Fokus : Mengapa Motor Adventure Sulit Direalisasikan ?

 

Adventure Bike Main

 

Yang akan EA’s Blog bahas kali ini adalah tentang genre motor Adventure Bike… Mungkin, kebanyakan dari Brosist sekalian sudah tahu sosoknya, tapi tidak bisa memilikinya atau bahkan belum pernah melihatnya sekalipun. . . Mengapa bisa demikian ? Yup, Karena sepeda motor ini memang sangat langka di Tanah Air… Sekalinya ada, Pasti termasuk ke kasta moge yang harganya, hmmm bikin mules euy Brosist. . .

Padahal, genre motor yang satu ini sangatlah banyak peminatnya ! Loh, Tahu dari mana nih Kang Eno ? Tuh, Lihat aja bikers kita yang memodifikasi motornya menjadi sosok motor adventure… walaupun aslinya kadang hanya berupa naked-bike, underbone (bebek), bahkan skutik sekalipun. . .

 

Lantas, Mengapa sangat sulit merealisasikan sosok Adventure-Bike terjangkau yang diproduksi langsung oleh Pabrikan kita ?? Nah, Langsung kita bahas jawabannya yuk Brosist… Cekidots !

 

 

Pabrikan Tak Berani Bermain Pasar !

 

 

Honda CB150X Adventure

Honda CB150X Concept… Will just be a concept ?

 

 

Ini dia penyakit yang membuat kondisi pasar roda 2 di tanah air menjadi MONOTON, Alias gitu-gitu aja ! Yaitu karena, Kita dijejali oleh genre motor yang tak jauh dari Skutik, Bebek, Naked-Bike, dan yang kini sedang booming, Sport Bike. . . Sekalinya ada produk baru, Pasti itu lagiiii itu lagiii, Skutik lagiiii, sport lagiii. . .

Bahkan motor yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita layaknya Dual-Sport (yang juga menjadi basis adventure-bike) pun hingga kini menjadi mimpi belaka… Sekalinya ada satu pabrikan jepang yang bermain di kelas tersebut, harganya di daerah naik gila-gilaan. . . Ya ampunn, ckckck !

 

Derbi Terra 125cc

 

Apakah motor Adventure Bike tak memiliki keunggulan, Hingga tak dilirik Oleh Pabrikan ? That’s Bullshit ! Di jalanan Indonesia yang kontur dan kondisinya kadang masih memprihatinkan, Motor Adventure lebih layak dibandingkan motor Naked atau Sport Bike ! Bahkan jika dibandingkan dengan motor Dual-Sport, Adventure Bike masih memiliki keunggulan yakni Tampilannya yang (relative) jauh lebih Oke & Kemampuan yang lebih baik di lintasan aspal. . . So ??

 

Motor Adventure Itu Mahal ?

 

 

Zongshen Cyclone RX3 6

 

Jawabannya, Ya memang mahal ! Tapi perlu dipahami terlebih dahulu, Motor Adventure yang beredar di Indonesia adalah yang berkubikasi diatas 250cc, bahkan diatas 600cc dan ada juga yang 1.200cc… Jadi wajar-wajar saja bila harganya memang bikin kita hanya bisa bermimpi doang tuh Brosist. . .

Dalam artikel ini EA’s Blog jelas tak meminta harga moge adventure 650cc didiskon setengah harga koq ! ( meskipun aslinya sih ngarep 😛 )… Tapi, Lebih mengarah ke motor adventure 150-250cc ! Okelah, kita lupakan sejenak motor adventure 250cc, karena harganya bakal di luar jangkauan masyarakat kita. . . Tapi Adventure Bike 150cc ??

 

Derbi Terra 125

Derbi Terra 125, Contoh Mini Adventure-Bike… Bisa jadi Contoh nih !

 

Yup, Jangan terlalu muluk-muluk lah… Cukup dengan basis mesin & rangka Naked-Bike 150cc tanah air yang kini sedang laris-manis dipasaran juga sudah lebih dari cukup koq ! Ditambah dengan Half-fairing, Windshield, Suspensi depan lebih tinggi & Velg Spoke Wheels yang katanya kalo di Indonesia “varian nggak laku” itu juga udah maknyus ! So, Dimana mahalnya ? Masih logis kan, kalau dibanderol seharga sport bike 150cc ?

 

 

 

Konsumen Indonesia Tidak Butuh Motor Adventure !

 

 

Modif Adventure Bike

 

Statemen diatas EA’s Blog setuju, kalau kita bicara unsur Mayoritas… Tapi kalau bicara unsur Minoritas ? Bikers Indonesia nggak cuma berjumlah 1-2 juta orang ! Kalau mau ditelusuri, Ternyata buaanyyaakk banget loh Brosist. . . Dan coba hitung berapa banyak komunitas motor adventure, atau setidaknya biker independen yang suka motor adventure ? Pasti nggak sedikit kan ?

 

Modif Adventure Bike 2

 

Okelah, Seandainya memang diproduksi oleh pabrikan… Lupakan sejenak torehan jumlah penjualan perbulan Naked-Bike 150cc yang bisa mencapai puluhan ribu unit perbulannya. . . Nah kalau Adventure Bike, Cukup dengan ditarget beberapa ribu unit produksi perbulan juga sudah cukup koq !

Setidaknya itung-itung sambil memantau kondisi pasar lah, bila memang pabrikan masih ragu-ragu untuk memproduksinya. . . Loh, Koq kesannya takut banget rugi yaa pabrikan tanah air kita ? Malu sama tiongkok euy, yang sudah bisa produksi adventure bike sendiri, layaknya Zongshen Cyclone RX3, dll. . . ckckckck !

