Lebih Detail soal KTM RC16, Jagoan Baru MotoGP 2017 !

 

KTM RC16 MotoGP 2017

 

Pabrikan asal Austria, KTM (bukan Inul), telah memberikan surprise yang bikin greget di tahun 2014 kemarin, dengan rencana KTM Confirm ke MotoGP 2017… Sekarang, Setahun telah berlalu… dan yang menggembirakan, Project nya terus berlanjut tuh Brosist ! Apakah Surprise ? Hmm, Kayaknya nggak juga deh, Toh mereka juga memang aktif banget di kancah Moto3 (bahkan pernah juara dunia juga), dan sempat berpengalaman di ajang MotoGP beberapa tahun silam… Tapi kali ini beda, Mereka coba ikut di ajang balap motor paling bergengsi sedunia, dengan satu tim factory secara utuh ! Dan akhirnya, pucuk dicinta ulam pun tiba… Baru-baru ini, Mereka melakukan uji coba prototype motor barunya di sirkuit Red Bull Ring, Austria – yang dinamai KTM RC16 !!

Penasaran seperti apa Detail, Mesin, serta Pernak-pernik nya ?? Yuk, Langsung aja kita bahas soal KTM RC16, Calon Jagoan Baru MotoGP 2017… Cekidots !

 

Mesin V4 Penyempurnaan Masa Lalu !

 

 

KTM RC16 MotoGP 2017

 

Oke, Kita memang nggak bisa melihat secara jelas mesinnya karena tertutup Bodywork (hahaha, ya iyalah)… Tapi, tersembunyi dibalik Fairing tersebut, terdapat mesin V4 1000 cc yang sepertinya adalah ulangan dari kisah masa lalu KTM bersama Project “GP1” di tahun 2003.Β  Loh, Emang dulu KTM pernah bikin motor MotoGP ya Kang Eno ? Jawabannya pernah !! Tapi dulu mereka hanya sebagai penyuplai mesin aja tuh Brosist, yang kemudian dipakai oleh Team Kenny Roberts di musim MotoGP tahun 2004 – 2005. Brosist sekalian bisa baca secuil kisahnya di Artikel Proton KR5

Kisahnya nggak begitu mentereng, Karena lebih sering gagal finish dibanding mendapatkan poin di klasemen, Tapi jangan asal tuduh jelek lho ya, Lantaran mesin KTM GP1 tersebut sudah dibekali dengan teknologi yang cukup mentereng di masanya tuh Brosist… Nggak kalah sama mesin legendaris kayak punya Honda RC211V yang 5 silinder itu – bahkan dalam beberapa sektor malah lebih mumpuni. Dengan penggunaan Pneumatic-Valve ala Formula 1, plus Power yang mampu tembus 230 HP ++ misalnya… Saat itu, Baru KTM GP1 dan Aprilia RS Cube saja lho yang pakai klep pneumatik. Keren kan ?

 

Proton KR5 KTM-Engine
Proton KR5 Bermesin KTM GP1 V4

KTM GP1 V4 Engine

 

Terus, yang sekarang gimana tuh Kang ?? Yang bakal dipakai di KTM RC16 ini adalah penyempurnaan dari masa lalunya tuh Brosist ! Alias tetap dengan platform V4, seperti yang saat ini juga digunakan oleh Honda, Ducati & Aprilia. Sekedar info, Mesin jenis ini punya kelebihan soal Top Speed dan Keseimbangan Power yang beringas dibanding Mesin Inline-Four biasa… Dan yang lebih asiknya, Sepertinya kini Mesin tersebut sudah bisa kompetitif tuh Brosist…

Kenapa ? Ya, Karena dulu problem utama mesin V4 GP1 ini adalah “Rideability” atau Kemampuan kestabilan dan handling nya yang payah jika dibandingkan motor factory layaknya Yamaha, Suzuki, atau Honda… Biang kerok utamanya, Karena Team Roberts Proton KR5 saat itu hanya mendapat suplai elektronik dari produsen “kasta kedua” Inggris (karena keterbatasan dana juga sih), bukan dari Magnetti Marelli ataupun TAG McLaren yang saat itu jadi pilihan favorit tim Factory.

 

KTM RC16 MotoGP 2017

 

Di musim 2017 mendatang, Sektor elektronik bakal jadi fokus utama semua tim yang berlaga di MotoGP… Alasannya, Karena mulai dari musim ini hingga kedepannya, Semua tim dan pabrikan bakal menggunakan Sensor elektronik dan Software yang sama rata tuh Brosist, dari Magnetti Marelli (CMIIW). Dan tentunya nggak ada alasan lain lagi untuk KTM gagal di MotoGP musim 2017 mendatang… Setidaknya untuk meramaikan perebutan posisi 10 besar. Apalagi, Mesin RC16 tersebut juga bakal dapat improve signifikan berupa Seamless Shift Gearbox, layaknya yang digunakan tim-tim papan atas… Wah, Jadi nggak sabar euy nunggu musim depan selesai !

Oiya, KTM juga berencana membuat versi produksi dari RC16 tuh Brosist… Yang bakal ditujukan kepada Team privateer & Para bikers “kelebihan duit” yang demen ngesot-ngesot di sirkuit ! Karena banderolnya pasti bakal stupidly-high-price, layaknya Honda RC213V-S misalnya…

 

 

Baca Selanjutnya >> Detail Soal Frame Unik, Bodywork & Suspensi ala Penantang !

Iklan

26 comments

  1. Akhirnya DNA motoGP gak harus deltabox πŸ˜€
    bentuknya koq agak” mirip motor itu tuh iyah itu, mesinnya juga mirip yang itu tuh.

    Nonton super hero squad dulu brayyyy :v

  2. Yang jadi pertanyaan selanjutnya : Apakah jari kang eno gak pegel tuh, tiap nulis satu artikel panjang bener ampe pegel mata sy bacanya kang. Tapi sy salut sama kang eno tiap artikel di tulis rapi jelas dan enak di baca. Lanjutkan kang eno tulis artikel yg ter update, sukses terus kang.

  3. Kayaknya ktm bakal ngikutin honda dan ducati: sama2 V4 dan jadi rajanya top speed, tembus 350 koma sekian.
    Gw yakin dgn potensi ktm RC16, secara motor prototipe ktm udah diakui prestasinya di 125cc, redbull rookie dan moto3. yg gw ragu justru bisakah ktm dapat pmblp yg kompetitif 2017 nanti??
    melihat test ridernya skrg cuma alex hoffman dan mika kallio, dua2nya cuma pembalap papan tengah…

  4. Pengen beli…tp g ada duit.
    Masih jutawan, belum Millyuner buat beli ginian.
    Terpaksa masih menggagahi 250 cc saja…
    Btw sy hampir setiap hari disempet2in baca artikernya eno lerian ini, selain beberapa blog lainnya juga. Bahasanya rapi dan g’ ada istilah2 jawany yg sy g’ ngerti. Ilmu yg di dapat juga oke, g hanya berisi gossip g mutu…
    Keep Nice work

  5. tampil pertama.. langsung juara!!
    langsung jadi icon baru motoGP!!
    abis itu, pakdhe Ross mau pensiun ato pindah wsbk, mungkin lgsg dipersilahkan saja sama dorna πŸ˜€

  6. Padahal dulu kayanya pernah baca artikel, kata bos Ktm najis tralala ikut moto gp soalnya costnya gak masuk akal, kemaren2 udah liat si di utube suaranya juga lebih mirip rcv dari pada desmo.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s