Erik Buell Racing Alami Kebangkrutan !! Tapi, Hero MotoCorp Tetap Lanjut…

 

EBR Bangkrut

 

Kabar kurang sedap kali ini datang dari Negeri Paman Sam, Amerika… Erik Buell Racing (EBR), Pabrikan motor yang dikenal ulung membuat motor anti-mainstream & berkategori balap, serta yang baru saja “bergabung” dengan Pabrikan terbesar India, Hero MotoCorp, Akhir-akhir ini dikabarkan pailit alias bangkrut euy Brosist ! Loh, Koq bisa Kang Eno ? Bukannya bergabung bareng Hero malah bikin EBR semakin jaya ya ? Nih dia jawabannya Brosist… Cekdisot !

 

Kilas Sejarah Erik Buell Racing (EBR)…

 

 

Buell RW 750

 

Pabrikan motor terkenal asal Amerika Serikat, yang sekaligus didirikan oleh mantan mekanik Harley-Davidson (HD), Erik Buell, memang bukan kali ini saja mengalami asam-garam kebangkrutan. . . Erik keluar dari Pabrikan Legendaris asal AS, Harley-Davidson, pada tahun 1983 silam… demi memenuhi impiannya memiliki perusahaan sendiri, yang bergerak dalam bidang pembuatan motor sport tulen serta berperforma tinggi, Bukan Cruiser yang tak sesuai dengan impiannya. . .

 

Buell Lightning X1

 

Tahun 1993, Harley-Davidson secara mengejutkan tertarik untuk ikut serta mengembangkan Buell Motorsport, dan berhasil membeli sekitar 49% saham perusahaan milik Erik Buell tersebut. . . Erik sempat bangga, karena di bawah kepemimpinannya, Buell Motorsport berhasil menjual lebih dari 100 ribu unit motor… yang mana untuk ukuran motor sport non-mainstream brand, merupakan catatan penjualan yang cukup besar. . .

Namun pada 2009, Harley memutuskan untuk menutup perusahaan tersebut, dengan alasan ingin fokus pada pengembangan label Harley-Davidson sendiri. . . Ditinggalkan oleh HD, Erik pantang menyerah, dan kembali mendirikan perusahaan Erik Buell Racing, yang kini lebih memfokuskan diri pada pembuatan motor untuk ajang balap resmi saja. . . Beberapa produknya sempat kita kenal dengan nama, Buell Lightning, RW 750 Road Warrior, S2 Thunderbolt dan M2 Cyclone. . .

 

 

EBR Bergabung dengan Hero MotoCorp !

 

 

Hero HX250R 4

 

Sempat mengalami kesulitan keuangan setelah melepaskan diri dari Harley-Davidson… Akhirnya, pada Juli 2013 silam Erik Buell menerima tawaran dari pabrikan sepeda motor asal India, Hero MotorCorp. . . Erik Buell melepas 49,2 persen saham miliknya… dengan total dana yang dikucurkan Hero sebesar 25 Juta USD, atau sekitar Rp. 321 Milyar. . . Hasil dari kolaborasi ini, Bisa Brosist lihat pada sosok Hero HX250R & Hero Hastur yang bakal segera rilis, dan dikabarkan akan dipasarkan ke wilayah global, bukan hanya untuk pasar domestik India saja. . .

 

Hero-EBR WSBK

 

Hero HX250R bukannya tanpa kelebihan… Motor ini malah digadang-gadang sebagai salah satu kontender kuat pesaing Sportbike 250cc asal Negeri Sakura. . . Bermodal mesin silinder tunggal 250cc, Liquid-Cooled, DOHC 4 Valve, plus penyuplai BBM Injeksi, Sportbike ber-desain “kaku” ini diklaim mampu memuntahkan Power sebesar 31 HP tuh Brosist !! Tak hanya sekedar kombinasi demi sebuah produk, Hero-EBR bahkan sudah memperkenalkan Team Superbike (WSBK) mereka sendiri loh ! Sayangnya, belum genap dua tahun masa kerja sama, Erik Buell Racing keburu bangkrut tuh, dan tak lagi memproduksi sepeda motor. . . Meskipun demikian, Untungnya Tim WSBK ini terus lanjut mengikuti kejuaraan balap motor pabrikan tersebut. . .

