Antara CEO Anyar Honda & New CBR250R 2 Silinder…

 

Takanobu Ito & Takahiro Hachigo Honda CEO Main

 

Bergantinya tampuk kepemimpinan Honda dari Takanobu Ito ke tangan CEO Anyar Honda, Takahiro Hachigo, Membawa banyak isu hangat yang berhembus di kalangan pengamat otomotif. . . Takanobu Ito sebagai pimpinan tertinggi sejak 2009, harus menyerahkan posisinya kepada Takahiro Hachigo, Selaku CEO Anyar Honda mulai Juni 2015 nanti. . . Apa yang membuat isu hangat tersebut berhembus kencang ? Dan apa hubungannya dengan CBR250R Anyar bermesin 2 Silinder ? Yuk, Kita simak aja bareng-bareng Brosist… Cekidots !!

 

Siapa Takahiro Hachigo, Sang CEO Anyar Honda ?

 

Takahiro Hachigo

 

Sebelum kita bahas ke seluk-beluk yang lebih kompleks, Ada yang perlu kita ketahui… Kedua CEO Honda beda generasi ini (Hachigo & Ito) sama sekali tak punya background di dunia sepeda motor Honda… Keduanya berasal dari divisi Roda 4 Honda (Honda Automobile). . . Yang kemudian memimpin Pabrik, Departemen, Divisi, dan kemudian memimpin Honda (CEO) secara keseluruhan. . . Jadi, Kalau Brosist bertanya-tanya kenapa Sport Bike Honda minim “greget” sejak tahun 2009 silam, ya bisa jadi yang disebutkan EA’s Blog tadi adalah Jawabannya. . .

Takahiro Hachigo dikenal sebagai orang dibalik lahirnya Honda Odyssey tahun 1999 & Honda CR-V sejak tahun 2002 silam. . . Kedua mobil hasil development Hachigo ini memang tak seheboh mobil Honda lain yang fenomenal… Tapi justru dikenal sebagai produk sukses Honda di kelasnya masing-masing, dan mengamankan posisi Honda Automobile yang saat itu hampir diakuisisi Mitsubishi. . .

 

 

Apa perbedaan Hachigo & Ito ?

 

Takanobu Ito & Honda NSX

Takanobu Ito & Acura NSX Concept…

 

 

Meski keduanya dikenal sebagai orang penting di divisi Roda 4 Honda, Tapi keduanya punya filosofi berbeda loh Brosist. . .

Jika Takahiro Hachigo dikenal sebagai penggagas Honda Odyssey & CR-V… Maka Ito adalah seorang “jenius” dengan gagasan Roda 4 nya yang terkenal seantero dunia, Honda NSX (Acura NSX) tahun 1990 silam. . . Mobil Honda ini terkenal akan keeksotisannya sebagai mobil produksi massal pertama yang dibekali all-alumunium monococque frame, Stang Piston Titanium, dll… Serta langsung melawan supercar eropa yang terkenal, Ferrari 348 & Porsche 911 !

 

Honda NSX

 

Hasil karya Takanobu Ito kita kenal saat ini sebagai salah satu yang tak terlupakan dari Honda, Namun tak demikian dengan keuntungan yang diraih pabrikan sayap mengepak tersebut… Penjualan NSX tidaklah terlalu spektakuler layaknya inovasi yang disandangnya. . . Ini tentu berbanding terbalik dengan hasil development Takahiro Hachigo dimasa silam, yang memberikan banyak keuntungan bagi Honda… Karena memang kedua hasil karya mereka berbeda segmen. . .

Singkatnya gini aja deh Brosist, Ito adalah seorang master yang jago ” Show Off Honda Ability “, Sementara Hachigo adalah seorang master ” Profit-Oriented “. . . Kalau Brosist jeli, di masa kepemimpinan Takanobu Ito silam (2009-2014), kita bisa melihat beberapa Inovasi (meski kebanyakan berhubungan dengan Roda 4) seperti Kembalinya Honda di ajang Formula 1, Honda Next-Gen NSX & Pastinya yang mencengangkan di tahun 2014 kemarin, Honda RC213V-S MotoGP Road-Bike yang dibanderol super duper mahal ! Nah, terbukti kan ?

 

 

Takahiro Hachigo & Next Honda CBR250R…

 

 

CBR250R Ross White

 

Jika berharap pada sesuatu yang tinggi pada Motor Honda (Dalam kasus ini Honda Global), maka setidaknya kurangilah mimpi tersebut… Kenapa Tuh Kang Eno ? Yaa, Karena sudah banyak media yang memberitakan, bahwa Karir Hachigo di Honda adalah seorang yang berpengalaman dibidang profit-oriented, ketimbang show-off teknologi yang membuat nama Honda melegenda seantero penjuru dunia… Baik itu di kancah Roda 2 ataupun Roda 4. . .

Bagaimana dengan Next CBR250R Kang Eno ? Lupakan sejenak mesin V-Twin Engine, atau Inline-Four Gear-Driven Camshaft Honda yang terkenal itu… Karena nampaknya Mesin 2 Silinder lebih masuk akal bagi Honda secara persaingan antar kompetitor, dan tentunya profit yang bakal didapat. . . Tapi, Ya nggak ada yang spesial lah yaa… Nggak khas Honda banget, waktu menggebrak dominasi kompetitor euy. . .