 

 

Well. . . Apakah Brosist setuju bila memang konsumen tanah air kita tidak butuh motor adventure ?  Kalau Brosist salah satu yang tidak setuju, dan sepemikiran dengan EA’s Blog… Gimme your thoughts… Alias Berikan Pendapatmu Brosist ! Dan angkat suaramu !!

 

Adventure Bike Main

 

Baca Juga yaa Brosist. . . .

 

 

Yamaha Super Tenere

Jenis Sepeda Motor : Adventure Bike, Petualang Dua Alam !!

 

Indoprix 150cc 3

Lagi, Regulasi Balap 150cc Indoprix 2015 Dipertanyakan !

 

Yamaha R1-Z 12

Pilih Naked-Bike ? Why Not !! Ini Dia Alasan Mengapa Brosist Memilih Naked-Bike !

 

Honda Super Cub

Motor Sukses itu yang Bagaimana Ya ??

 

Jupiter MX Velg Jari-jari 3

Dilema Kelas Bebek Super, Racun “Mematikan” Untuk Anak Muda ?

 

Dingklik Mode On 2

Punya Problem “Dingklik” ?? Bukan Masalah…. Keep Gaspoll Bro !!

 

GSX-R Line up

Ini Dia Chart Recall Motor Terbanyak di Luar Negeri ! Indonesia Gimana ?

 

Motegi

Menanti Twin-Ring Motegi Versi Indonesia…

 

Chang International Circuit

Thailand Jadi Tuan Rumah World Superbike 2015, Indonesia Kapan ?

Iklan

34 comments

  1. Mungkin ahm mau test pasar dl pake cb500x skalian memperkuat branding di segmen ini..
    Kalo responsnya bagus kemungkinan bakal dibuat versi yg lebih kecil..

  2. Sering ngrasain sendiri sy kang,gmn rasanya nerjang lubang ato gundukan aspal di kecepatan 60-70km/h pke bebek ato naked..juuedakkkkk suara shock dpn kyk mau patah…kyknya emang advanture yg plng pas bwt touring di jlnn kita.

    • Kalau untuk jalanan kita sebenernya yang pantes ya dari keluarga Dual-Sport kang… Baik itu Enduro, Heavy Enduro, ataupun Adventure, soalnya suspensi depan panjang & ground clearance tinggi 🙂

      • Klo mereka mau gmpng sbtlny kang eno.honda punya verza yamaha punyak byson bwt basis advanture,tinggal gnti kaki2 plus bbrp asesoris pendukung.sip dah..jatuhnya psti jg gk akn mhl2 amat dr harga skrng..

  3. Mungkin karna pabrikan jepun ketakutan !
    Liat contoh CS1 (adven bike meren:v), dan bajaj 220f yg kurng dimintai !
    Tapi kan banyak berseliweran di jalan.

    #saran saya !
    Mending nyieun useup atawa ureuk we lah 😀 ckckckck

  4. bodinya aneh gak nyatu dan ane gak minat, kykny modelnya dipaksakan dari model trailnya reli dakar… drpd ngeluarin motor adventure lebih baik ngeluarin motor enduro standar atau bahasa kerennya dual purpose kayak klx150s, wr250r. itu lbh cocok menurut ane dgn tampang yg manis, ban radial, pny perlengkapan jalan raya tapi masih siap diajak lewat jln berbatu dgn postur trailnya.

  5. Aku setuju, Mas. Jalanan di Indonesia nggak cocok buat motor sport (full fairing). Betotan gas belum habis, jalannya sudah habis… atau malah bolong-bolong. Yang logis dan masuk akal serta sesuai kebutuhan jalan kita ya Adventure!

  6. yah orang indonesia kebanyakan nonton moto gp kali sukanya motor bungkuk. adventure kan untuk touring jadi cc gede biasanya. kalau gaya adventure cc kecil yah paling dual sport udah mewakili. ada yang maksa advemture tapi cc kecil ada motor soib 400 ada cyclone di atas ada yamaha150cc dan 250 cc adventure kecil lupa namanya cari di google. kalai gak half firing mah namanya dual bukan adventure menurut gue.

  7. dua hal bro yang imho bikin banyak yang bilang kalo adventure bike kurang diminati (selain memang produsen yang kurang menyediakan), yaitu pasarnya sendiri yang terkesan “mbebek” atau “ikut-ikutan” sama tren dan kurang mau mengeksplorasi hal-hal baru. temen nya beli naked sport bike, dianggep keren, trus ikut”an, dianya ganti motor dirt, ikutan ganti. padahal sebenernya kalo produsen mau kasih dual purpose/adventure bike konsumen “ababil” seperti mereka bisa cukup beli satu motor yang jelas (baru kepikiran, mungkin ini juga yang menyebabkan produsen lebih memilih tidak memproduksi adventure bike, biar kejual 2 gak cuma satu hehehe 😅). nah hal yang kedua adalah fasilitas “adventure” nya yang lagi-lagi imho kurang tersedia. kalo gak jalanan bagus banget ya jalanan hancur banget, dimana istilahnya kalo bakal pake adventure bike itu “nanggung”. hehehehe
    tapi jujur aja kalo saya sih lebih pilih adventure bike. saya juga lagi nabung nih buat modif tiger 2000 dirumah biar agak mirip dikit lah sama BMW R1200GS 2014, termasuk konfigurasi ban nya hehehehe
    cmiiw 😄

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s