New TVS Max 125 dan Jawaban Pertanyaan Brosist Sekalian. . . !

 

TVS Max 1

 

Brosist sekalian. . . Setelah sebelumnya EA’s Blog mempublish artikel tentang Kesan Pertama bertemu TVS Max 125 & Sesi Testride MotorSport asal negeri India, Kini tiba waktunya EA’s Blog untuk menjawab pertanyaan Brosist sekalian yang sebelumnya telah masuk ke Newsroom EA’s Blog. . .

Nah, Seperti apa sih Jawaban dari Pertanyaan yang telah dilontarkan oleh Brosist sekalian ?? Yuk langsung aja kita intip bareng-bareng. . . Cekidots !!

 

 

1. Akselerasi & Performa ?

 

Jawaban :

Satu hal yang pertama bisa dianalisa adalah Power serta Akselerasi yang dihasilkan oleh TVS Max 125 memang tak terlalu spesial di mata EA’s Blog. . . Akan tetapi, Jelas Akselerasi serta Power TVS Max 125 ini masih diatas Motor Bebek (Jepang) dengan Kubikasi sekelas !! Dari yang bisa EA’s Blog analisa, Tenaga Motor ini terasa “tertahan” di RPM Tinggi. . . Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah karena Motor Sport 12,6 jutaan ini mengejar efisiensi alias Keiritan. . . Perlu diingat, TVS Max 125 adalah motor yang ditujukan untuk Pekerja Keras dan menemani Aktivitas Brosist sehari-hari. . .

 

 

2. Akselerasi & Performa, dibanding Motor Jepang ?

 

Jawaban :

Dalam hal ini, EA’s Blog membandingkannya dengan Honda Verza 150 (Dulu EA’s Blog pernah nyicip) yang juga identik dengan Gelar “Sport Murah“. . . Hasilnya, Jelas Honda Verza masih selangkah lebih unggul di sektor akselerasi maupun power yang lebih besar. . . Sebenarnya tak berimbang sih jika kita membandingkan kedua Motor ini, Pasalnya Selain kubikasi mesinnya berbeda jauh (Max = 125, Verza = 150), Verza juga memiliki harga yang jauh lebih mahal (5 Jutaan) ketimbang TVS Max. . . Jika dibandingkan dengan Suzuki Thunder 125 Kang Eno ? Duhh, Maap euy brosist, EA’s Blog belum pernah nyobain Thunder 125, Kalo naikin sih pernah dulu semasa SMA. . .

 

 

3. Apakah Smooth atau Kasar ?

 

Jawabannya :

Untuk Aspek Power, TVS Max 125 memang memiliki Power yang tergolong Smooth banget untuk penggunaan sehari-hari. . . Begitupun dengan Power di setiap perpindahan Gigi, Terasa halus meskipun ada sedikit vibrasi disana (Wajarlaahh, 12 jutaan gitu lho). . . Perpindahan giginya juga terasa ringan, Pasalnya seperti sport entry level kebanyakan, Motor ini masih dibekali dengan tuas injakan untuk menaikkan posisi gear, Jadi tak melulu harus mencungkil tuas depannya. . .

 

 

4. Persneling nya Unik ?

 

TVS Max Gear

 

Jawaban :

Jika bertanya demikian, Maka Jawaban EA’s Blog adalah IYA !! TVS Max 125 memang memiliki mekanisme gigi yang cukup nyentrik, Gear 1 bisa dilakukan dengan menginjak tuas gear kedepan ataupun dengan mencungkil nya kebelakang. . . Sementara itu Gear 2-3-4 tetap seperti motor sport biasanya, Yakni dengan mencungkil tuas gear ke belakang. . .

 

 

5. Apakah Persneling “Unik” nya Terasa Merepotkan ?

 

Jawaban :

Ditanya merepotkan atau tidak, Sebenarnya sih tidak bila kita sudah terbiasa. . . Namun, Bagi Brosist sekalian yang pemula menggunakan Motor Sport Batangan dengan Kopling Manual, Pasti terasa agak merepotkan deh !! Pasalnya, bisa saja bila kita tak ingat posisi gear nya (Apalagi memang tak ada indikator posisi gear-nya), Kita menurunkan Gigi hingga ke posisi Neutral. . . Akibatnya, Penunggang bisa kaget dan spontan menggerung-gerungkan gas nya dan ada resiko tabrak belakang oleh Motor lainnya. . .

