Siapa Bilang Motor Dual-Sport Nggak Laku ? Nih Buktinya !

 

Dual-Sport

 

Brosist sekalian… Pasar motor Dual-Sport dengan kategori harga relatif terjangkau memang masih sepi pemain. . . Tercatat di notes EA’s Blog, hanya Kawasaki dengan KLX150-Series nya yang selama ini memuaskan dahaga para riders pecinta “motor dua alam” ini, plus ditemani beberapa pabrikan lokal yang akhir-akhir ini juga turut meramaikan… Sebut saja Viar & APP KTM. . . Banyak yang berdalih, Pasar Motor Enduro tersebut peminatnya sangat sedikit… sehingga Pabrikan Jepang lainnya yang notabene punya jaringan 3S mumpuni, terkesan “tidak berani” bermain di kelas ini. . . Apakah Faktanya demikian ? Ternyata Tidak Brosist !! Nih dia jawabannya, Cekidots !

 

KLX

 

Berdasarkan berita yang dilansir viva otomotif, Ada sebuah fakta yang mengejutkan terkait pasar motor Dual-Sport ini… Jika sebelumnya EA’s Blog mengiyakan perkataan beberapa pihak yang menyatakan kelas ini sepi peminat… Akhirnya kini muncul lah Jawabannya. . . Yup, Info yang berasal dari Kawasaki tersebut cukup mengejutkan, Karena ternyata KLX150 yang punya genre Dual-Sport, hingga kini peminatnya cukup tinggi loh Brosist !

 

Yup, Kawasaki KLX150-Series menjadi motor terlaris kedua di Pabrikan Geng-Ijo, tentunya dibawah Kawasaki Ninja 2-Tak yang saat ini menjadi tulang punggung Kawasaki. . . Menurut Deputy Departemen Head and Sales Promotion Kawasaki Motor Indonesia, Michael Chandra, hingga bulan ke 3 tahun 2015 ini, Catatan penjualan KLX-Series tercatat mampu mencapai 4.000 unit perbulannya tuh Brosist !!

Jika Brosist jeli dan mengamati dinamika pasar roda 2 Indonesia, Maka jumlah ini tentu masih lebih banyak ketimbang penjualan Naked-Sport Entry Level 150cc, atau Sportbike 250cc yang sedang booming sekalipun… Bahkan, jumlah tersebut hampir menyamai catatan penjualan Sportbike 150cc yang kini dihuni oleh rival maut CBR150R – YZF R15. . . So, Kenapa motor Naked Entry Level 150cc diganti Dual-Sport aja sih !?

 

 

Viar Cross X200

 

Padahal sudah bukan rahasia umum lagi lah, Kalau KLX150-Series milik Kawasaki ini memang tak lepas dari berbagai pemberitaan miring… Sebut saja Upping Price di beberapa Daerah hingga 4 Jutaan, Inden yang mencapai 1 bulan bahkan lebih (Sumber : Kompas Oto), dan yang lain-lainnya. . . Namun apapun itu, Motor bergenre Dual-Sport ini tetap dilirik oleh para pecintanya… Lantaran hanya motor inilah, Brand Jepang satu-satunya yang bermain di kelas Dual-Sport 150cc. . . Dan pada akhirnya mengerucut ke fakta yang pahit, Bahwa konsumen tanah air diberikan pilihan yang sangat minim ! Selain tentunya pilihan mencoba Brand Lokal yang “katanya sih” jauh lebih mumpuni dari KLX150. . .

 

 

 

Well. . . Semoga ini menjadi perhatian bersama, Baik bagi para pecinta motor Dual-Sport, maupun Pabrikan Jepang yang ada di Indonesia… Bahwa selama ini, Bukan minimnya peminat/konsumen Dual-Sport lah penyebab genre motor ini sulit berkembang di Tanah Air… Melainkan karena belum adanya keberanian dari Para Produsen Jepang lain untuk bermain di kelas ini (Atau mungkin mereka selama ini sudah puas dengan penjualan Sport & Naked/Streetfighter ?) ! Padahal seperti yang sudah pernah dianalisa oleh EA’s Blog sebelumnya… Dengan kondisi jalanan & kontur wilayah tanah air tercinta ini, Kehadiran Sport Dual-Purpose yang mampu melibas aspal & Menerjang Jalanan rusak ini seharusnya lebih dibutuhkan oleh Konsumen kita. . . Iya nggak Brosist ?

 

So, Motor Dual-Sport tak Berkembang karena Nggak Laku ?

Ah, Pabrikannya aja yang “Penakut” !

