CBR150R Lokal (K45) atau New CB150R Facelift ?

 

CB150R Facelift vs CBR150R K45

 

Tolelot… HP lokal saya kembali berdering, menandakan ada sebuah notifikasi email terbaru. Sebelumnya banyak pembaca yang minta request pembahasan Artikel Historical Bike (sayangnya belum sempat saya kabulkan karena nggak ada waktu), Tapi kali ini isinya emailnya lumayan greget. Yaitu pertanyaan tentang New CB150R Facelift vs CBR150R Lokal (K45)…

Tadinya sih mau saya tulis jawabannya di status facebook pribadi saya, Tapi berhubung kayaknya kepanjangan, yowess sekalian saja dibuat artikelnya. Nah, Apakah nilai value yang dimiliki New CB150R Facelift mampu mengalahkan saudara beda versinya tersebut ? Dan apakah CBR Lokal yang terkenal punya karakter mesin yahuddd harus bertekuk lutut kepada saudara mudanya ? Yuk, Simak jawaban ala EA’s Blog berikut ini…

 

Sebagai produk Sport 150cc Honda, Keduanya hadir sebagai jagoan di kelasnya masing-masing… CBR150R Lokal (K45) sukses menjadi tiket ke luar negeri bagi kompetitornya, Yamaha YZF R15 di kelas Sportbike 150cc… Sementara New CB150R Facelift betugas mengganti jagoan terdahulu yang sudah pontang-panting babak belur dihajar habis-habisan oleh kompetitornya, Yamaha New Vixion – Series. Perbedaan harga antar keduanya juga tergolong jauh, sekitar 5 jutaan dengan mengacu pada harga OTR Jakarta.

 

 

New Honda CB150R Facelift

 

Oke, Masuk ke pembahasan… Secara desain & fitur, New CB150R Streetfire yang hadir belakangan sukses membuat sang DOHC Oversquare tersebut terasa harus segera mendapatkan facelift – meskipun usianya belum genap 1 tahun. Kombinasi model kaki-kaki mantap, Lampu LED, Tutup tangki rata dengan engsel, plus kualitas las-lasan yang sudah membaik di CB150R Facelift menjadi alasan utamanya.

Jika saja nantinya CBR150R K45 diberikan fitur-fitur tersebut, wuih, pasti ajib deh… Membuat YZF R15 yang notabene berasal dari luar negeri kemudian masuk ke Indonesia – menjadi ingin segera keluar negeri kembali. So, dalam hal ini pandangan saya tentang kata “Newer is Better” terbukti tepat – CB150R Facelift lebih baik dibanding CBR150R K45…

 

 

CB150R Facelift vs CBR150R K45

 

Namun saat berbicara segi mesin & karakteristik power, Nah ini dia yang menjadi bahan pembahasan utamanya… Secara basic, keduanya dibekali mesin yang berbeda – CB150R Facelift mengusung mesin yang diklaim benar-benar baru, sementara CBR150R K45 mengusung basis mesin “CBR Tulen” yang mengalami penyempurnaan di berbagai sisi… Apakah “Newer is Better” kembali terbukti ?

Ya, Karakter mesin All New CB150R Facelift memang asik, dan solid saat diajak cruising di jalanan Indonesia… Tapi jika dibandingkan dengan CBR150R K45 yang sering EA’s Blog test, Kesenangan saat riding sportbike tersebut tidak saya temui di CB150R Facelift. Sulit untuk menjelaskannya, Tapi Sensasi power yang linear di setiap kurva RPM, Mesin yang rileks diajak “mengerung” di RPM Tinggi, serta Top Speed yang mumpuni membuat karakter mesin CBR150R K45 begitu melekat di otak saya. Mungkin jika berbicara soal keiritan BBM atau Akselerasi, Nantinya bakal berbanding terbalik… Tapi ya itu yang saya rasakan soal kedua mesin beda generasi ini. . .

 

 

So, Buat Brosist yang sudah bertanya ” Apakah New CB150R Lebih Baik dibanding CBR150R K45 ?”. Jawabannya IYA, Jika berbicara soal fitur, harga & desain (selera). Namun menjadi “Tidak” saat berbicara soal sektor permesinan… CB150R Facelift is Fun bike, But not so exciting when you ride CBR150R K45… Kecuali jika anda menginginkan pilihan yang lebih terjangkau, atau Anda memang tak suka motor Sportbike (baca : berfairing).

