Apa Aja Sih Kelebihan dan Kekurangan Fisik All New CBR150R Facelift ?

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

 

2016, Jadi tahun yang menggembirakan (sekaligus mengecewakan, pastinya) bagi para pecinta Sportbike Honda… Pasalnya, Kali ini mereka merilis All New Honda CBR150R Facelift yang berubah drastis secara desain alias tampilan ! Nggak ada lagi CBR 150 cc yang dibungkus “casing” elegan, simple, kalem, Karena kini dirombak total secara agresif, keren nan sporty. . . Lantas, Bagaimana dengan detail fisiknya ? Adakah perubahan yang berarti dibanding versi lawasnya Kang Eno ?

Nah, Daripada penasaran… Yuk, Langsung aja kita cek Kelebihan & Kekurangan Fisik All New Honda CBR150R Facelift 2016. . . Cekidots !

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016 – Overall Desain

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

 

Saya nggak mau munafik atau seolah-olah “membela” user CBR K45A, Tapi pada kenyataannya Desain All New CBR150R Facelift 2016 ini benar-benar maknyus (pake) banget ! Headlamp, Shape Body, Fairing, Buritan, Kaki-kaki… Wuih gokil banget deh pokoknya ! Buat calon konsumen yang “awam otomotif” pasti banyak yang mengira yang satu ini bukan CBR Terbaru – Melainkan dikira produk Kawasaki atau Yamaha, Misalnya. . . Bukannya tanpa alasan, Soalnya dari CBR600RR sampai CBR1000RR (Produk Flagship klan CBR-Series) yang pernah diproduksi, Saya berani bilang inilah desain yang paling “berani” memainkan lekukan body yang tajam dan juga agak intimidating… Layak disebut sebagai produk Honda dengan desain “Revolusioner“. . .

Kalau ditanya seberapa berubah sih dibanding versi lawas ?? Nah, Ubahan di All New Honda CBR150R Facelift 2016 ini persis banget ubahan di CB150R Streetfire Facelift vs Versi Lawasnya… Desainnya bak melompat 1 dekade, Padahal timing rilisnya cuma berbeda 1,5 tahun saja. . . Akan tetapi, CBR150 Terbaru ini memang fotogenic abis. . . Mau dipelototin secara langsung, ataupun via Gambar PC & Handphone, Tetap kelihatan maknyus !

 

All New CBR150R Facelift 2016

 

Rasanya EA’s Blog nggak perlu puji-puji lagi desainnya deh, Daripada nantinya dicap “bayaran“, hahahaa… Yang saya ingin tekankan, Silahkan lihat & nilai sendiri tampilannya deh. . . Meskipun masih ada beberapa poin minusnya (yang bakal kita bahas dibawah), Tapi kalo masih ada yang bilang desainnya “jelek“, Mungkin itu cuma golongan Fansboy Pabrikan Tetangga, ataupun User CBR Edisi sebelumnya yang “dikecewakan“. . . Wkwkwk, Bercanda koq ! Soal desain sih silahkan dinilai sesuai selera lah ya, Saya nggak bisa memaksa Brosist untuk setuju dengan saya – Begitupun sebaliknya. . .

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016 – Detail

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

 

Nah, Kalau desainnya sudah jelas jauh lebih unggul dibanding edisi lawas, Apakah berbanding lurus juga dengan Finishing, Detail & Kualitasnya ?? Sebenarnya ada improvement koq ! Tapi cuma dalam beberapa poin saja, Jelas nggak seheboh ubahan di mesinnya, wkwkwk. . . Improve di bagian mana saja Kang Eno ?? Nah, Biar nggak dikira cuma omong-kosong, Yuk, Kita cari tahu jawabannya :

 

Headlamp

 

 

Honda CBR150R Facelift 2016

 

Bak perpaduan antara Ninja 250 – YZF R25, plus Teknologi Lampu LED yang lebih modern… Yup, Itulah yang bisa EA’s Blog simpulkan dari headlamp All New CBR150R Facelift 2016. . . Shape nya tajam nan agresif, Modelnya sipit nan “intimidating“, serta Pancaran lampu yang digawangi 4 titik LED (alis & lampu utama) membuatnya EA’s Blog berani bilang, Inilah desain Headlamp terbaik untuk motor 150 cc Indonesia, setidaknya hingga saat artikel ini dipublish… Nggak kegedean, Nggak terlalu mungil, Ngepas dan asik banget dilihat ! Berbeda jauh dengan edisi lawasnya. . . Yang saking “belo” nya tuh lampu utama, Banyak yang sampai mengandalkan tukang scotlite untuk membuat tampilannya agak menyipit, Bak CBR1000RR Fireblade Wannabe. . . Dan jangan lupa juga, Stoplamp & Lampu Sein nya juga sudah LED lho !

