5 Fakta Performa dan Mesin All New Honda CBR150R Facelift (K45G) !

 

All New CBR150R Facelift K45G

 

Hadir dengan mesin bertipe Overstroke K56-Series terbaru, All New Honda CBR150R Facelift (K45G) meninggalkan trah yang dipertahankan 3 generasi CBR 150 cc sebelumnya… Teorinya, Mesin ini adalah jawaban akan inferiornya akselerasi yang dihasilkan para pendahulunya. . . EA’s Blog sudah pernah memberikan review singkat akan Performa CBR150R K45G di kesempatan testride beberapa waktu silam… Kali ini, Saya bakal bahas secara mendalam tentang seluk-beluk mesinnya, Dari kesempatan 5 hari riding bareng sportbike 150cc terbaru ini. . .

Benarkah All New CBR150R Facelift 2016 memang mantap untuk penggunaan sehari-hari, Lantaran mesin overstroke yang diusungnya ? Atau apakah penggantian mesin ini justru merupakan blunder besar dari Honda ?? Yuk, Kita simak bareng-bareng jawabannya Brosist… Cekdisot !

 

 

Make You Feel Sporty

 

 

All New CBR150R Facelift K45G

 

Sebelum bahas performa dan teknis mesin keseluruhan, Alangkah baiknya kita mulai dengan ergonomi… Setuju ? Nah, Saat menaiki All New CBR150R Facelift, Nggak ada lagi kata-kata Ergonomi nyaman, Sport tourer wannabe atau blah-blah-blah lain. . . Duduk diatas jok dengan tangan menggenggam setang, Feelingnya cuma satu : Sporty !

Mata langsung terfokus ke jalanan, Tangan men-translate pesan dari pandangan mata, Paha menjepit tangki mengikuti alur gerak tubuh, dan Kaki bekerja keras melakukan gear-shift dari transmisi yang rapat… Kurang untuk menggambarkan betapa sporty nya All New CBR150R Facelift (K45G) ?

 

Dalam unsur ergonomi yang sporty, Versi sebelumnya jelas berbeda dimensi dengan yang satu ini… Tapi jadi berbanding terbalik kalau bicara kenyamanan ! Membonceng orang dengan bobot 60-70 kg sambil dihadapkan dengan kemacetan parah, Adalah skenario terburuk yang pastinya nggak mau dialami bareng All New CBR150R Facelift K45G. . .  Trust me, Its feels terrible ! -_-

 

 

Akselerasi “Mini” 250cc – Single

 

 

All New Honda CBR150R Facelift K45G

 

Secara teknis, All New Honda CBR150R Facelift punya Peak Power RPM & Limiter RPM yang mirip dengan motor 250cc single-cylinder laiknya CBR250R ataupun Z250SL (ZED) milik EA’s Blog… Meskipun tentu saja, Dengan power yang hanya 60% nya. . . Dan seperti salah satu pertanyaan pembaca EA’s Blog : Apakah Karakter powernya mirip 250cc Single, Kang Eno ?

Ya, Mirip ! Tarik throttle dari gear 1-4 terasa cepat, dan sahut-sahutan powernya juga bisa diandalkan untuk “mengece” versi lawasnya. . . Tapi tentu saja, Ekspektasi tak selalu berbanding lurus dengan realita – Power CBR terbaru ini terasa bersahabat dan lebih mudah dikontrol… Berbeda dengan ZED atau CBR250R yang tiba-tiba ban depan terasa berontak saat oper gear 1-2 dan 2-3 – Sambil speedometernya sudah ada di 100 km/h lebih. . .

 

Menggapai 100 km/h di (speedometer) All New Honda CBR150R memang mudah, semudah pakai motor 250cc-Single… Tapi butuh trek yang jauh lebih panjang pastinya. . . Jadi sebutan EA’s Blog untuk karakter mesinnya : Mini 250cc Single ! Meskipun saya tekankan sekali lagi disini : Jangan punya ekspektasi berlebih yaa Bro-Sist…

EA’s Blog nggak berlebihan kan ? Hahahaaa….

 

Limit per Limit Antar Gear-shift !

 

 

Tes Limiter Gear All New Honda CBR150R Facelift K45G
Tes Limiter Gear All New Honda CBR150R Facelift K45G vs 250cc Single (Data Pengetesan Pribadi)

 

Oke, Karena ada beberapa pembaca yang bertanya soal limit antar limit gearshift All New Honda CBR150R Facelift K45G, So EA’s Blog sempat eksplorasi setiap limit perpindahan giginya. . . Hasilnya, Ternyata limiter yang bekerja pada ECU Sportbike terbaru ini hanya berbeda sekitar 5-15 km/h saja ketimbang Kawasaki Ninja RR Mono ataupun Z250SL milik EA’s Blog… Silahkan lihat dan cermati datanya via tabel diatas yaa Bro & Sist. . .

