Spesial : Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor (Chapter 7)

 

Forged Alumunium Wheels

 

Brosist sekalian…. Berbagai material logam (Besi, Baja, Alumunium, Magnesium, Carbon Fiber) hingga non logam (Keramik), Telah EA’s Blog kupas tuntas di Artikel Spesial Metalurgi ala EA’s Blog. . . Berbagai Perkembangan, Kelebihan, Kekurangan, Fungsi, serta Keberadaan nya telah Brosist sekalian ketahui dan pahami (EA selalu berharap demikian). . . Nah, Kali ini pembahasan akan selangkah lebih maju lagi ke bagian terakhir dari artikel Metalurgi. . . Yup, Kali ini pembahasan kita akan sampai di Part Terakhir, yakni tentang Forged Material. . .

Seperti apa penjabaran & penjelasan tentang Forged Material ala EA’s Blog ?? Yuk kita simak bareng-bareng Brosist….. Cekidots !

 

Forged Material

 

The History !

 

Forged Blacksmith

 

Forged adalah sebuah cara (teknik) untuk membuat sebuah material menjadi bentuk yang diinginkan melalui proses penempaan (kekuatan tekan). . . Forged adalah teknik pengolahan logam tertua yang tercatat dalam sejarah ! Teknik Forged telah dikenal luas sejak jaman dahulu kala, Dimana para pandai besi memanfaatkan Teknik Forged untuk membuat Pedang, dan Peralatan lainnya. . .

 

Dahulu kala, Proses Forging dilakukan dengan bantuan bara api panas yang digunakan untuk memanaskan material & sebuah palu untuk menempa material tersebut. . . Namun di era modern dengan segala kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, Palu yang digunakan untuk menempa telah digantikan oleh Mesin Press dengan kekuatan tekan yang luar biasa. . . Biasanya, Mesin dengan bantuan hidrolik atau tekanan udara tersebut mampu menempa sebuah material (baja, besi, atau alumunium) menjadi bentuk yang diinginkan dalam sekali tempa/pukul/tumbukan saja. . .

 

Kini, Teknik Forged Modern telah berkembang menjadi sebuah proses yang sangat penting di dunia Industri, Termasuk Industri Roda 2. . . Dimana dengan Teknik Forged ini, Mampu dihasilkan berbagai material yang tak hanya memiliki tingkat kekuatan tinggi, Tapi juga lebih solid & ringan. . . Dan pada akhirnya, Sesuatu yang pernah terkenal dahulu kala, Kini kembali dibutuhkan dalam kehidupan…… πŸ˜€

 

 

Perbedaan Cast & Forged ?

 

 

Di Artikel sebelumnya, EA’s Blog lebih banyak mengekspos pembuatan sebuah material melalui teknik cast (cetak). . . Nah, Kini EA’s Blog akan coba menjelaskan perbedaan antara keduanya. . . Jika Proses Casting merupakan sebuah teknik dengan melebur logam (hingga cair) lalu menuangnya ke dalam cetakan, Maka Proses Forged merupakan Teknik untuk membuat suatu model menggunakan metode penempaan. . .

 

Kelebihan Teknik Forged !

 

 

Proses Forging

 

Teknik Forged ini pastinya akan meminimalisir kadar gas yang terperangkap, seperti dalam proses casting yang mampu melemahkan kekuatan logam tersebut. . . Nah, benda yang dihasilkan melalui Proses Forging mampu memiliki tingkat kekuatan yang tinggi dan juga (terkadang) lebih ringan dibanding pembuatan dengan Teknik Casting. . . Benda yang melalui teknik forged menjadi lebih kuat karena struktur partikel material nya lebih padat/rapat saat terjadi proses tumbukan. . . Jika dibandingkan dengan benda yang dihasilkan melalui proses casting (cetak) biasa, Maka Forged tentunya lebih unggul dalam sisi strength (kekuatan). . .

Tak hanya sekedar kuat, Benda yang dibuat melalui Teknik Forged juga diketahui lebih tahan terhadap benturan dibanding bahan dengan Teknik Casting. . . Dengan proses forging ini, tentunya campuran logam “mahal” lain yang digunakan sebagai penguat dapat diminimalisir, Sehingga lebih efektif dalam sisi cost/biaya produksi. . .

 

Lanjutkan Membaca >> Kelemahan Forged Material, Keberadaan di Era Modern & Alasan Menulis Artikel Metalurgi !

Β 

Iklan

44 comments

  1. di era sekarang proses pemanasan material udh g lama lg mang eno.. dah pkai heater model induksi sekarang. jd material cma lewat aja pkai konfaiyor dah bersuhu 700′,, kecepatanya jg serem sekarang… untk forjing material gearbox dan jeroan lainya dah 1,5 detik/benda..

  2. yg lebih serem lg sekarang orang2 jepun dah buat metode forging dingin… loh apa itu??? yaa forging dgn tanpa proses heater/ dipanasin… kecepatanya gimana??? serem mang eno bisa 1 benda/ detik.. kelebihanya jg bisa membuat bidang yg presisi seperti hagata/ gear dgn tingkat presisi yg luar biasa.. udh tidak perlu difinising di mesin gearlathe lg… tapi ya itu tadi mesinya segede rumah type 40

  3. kalo metode casting sepenpgetahuan ane malah lbih lambat… alasanya krena material uh cair, jd kalo dalam proses cetak nungu material yg cair menjadi padet dulu… blm lg resiko keropos karena udara terjebak dlm mold.. ya lebih kurang efisien.. tapi ya itu tadi bisa proses profil yg rumit dan tipis..

  4. dari semua pembahasan teknologi yg ditulis sama bro eno selama ini, yg kebanyakan ditemukan/dilakukan oleh pabrikan otomotif negeri matahari terbit, sempat terbesit dibpikiran ini, kenapa mereka bisa begitu cerdas, jenius, dan maju pemikirannya, padahal kalo melihat realitanya, disana banyak hal-hal (yg di kita dianggap membuat generasi muda jadi bodoh/tidak maju) “begituan”. yaaaa katakan saja seperti video game, majalah dewasa, pilem biru, dsb. tapi orang2 sana tetap bisa maju. menurut bro Eno gimana?

    • Kalau mnurut saya karena filosofi hdup mereka bro… pantang menyerah, sabar, gak malu & berani brbuat broo. . . Kalo dirunut (jga sering saya bahas), orang jepang itu juga copas kan awalnya. .. lagipula, disiplin disana itu nomer wahid banget daaahh, dan karena disiplin itu kita bisa semakin maju. . . Bahkan sampe kartun & superhero fiksi yang ditonton anak2 dari jpang sana juga bisa kasih pelajaran bro…. Kalau yang bgituan mah, mungkin sebatas sisi lain aja kali yaa….:)

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s