 

 

Baca Juga yang Lainnya yaa Brosist. . .

 

 

CBR150R Korban CB150R Facelift

Bagaimana Nasib New CBR150R (K45), Pasca Hadirnya CB150R Facelift ?

 

New Honda CB150R Facelift

Test Ride All New Honda CB150R Streetfire, So Fun – So Good !

 

New Honda Sonic 150R Test

Test Ride New Honda Sonic 150R, Fun-Tas-Tic Bike !

 

New Honda Sonic 150R

Apa Aja Sih Kelebihan & Kekurangan Fisik New Honda Sonic 150R ?

 

CB150R Facelift & SOnic 150

Kita Memasuki Era “Overstroke”, Honda CB150R Facelift & Sonic 150R

Iklan

39 comments

  1. sebagai inwer old CB jujur saya suka karakter mesin cepet naik khas overbore. yang cuma saya iri dari yg baru cuma lampu depan saja titik…

  2. Mudah2an k45 g dirubah mesinnya ngikutin new cb,biar karakter mesinnya tetep sesuai sama peruntukannya sbg motor sport balap,emang testi orang2 karakter mesin k45 emank istimewa,biarin aja APA adanya,skalian buat jaminan common part k15a nantinya pasca discontinue..

  3. Pengen beli k45, tapi ada yg ngajak tuker tambah vario saya sama yg cbu nambah 12 jt,, bingung kang,, mending yg mana menurut akang?

  4. Ya memang dua motor ini bermain di kelas yang berbeda sih. Selisih harga yang 5 jutaan cukup jelas membuktikan hal ini. Secara fungsional, apalagi utk yg di jabodetabek, mungkin new CB adalah pilihan bijaksana. Karakter mesin dan terutama fitur baru yang berlimpah jadi bahan pertimbangan. Tapi kalo secara “kesenangan” dan kebanggaan, new CB gak akan bisa menyaingi ataupun menggantikan K45 alias CBR lokal.

    Beda banget feel-nya, meskipun saya sendiri belum sempat jajal new CB. Tapi dari foto saja, melihat Kang Eno diatas CBR K45 terlihat dan terkesan jauh lebih keren dibandingkan melihat Kang Eno diatas new CB. IMHO ya..hehehe..

    • Dimana mana motor fairing genre superbike memang lebih high end dan mewah dibanding sodaranya yang naked/street fighter. Contoh Kawasaki ZX10R vs Z1000 atau Suzuki GSX1000R vs GS1000 atau Yamaha R1 vs FZ1000. Cuma yah ini Indo, motornya kecil2, model naked lebih populer dr fairing, aneh. Jadi ya lucu jg teknologi CBR K45 sdikit tertinggal dari new CB

      • ZX10 lebih mahal dri z1000 karena beda spek nya pak. Mesin, elektronik suspensi dll. Tpi bnyk jga yg dri hypersport 1000cc tuker ke naked bike atau sport tourer. Krena motor bongkok (stang jepit dibawah tripple clamp) gak nyaman utk yg hobby touring. Riding positionnya gak ergonomik 😊

  5. tergantung kebutuhan

    irit ? 22nya ga irit
    topspeed ? 22nya mentok 140kpj doang paling

    mending pake dulu yg ada terus nabung beli R25 / MT 25 biarpun sama2 bukan deltabox n sama2 boros

    tp tenaga r25 / MT 25 jauhhhh dibanding 150cc 😛

    kompresi juga mesti sama2 minum pertamax 😛

    tapi jika anda emang DIE HARD HONDA

    beli aje SECOND CBR 250

    😛

  6. Om saya kan ada dana 33jt mending mana: cbr 250 bekas/cbr 150 fi thailand/cbr lokal? Sama nanya fairing K45 kalo dipasang di duo cbr fi thailand muat gak?

    • Kalo saya lebih prefer CBR250 seken aja kang…Lebih bagus, lebih kenceng, lebih joss (y)
      Fairing K45 dipasang ke CBR Thai nggak bisa langsung pnp kang, kudu ngerubah dudukan baut lagi

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s