CB250F. . . Eitss, Tapi bukan CB250F yang baru-baru ini diperkenalkan ya Brosist, Tapi Motor ini adalah salah satu Motor Legendaris 250cc yang dimiliki Honda yakni CB250F Hornet atau yang sering dikenal dengan sebutan Honda Hornet 250. . .

Seperti apa sih Detail, Sejarah beserta Pernak-Pernik nya ??? Yuk kita intip Brosist. . . . Cekdisot !!

Hornet1

 

Honda CB250F adalah mahakarya Honda yang dirilis tahun 1996 hingga pensiun di tahun 2007 silam. . . Motor legendaris ini diciptakan untuk menghadapi para kompetitornya yang saat itu dilengkapi mesin turunan racing-spek yang dituning ulang untuk kebutuhan jalan raya. . . CB250F Hornet adalah Motor Naked yang didesain oleh Honda sebagai yang Revolusioner, Dengan menggunakan Mesin 4 Silinder berbasis mesin Balap plus Desain yang Eyecatching ala CB600F Hornet. . . Atau bisa dibilang CB250F Hornet adalah perpaduan antara Mesin CBR250RR & Desain ala CB600F Hornet (Mini Hornet) yang keduanya sama-sama legendaris. . .

 

Different

Tuh Dia CB250F & CB600F Hornet. . . Kayak Pinang dibelah Kampak #ehh 2 kan Brosist ??

 

Awalnya, CB250F Hornet hanya diedarkan di pasar Domestik Jepang saja (JDM), Namun setelah mengalami permintaan yang cukup banyak akhirnya Model ini ikut diekspor ke berbagai Negara (Meskipun banyak juga ekspor abu-abu alias Black Market nya). . . Entah pernah diekspor ke Pasar Indonesia atau tidak, Namun hingga kini CB250F Hornet ini selalu menjadi pilihan utama bila membicarakan motor naked 250cc selain Suzuki Bandit & Kawasaki Balius . . .

 

Hornet11

 

Sisi desainnya terlihat sangat simple namun diklaim Honda sebagai yang Revolusioner. . . IMHO Detailnya tak pernah ketinggalan jaman meskipun bila kita Compare dengan Motor Sport Jaman sekarang. . . Styling gagah nan macho, Tampilan dengan lekukan yahud, Knalpot undercowl plus Ergonomi super nyaman alias Seat Height bersahabat membuat Hornet 250 tak akan pernah dilupakan oleh para pencintanya. . .

Meskipun bertema Motor jalanan yang sesungguhnya, Namun CB250F Hornet dilengkapi dengan berbagai part maknyus loh Brosist !! Kita sebut saja Swingarm Gambot, Kaki-kaki Gambot nan Kekar plus Mesin yang terlihat sangar. . . Sayangnya, Pada Hornet 250 ini kita tak akan menemui Part yang “Edan” seperti Velg Magnesium Mag-Tek, Frame Alumunium Twinspar ataupun  Double-Disc Brake layaknya yang kita lihat pada CBR250RR. . .

 

Hornet Engine

 

Di sisi mesinnya, CB250F Hornet menggunakan Basic mesin milik saudara nya CBR250RR MC22 (Kode Mesin MC14-E) yang dituning ulang untuk menghasilkan karakter kitiran bawah yang beringas. . . Mesin tersebut berkonfigurasi Inline 4-Silinder, DOHC 16 Valves (4 Valves per Silinder), Plus Penggerak Noken As bertipe Gear-Driven Camshaft yang sangat Fenomenal di Masanya. . .

Berbeda dengan Balius & Bandit yang mengusung mesin berbeda dibanding saudara fairingnya (ZXR-250 & GSX-R 250), Honda Hornet 250 justru menggunakan mesin yang sama persis dengan CBR250RR dengan perbedaan hanya di Karburator, Air Intake (Tanpa RAM Air System), Frame & Beberapa detail part lainnya. . .

 

Hornet9

 

Hasilnya pun Maknyus begete Brosist !! Karakter mesinnya sangat berbeda dengan CBR250RR yang mempunyai Powerband yang Beringas di RPM Tinggi, Justru si CB250F Hornet ini mampu memuntahkan tenaga nya di Kitiran RPM rendah. . . Namun jangan salah, meskipun dituning ulang, Mini Hornet ini tetap mampu memuntahkan tenaga 40 PS @ 14.000 RPM plus  “berteriak” layaknya saudaranya tersebut loh Brosist. . . Yup ! CB250F Hornet ini mampu berteriak hingga 16.000 RPM lebih, Apa nggak gila tuh Brosist !!

 

Hornet13

 

Yang lebih mencengangkan lagi, Ternyata dengan bantuan Mesin Fenomenal plus Gear-Train Camshaft nya, Pada Gear 1 saja motor ini bisa mencapai top speed 70-80 Km/h loh Brosist. .  . Dan pastinya speed tersebut disertai dengan raungan setan ala Mesin 4 silinder Stroke pendek plus dengungan yang membuat kita ketagihan ala Mesin yang menggunakan Gear-Driven Camshaft. . .

Catatan top speed nya pun mampu mendekati 184 Km/h (115 Mph) atau Pastinya jauh lebih maknyus dibanding Motor 250cc yang beredar di jaman sekarang, Termasuk penerusnya yang terbaru, CB250F 2014. . . Nanti akan EA’s Blog sertakan juga Video Onboard nya pada akhir artikel. . .

