Honda NT650 Hawk GT, Sang ‘Monster’ Pertama Dari Jepang !

Hawk 2

 

Apa yang Brosist pikirkan saat berbicara masalah Sport Ataupun Moge dari Pabrikan Honda ?? Pastinya kita bakal mengingat sosok Motor yang stylish namun tetap elegan dipandang. . . Namun bagaimana bila pabrikan sekelas Honda menciptakan sebuah produk layaknya Motor buatan Eropa yang Berkelas ataupun Motor Amerika dengan dengan Style Cruiser nya yang Mantap ??

Yup, Jawabannya adalah Produk keren yang satu ini Brosist !! Honda NT650 atau yang lebih dikenal sebagai Honda Hawk GT. . .

Seperti apa sih Sejarah serta Detail nya ?? Yuk kita intip sama-sama Brosist !! Cekdisot…….

 

Hawk 6

 

Honda Hawk GT adalah salah satu mahakarya Honda yang terkenal akhir era 80-an hingga awal 90-an silam, tepatnya pada tahun 1988 hingga 1991. . . Sebagai Produk Global, Honda Hawk GT memiliki kode produksi RC31. . . Motor ini didesain oleh seorang desainer kepercayaan Honda, Toshiaki Kishi. . . Tak hanya Hawk GT, Kishi juga dipercaya untuk mendesain Honda CBR1000RR Fireblade & VFR1200F. . .

Secara Overall, Hawk GT didesain sebagai Motor Sport yang punya cita rasa dan menjanjikan kepuasan berkendara yang sangat tinggi. . . Lantaran modelnya menganut perpaduan antara Motor Honda, Eropa & Amerika. . .

 

Hawk 4

 

Dilihat dari sisi desain, Hawk GT jelas mencerminkan aura Moge Entry-Level yang sangat futuristik. . . Dari luar kita bisa melihat Lampu Bulet yang Klasik, Plus Styiling yang Mewah layaknya Motor keluaran Pabrikan Eropa. . . Dari sektor Frame nya kita disuguhi Alumunium Twinspar Frame yang Super Rigid plus Elf-Designed Swingarm khas Motor Sport ala Honda. . . Sementara itu tersembunyi dibalik eksotisme Framenya, Mesin V-Twin 52º berkubikasi 647cc ini mirip layaknya Motor Sport Amerika yang mengandalkan tendangan torsi yang Maknyuss. . . .

Hawk GT adalah motor kedua yang mengaplikasikan Elf-Designed Single-Sided swingarm setelah Sang Ultimate Superbike, Honda VFR750R (RC30). . . Hawk GT juga diakui sebagai inspirator Ducati Monster – Series yang kini melegenda, serta menjadi salah satu ciri khas dari Pabrikan Italia tersebut. . . Tak hanya Ducati, Bahkan Suzuki SV650 juga merupakan pengekor dari produk fantastis satu ini. . .

 

Hawk 3

 

Di sisi dapur pacu, Hawk GT menggendong mesin yang sangat unik dari Honda, yakni berkonfigurasi V-Twin 52º , 647cc, SOHC 6 Valves (3 Valves per Silinder), Dengan pendinginan Liquid Cooled (Radiator). . . Untuk penyuplai BBM nya, Motor ini masih mempercayakan kepada 2 kaburator Keihin berukuran 36 mm. . . Mesin ini memiliki Rasio Kompresi Mesin yang sangat rendah untuk ukuran Moge di Jamannya (9,2 : 1) , Lantaran memang tak terlalu diekspose kelebihannya di sektor performa. . .

Meskipun demikian, Bukan berarti sang Hawk GT memiliki performa yang jelek ya Broisist. . . Pasalnya Hawk GT juga bisa mengeluarkan Power Maksimum 56,1 HP @ 7.900 RPM & Torsi Maksimum hingga 60 N.m @ 6.000 RPM. . .Top speed nya juga diklaim mampu mencapai angka lebih dari 190 Km/h dengan mudah, Plus catatan 0 – 402 m diraih dalam waktu 13, 6 detik dalam speed 150 Km/h. . . Hal ini dapat diraih lantaran Hawk GT memiliki Berat kosong yang hanya 165 Kg, Atau mirip dengan Motor 250cc jaman sekarang Brosist !! Edyann euyyy material nya….

 

Hawk Engine

 

Mesin ini merupakan mesin yang unik dari Honda, Lantaran pembuatannya tak sebanyak generasi Mesin V-Twin lainnya seperti Family VT- Series, VTR- Series ataupun RVT – Series. . . Bahkan kabarnya hanya Hawk GT ataupun NT- Series yang menggunakan mesin unik V-Twin yang memiliki sudut 52º ini. . . Namun kabar-baik nya, Mesin ini merupakan cikal bakal dari Mesin yang digunakan oleh Honda Shadow – Series yang merupakan andalan Cruiser kelas Middleweight dari Honda. . . Juosss !!