Sekedar catatan, Info limiter perpindahan gear hanya saya test sampai gear 4… Karena nggak mungkin juga saya test sampai gear 5 apalagi 6 alias mentok – Hello, Wanna kill me ? Hahahaa. . . Lagipula indikator gear 1-4 tersebut adalah yang paling sering Brosist gunakan di jalanan. . .

 

Meskipun demikian, Fans All New Honda CBR150R sebaiknya jangan berbangga hati dulu ! Karena point pentingnya bukanlah seberapa besar angka limiternya, Tapi seberapa cepat sang motor menyentuh limiter tersebut. . .

 

Ngedenisasi

 

All New Honda CBR150R Facelift K45G

 

Sudah bukan rahasia umum, Kalau mesin All New Honda CBR150R K45G ini bertipe Overstroke… Berbanding terbalik dengan ketiga versi lawasnya yang terkenal dengan karakter Overbore tulen. . . Secara teori, Mesin terbaru berkode K56 ini punya keunggulan di Akselerasi, Torsi, dan Sahut-sahutan power yang lebih yahud dibanding pendahulunya… Benarkah demikian kenyataannya dilapangan ?

Kalau ditanya soal Akselerasi, Jelas ini adalah jawaban dari para pendahulunya… Nggak ada lagi feeling aneh (kaya yang nggak dapet power, user CBR150R lawas pasti ngerti deh) di gear 1-2, Dan saya jamin nggak bakal ada lagi kisah di “bully” skutik saat berakselerasi di kecepatan rendah. . . Setelah mencapai 100 km/h, Indikasi drop power juga tak terasa signifikan… Masih terus ngisi sampai capaian pribadi saya di angka 117-120 km/h, Yang artinya : Bagus ! Untuk sebuah mesin 150cc overstroke. . .

 

 

Tapi ada hal unik (kalau nggak mau dibilang problem) yang saya temui. . . Saat diajak berakselerasi dari gear yang agak tinggi, Contoh kasusnya : Saat melewati polisi tidur dan posisi gear ada di 2… Begitu gas dipuntir, Terasa ada jeda yang begitu panjang sampai powernya kembali ngisi. . . Jika posisi gear ada di 2 & RPM dimulai dari 3.000, Maka butuh 3.000 RPM lagi sampai powernya kembali menghentak – Sebutan khasnya : Ngeden . .

Sebuah keanehan buat EA’s Blog yang sering review berbagai tipe mesin beserta karakter masing-masingnya… Karena mesin Overbore Satria Injeksi pun bisa mengeliminir problem tersebut, Yang biasanya memang hanya ditemui di mesin Overbore. . . Halo Honda ???

 

 

Sektor Teknis Lainnya

 

 

All New Honda CBR150R Facelift K45G

 

Seperti biasanya, Bukan EA’s Blog kalau nggak sedikit-sedikit menyentuh ke arah teknis dan yang sejenisnya… Ini dia beberapa detail teknis All New Honda CBR150R Facelift K45G yang bisa EA’s Blog rangkum untuk Brosist sekalian :

 

Suara Mesin : Dalam kondisi RPM idle (stasioner), Suara mesin All New Honda CBR150R Facelift lebih smooth ketimbang versi lawasnya, CBR150R K45A… Tapi begitu gas mulai dipuntir, Kondisinya berbalik. . . Mesin Overstroke K56-Series lebih menggerung hebat ketimbang versi Overbore-nya. . .

Suara Knalpot : Masih 11-12 dengan versi pendahulunya K45A… Garing-garing renyah ! Terdapat gejala “batuk-batuk” saat RPM ditahan di 6.000 – 7.000. . .

Pergantian Gear : Tuas cungkilan gearnya empuk (pake banget malah), Upshift jadi tanpa effort sama sekali… Minusnya, User harus hati-hati karena rawan salah upshift dari gear 1 ke 2. . . Whoops, Newbie detected…

Area Kemudi : Meskipun sporty, menggunakan rake yang lebih pendek dan membuat usernya lebih merunduk, Tapi setang All New Honda CBR150R Facelift K45G tetap terasa ringan sekalipun saat diajak melewati kemacetan. . .

Panas Mesin : Rasanya kayak pakai skutik, Nggak ada gejala panas mesin berlebih saat diajak melewati kemacetan panjang… Bahkan waktu saya pakai celana pendek, plus dipegang plastik bodinya pun adem. . .