 

 

 

Well. . . Sebuah kabar yang tak mengenakkan di telinga para pecinta Honda tentunya. . . Karena sejak dulu Honda terkenal dengan Produknya yang tak hanya sekedar laris-manis dipasaran, Tapi juga yang terbaik di eranya… Sebut saja, Honda CB750, VFR750, CBR900RR Original Fireblade, NR750, hingga yang terbaru Honda RC213V-S. . . Honda membutuhkan orang yang berani berinovasi, Tak takut sedikit merugi, dan yang setiap pemikirannya Inspiratif serta Revolusioner… Layaknya Opa Soichiro Honda (Pendiri Honda & CEO Honda 1948-1973), Takeo Fukui (Penggagas Honda NR750, Original Fireblade & CEO Honda 2003-2009), atau yang bakal segera pensiun, Takanobu Ito. . .

 

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

 

Honda Rune 10

Honda Valkyrie Rune, Si Besar dengan Tampang & Suara Garang !

 

Honda Magna 750 2

Honda Magna, Cruiser Kekar Bermesin V-4 ?

 

Hawk 4

Honda NT650 Hawk GT, Sang ‘Monster’ Pertama Dari Jepang !

 

VT250F 83

Ini Dia Generasi Honda V-Twin 250cc !!

 

X-Wing9

Honda X-Wing, Sport – Touring Super Futuristik Yang Melampaui Jaman !

 

Hornet Main

Honda CB250F Hornet, Generasi Terbaik CB250 – Series !!

 

NR750 Open

Honda NR750, Kreasi, Inspirasi & Inovasi Gila yang Menembus Dekade !

 

VFR3

Honda VFR400 & RVF400, Duet 400cc Hardcore Honda !

 

VFR1

Honda VFR750R (RC30), The Ultimate Legendary 750cc !

 

CB750 Ride

Honda CB750, Motor Bermesin 4-Silinder Modern Pertama di Dunia !

Iklan

26 comments

  1. IMHO, ane pikir malah sebaliknya..
    Ito yg jagoan bisnis dan Hachigo yg show off.. Kalo bisnis honda di bawah Ito ga profitable, ga mungkin saat ini balik ke F1…Buktinya, Ito ditunjuk setelah Honda dihantam krisis global 2008.. tentunya untuk menyelamatkan bisnis, bukan buat show off.. Justru menjelang transisi CEO ke Hachigo, Honda mulai Show Off..

    Apalagi All new Acura NSX dan RCV-RS juga bukan pionir, tapi terpaksa dirilis tuk mengimbangi kompetitor…All New Acura NSX hadir menjawab Lexus LFA, RCV-RS buat menahan laju Kawasaki H2 dan Yamaha R1..

    Jadi, potensi hadirnya V-Twin justru semakin terbuka lebar 😀

    • Wahh, asik nih saling tukeran pendapat… kalo saya sih mikirnya sama kayak visordown om, secara si hachigo karakternya lebih mirip CEO Kawamoto & Yoshino. . . Nah, kalo si Ito lebih mirip Takeo Fukui. . .

      Kalo bahas mobil, saya sih kurang paham sepenuhnya, biar yg lain yg menjawab, wkwkwkwk 😀 … tapi kalo RC213V-S buat lawan Ninja H2R atau YZF R1M ? Saya rasa nggak banget om, harganya aja jauuuhhhh beda. . . Kalo misal CBR Fireblade V4 baru setuju deh

      Btw, Joss pisan om fifauzi, yang lain ada yg mau kasih input juga ??

  2. pendapat saya profit akan datang dengan sendirinya kalau produknya di sukai dan di terima pasar. ketika Honda stop dengan mobil performancenya seperti NSX Integra,S2000 dan Type-R (Civic).Fans Honda mulai kecewa karena bagi mereka Honda tidak bisa lepas dari culture balap.terbukti dengan kembalinya model baru dari NSX dan civic type-r,kerjasama dengan mclaren di formula 1.dan mesin baru VTEC turbo.kalau di roda 2 Honda lebih tenang karena mereka di atas kompetitor walau bukan di semua segmen model motor.setidaknya penjualan masih memberikan keuntungan yang besar (contoh dekat adalah Honda di negara kita tercinta ini.) mudah mudahan president honda yang baru bisa memberikan sesuatu yang mengebrak baik Honda mobil ataupun motor.dan tidak mengecewakan para fans Honda di seluruh dunia dan alam semesta.

    • Bener bgt bozzz

      Keuntungan honda indonesia hampir menyamai keuntungan yamaha indonesia

      Kan keuntungan honda indo dibagi separo buat astra

      Ngoahaahahaha

  3. Mau gunta ganti CEO juga tetep aja honda itu ?
    -elegant !
    -sedikit overprice !
    -cocok untuk segala usia !
    -nyaman !
    -irit !
    -semua bloger pakai honda !!!!

    NP:di kutip dari coment FBH di iwanbanaran.com ! 😀

  4. buat mesin v twin sendiri aja pak dhe, ga usah pake nama honda, pake aja merek AHM made in indonesia. apa susahnya sih.. lagian semua bisa d lakuin ahm kok.

  5. Yah intinya mah CBR 250 twin cylinder itu, it’s just a dream of Honda Fans gitu yah kesimpulannya kang Eno, jadi salah slogan atuh “The Power of Dream” jadi “Honda Fans Dream” never comes true 😀

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s