5 Fakta Performa dan Mesin All New Honda CBR150R Facelift (K45G) !

 

All New CBR150R Facelift K45G

 

Hadir dengan mesin bertipe Overstroke K56-Series terbaru, All New Honda CBR150R Facelift (K45G) meninggalkan trah yang dipertahankan 3 generasi CBR 150 cc sebelumnya… Teorinya, Mesin ini adalah jawaban akan inferiornya akselerasi yang dihasilkan para pendahulunya. . . EA’s Blog sudah pernah memberikan review singkat akan Performa CBR150R K45G di kesempatan testride beberapa waktu silam… Kali ini, Saya bakal bahas secara mendalam tentang seluk-beluk mesinnya, Dari kesempatan 5 hari riding bareng sportbike 150cc terbaru ini. . .

Benarkah All New CBR150R Facelift 2016 memang mantap untuk penggunaan sehari-hari, Lantaran mesin overstroke yang diusungnya ? Atau apakah penggantian mesin ini justru merupakan blunder besar dari Honda ?? Yuk, Kita simak bareng-bareng jawabannya Brosist… Cekdisot !

 

 

Make You Feel Sporty

 

 

All New CBR150R Facelift K45G

 

Sebelum bahas performa dan teknis mesin keseluruhan, Alangkah baiknya kita mulai dengan ergonomi… Setuju ? Nah, Saat menaiki All New CBR150R Facelift, Nggak ada lagi kata-kata Ergonomi nyaman, Sport tourer wannabe atau blah-blah-blah lain. . . Duduk diatas jok dengan tangan menggenggam setang, Feelingnya cuma satu : Sporty !

Mata langsung terfokus ke jalanan, Tangan men-translate pesan dari pandangan mata, Paha menjepit tangki mengikuti alur gerak tubuh, dan Kaki bekerja keras melakukan gear-shift dari transmisi yang rapat… Kurang untuk menggambarkan betapa sporty nya All New CBR150R Facelift (K45G) ?

Loading...

 

Dalam unsur ergonomi yang sporty, Versi sebelumnya jelas berbeda dimensi dengan yang satu ini… Tapi jadi berbanding terbalik kalau bicara kenyamanan ! Membonceng orang dengan bobot 60-70 kg sambil dihadapkan dengan kemacetan parah, Adalah skenario terburuk yang pastinya nggak mau dialami bareng All New CBR150R Facelift K45G. . .  Trust me, Its feels terrible ! -_-

 

 

Akselerasi “Mini” 250cc – Single

 

 

All New Honda CBR150R Facelift K45G

 

Secara teknis, All New Honda CBR150R Facelift punya Peak Power RPM & Limiter RPM yang mirip dengan motor 250cc single-cylinder laiknya CBR250R ataupun Z250SL (ZED) milik EA’s Blog… Meskipun tentu saja, Dengan power yang hanya 60% nya. . . Dan seperti salah satu pertanyaan pembaca EA’s Blog : Apakah Karakter powernya mirip 250cc Single, Kang Eno ?

Ya, Mirip ! Tarik throttle dari gear 1-4 terasa cepat, dan sahut-sahutan powernya juga bisa diandalkan untuk “mengece” versi lawasnya. . . Tapi tentu saja, Ekspektasi tak selalu berbanding lurus dengan realita – Power CBR terbaru ini terasa bersahabat dan lebih mudah dikontrol… Berbeda dengan ZED atau CBR250R yang tiba-tiba ban depan terasa berontak saat oper gear 1-2 dan 2-3 – Sambil speedometernya sudah ada di 100 km/h lebih. . .

 

Menggapai 100 km/h di (speedometer) All New Honda CBR150R memang mudah, semudah pakai motor 250cc-Single… Tapi butuh trek yang jauh lebih panjang pastinya. . . Jadi sebutan EA’s Blog untuk karakter mesinnya : Mini 250cc Single ! Meskipun saya tekankan sekali lagi disini : Jangan punya ekspektasi berlebih yaa Bro-Sist…

EA’s Blog nggak berlebihan kan ? Hahahaaa….

 

Limit per Limit Antar Gear-shift !