Satu hal yang menurut EA’s Blog minus, Adalah windshield depannya yang benar-benar terlalu pendek dan seakan “setengah-setengah” banget deh… Padahal kalau lebih tinggi dan cembung sedikit saja, Tampilan depan All New CBR150R Facelift 2016 ini bakal luar biasa ! Mungkin ini bisa dimanfaatkan para modifikator untuk membuat windshield variasinya. . . Itu berarti usernya harus keluar duit lagi, Dan oleh karena itu boleh kita anggap sebagai kekurangannya !

 

 

Speedometer

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

 

Kalau CBR Lokal K45A menggunakan speedometer “limbahan” dari CBR150 CBU Thailand, Maka di All New CBR150R Facelift 2016 ini unit speedometernya benar-benar dirombak total ! Nggak bakal ada lagi yang “ceklak-ceklek” kebingungan mendeteksi posisi gear, Karena sudah ada indikator gear… Nggak perlu lagi menggunakan metode full-to-full-tank hanya untuk mengetes konsumsi BBM nya, Karena di generasi terbaru ini sudah ada indikator Konsumsi BBM secara Average maupun Real-Time… Ditambah dengan sederet fitur instrumen yang sudah ada di edisi sebelumnya seperti RPM-Meter, Odometer, Trip A-B, Jam digital, dan Indikator BBM. . . Sayangnya, Indikator suhu mesin nya kini cuma berupa lampu saja, Berbeda dengan versi lawas yang menggunakan Bar digital, dan menurut EA’s Blog, Lebih bisa diandalkan dalam menentukan temperatur mesin. . .

 

Pengereman

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

 

Bagian pengereman, Sekilas masih mirip-mirip dibanding versi lawas… Baik secara visual maupun spesifikasi teknis, Hanya bagian velg dan swingarm (kaki-kaki) saja yang seakan membedakan kedua CBR150 berbeda generasi ini. . . Untuk performa pengereman All New CBR150R Facelift 2016 ini gimana Kang Eno ? Nggak jauh berbeda dibanding edisi lawas (CBR K45A) koq Brosist… Which is : Very Good !!

 

Plastik & Finishing Body

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016
Detail Body & Finishing All New Honda CBR150R Facelift 2016 (Klik untuk Memperbesar)

 

 

Secara build quality dibagian plastik, Bagian ini masih khas Honda (AHM) banget deh euy… Plastiknya nggak jauh beda dibanding CBR K45A lawas, yang berarti cuma sedikit lebih bagus dibanding skutik yang dibanderol 15 jutaan. . . Meskipun demikian, Improvement terlihat di area finishing ! Dimana kini bahan kulit jeruk (plastik hitam kasar, tanpa cat) sudah sangat-sangat minim, plus Warna cat glossy nya betebaran di seluruh bagian body All New CBR150R Facelift 2016 ini. . .

Finishing bahan kulit jeruk hanya terlihat di bagian dashboard, bodi tengah, dan fender belakang ! Itupun cuma sedikit banget. . . Sementara cat glossy nya kini sudah merembet ke sambungan fairing, bahkan hingga ke kolong buritan yang sering kena cipratan air pun kini sudah dikelir cat warna gunmetal / abu-abu (di motor lain biasanya pakai bahan kulit jeruk). . . Cat glossy nya (spesial untuk warna Honda Racing Red yang EA’s Blog test) pun sudah ada improvement yang berarti ! Nggak ada lagi warna yang agak menguning nan cheapy bila diterpa sinar matahari. . . Intinya : Plastiknya masih “khas”, Tapi finishing bodinya Improve signifikan !

 

 

Frame & Sambungan Las-Lasan

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016 ini dibekali frame model baru, Yang sekilas mirip CB150R Facelift tapi berbeda jauh di bagian sub-frame belakang (Itu alasannya CBR150R Terbaru ini bisa “nungging”). . . Terus, Gimana sambungan las-lasannya Kang Eno ? Nah kalau boleh jujur, Sebenarnya welding atau sambungan las-lasannya masih mirip banget dengan CB150R Streetfire yang EA’s Blog test sekitar tahun 2015 silam… Sudah minim titik las yang meleber koq ! Tapi jelas nggak sempurna banget lah. . . Kesimpulannya, Jauh lebih baik dibanding finishing frame Sonic 150R, Tapi juga masih jauh jika dibandingkan dengan CBR CBU Thailand yang dibekali welding frame bak “ombak laut“. . . Untungnya, AHM secara “pintar” menyembunyikan hal ini, Dengan menutup hampir 80% area las-lasan frame dengan body fairing… Bahkan termasuk di bagian footstep boncengernya, Dengan menjejali tipe alumunium bolt-on yang dibaut dari belakang. . . Smart !