Kipas Radiator : Nah ini dia rahasianya kenapa mesin All New Honda CBR150R jadi terasa adem terus… Karena meskipun dijejali ukuran radiator mungil, Tapi kipas radiatornya sering banget menyala – Bahkan meskipun cuma dipakai 10 menitan. . . Untungnya, Suara kipas radiator yang berputar tergolong senyap dan bersahabat ! Dan langsung off saat mesin dimatikan. . . Andai Kipas Radiator ZED begini… Hiks…

Konsumsi BBM : Karena di speedometer All New CBR150R sudah ada fitur indikator konsumsi BBM-nya, Maka EA’s Blog tak perlu repot tes konsumsi bahan bakar lagi deh… Thanks Honda ! Dari catatan indikator, Konsumsi BBM All New CBR150R berkisar antara 32 – 35 Km/Liter. . . Irit atau nggaknya, Silahkan Bro-Sist nilai sendiri…

 

 

Well. . . Secara keseluruhan nggak ada yang salah dari mesin Overstroke All New Honda CBR150R Facelift K45G tersebut, Kecuali soal feeling “ngeden” nya yang (jauh) diluar ekspektasi EA’s Blog… Versi ini merupakan ubahan yang sangat besar, Sebuah “turning point” baik dari sisi ergonomi hingga performa yang dihasilkan. . . Kesalahan terbesarnya, Mungkin adalah persepsi kita sebagai konsumen… Ya, Karena kini CBR150-series bukan lagi sang screamer yang asik diajak meraung di RPM Tinggi, Melainkan sportbike yang “playable” di berbagai kondisi jalanan. . .

Jika Brosist masih suka karakter Overbore tulen dengan Power besar di RPM tinggi, Maka Versi lawasnya (K45A) jelas masih layak dan asik untuk diajak riding… Tapi jika merasa power di RPM tinggi tersebut cenderung “useless” dan sulit diraih di kondisi jalanan kota-kota besar, Maka tak ada salahnya mengikuti arah angin berhembus. . . Dengan bonus tampilan & fitur keren, Namun dengan konsekuensi banderol yang (IMHO) terlampau tinggi. . .

 

Masih ada pertanyaan seputar performa & area permesinan All New Honda CBR150R Facelift ? Monggo dituliskan di kolom komentar. . .

 

All New Honda CBR150R Facelift K45G
Taraaa, Waktunya Narsis…

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

CBR150R Masuk Rumah Sempit

Rumah – Pintu Mungil, All New CBR150R Bisa Masuk Nggak Ya ?

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

Apa Aja Sih Kelebihan dan Kekurangan Fisik All New CBR150R Facelift ?

 

All New CBR150R K45G Facelift vs Yamaha Xabre

Pilih Motor Keren : Antara Honda New CBR150 K45G vs Yamaha Xabre !

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016 vs CBR Lokal K45A

User CBR K45A : Worthed kah Upgrade ke All New CBR150R Facelift ?

 

New Honda CBR500R 2016 Indonesia

Revolusi Desain Sport Honda ? Ikuti Trend Konsumen !

 

Z250SL vs RR Mono

Ini Dia 5 Pilihan Alternatif Yamaha Xabre !

 

All New CBR150R Facelift 2016 16

Honda CBR900RR Fireblade & Filosofi Revolusioner All New Honda CBR150R…

 

All New CBR150R Facelift 2016

Ini Dia All New Honda CBR150R Facelift 2016, Ada Harga Ada Rupa !

 

CB150R Facelift vs CBR150R K45

CBR150R Lokal (K45) atau New CB150R Facelift ?

Iklan

76 comments

  1. Di tempat ane “bengkulu” …. mungkin banyak yg belum tau wkwkwk provinsi gak terkenal

    Jalan nya lumayan lengang apalagi pas sekitar jam 9 sampai jam 11 ….. jadi ane enakan make yg versi lawas , ane tipikal orang yg ga bisa liat jalan kosong wkwkwkw

  2. Tempat ane (Balikpapan) jalanan nye banyak tanjakan sama turunan curam. Hanya sedikit area yang jalanan nya straight. Mungkin ini motor cukup kuat libas tanjakan kah kang Eno?

  3. intinya kang ini motor udah sip bgt buat kelas 150cc tampang keren performa atas bawah sip (tentu kalau high rpm ga bakal sebengis real overbore) nah bakal lebih sip lagi kalo seandainya launching kemaren harga otr jkt masih 30 jt buat versi paling murah juga gpp deh

  4. Ko mirip keluhan OVI yg loyo saat dipaksa maju dri gigi 2 atau 3.
    Terutama ya saat polisi tdr or panic braking kdang suka ga sempet down shift.
    Baru klo menginjak rpm 3000 beringas lg 😁

    Saya coba NVA milik kk ga gitu.