 

 

Tes Limiter Gear All New Honda CBR150R Facelift K45G

Tes Limiter Gear All New Honda CBR150R Facelift K45G vs 250cc Single (Data Pengetesan Pribadi)

 

Oke, Karena ada beberapa pembaca yang bertanya soal limit antar limit gearshift All New Honda CBR150R Facelift K45G, So EA’s Blog sempat eksplorasi setiap limit perpindahan giginya. . . Hasilnya, Ternyata limiter yang bekerja pada ECU Sportbike terbaru ini hanya berbeda sekitar 5-15 km/h saja ketimbang Kawasaki Ninja RR Mono ataupun Z250SL milik EA’s Blog… Silahkan lihat dan cermati datanya via tabel diatas yaa Bro & Sist. . .

Sekedar catatan, Info limiter perpindahan gear hanya saya test sampai gear 4… Karena nggak mungkin juga saya test sampai gear 5 apalagi 6 alias mentok – Hello, Wanna kill me ? Hahahaa. . . Lagipula indikator gear 1-4 tersebut adalah yang paling sering Brosist gunakan di jalanan. . .

 

Meskipun demikian, Fans All New Honda CBR150R sebaiknya jangan berbangga hati dulu ! Karena point pentingnya bukanlah seberapa besar angka limiternya, Tapi seberapa cepat sang motor menyentuh limiter tersebut. . .

 

Ngedenisasi

 

All New Honda CBR150R Facelift K45G

 

Sudah bukan rahasia umum, Kalau mesin All New Honda CBR150R K45G ini bertipe Overstroke… Berbanding terbalik dengan ketiga versi lawasnya yang terkenal dengan karakter Overbore tulen. . . Secara teori, Mesin terbaru berkode K56 ini punya keunggulan di Akselerasi, Torsi, dan Sahut-sahutan power yang lebih yahud dibanding pendahulunya… Benarkah demikian kenyataannya dilapangan ?

Kalau ditanya soal Akselerasi, Jelas ini adalah jawaban dari para pendahulunya… Nggak ada lagi feeling aneh (kaya yang nggak dapet power, user CBR150R lawas pasti ngerti deh) di gear 1-2, Dan saya jamin nggak bakal ada lagi kisah di “bully” skutik saat berakselerasi di kecepatan rendah. . . Setelah mencapai 100 km/h, Indikasi drop power juga tak terasa signifikan… Masih terus ngisi sampai capaian pribadi saya di angka 117-120 km/h, Yang artinya : Bagus ! Untuk sebuah mesin 150cc overstroke. . .

 

 

Tapi ada hal unik (kalau nggak mau dibilang problem) yang saya temui. . . Saat diajak berakselerasi dari gear yang agak tinggi, Contoh kasusnya : Saat melewati polisi tidur dan posisi gear ada di 2… Begitu gas dipuntir, Terasa ada jeda yang begitu panjang sampai powernya kembali ngisi. . . Jika posisi gear ada di 2 & RPM dimulai dari 3.000, Maka butuh 3.000 RPM lagi sampai powernya kembali menghentak – Sebutan khasnya : Ngeden . .

Sebuah keanehan buat EA’s Blog yang sering review berbagai tipe mesin beserta karakter masing-masingnya… Karena mesin Overbore Satria Injeksi pun bisa mengeliminir problem tersebut, Yang biasanya memang hanya ditemui di mesin Overbore. . . Halo Honda ???

 

 

Sektor Teknis Lainnya

 

 

All New Honda CBR150R Facelift K45G

 

Seperti biasanya, Bukan EA’s Blog kalau nggak sedikit-sedikit menyentuh ke arah teknis dan yang sejenisnya… Ini dia beberapa detail teknis All New Honda CBR150R Facelift K45G yang bisa EA’s Blog rangkum untuk Brosist sekalian :

 

Suara Mesin : Dalam kondisi RPM idle (stasioner), Suara mesin All New Honda CBR150R Facelift lebih smooth ketimbang versi lawasnya, CBR150R K45A… Tapi begitu gas mulai dipuntir, Kondisinya berbalik. . . Mesin Overstroke K56-Series lebih menggerung hebat ketimbang versi Overbore-nya. . .

Suara Knalpot : Masih 11-12 dengan versi pendahulunya K45A… Garing-garing renyah ! Terdapat gejala “batuk-batuk” saat RPM ditahan di 6.000 – 7.000. . .

