Apaan Sih : Ergonomi & Kenyamanan di Sepeda Motor ?

 

Test Ride TVS Max

 

Kata-kata Ergonomi sering sekali kita dengar saat membaca sebuah artikel mengenai pembahasan suatu motor… Dan EA’s Blog pun sering menggunakan kata tersebut sebagai bahan artikel. . . Namun, Apa sih pengertian sebenarnya tentang Ergonomi di Sepeda Motor…? Apa hubungannya dengan faktor kenyamanan ? Apa saja resiko saat mengabaikan hal yang satu ini ? Biar lebih lengkap, Yuk kita bahas bareng-bareng Brosist… Cekidots !

 

 

Sport Ergonomi YZF R6

 

Ergonomi, adalah Ilmu merancang sepeda motor yang sesuai dengan tubuh manusia. . .  Pada era modern seperti sekarang ini, Ergonomi adalah salah satu faktor terpenting dalam development motor yang ditujukan untuk “daily purpose” alias untuk sehari-hari… Terkecuali untuk Motor yang khusus untuk Track-Bike (baca : khusus balapan), Itu baru lain cerita. . .

 

Pertimbangan Ergonomis itu sendiri, dimulai saat kita mulai menaiki motor, hingga ke 3 titik yang dikenal sebagai segitiga ergonomi… yakni handlebar (setang), seat (jok), dan tumpuan kaki (footstep)… Yang pada gilirannya memberikan kontribusi untuk fleksibilitas dalam mengendarai sepeda motor . . . Semakin cocok suatu motor untuk gaya riding Brosist, Maka Brosist akan semakin nyaman berada diatasnya … Dan semakin Brosist nyaman berada diatasnya, Maka semakin berguna lah motor tersebut untuk Brosist. . .

 

KLX 150 Eno 2

 

Sedangkan Kenyamanan, adalah Faktor yang berbanding lurus dengan Ergonomi. . . Jika sudah merasa nyaman bersama tunggangan yang kita kendarai, Maka Brosist bisa eksplor lebih jauh tentang motor tersebut… Baik itu ability handling di tikungan, Menjajal reaksi saat melahap tikungan S cepat, atau Mengetes kestabilan saat menggeber sampai limit RPM tertinggi. . . Dan apabila faktor kenyamanan ini diabaikan, Resikonya jelas ada… Yakni keram/kesemutan di area tangan, hingga rasa sakit di bagian leher & pinggang, yang nantinya bakal membahayakan dikala riding tuh Brosist. . .

 

Postur tubuh serta kondisi bikers yang berbeda, berdampak pada konsep kenyamanan yang berbeda-beda pula. . . Sebagai contoh, EA’s Blog yang bertinggi 175cm, Usia 22 & Berat Badan 75Kg… Tentunya masih sangat mumpuni untuk membawa motor naked/sport yang punya seat height cukup tinggi, layaknya Kawasaki Ninja 250 RR Mono atau KLX150 yang bergenre Dual-Sport sekalipun… Hingga yang memiliki ergonomi “nungging” layaknya Yamaha YZF R15. . . Karena memang postur tubuh & usia yang masih menunjang (baca : nggak jinjit alias dingklik & masih kuat tahan sakit pinggang). . . Dan Bikers dengan postur dibawah 165cm, atau yang memiliki kondisi berbeda… pasti bakal punya konsep kenyamanan yang berbeda-beda pula. . . Jadi nyaman menurut kita, Pasti bakal berbeda di mata orang lain. . .

 

CBR Test by Eno

 

Ergonomi biasanya memiliki timbal-balik yang berseberangan dengan desain motor itu sendiriMaksudnya Kang Eno ?? Yup, Semakin baik ergonominya, Biasanya tampang atau styling motor tersebut pun jadi tampak tak menarik. . . Hal ini bisa langsung Brosist saksikan sendiri di Motor yang bertampang Racing-Bike, alias memiliki Ergonomi yang sangat tidak nyaman untuk penggunaan sehari-hari dan hanya cocok digunakan untuk track-day… Lalu bandingkan dengan motor yang didesain mengutamakan kenyamanan ? Pasti yang mengutamakan ergonomic bakal lebih “tak sedap” dipandang  kan ?

 

 

 

Well. . . Apakah kita harus mengutamakan Ergonomi dalam memilih suatu sepeda motor Kang Eno ?? Ya jelas nggak juga lah. . . Satu hal yang bisa Brosist garis bawahi, Ergonomi yang Nyaman juga bisa didapat dengan “terbiasa” bersama motor kesayangan. . . Contohnya begini nih Brosist, ” Okelah, motor saya memang tidak senyaman motor anda… Tapi saya sudah terbiasa bersama motor saya ini koq ! Jadi ergonomi yang seperti ini sih biasa aja tuh ! “. . .

Nah, Bakal berbeda cerita kalau Ergonominya memang tak nyaman, hingga menyusahkan usernya sendiri seperti keram/kesemutan di tangan, hingga sakit pinggang… Kalau demikian sih pilihannya tinggal 2 tuh Brosist… Buat jadi Nyaman, atau Ganti dengan yang lebih Nyaman !

 

So, Ergonomi ? Sepenting Apa sih Bagi Brosist ??

 

Ergonomi

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

 

Final Drive

Apaan Sih, Plus Minus Final Drive (Penggerak Akhir) Sepeda Motor ?

 

Setang Piston Fracture-Split

Apaan Sih : Titanium Fracture-Split Connecting Rods ?

 

Ceramic Disc Brake 2

Apaan Sih : Ceramic Disc Brake ( Rem Cakram Keramik ) ?

 

Mesin 2

Wow, Ternyata Seperti ini Keadaan Jeroan Mesin Motor Saat Bekerja !

 

Daytona Anima 150 5

Mesin 150cc Ala Bebek ini Mampu Menyemburkan Tenaga 20,7 HP !! Edaaann !!

 

Timing Camshaft

Yuk Kenali Ragam Penggerak Noken As (Camshaft) di Sepeda Motor !

 

EXUP 2

Teknologi Yamaha EXUP System, Saat Powervalve Bukan Hanya Milik 2-Tak….

Iklan

23 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s