 

 

Buritan & Jok Boncenger

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016
Detail Finishing Buritan All New Honda CBR150R Facelift 2016 (Klik untuk Memperbesar)

 

 

Bagian buritan All New Honda CBR150R Facelift 2016 termasuk “seksi” untuk ukuran motor 150 cc, Meskipun tak seseksi milik ZED Kawasaki Z250SL yang lekukan bodi belakangnya ciamik abis (pembelaan nih yee, wkwkwk)… Sudah lengkap dengan ukuran jok boncenger yang bersahabat, Lampu-lampu LED komplit, plus fender (spatbor) belakang yang bisa dilepas sesuka hati – yang sekaligus bisa difungsikan juga sebagai rear-grip untuk geser motor di parkiran. . . Yang jadi pertanyaan pastinya : Gimana feeling boncengernya Kang Eno, Apakah lebih “nyusahin” dibanding versi sebelumnya yang bersahabat ??

Begitu saya naik ke Jok Boncengernya, “Ebusyed, Beda banget euy… Naiknya juga susah !” gumam saya dalam hati. . . Meskipun tak se-nyusahin jok boncenger produk 150 cc tetangga sebelah (Saya nggak mau sebutkan namanya, Cukup sebut saja YZF R15) yang tinggi banget, ataupun Kawasaki Z250SL yang ukuran jok boncengan nya super-mini… Tapi sensasinya jelas jauh berbeda dibanding CBR K45A yang bikin saya betah berlama-lama dibonceng. . . Saat All New Honda CBR150R Facelift 2016 ditest boncengan oleh EA’s Blog (Boncenger, 175 cm) bareng Mang Kobayogas (Rider, 160-an cm), Saya yang lebih sedikit lebih jangkung pun langsung diterpa angin dari depan ! Jok boncengernya juga nggak terlalu empuk, dan Helm terasa banget “dihantam” angin… Solusinya, Ya harus nempel dan pegangan sama rider di depan deh supaya lebih mesra #eh nyaman maksudnya – Yang tentunya nggak saya lakukan karena takut disangka maho, wkwkwk. . .

 

 

Kaki – Kaki

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

 

Seperti yang sudah sedikit dibahas di artikel sebelumnya, Kaki-kaki milik All New Honda CBR150R Facelift 2016 ini masih identik dengan CB150R Streetfire Facelift – Mulai dari suspensi depan, Velg, Disc Cakram, Kaliper, hingga Ban IRC Road Winner yang digunakan… Hanya terdapat beberapa ubahan di bagian konstruksi swing-arm belakang yang kini makin ciamik. . . Sayangnya, Sektor gearset CBR150R berkode K45G ini sepertinya masih belum sesuai harapan tuh Bro-Sist… Karena masih mengusung tipe yang identik dengan versi lawas – Masih rawan berisik yang annoying banget ! Kan nggak lucu kalau tampilan sudah keren maksimal, Tapi rantainya bunyi “suwir-krecek-krecek“… Muosok kalah sama Motor bebek Satria FU Injeksi yang sudah dibekali Rantai dengan Seal O-Ring. . .

 

 

 

Well. . . Itu tadi semua yang bisa EA’s Blog rangkum dari Kelebihan & Kekurangan di sektor fisik & tampilan All New Honda CBR150R Facelift 2016… Gimana, Sudah sesuai ekspektasi belum nih tampilan & build quality nya ? Oiya, Untuk impressi riding & sektor mesinnya, Kita bahas komplit di artikel selanjutnya yaa Brosist. . . Sedikit informasi, Banyak banget kejutan di bagian riding quality & sektor mesin yang mengusung spek teknis berubah total ini ! Penasaran ? Nah, Pantengin terus EA’s Blog yaa, I’ll be back soon !

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016
Nyanyi yuk : I believe I can fly, I believe I can touch the sky…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Honda CBR150R Facelift 2016

Ini Dia All New Honda CBR150R Facelift 2016, Ada Harga Ada Rupa !

 

All New CBR150R Facelift 2016 16

Honda CBR900RR Fireblade & Filosofi Revolusioner All New Honda CBR150R…

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

Ini Dia Tampang Honda CBR150R Facelift 2016, Masih Tertarik ?

 

Honda Music

Simfoni Dari Negeri Sakura, “The Honda Music” !

 

CBR Test by Eno

All New Honda CBR150R Facelift (K45G), Ekspektasi dan Realita !

 

Honda Supra X 150R

Honda Supra X 150R, Ekspektasi & Realita ! (Feat. Yamaha MX King 150)

 

CB150R Facelift vs CBR150R K45

CBR150R Lokal (K45) atau New CB150R Facelift ?

