Honda X-Wing, Sport – Touring Super Futuristik Yang Melampaui Jaman !

 

X-Wing3

 

Okey Brosist, Kita bertemu kembali di Artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Jika sebelumnya kita sudah mengupas tuntas Suzuki Bandit 250 yang bergenre Tourer, Sekarang pembahasan akan kita lanjutkan kembali ke salah satu motor bergenre Tourer ya Brosist. . . Bahan pembahasan kita kali ini adalah Honda X-Wing, Sebuah Purwarupa motor futuristik di akhir tahun 90-an Silam. . . .

Seperti apa sih detail & pernak-perniknya ?? Yuk langsung kita bahas aja Brosist. . . . Cekdisott !!

X-Wing6

 

Honda X-Wing adalah sebuah Motor Konsep yang pernah dipamerkan Honda pada Ajang Tokyo Motor Show Tahun 1999 Silam. . . Motor ini mendapat julukan sebagai “Motor Masa Depan” lantaran semua kelebihan yang ia miliki. . . Mengapa motor gambot ini disebut Motor Masa Depan ??

 

Yup ! Itu semua tak lepas karena semua kecanggihan teknologinya Brosist. . . Lihat saja sisi desainnya, X-Wing mengadopsi style ala Tourer masa depan, dan jika perhatikan lebih detail maka kita pasti akan teringat dengan motor-motor tourer Honda dimasa kini layaknya Honda Goldwing, Silverwing, dlsb. . .

Tak hanya itu, Yang membuatnya lebih berkesan adalah karena X-Wing juga sudah dibekali Sistem Navigasi Berbasis GPS, serta Panel Instrumen Display yang Terhubung ke Internet yang memberikan Info terkait perubahan suhu, Kondisi Trek, Jarak tempuh dll. . . Ingat, Itu di tahun 1999 loh Brosist !!

 

X-Wing5

 

Beralih ke sisi detail lainnya, Kita pasti akan terperangah sangat mengetahui bahwa X-Wing juga sudah dibekali fitur yang super duper lengkap untuk ukuran motor di masanya. . . Bodywork stylish nan membuat ngiler, Suspensi Depan Unik, Side Box super keren, Elf-Designed Single Side SwingArm, Combined Brake System, Anti-Lock Braking System, serta tak Ketinggalan Kontrol Traksi yang bisa disetting sesuai dengan keinginan Rider. . . . Ebusehh, Speechless euyy !!

 

X-Wing

 

Sektor mesin juga jelas tak kalah mentereng dibanding sektor lainnya !! Lihat saja Mesin Berkonfigurasi 150Β° Longitudinal V-6, 1500 cc yang super mantap. . . Mesin ini dipastikan memiliki power yang super smooth & sangat berkelas, Terlebih karena X-Wing juga sudah dibekali Penyuplai BBM berjenis Fuel-Injeksi plus Variable Valve Timing yang sangat canggih di Masanya. . . Terbayang kan betapa canggih & menginspirasi nya motor ini di Tahun 1999 Silam, Para pengamat pun saat itu menyamakan derajat Honda X-Wing dengan berbagai Motor Honda yang fenomenal lainnya seperti Honda RC-Series serta Honda NR750 karena kecanggihan Teknologinya. . .

 

X-Wing8

 

Honda X-Wing ternyata juga diketahui sebagai basic pengembangan Motor Tourer berkelas lainnya dari Honda, Termasuk yang saat ini sedang Booming yakni Honda NM4 Vultus. . . Bisa dilihat Vultus memiliki karakter serta garis desain yang sangat mirip dengan Honda X-Wing, Serta diklaim sebagai salah satu motor paling menarik dan eksotis saat ini. . . Lucunya, Vultus baru diperkenalkan akhir-akhir ini (Tahun 2014) , Sementara X-Wing sudah lahir dan tenar sejak 1999 atau sekitar 15 Tahun silam !! So, Mana yang benar-benar futuristik ?? wkwkwkwk πŸ˜€

 

 

Well. . . Satu hal yang amat disayangkan adalah karena Honda X-Wing tak jadi diproduksi Massal lantaran banyak faktor yang tak mendukung (Contoh : Basis Internet). . . Namun, Honda tetap menggunakan X-Wing sebagai basis pengembangan Motor Tourer nya hingga terkenal sampai saat ini, Termasuk Honda ST1300 V4 yang diperkenalkan beberapa tahun setelahnya. . .

Oleh karena itu rasanya tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan Tagline :

” Honda X-Wing, The Taste of Forward-Thinking Creature “

X-Wing9

Okeyy, Demikian dulu yang bisa EA’s Blog share pada Artikel History Ringan kesempatan kali ini ya Brosist. . . Kita akan berjumpa lagi di Artikel History selanjutnya Rabu Depan ya Brosist. . . . Oleh karena itu, Tetep terus Stay Updated with EA’s Blog yaaa, Karena disini kita akan berbagi tentang berbagai pengetahuan yang mungkin tak pernah dibahas oleh yang lainnya. . . Lumayan lahh, Untuk menambah wawasan kita semua terkait dunia otomotif khususnya Roda 2. . . .

 

So, Honda X-Wing. . . . Satu Lagi Kreasi yang Melampaui Jaman Brosist !!!!

X-Wing2

33 comments

  1. Mantap bahasannya Mang eno…
    Lanjutkan..

    Request artikel dong…
    tolong bhas ttg beberapa genetasi Honda NSR dr yg jadul sampe yg SP berikut speknya….

    Hatur nhun.

  2. nggak diproduksi soalnya trend pada masa itu masih belum percaya sama single sided front fork buat dipake di motor touring kelas kakap

  3. Namanya konsep ya harus melebihi jamannya atuh…
    Coba liat grafatarku, tahun 80-an tapi desainnya udah kayak gitu.

  4. Setauku belum ada. Paling yg agak mendekati fiturnya ya Honda GL-1800 sama BMW K 1600 GTL.
    Sekarang aku balik nanya, apakah setiap motor concept pasti diproduksi massal? Jawabannya udah ada diartikel ini.

    Menurutku motor concept tu sebagai sarana penyaluran ide liar para desainer (bisa orang dalam ato orang luar) yg diapresiasi sama pabrikan dengan dibuatkannya sebuah prototype.
    Tapi perlu diluruskan dulu ya, maksud motor concept disini adalah motor dengan desain yg ekstrim pada jamannya. Karna semua motor yg diproduksi massal pasti berawal dari sebuah konsep, walaupun cuma kelas bebek dan matic seperti yg beredar disini. IMHO.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s