 

Penyebab Kebangkrutan EBR adalah Hero MotoCorp !

 

 

EBR4

Berdasarkan beberapa situs yang telah EA’s Blog baca dan analisa, Erik Buell Racing mengalami kebangkrutan disebabkan karena ulah Hero MotoCorp yang terlalu “bernafsu” memasarkan produknya di pasar Amerika. . . Hero MotoCorp secara tak langsung dinilai berpengaruh terhadap sektor keuangan EBR… Yang kini harga sahamnya terus anjlok bahkan hingga hanya 1/2 nya saja. . .

Padahal, Erik Buell Racing bukan tanpa usaha… Tahun 2014 silam, Mereka sudah memperkenalkan Superbike terbarunya, EBR 1190RX & Versi Nakednya, EBR 1190SX . . . Kedua motor ini adalah jagoan utama dari EBR, menghadapi kerasnya persaingan Pasar Superbike yang kini dihinggapi berbagai produk terkenal asal Jepang ataupun Eropa. . . Sayangnya, Kini kedua motor tersebut sepertinya bakal tinggal kenangan tuh Brosist… Lantaran pada tanggal 13 April 2015 silam, EBR sudah menyatakan diri bangkrut & tidak memproduksi sepeda motor lagi. . . Sedih euy dengernya…. 😦

 

 

 

 

Well. . . Semoga saja nantinya Erik Buell Racing mampu bangkit lagi seperti kisah-kisah kebangkrutan sebelumnya… dan menemukan Partner yang tepat untuk bekerja sama. . . Mendengar kebangkrutan EBR tersebut, Hero MotoCorp dikabarkan tetap akan melakukan ekspansinya ke Pasar Amerika, seperti yang sudah mereka targetkan sebelumnya. . . Itu artinya, Hero HX250R Lanjutt tuh Brosist… Semoga Murah & masuk Indonesia, hehehee 😀 . . .

 

So, Erik Buell Racing ? Bangkrut Euy !!

 

EBR

 

Baca Artikel tentang Hero – EBR lainnya ya Bro & Sist. . .

 

 

SX5

Erik Buell Racing Perkenalkan EBR 1190SX, Versi Naked Dari 1190RX !

 

EBR4

Erik Buell Racing 1190RX, Superbike Penantang Asal Amerika !

 

250cc Battles

Ini Dia Jajaran Sport Non – Jepang Yang Mampu Bersaing dengan Sport 250cc Pabrikan Jepang !

 

Hero Hastur 620

Berpisah Dengan Honda, Hero MotoCorp Justru Berkembang Pesat !!

 

Hero HX250R

Hero HX250R, Bukan Sekedar Motor India !

Iklan

20 comments

  1. Padahal desain headlamp nya buell lightning yg dua mata itu gahar bgt lo 😦 ane suka bgt tuh bentuknya, kecil namun padat berisi. Bikin artikel tentang buell lightning dong kang eno

  2. sayang bgt ya kang eno …
    tapi paling tidak India punya Hero Motor, TVS, Bajaj, dll yg bisa dibanggain … bahkan sekarang sudah berkolaborasi dgn perusahaan2 Eropa …

  3. yah gk bisa beli motor sport asli amerika dong. gw harap tuh EBR bangkit lagi dari keterpurukan masalah ekonomi n jangan sampai motor pabrikan jepang dan eropa menguasai dunia balap !

    Hidup Harley-Davidson & EBR !!!

  4. pokoknya ane tetep kekeh milih EBR n Buell motor company. Najis Kawasaki, Honda, Suzuki, ama Yamaha

    Geli ngedengernya motor pabrikan jepang, serasa mau muntah !

    Mnding EBR n Buell motor company yg mesinnya pembaruan Harley-Davidson yg tenaganya ampe 190 HP !!!

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s