 

Honda CBR250RR 2 Silinder

New Honda CBR250RR 2 Silinder, Ekspektasi & Realita !

 

2016 New Honda CBR500R

Ini Dia New Honda CBR500R 2016, Desain Berubah Total !

 

Sport Honda vs Yamaha

Berkat Kehadiran Sonic, Segmen Sport Honda Saingi Yamaha !

 

VTR 2014

Ini Dia Generasi Honda V-Twin 250cc !!

Iklan

82 comments

  1. Abis liat foto spyshoot nya mah kayanya jelek gitu, tapi abis nongol foto yang beresnya lumayan cakep, tapi visornya kayanya kepedekan
    Powernya gmn kang?
    Seasik versi lawasnya ga?

  2. Untuk sektor rantai itu harus jadi fokus perbaikan dari ahm selanjutnya Mang…. masalahnya yang dominan dari suara motor sport produk ahm bukan suara mesin atau muffler, tapi krecek-krecek rantainya ! apalagi klo habis hujan2, weleehh….. dari jauh wow…pas dah deket jadi what the f….. 😀

  3. untuk desaint emg kerenn sihh jempollah buat ahm, tapi tetp ya kang finishing baik cat dan ktebalan casing masih di bawah Y, yg jd penasarn mesinnya nh kyk gmn, secara DOHC nya ama yg lawas..

  4. Waduh jadi iri sama nih motor, z250sl aja bagian kolongnya pake bahan kulit jeruk sama headlightnya yg kl digaruk membekas susah hilangnya juga sama casing bagian dalam di bodi depan. Yaa salutlah sama AHM

  5. Waktu pas blogger2 bilang 80% mirip sama cbr 500r, ane udah ngebayangin minimal buritannya juga mirip. Sumpah dah, model buritannya cbr 500r itu paling cocok (harusnya), tetep terlihat racy pake 2 lobang air ram, gede, tapi masih “sopan” khas honda. Tapi ternyata pas launching…. PHP 😀

    Tambah banyak aja nih pr nya kalo beli ini cbr baru; ke tukang decal sticker buat request honda tricolor rwb, sama ke tukang bodywork buat request buntut mirip cbr 500r 😀

  6. nih blog favorit saya, objektif bgt sih hehe , sekian lama silent rider sya mau komen kang
    d beberapa bagian menurut sya ada lekukan2 yg gajelas atau bhasa seblay nya geje hehe
    paling kurang sreg sama lekukan layer kedua dri fairingnya, yg dibawah tangki dan diatas crank case, itu apaan sih kok kya gt? kaya org lagi desain motor masih corat coret kasar dan langsung plek diaplikasiin ke motornya
    imho
    coba menurut kang eno gmn tuh ?
    Salken kang !

  7. Benar kang.. desain nya memang mengintimidasi.baru kali ini honda sampai berani mengorbankan kenyamanan boncenger . Tp sayang kang, potensi mesin nya tidak menakutkan,,
    Kang kalo bleh minta pembahasan thunder 250 donk..perasaan blum di kupas tuntas nih sama kang eno. Hehe.

  8. Benar kang.. desain nya memang mengintimidasi.baru kali ini honda sampai berani mengorbankan kenyamanan boncenger . Tp sayang kang, potensi mesin nya tidak menakutkan,,
    Kang kalo bleh minta pembahasan thunder 250 donk..perasaan blum pernah di kupas tuntas nih sama kang eno. Hehe.

  9. Indikator suhu ilang? Rata2 yg pake indikator suhu sekarang yg murni semprot2 aja, macam Cibi 600, zx6r, r6, gsxr600, dll yg full semprot. Kalo yg semprot harian udah pada diilangin, dianggep pendinginannya udah perfect, nggak takut overheat, krn kompresi juga dibawah 12:1. er6n juga sama Kang Eno, kaga ada indikator suhu, lampu doang. Masih untunglah daripada meteran bensin yg dikasi lampu doang… wakakakak 😀

  10. wah asli.. ini baru bilang kelas 150cc yang paling mirip “moge-nya” ketimbang merk sebelah… akhirnya saya telah menetapkan langkah untuk beli motor ini Kang Eno… 😉

    • Menetapkan aja

      Belinya mah kagak
      Hahaha

      Di mata saya apapun mereknya

      <10 jt = 110 cc 100cc
      10jt – 16jt 125cc
      Motor 150cc di mulai di rentangan harga 15jt – 28jt
      28jt – 50jt itu uda kelas 260cc
      50jt ke atas uda kelas hobi, alias kelas yg ga usah bahas apa2 lg.. Kita suka…. Beli…. Beres…. Bosen…. Jual… Beres…

      Nb: itu motor lokal… Kalau cbu jelas beda

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s