 

 

Sebagai Tambahan, Ini dia Spesifikasi Lengkap soal Honda NT650 Hawk GT :

 

Manufaktur : Honda Motor

Model : NT650 (Hawk GT / Bros 650 / Bros MK I)

Tahun Pembuatan : 1988 – 1991 (Distribusi terakhir tahun 1993)

 

Engine : 4-Tak, Liquid-Cooled, 52º V-Twin (2 Silinder), SOHC 6 Valve

Bore x Stroke :  79 x 66 mm

Kapasitas Silinder : 647 cc

Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Keihin CV 36 mm

Rasio Kompresi :  9, 2 : 1

Transmisi : 5-Speed

Ignition : Digital Transistorized

Starter : Elektrik Starter

Max Power :  56, 1 HP @ 7.900 RPM

Max Torsi :  60 N.m @ 6.000 RPM

Top Speed :  190 Km/h

 

Frame : Alumunium Twinspar Perimeter Frame

Berat Kosong : 165 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 12 Liter

 

Suspensi Depan : 41 mm Teleskopik Fork

Suspensi Depan : Single-Sided Swingarm, Monoshock Pro-Link (Adjustable)

Rem Depan : Cakram Hidrolik 316 mm , Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik 276 mm, Kaliper 1 Piston

Ban Depan : 110/80 – 17

Ban Belakang : 150/70 – 17

 

 

Well. . . Honda Hawk GT adalah salah satu produk yang anti-mainstream dari Honda. . . Saat pabrikan jepang lain fokus ke berbagai produk beraroma racing-spek, honda justru memberikan pilihan motor yang nyaman dipakai sehari-hari serta memiliki tenaga yang tetap terjaga. . . Meskipun Part serta Performa Hawk GT masih dibawah kelas CBR600F kala itu, Namun tak sedikit pengguna CBR Hurricane tersebut yang tergila-gila terhadap styling motor yang satu ini. . .

Sayangnya, Saat itu Hawk GT dibanderol jauh lebih mahal dibanding produk 650cc sekelas, Bahkan harganya hampir setara CBR600F Hurricane yang notabene memiliki part berkategori racing. . . Itu juga sebabnya Hawk GT hanya diproduksi dalam waktu yang singkat (hanya 3 tahun) lantaran penjualannya juga tak terlalu fantastis. . .

 

Uniknya, Justru setelah motor ini stop produksi tahun 1991 silam, Hawk GT mulai menjadi incaran para kolektor lantaran ability dan kualitas material “ala” Honda yang terbukti kelas wahid. . . Hawk GT juga tercatat mampu menggetarkan pasar amerika setelah stop produksi, Lantaran harganya diturunkan beberapa ratus dollar dari harga sebelumnya. . .

So, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberikan Tagline :

” Honda NT650 Hawk GT, The Luxurious & Fascinating Cult Bike “

Hawk 5

Sekian dulu ya Brosist…. Kita berjumpa di Next Artikel History, See yahh !!!

 

Hawk 7

32 comments

  1. kalo baca ini jadi diingetin lagi betapa terbelakangnya & down specnya material motor2 sport skrg dibanding motor tua yah, masa motor ini 650cc 56hp beratnya cuma 160an kg, lha ninja 250 skrg udh masuk 170an kg, inazuma apalagi 180an kg, 250cc doang berat udh kya moge 600-800cc, tnaga 30hp aj ga sampe. amit2 dah, motor skrg dibuat pke besi apaan sih??

    ninja 250 jaman dulu seri zzr 250 ato gpx 250 thn 80an-2000an sama2 twin silinder tnaga 40 hp, berat dry cuma 146 kg/ wet 160kg, masih pake behel besi & std tengah pula, lbh kenceng, power to weight ratio bgs & fungsional dpt. nah ninja 250 skrg tnaga lbh boyo, sisi fungsionalnya udah dipangkas dgn ngilangin std tengah& behel blkg – tapi tetep aja bobot lebih berat.

    Emangnya motor2 tua itu pada masanya super duper mahalkah sampe2 zaman skrg pun pabrikan ga sanggup lagi utk bkin dgn spek serupa, rasanya ga gtu juga. Ato emg zaman skrg semua pabrikan scr global downspek produk biar margin untung lbh gede, jd pada bkin motornya udah ga seidealis dulu lagi.

  2. Kang coba atuh di ulas moge2 jadul populer yg prnh msk indonesia, kaya bandit 400, cb 400 dll. Trus ama harga second skrg. Ane rncnanya mw beli moge jadul, siapa tau kl ada artikelnya kan bs dijadiin referensi, hehe.. Kl bs ama gambar yg udh dimodif yah 😀

  3. Tolong dong kang Eno, bahas juga motor Legendaris keluaran Bimota, juga spesialis pemain tanah kayak Sherco, Beta, TM, Ossa

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s