      • Walah tinggi dong, sama ajj kaya overbore 😰 mungkin lbih parah dri overbore 😂
        Kirain di rentang 3000rpm beringas lg sperti ovi saya 😁

        Klo bgini ga jelas dong mengarah kmna power motor ini 😁
        Apakah smua bloger yg pernah coba merasakan hal aneh tersebut mang ?

      • Nah itu paham maknanya, Hahaa…

        Saya sih nggak paham deh, Soalnya jarang buka blog temen2 blogger (takut spoiler)… Tapi yg saya rasain emang beneran kerasa bgt… Aneh aja, Masa udah operstroke tapi kudu rajin nurunin gear

      • kemungkinan karna dipaksa fokus untuk irit juga.. jadi di rpm rendah, bbmnya dibikin kering banget, gak bisa langsung berontak lagi..

  5. old cb overbore rasa overstoke.. ini overstrok bonus ngeden dari overbore :v
    btw ulasan motor baru klo belum baca dari sini kurang lengkap bagi ane .. keep writing yo kang

  6. spakbor depannya terlalu “sporty” jadi radiator sama mesin kecipratan tanah tuh
    btw, berhubung visornya kecil, apakah kencang dengan motor ini kerasa ditabrak angin?

  7. baca di blog lain fairing depannya itu bunyi dan getar saat dibawa akselerasi tinggi karena saking tipisnya, ngalamin juga ga om?

  8. kayaknya rasio gigi 2 di buat berat jadi ngeden kang.. bensinnya juga trnyta boros juga ya.. ane kira bisa dapet 1:45 kayak yang di gembar gemborkan walau riding stylnya beda…

  9. Akhirnya artikel yang sekian lama ditunggu nongol juga, pake old cbr gejala ngeden di gear 2 emang ga ada tapi powernya juga ga ada sih -_-

    Thanks artikelnya kang, akhirnya aku bersyukur gak nunggu beli all new dan lebih memilih old br. Hahaha

  10. Kenapa new cbr jadi overstruk?
    Jawabannya karna kelas 150 cc..
    Kalo gak percaya …berani gak honda bikin cbr 250 cc overstoke..!

  11. Kang eno..rambut jaman ali topan anak jalanan kayanya ud ga musim, napa ngga potong kaya boy si alay eh anjal,lebih gaol lho..

  12. Terbalik tuh..
    Mesin Overstroke malah ngeden di putaran rendah tapi bagus untuk putaran tinggi..
    Overbore bagus untuk putaran rendah tapi ngos2an pada putaran tinggj..

    Sumber : buku perbedaan mesin 4 langkah overbore vs overstroke karya : Ricky Stuart Geel

  13. Dari segi dapur pacu All New CBR 150R di komparasi sama New Sonic 150R dan All New CB 150R gmn kang?
    Apa ada info item perbedaan yang signifikan? Melihat ketiganya basis dapur pacunya sama tu…
    Kalau dari ergonomi pasti beda rasa soalnya….
    Tq…

  14. Ini lah gen CBR 150 yg karakter mesinnya paling “ngga CBR”. Owner CBR 150 edisi sebelum2nya sangat mencintai dan mengagungkan power yg panjang dan menyenangkan hati. Krn disitulah “rasa” CBRnya yg ngebedain dia sama commuter sport bike. Dulu, owner CBR150 bisa berbangga hati, krn walau kubikasinya cuma 150, tapi mesin bs lbh teriak dan lari lbh kenceng dr sport touring 200cc macam tiger atau Scorpio. Tapi gen CBR skrng malah harus ngasih extra effort cm buat lawan bebek bebek pekgo macam Satria, Sonic, atau MX King. Kesimpulannya, CBR 150 saat ini adalah generasi CBR yg jadi tumbal atas hadirnya mesin near square yg dipakai buat 4 motor sekaligus (CBR, cb, Sonic, dan supra) atas nama efieiensi biaya produksi. Kebalikan CBR kami!!!

  15. “Meskipun demikian, Fans All New Honda CBR150R sebaiknya jangan berbangga hati dulu ! Karena point pentingnya bukanlah seberapa besar angka limiternya, Tapi seberapa cepat sang motor menyentuh limiter tersebut. . .”

    stuju banget ama uwa eno hahaha
    kadang alay yg sering saya liat di berbagai forum cuma liat topspeed aja, pokoknya kencang=topspeed hahaha

    btw seneng deh bang elu update lagi ehehe

  16. Kang shampo nya pake apa ya?
    Cowok sunsilk ya?
    Hehehe yg bagus cuma warna merah. Warna lainya jelek ya…gak cocok di bandrol 34

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s