 

Hornet10

 

Sebagai Pelengkap, EA’s Blog akan berikan spesifikasi lengkap Honda CB250F Hornet untuk Brosist :

 

Manufaktur : Honda

Model : Hornet 250 (CB250F)

Tahun Produksi : 1996 – 2007

 

Engine : 4-Tak, Liquid-Cooled, Inline-4 Silinder, DOHC 16 Valve (4 Valve per Silinder), Gear-Driven Camshaft

Bore x Stroke 48.5 × 33.8 mm

Kapasitas Mesin :  249 cc

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Keihin VP05

Rasio Kompresi :   11.5  :  1

Transmisi : 6 Percepatan

Starter : Elektrik Starter

Max Power : 40 PS @ 14.000 Rpm

Max Torque : 24 N.m @ 11.000 Rpm

Top Speed : 180 – 185 Km/h

 

P x L x T :  2.045 x 740 x 1.055 mm

Jarak Sumbu Roda :  1.415 mm

Tinggi Jok :  745 mm

Jarak Terendah ke Tanah :  155 mm

Kapasitas Tangki BBM :  16 Liter

Berat Kosong :  151 kg

 

Sasis :  Diamond Steel Frame

Suspensi Depan :  40mm Teleskopik Fork

Suspensi Belakang :  Monoshock Preload (Adjustable)

Rem Depan :  296 mm Cakram Hidrolik,  Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : 220 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston

Ban Depan : 130/70 – 16 M/C

Ban Belakang : 180/55 – 17 M/C

 

 

Well. . . Meskipun dihargai sangat mahal plus Sparepart yang juga mahal, Namun CB250F Hornet tetaplah jadi yang paling mencuat di kelasnya. . . Styling yang keren nan gagah dan mirip CB600F Hornet, Ergonomi Nyaman ala Tourer Sport plus Mesin yang powerfull kencangnya, Membuat Hornet 250 dalam sekejap menjadi idola di kelas 250 cc yang di kebanyakan negara adalah kelas learner/pemula. . . Bahkan kini CB250F yang baru dikenalkan oleh Honda Jepang menjadi tak berdaya bila disandingkan dengan Pendahulunya yang satu ini. . .

Oleh karena itu tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberikan tagline :

” Honda CB250F Hornet, The Greatest Result of Superb Combination “

Hornet Last

Nih Dia Video On-Board nya seperti yang EA’s Blog janjikan tadi :

 

 

 

Okee, Demikian dulu yang bisa EA’s Blog share dalam kesempatan kali ini. . . Semoga artikel sederhana ini mampu menambah wawasan & informasi Brosist sekalian terkait Motor-motor Legendaris yang pernah berkeliaran di Muka Bumi. . . Di kesempatan selanjutnya kita akan membahas tentang Generasi pemegang nama besar CB250 – Series ya Brosist. . . Stay tuned terus hanya di EA’s Blog yaaa. . . . 😀

 

So, Honda CB250F Hornet ?? Keren, Gagah & Ber-Power Bengiss Brosist !!

Hornet8

Wanna Try Me ?? 😛

60 comments

  1. masuk ke Indonesia koq… di produksi secara lokal malahan,, tapi yg versi 150cc 1 silinder

    lihat saja tangkinya, body belakang, lampu belakang, model sein, headlamp, grip gas, holder kanan kiri, spido, spakbor, stang.. sama kan? 😛

    #pernah_punya_megapro_lama 😀

  2. walaupun ane sukanya sama yg desain sport fairing.
    tapi liat yg ini kok ganteng banget ya. 😀

    sayang, mahal dan ga ada di indo.
    elegan banget lah. kalem di luar, bengis di dalam :-p

  3. jgn liat miripnya aja roy.
    diliat satu kesatuan paketnya. kalo mirip doang tp kopong dan cungkring kan ga elegan. 😀

    ane demen karna padat berisi, desainnya kalem tapi gagah.

  4. Suaranya, gokil. Kebetulan samping kantor ane ada dealer lamborgini, banyak yg suka tes ride suaranya kemana-mana..jadi bayangin, kalo punya motor yang bisa nyaingin suaranya hehe.

  5. kalo ane punya ni mtor ada yg bilang megapro ane malah seneng ya ini megapro kenceng yg bisa ngamplengi ninja sama R25 😀 bahkan suaranya aja lbh merdu drpd keduanya…

  6. pasti udh seneng bnget klo pnya motor ini dirumah..
    paling bisa trsenyum mulu liat ninja atau r25 ngejar ampe nunduk dibelakang gak karuan smntara kita dgn santainya masi memimpin..
    ngaoahahaha

  7. Gear-Train Camshaft : cocok untuk touring naik gunung.

    jujur saja saya lebih suka kalau honda mengembangkan mesin: 300cc,2silinder,dohc,doble busi,16 klep,oval piston.seperti desain pembakaran NR500( https://en.wikipedia.org/wiki/Honda_NR500 )

    (piston banyak pastinya efisiensi berkurang,putaran atas jago tp torsi putaran bawahnya mlempem untung ketolong pakai Gear-Train Camshaft)

    coba bayangkan berapakah torsi mesin 300cc,2silinder,dohc,doble busi,8 klep,oval piston dengan Gear-Train Camshaft?

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s