 

KLX 150 Eno 2

 

Baca Artikel tentang Dual-Sport lainnya ya Brosist. . .

 

 

WR Main

Jenis Sepeda Motor  Dual Sport, Sang Pemilik Kepribadian Ganda !

 

CRF

Setelah Sport Tulen Semakin Banyak, Kapan Sport Dual-Purpose ?

 

Brosur KLX150

Harga Kawasaki KLX 150 di Daerah Justru Melambung Tinggi ! Padahal…

 

Kawasaki-KLX150L

Kawasaki Ninja 250 RR Mono & KLX150L Naik Harga !

 

Zongshen RX3

Mengapa Motor Adventure Dual-Sport Sulit Direalisasikan ?

 

Yamaha XTZ150 Crosser

Daripada Yamaha Rilis Byson FI, Lebih Baik Hadirkan yang Satu Ini…

Iklan

43 comments

  1. Plg laku 150 krn plg bersahabat harganya, tp adanya viar lebih bersahabat, sayangnya masih Off The Road, coba legal jalanan brani pabrikan viar, bisa melampaui penjualan kawasaki tuh. Just Opinion. CMIIW

  2. bner bgt kang !!! ditempat ane anak SMP ampe yg dah kerja pada pake ni motor dan rata2 di modif pake Ring 17 dpn blkng,body di airbrush ,, keren lah pokok nya !! Ninja di tempat ane udh gak jaman kang …

  3. Menurut ane, salah satu faktor tingginya minat terhadap dual sport adalah karena kesenangan masyarakat terhadap traveling, backpacking, dan sejenisnya meningkat kang..
    Sebagai contoh ya ane sendiri kang. Ane sebenernya lbh suka sport fairing dibanding dual sport. Tapi karena ane juga demen traveling dan explore sampai ke tempat2 terpencil, apalagi akhir tahun kembali dilempar ke daerah yg notabene banyak hidden paradise, maka ane putuskan akhir tahun ini motor yang ane pinang adalah dual sport (aamiin)..
    Senada dengan ane, temen2 ane yg hobi menjelajah sampai ke pedalaman jg bilang bahwa mereka pgn klx buat memudahkan mobilitas di track offroad..

  4. Kan udah berkali2 saya koment bahwa kita di sini kudu say tengkyu ama KMI, coba kalo gak ada KMI yg jual produk genre gituan, mosok naik matic masuk utan sih??? wkwkwkwkwkkkkk……
    Ngarepin pabrikan kyk H dan Y utk jualan motor ginian? Ngimpi bro Eno…ngimpi… Gak menguntungkan! Itu jawaban pastinya. Apalagi perusahaan macam grup Astra, mana mau jualan produk yg gak sejuta umat??? Kecuali ada si Y yg ngompor2in, macam kasus Lexam vs Revo AT.
    Coba lihat aja deh, siapa pabrikan yg udah bikin market sport fairing 250cc begitu populer? Siapa pabrikan yg udah bikin market moge begitu bergairah kyk skrg2 ini? Siapa pabrikan yg msh nyediain motor2 2 tak utk puasin hasrat pelepas adrenalin biker sini? Siapa pabrikan yg sudi adu peruntungan dgn menghadirkan motor genre supermoto dan trail?
    Terlepas dari komentar miring soal “pabrikan pengecut, nyari market blue ocean”, tp coba kita lihat manfaat atau efek positifnya thd perkembangan trend market motor di sini. Saya jg ingin berbalik nanya ama yg komentar soal blue ocean, kl semua pabrikan berpikiran yg sama, jualan produk yg ada di zone red ocean, produk aktual, produk yg lg laris2nya di market, lantas siapa yg mau mengokomodir hasrat/keinginan konsumen segelintir yg menginginkan motor2 sport 2 silinder 250, moge2 murah kyk ER6n/f, supermoto dan trail serta motor2 jadul 2 tak??? Silahkan dijawab…

  5. Ane make supermoto juga, gak tau buatan mana haha… (soalnya ada yg bilang Korea, ada yg ngomong Thailand, ada juga yg bilang China). Yang jelas dengan kaki2 yg lebih jenjang, di saat motor lain harus mlipir kala menemui kubangan di jalan, ane bisa dengan pede melibas kubangan tanpa harus takut nyangkut

  6. kang ane pernah liat di tabloid otomodify ada trail yamaha bermesin kek vixion tp kalo ga salah 125cc..keren banget …tolong diulas kang sapa tau yimm tergoda u memproduksinya dimarih…haturnuhun sateuacana

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s