Bagaimana Nasib New CBR150R (K45), Pasca Hadirnya CB150R Facelift ?

 

CBR150R Korban CB150R Facelift

 

Selepas berita All New CB150R Facelift & Sonic 150R menggunakan mesin Overstroke alias Undersquare merebak ke media… Yang ada di fikiran EA’s Blog selain nasib para owner CB150R Streetfire edisi sekarang (duh kaciaaann, ckckck #piss 😛 ), adalah keberadaan Honda CBR150R. . . Ya, Lantaran nantinya CB150R Facelift bakal menggunakan mesin yang jauh berbeda ketimbang versi yang ada saat ini… Maka nantinya Honda CBR150R (K45) bakal melenggang sendirian menggunakan basic mesin Overbore “khas” gen CBR150 dengan piston 63,5 mm. . .

Nah, Apakah nantinya CBR150R bakal ikutan dipermak ? Atau justru dibiarkan begitu saja tanpa ada ubahan ? Atau mungkin ada kemungkinan lainnya ? Yuk, Kita analisa bareng-bareng. . . Cekdisot !

 

Kemungkinan A : Honda CBR150R Dipermak a.la CB150R Facelift !

 

 

CB150R Facelift 3

 

Kalau melihat opsi pertama ini, Nampaknya sih kemungkinannya sedikit lebih besar… Karena nantinya dengan kesamaan parts (baca : common parts) dengan CB150R Facelift, Harganya juga pasti bakal bisa ditekan lebih dalam lagi. . .

Seperti yang dibilang sebelumnya, Opsi ini sepertinya bakal lebih dipilih oleh AHM… Kenapa ? Ya kita berkaca aja ke kasus-kasus sebelumnya. . . Masih ingat New Blade 125 yang akhirmya pakai mesin Supra X125 ? Atau masih ingat Vario 110 FI yang turun kasta (baca : downgrade spek) pakai mesin Beat-Series ? Atau mungkin masih ada yang ingat kabar Mesin 125cc Overbore ala Honda CS1 yang kini ditelan bumi ?? Ya, Semuanya demi profit #eh keuntungan #eh common parts maksudnya. . .

 

Kalau opsi ini dipilih, Jelas bakal ada ribuan konsumen yang mungkin bakal kecewa dengan Pabrikan berlogo Sayap tunggal tersebut… Apalagi kalau dipermaknya tahun depan, atau 2016 nanti. . . Kenapa ? Lahwong rasanya saya baru kemarin nyobain CBR150R K45 waktu pertama launching koq ! Masa iya baru 2 tahun langsung diubah lagi ? Diubah total pula. . .

Lagipula, Dengan metode common parts tersebut juga EA’s Blog yakin pengaruhnya ke harga bakal nggak signifikan-signifikan banget… Tuh lihat aja Vario 110, New Blade 125, atau Motor beraroma common parts lainnya ? Apakah ada yang setiap proses launching harganya turun ?? Nggak ada kan !?

 

 

Kemungkinan B : CBR150R Dibiarkan Gitu Aja

 

 

CBR150R Bekasi_4

 

Nah, Selain kemungkinan yang sudah dibahas diatas… Ada juga kemungkinan lainnya, yakni New CBR150R bakal dibiarkan saja melenggang sendirian hingga 1-2 tahun kedepan. . . Nggak salah sih, Karena memang sektor handling & performa sudah nggak perlu ditanya lagi deh… Mantep !

 

Tapi kalau demikian, Sudah hampir bisa dipastikan harganya bakal terus merangkak naik… Lantaran seperti yang tadi kita bahas, Mesinnya nggak common parts. . . Lagipula, Saat artikel ini ditulis, Harga New CBR150R memang udah naik cukup tinggi tuh Bro & Sist ! Baru setahun pasca peluncuran, Harganya sudah naik hampir Rp. 1,5 jutaan… Dari yang semula Rp. 28,5 Jutaan, jadi Rp. 29,99 Jutaan (Note : Tipe Standar, OTR Jakarta – Harga via Honda Cengkareng). . .

Nah loh, CB150R Facelift belum rilis aja harganya sudah naik tinggi… Gimana nanti kalau sudah rilis ke pasaran ya ? Ah kang eno ini kaya yang nggak tau aja, Dollar kan makin naik tinggi nilainya kang… Loh, Terus yang komponen lokal mencapai 96,2% itu apa ya ? Apa cuma embel-embel ?? #eh

 

 

Kemungkinan C : Facelift CBR150R Jadi yang Kita Mau !!

