Next 250cc Honda Pakai Mesin V-Twin ?? Itu Baru Original Style “Honda” !

VTR 04

 

Walahhh, Pagi-pagi harus disibukkan dengan Provider Internet yang kacau balau bikin galau nih Brosist -_- . . . Tapi tenang, EA’s Blog akan terus berusaha On-Air untuk memberi Info terbaru bagi Brosist sekalian. . . Kali ini beritanya datang dari Sang Senior kita, TMCBlog yang mendapatkan info (atau bisa dibilang sebatas rumor) lumayan sedapp Brosist. . .

 

Nah, Infonya mengabarkan nantinya ada mesin V-Twin untuk sang 250cc milik Honda. . . Ya, , , Kalau ditelusuri lebih jauh sih memang sudah ada Honda VTR250 dengan Mesin V-Twin Ciamiknya, Yang kebetulan semalam juga dibahas oleh para Balad Blogger Jawa Barat (D’Gujubar)Β di Whatsapp. . . Tapi bukan soal kemungkinan-kemungkinan si 250cc V-Twin yang akan kita bahas kali ini Brosist, Soal itu biarlah waktu yang menjawabnya. . . Let’s Wait & See Intinya mah Brosist. . .

 

VTR 05

 

Tapi mari kita sedikit flashback ke masa silam sambil mengingat Artikel History yang pernah EA’s Blog tulis sebelumnya. . . Masih ingatkah Brosist Artikel EA’s Blog tentang VFR400R, RVF400R, VFR750R, RVF750R & NR750 ?? Adakah kesamaan di antara mereka ??

Yupp ! Motor yang disebutkan tadi memiliki konfigurasi mesin V-Engine alias Dua Blok Silinder yang sudutnya kurang dari 180Β° (Kalau Ducati Menyebutnya dengan L-Engine). . . Selain karena kesamaan konfigurasi mesinnya, Kesemua motor yang disebutkan tadi juga memiliki tujuan ataupun purpose yang sama yaitu untuk meng-inferior kan musuhnya yang dulu banyak berbasis parallel-engine (Kecuali NR750 yang dibuild khusus & Spesial). . . Brosist bisa baca cerita superior nya V-4 Engine milik Sang Legendaris VFR750R. . .

 

RC30 Gear Driven Camshaft

Honda VFR750R Engine, 750cc V-4 Gear-Driven Camshaft. . . Fenomenal di Masanya….

 

Selain itu, Tujuan diciptakannya V-Engine Honda adalah melindungi produk yang berada di bawahnya, Seperti yang bisa kita lihat di kasus VFR400R – CBR400RR. . . Meski saat itu CBR400RR yang bermesin parallel harus bersaing dengan jajaran motor 400cc lainnya yang bermesin identik (400cc Inline-4 Silinder), Namun CBR400 dilindungi oleh VFR400R yang memiliki spek diatas motor 400 cc tadi. . . Meskipun harganya lebih mahal, Namun kehadiran VFR400R jelas sedikit banyak mampu mendongkrak image sang Baby Fireblade. . . Udah ahhh, Jadi keterusan bahas History dehh, Dilanjut besok aja yaa , wkwkwk πŸ˜€

 

VFR Engine

VFR400R Naked, Keren Nggak Brosist ??

 

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, Mengingat basic Konfigurasi Mesin V-Engine Honda adalah salah satu yang paling legendaris. . . Dengan tuning yang tepat, Mesin V-Engine mampu meraih Torsi & Power yang berimbang serta mampu dicapai di Rentang RPM yang lebih rendah, Tanpa harus mengorbankan salah satunya, YangΒ nantinya akan berbicara tentang durability mesin. . .

Selain itu, Desain Motornya juga mampu lebih slim dikarenakan mesin V-Engine jelas tak selebar Parallel-Engine. . . Otomatis hal ini juga berpengaruh terhadap aerodinamika & centre gravity motor tersebut yang mampu dibuat lebih advance ! Urusan handling, stabilitas & centre gravity ini, Honda mampu diandalkan. . .

 

VTR02

 

Untuk Harga ?? Nah ini dia yang nantinya akan jadi penilaian selanjutnya. . . Mengingat V-Engine membutuhkan dua buah cetakan Blok silinder, Pastinya harga yang dibutuhkan bakal melebihi motor yang memiliki mesin Parallel-Engine. . .

Namun, Bila nantinya memang memiliki performa yang meyakinkan, Apalah arti perbedaan harga yang sedikit itu, Terutama bagi para user Honda. . . Karena bila ditelaah berdasarkan sejarahnya, V-Engine inilah salah satu Alasan mengapa Honda bisa mendunia seperti sekarang. . . Tak percaya ?? Silahkan buka Wikipedia dengan keyword V-Twin, V-3, V-4 lalu lihatlah pabrikan mana yang memiliki Jagoan terbanyak ??

 

Well. . . Silahkan dikoreksi bila ada kesalahan ya Brosist. . . Sampaikan via Kolom Komentar πŸ˜€

 

Honda V-Twin ?? This is the Original Style of Honda !!

VTR01

Honda VTR250F, Ini Seharusnya Basic Mesin 250cc Honda !!

41 comments

    • Lamun teknologina sarua : V-Twin mampu stabilkan torsi kang, adi teu pati timpang aksel-na kos mesin segaris. . . Tenaga maksimum mesin V-twin bisa dikail di RPM lebih rendah dibanding segaris, Otomatis bakal ngaruh ke durability kang. . . Itu sederhana-nya πŸ˜€

  1. V engine identitas original honda ya…. tapi kalo ane sih rumor yg v engine 250 utk kelas indonesia kayanya masih gelap banget bisa dibilang juga cuma isu…tapi tidak adanya tidak mgkin dalam bisnis..

  2. cuma kalo kata FBH macem 034 dan Bocah Atlantis, mesin 2 silinder itu teknologi jadul dan gak efisien. mending 1 silinder lebih modern dan efisien. jadi mari kita sama2 tolak engine V Twin dari Honda ini

    πŸ™‚

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s