Spesial : Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor (Chapter 7)

 

 

Kekurangan Teknik Forged !

 

Forging Machine

 

Dibalik segala kelebihannya, Teknik Forged juga memiliki kelemahannya tersendiri. . . Salah satu yang paling kentara adalah Forged tak bisa membentuk sebuah benda dengan shape/model yang kompleks (Contohnya Blok mesin, dll). . . Dimana hal ini mampu dengan mudah dilakukan oleh Teknik Casting. . .

 

Selain itu, Proses Forging juga biasanya membutuhkan ruang lingkup kerja yang besar. . . Hal ini dikarenakan Mesin Press Forging tentu lah memiliki ukuran yang gueeeddeee. . . Belum lagi pengaturan pondasi & struktur bangunan untuk meminimalisir getaran dari Mesin Forging itu sendiri… Karena dengan tumbukan yang kuat, sudah pasti suara & getaran nya juga akan kuat. . .

Terlebih, Proses Forging juga memakan waktu yang lebih lama ketimbang proses casting. . . Dikarenakan proses forging membutuhkan proses heat treatment (pemanasan), yang tentu akan memakan waktu. . .

 

 

Keberadaan Forged Material di Era Modern

 

 

Forged Piston

 

Forged Material banyak sekali kita temui di kehidupan roda 2 kita, Khususnya di Tanah Air. . . Salah satu yang tentunya paling sering terdengar adalah Forged Piston di Motor keluaran Yamaha, Seperti YZF R15, Mio-GT, dll. . . Forged Piston juga acap kali EA’s Blog gunakan sebagai “sembako” utama saat mem-bore up sebuah mesin motor. . .

Piston Forged ini terbukti lebih maknyus ketimbang Piston Casting biasa ! Bahkan, EA’s Blog denger-denger sih, Mobil yang ingin dipasang Turbocharger, Salah satu komponen utama yang dibutuhkan adalah Piston Forged karena daya tahannya di kompresi tinggi yang maknyus. . .

 

Tak hanya Piston, Bahkan Stang Piston, Gearset, dan banyak part motor lainnya yang dibuat melalui proses forged. . . Dan salah satu yang paling booming saat ini adalah penggunaan Velg Forged Alumunium Wheels di Jajaran Superbike Eropa, Seperti Aprilia RSV4 Factory, Ducati Panigale & BMW HP4. . . Yang terbukti lebih kokoh, ringan & kompak ketimbang Velg Cast Wheel biasa. . . Waooww, Keren yaa Brosist ?? ๐Ÿ™‚

 

 

 

Well. . . Berakhir sudah Artikel Metalurgi Spesial ala EA’s Blog bersamaan dengan Pembahasan Forged Material kali ini. . . Oiya…. EA’s Blog selalu terbuka untuk menerima koreksi & tambahan dari Brosist sekalian, Melalui kolom komentar. . . Sedikit doa yang EA’s Blog panjatkan, Semoga artikel ini mampu bermanfaat & menambah pundi-pundi ilmu Brosist di Dunia Roda 2. . . Aminn ๐Ÿ™‚

Kenapa Nulis Artikel Metalurgi yang ribet kek gini Kang Eno ?? Tak ada hal lain Brosist, EA’s Blog hanya mencoba untuk sedikit berbagi lewat artikel ini. . . EA’s Blog berharap, Meskipun keadaan dunia persepeda motoran kita masih jauh dari berbagai material Logam eksotis yang EA’s Blog bahas, Tapi setidaknya kita mampu membuka mata dan mengenal akan betapa besar serta beragamnya anugerah Tuhan YME kepada kita semua…. Khususnya bagi Brosist yang cinta dunia sepeda motor. . . Karena Tak kenal maka tak sayang bukan ??

 

Di Artikel Spesial selanjutnya, Insyaallah kita akan membahas tentang Jenis & Type sepeda motor yang ada di dunia. . . So, See You Later Brosist….

 

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor ? Apa Pendapatmu Brosist ??

Forged Wheels

Baca juga yaa Brosist. . .

 

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 1 ( Besiย  &ย  Baja )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 2 ( Alumunium )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 3 ( Magnesium )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapterย 4 ( Titanium )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 5 ( Serat Karbon )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 6 ( Keramik )

Honda NS400R, Replika Balap GrandPrix Bermesin V-3 yang Unikย !!

Suzuki TV250 โ€˜Wolfโ€™ , Saat Gamma Melepas Bajunyaย !

Kawasaki KR-250 Tandem Twin, Motor 2-Tak Race Replika Juara Duniaย !!

Yamaha FZR 150, Mbahnya V-Ixion & YZF R15 Bermesin V-Twin 150 ccย !!!

Suzuki G-Strider, Motor Yang Melampaui 1 Dekade Lahirnya Vultusย !!

44 comments

  1. di era sekarang proses pemanasan material udh g lama lg mang eno.. dah pkai heater model induksi sekarang. jd material cma lewat aja pkai konfaiyor dah bersuhu 700′,, kecepatanya jg serem sekarang… untk forjing material gearbox dan jeroan lainya dah 1,5 detik/benda..

  2. yg lebih serem lg sekarang orang2 jepun dah buat metode forging dingin… loh apa itu??? yaa forging dgn tanpa proses heater/ dipanasin… kecepatanya gimana??? serem mang eno bisa 1 benda/ detik.. kelebihanya jg bisa membuat bidang yg presisi seperti hagata/ gear dgn tingkat presisi yg luar biasa.. udh tidak perlu difinising di mesin gearlathe lg… tapi ya itu tadi mesinya segede rumah type 40

  3. kalo metode casting sepenpgetahuan ane malah lbih lambat… alasanya krena material uh cair, jd kalo dalam proses cetak nungu material yg cair menjadi padet dulu… blm lg resiko keropos karena udara terjebak dlm mold.. ya lebih kurang efisien.. tapi ya itu tadi bisa proses profil yg rumit dan tipis..

  4. dari semua pembahasan teknologi yg ditulis sama bro eno selama ini, yg kebanyakan ditemukan/dilakukan oleh pabrikan otomotif negeri matahari terbit, sempat terbesit dibpikiran ini, kenapa mereka bisa begitu cerdas, jenius, dan maju pemikirannya, padahal kalo melihat realitanya, disana banyak hal-hal (yg di kita dianggap membuat generasi muda jadi bodoh/tidak maju) “begituan”. yaaaa katakan saja seperti video game, majalah dewasa, pilem biru, dsb. tapi orang2 sana tetap bisa maju. menurut bro Eno gimana?

    • Kalau mnurut saya karena filosofi hdup mereka bro… pantang menyerah, sabar, gak malu & berani brbuat broo. . . Kalo dirunut (jga sering saya bahas), orang jepang itu juga copas kan awalnya. .. lagipula, disiplin disana itu nomer wahid banget daaahh, dan karena disiplin itu kita bisa semakin maju. . . Bahkan sampe kartun & superhero fiksi yang ditonton anak2 dari jpang sana juga bisa kasih pelajaran bro…. Kalau yang bgituan mah, mungkin sebatas sisi lain aja kali yaa….:)

      • Plus makanan di Jepang sana tuh kebanyakan ikan,jd sumber protein dan vitamin serta omega nya bt otak mrk pada encer kang..
        Kalo di negara kita ni yg ditayangkan mcm ganteng2 serigala…. Miris kali kang EA

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s