 

 

CBR150R Tricolor RWB

 

Nah, kalau ngomongin opsi ini, Rasa-rasanya peluangnya cuma 0,00000 sekian persen… Karena tau sendiri lah, kadang yang kita mau belum tentu sebanding dengan keuntungan yang mereka mau #eh . . . Tapi ya nggak ada salahnya juga sih dibahas, Itung-itung kasih masukan berharga buat pabrikan… Siapa tau ada 0, sekian % keinginan kita disini yang diwujudkan. . .

 

Oke, Balik ke laptop! Kalau menurut EA’s Blog sih memang ada beberapa pernik yang perlu diubah dari New CBR150R… Atau setidaknya, Biar common parts juga lah dengan CB150R yang katanya “full feature” itu (sambil nunjuk engine kill switch & pass beam). . . Sepertinya Model velg Y-Spoke menjanjikan layaknya CB150R Facelift, plus Lampu Full LED, sudah cukup oke lah dijejali ke Honda CBR150R K45 di tahun depan. . . Iya nggak ?

Ya syukur-syukur bisa sekalian tambah aksen chrome di Knalpot, Ganti rantai & gear yang lebih bagus biar nggak berisik, plus Las-lasan sasis truss frame nya bisa diperbagus lagi… Kalau demikian kan jelas nggak bakal terlalu bikin “kecewa” para owner CBR150R yang ada sekarang. . . Karena bisa sambil plug n play kan ? Ya, hitung-hitung “nyuruh” para owner Cibi lawas Modif dikit lah. . .

 

 

 

Well. . . Apapun yang bakal terjadi sama CBR150R K45 nantinya, Semoga saja nantinya nggak ada pihak yang dikecewakan layaknya yang terjadi di kasus CBR150R CBU, ataupun CB150R yang sudah mulai tercium aromanya. . . Kecuali… Ya kecuali Brosist sekalian memang konsumen yang banyak duit & konsumtif, Alias setiap ada yang baru… Langsung beli. . . Itu sih jelas nggak bakal nyambung dengan pembahasan kita kali ini. . . Kalo peduli dengan Nasib CBR nya, atau merupakan konsumen yang pernah “dikecewakan” oleh AHM juga… Yuk, Bantu dishare Bro & Sist. . .

 

Baca Juga yang Lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Yamaha Selalu Salah

Now Playing : Yamaha Ft. Geisha – Selalu Salah

 

Penjualan Vario 150 4

Cicilan Motor Belum Lunas, Ehh Sudah Ada yang Baru Lagi….

 

How To Save Suzuki

Bagaimana Cara “Menyelamatkan” Suzuki ?

 

Best Bike

The Best Bike is One That’s With You…

 

250cc Battles

Kisah Lucu dari Persaingan Sportbike 250cc Tanah Air…

 

Ekspektasi vs Realita

Kehidupan Bermotor : Ekspektasi vs Realita !

 

Kunci Pengaman Ganda

Kunci Ganda ini Sekarang Kemana Ya ??

 

Yamaha Scorpio 2005

Mau Lihat Contoh Downgrade ? Tuh, Lihat aja Dari Knalpot !

 

Setan Jalanan 2

“Budaya Setan” di Jalan Raya !

 

VFR 6

Motor Masa Kini Akan Kembali ke Masa Lalu ??

Iklan

53 comments

      • Memang kadang serba salah sbagai konsumen. Disisi atpm harus menjual se bnyk2 nya utk tetap leading di market share. Sisi konsumen jga akan dirugikan dg cepatnya keluar tipe lebih baru.

        Point nya sih bijaksana aja jgn terpancing. Krena atpm strateginya sperti itu supaya gak diserobot oleh kompetitornya.

        Klau konsumen gak beli, pasti atpm akan mikir jga utk gak terlalu cepet merilis model baru.

  1. Apakah se superior itu nntinya cbsf facelift sampe owner current hrs panas dingin utk segera gnti tungganganya kang eno?