Sedikit Saran bagi ATPM TVS : Lebih baik Pengoperasian Persnelingnya dibuat Konvensional seperti biasanya, Pasalnya bukan tak mungkin peminat motor ini adalah kalangan pemula yang ingin naik kelas ke Motor Sport. . . Atau, TVS bisa menambah indikator Posisi Gear di Motor ini. . .

 

 

6. Apakah Handling & Ergonomi nya Nyaman ?

 

Jawaban :

Tak perlu diragukan lagi, TVS Max 125 versi Sport menawarkan feeling berkendara yang sepertinya memang diciptakan (fully) untuk harian. . . Aspek Riding nya Nyaman, Plus Power yang smooth (Pembahasan point 3 diatas), Memang klop bila digunakan untuk Aktivitas Sehari-hari. . . Begitupun dengan Ergonominya, Meskipun dibekali Seat-Height (Tinggi Jok) yang lumayan tinggi, Tapi TVS Max 125 menawarkan kenyaman dengan Busa Jok yang tebal, Stang Model Tinggi, dan seabrek keunggulan lainnya. . .

 

 

7. Apakah Fiturnya Lengkap ?

 

Jawaban :

Sebenarnya ini sudah dibahas pada artikel Disini, Namun EA’s Blog kembali akan membahasnya untuk Brosist sekalian. . . Untuk Fitur nya, EA’s Blog persilahkan Brosist untuk menilainya sendiri saja yaa, Pasalnya EA’s Blog juga rada nyengir-nyengir nih waktu pertama kali lihat motor berikut harganya (Rp. 12,6 Jutaan OTR Jabodetabek). . .

Nih dia fitur di Area Kemudinya TVS Max 125 : Speedometer Analog, Indikator bensin, Indikator Gigi Neutral, Indikator Lampu Sein (2 Arah) & Indikator Lampu Jauh. . . Beralih ke stang nya : Tombol Elektrik Starter, Engine Cut Off, Tuas lampu, Tuas Lampu Jauh, Sein, Klakson, Choke, Bahkan Pass Beam pun tersedia !! Nih Dia Fitur Unggulan Lainnya : Bagasi Luass (Mampu menampung jas hujan), Tangki Besar (14,5 Liter), Cakram Depan Sporty, Suspensi Belakang Series Spring, dll. . .

 

 

8. Reasonable to Buy ?

 

Jawaban :

Dengan Aspek pembahasan dari Point 1-7 diatas, EA’s Blog menyimpulkan sebuah pendapat yakni, TVS Max 125 memang Sangat Layak dibeli jika Brosist menginginkan Motor Sport Murah yang Nyaman, serta dibekali Fitur yang cukup komplit untuk penggunaan sehari-hari. . . Motor ini juga cocok untuk “Motor Bahan“, Dimana nantinya Pembeli bisa memodifikasinya setelah membeli motor ini. . . Apalagi kini TVS juga sudah mulai memperluas jangkauannya dengan Order Sparepart Online & THS (TVS Home Service), Nah mantep kaann….. 😀

 

 

 

Well. . . Bagaimana Brosist ?? Apakah semua rasa penasaran Brosist terkait TVS Max 125 alias Sport Murah seharga 12,6 Jutaan ini sudah terjawab ?? Jika belum, Silahkan Brosist tuliskan pertanyaan lanjutannya di Kolom Komentar dibawah ya Brosist. . . EA’s Blog akan menjawabnya dengan senang hati 🙂 dan sesuai dengan pengalaman mengetes motor ini beberapa hari silam. . .

 

So, TVS Max 125 ?? Motor India “Rasa” Indonesia banget deh Brosist. . . . !!

TVS Max 7

Iklan

23 comments

  1. ..name ini motor jdi inget motornya honda GL MAX 125. gen terakhir newtec motor kantoran juga. bisa di adu x kang ama gl max atau suki thunder..enak mana gtu

  2. mas eno, jika dilihat dari bore x stroke, penampilan blok dan headnya motor ini mirip thunder 125, atau bahkan TVS memakai mesin thunder 125 yg dibuat 4-speed saja untuk mengejar torsi mungkin. Aslinya thunder 125 5-speed.
    Jika dilihat dari sejarah berdirinya TVS motorcycle ini kan masih sodaranya Suzuki…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s