Pergantian Gear : Tuas cungkilan gearnya empuk (pake banget malah), Upshift jadi tanpa effort sama sekali… Minusnya, User harus hati-hati karena rawan salah upshift dari gear 1 ke 2. . . Whoops, Newbie detected…

Area Kemudi : Meskipun sporty, menggunakan rake yang lebih pendek dan membuat usernya lebih merunduk, Tapi setang All New Honda CBR150R Facelift K45G tetap terasa ringan sekalipun saat diajak melewati kemacetan. . .

Panas Mesin : Rasanya kayak pakai skutik, Nggak ada gejala panas mesin berlebih saat diajak melewati kemacetan panjang… Bahkan waktu saya pakai celana pendek, plus dipegang plastik bodinya pun adem. . .

Kipas Radiator : Nah ini dia rahasianya kenapa mesin All New Honda CBR150R jadi terasa adem terus… Karena meskipun dijejali ukuran radiator mungil, Tapi kipas radiatornya sering banget menyala – Bahkan meskipun cuma dipakai 10 menitan. . . Untungnya, Suara kipas radiator yang berputar tergolong senyap dan bersahabat ! Dan langsung off saat mesin dimatikan. . . Andai Kipas Radiator ZED begini… Hiks…

Konsumsi BBM : Karena di speedometer All New CBR150R sudah ada fitur indikator konsumsi BBM-nya, Maka EA’s Blog tak perlu repot tes konsumsi bahan bakar lagi deh… Thanks Honda ! Dari catatan indikator, Konsumsi BBM All New CBR150R berkisar antara 32 – 35 Km/Liter. . . Irit atau nggaknya, Silahkan Bro-Sist nilai sendiri…

 

 

Well. . . Secara keseluruhan nggak ada yang salah dari mesin Overstroke All New Honda CBR150R Facelift K45G tersebut, Kecuali soal feeling “ngeden” nya yang (jauh) diluar ekspektasi EA’s Blog… Versi ini merupakan ubahan yang sangat besar, Sebuah “turning point” baik dari sisi ergonomi hingga performa yang dihasilkan. . . Kesalahan terbesarnya, Mungkin adalah persepsi kita sebagai konsumen… Ya, Karena kini CBR150-series bukan lagi sang screamer yang asik diajak meraung di RPM Tinggi, Melainkan sportbike yang “playable” di berbagai kondisi jalanan. . .

Jika Brosist masih suka karakter Overbore tulen dengan Power besar di RPM tinggi, Maka Versi lawasnya (K45A) jelas masih layak dan asik untuk diajak riding… Tapi jika merasa power di RPM tinggi tersebut cenderung “useless” dan sulit diraih di kondisi jalanan kota-kota besar, Maka tak ada salahnya mengikuti arah angin berhembus. . . Dengan bonus tampilan & fitur keren, Namun dengan konsekuensi banderol yang (IMHO) terlampau tinggi. . .

 

Masih ada pertanyaan seputar performa & area permesinan All New Honda CBR150R Facelift ? Monggo dituliskan di kolom komentar. . .

 

All New Honda CBR150R Facelift K45G

Taraaa, Waktunya Narsis…

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

CBR150R Masuk Rumah Sempit

Rumah – Pintu Mungil, All New CBR150R Bisa Masuk Nggak Ya ?

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

Apa Aja Sih Kelebihan dan Kekurangan Fisik All New CBR150R Facelift ?

 

All New CBR150R K45G Facelift vs Yamaha Xabre

Pilih Motor Keren : Antara Honda New CBR150 K45G vs Yamaha Xabre !

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016 vs CBR Lokal K45A

User CBR K45A : Worthed kah Upgrade ke All New CBR150R Facelift ?

 

New Honda CBR500R 2016 Indonesia

Revolusi Desain Sport Honda ? Ikuti Trend Konsumen !

 

Z250SL vs RR Mono

Ini Dia 5 Pilihan Alternatif Yamaha Xabre !

 

All New CBR150R Facelift 2016 16

Honda CBR900RR Fireblade & Filosofi Revolusioner All New Honda CBR150R…

 

All New CBR150R Facelift 2016

Ini Dia All New Honda CBR150R Facelift 2016, Ada Harga Ada Rupa !

 

CB150R Facelift vs CBR150R K45

CBR150R Lokal (K45) atau New CB150R Facelift ?

79 comments

Tinggalkan Balasan