  2. Mungkin pemikiran nya..motor over stroke lebih cocok dgn biker pemula yg blm lihai gantung RPM…..#ehhhh 😀

  3. Nanti kalo cbr bener bener jadi over struk, trus r15 keluar yg over bore plus dohc, bakal nangis luh ngahaem,, ingat!! kata fbh, mongtor semprot itu ya over bore,,

  4. Alasan utama ATPM bikin facelift adalah: demi menggenjot sales dan meningkatkan marketshare. CBR150 yg sekarang sepertinya masih OK secara penjualan, apalagi sempet nyalip R15. Jadi, ngapain bikin facelift? Sesederhana itu..

    Opsi paling memungkinkan adalah: upgrade stiker alias striping. Scara cost gak terlalu mahal harusnya, tapi tetep dapet nuansa “penyegaran”.

  5. Kalo mau sih yah, AHM ngikutin strategi common part Sport 150cc ala YIMM aja demi menguasai dominasi MS Sport 150 yang terbukti moncer dengan R15/NVA/MXK nya.
    Tapiiiii…. CBR150 pake mesin bebek overstroke?
    Apa kata EFBEHA???

  6. AHM mah gk pernah menyakiti konsumennya.
    Kalau konsumen kecewa, mereka kn beralasan demi inovasi. Yang tdak terima inovasi, berarti dianggap ketinggalan jaman. Tuch liat mesin canggih CS – 1 gk laku bukan karena motor nya jelek. Tapi konsumen yang tidak ngerti teknologi advance Honda.

  7. Saya sebagai pemilik cbr 150r lokal,merasa tidak terpengaruh dengan upgrade cb150r. Yang ada cbr 150r lokal jadi lebih spesial dibanding sport 150cc honda yang lain karena mesin tetap oberbore dohc. Jangan sampai di buat overstruk/ambil basis mesin yang sama dari sport 150cc yang lainnya. Karena nanti cbr 150r ga akan beda jauh dengan cb150r, hanya beda pakai fairing saja.

  8. hahaha tulisan yg di coret kayaknya betoel adanja, kpn ya yg dibahas motor nasional indonesia, bukan honda, yamaha, kawasaki dan susuki(kalau gak pas tidur sih) melulu

  9. Mgkin perlu facelift mimal d bagian rangka ganti dg rangka perimeternya Cbr150 cbu coz rangka yg sekarang jd bagian yg paling enegh untuk diliat, jgn nanggung kalo mo berantem ma kompetitor (r15) coz mesin katanya lbh unggul, bisa jg untuk antisipasi si suzi n si kawi yg rumornya akan bermain d kelas ini, untuk kelas 150 – 250 cc rangka perimeter mrpkn hal yg teramat seksi untuk ditinggalkan, syukur2 (cuma mimpi) kasih pro arm, liat tuh nsr150sp, ada g orang gila yg bilang tu motor jelek desainnya? Hehe

  10. Ingat loh ya cbr 150 itu ad yg dr thailand dan d indonesia
    Kalau k45 ngikuti cb ya belum tentu thai mau ikutan
    Soalnya dr gen 1 cbr150 itu memang overbore cukup sasis aja yg melenceng dr gen sebelumnya jangan sampe ikutan mesinnya
    :p
    Kalau sakit hati sih gak terlalu d pikirkan lagi hanya sakit pas d awal launching aja setelah liat d jalanan sakit hatinya hilang
    :p

  11. Kalau K45 facelift ganti sasis jadi twinspar bakal langsung gw jual cbr cbu gw ini dan beli itu k45 baru. ga tau kenapa setiap liat sasis teralis gw jadi inget jendela rumah dan itu bikin gw mual2.. no offense ya.. motor gw di rumah vario dan cbr 150 cbu.. i am pure FBH

  12. udh bagus smua.. faceliftnya itu bagusnya :

    rangka twin spar
    konstruksi mesin boleh sama dgn cb150r. tpi karakter mesin hrus tetap overbore
    velg y 12 jari
    knalpot full-chrome
    banana arm

    pasti jos

  13. menurut w, cbr150r ga usah d rombak dlu…
    ingat, cbr150r kn d khususkn buat melawan r15 bukan cb150r…
    jd, cb150r mo d rombak buat ngelawan si raja sport vixion, ga ngaruh sama cbr150r…

  14. silahkan beropini, yg pasti banyak yg nunggu di facelife, klw udah puas dengan yg sekarang ya tinggal di pertahankan dn di rawat tapi klw menurut sampean yg facelife ternyata lebih menarik ya tinggal jual yg lama ambil yg baru,,selera orang macem2 ada suka yg lama ada juga suka yg baru,,,,

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s