Opini : Kawasaki Main di Kelas 150cc 4-Tak, Why Not ?

 

Ninja RR SE

 

Brosist sekalian. . . Di kancah persepeda motoran dunia, Kawasaki selalu dipandang sebagai pabrikan yang memiliki filosofi desain yang agresif, serta kerap menciptakan motor yang berpower besar. . . Namun, Di Indonesia, Nasib kawasaki kini terlihat hanya sebagai penggembira saja, Terlebih saat kelas 250cc yang dibanggakan lewat Ninja 250 jatuh ke tangan Yamaha bersama YZF R25 nya. . .

Lantas, Apakah yang harus dilakukan Kawasaki ??

 

 

Sebuah pemikiran ala pengamat (masih) abal-abal yakni EA’s Blog sih, menganggap Kawasaki harus bermain di kancah sport 150cc, yang pasarnya sangat menjanjikan dan terus bertumbuh layaknya iklan proma*. . . Okelah, Kita ketahui bersama bahwa Kawasaki menegaskan tak bermain segmen skutik di Tanah air, karena alasan pride atau sejenisnya (and whatsoever lahh). . .

Namun segmen sport 150cc ?? Nampaknya ini menjadi kelas yang sangat menggiurkan untuk pabrikan sekelas Kawasaki, Kecuali yaa memang Kawasaki ini pabrikan yang tidak profit-oriented (dan EA’s Blog yakin jarang ada perusahaan seperti itu). . . Meskipun tak mampu mendulang angka yang fantastis semisal pabrikan Y & H karena keterbatasan lingkup produksi, Tapi keberadaan Kawasaki di kelas ini dengan filosofi desain & totalitas nya yang terkenal, Maka konsumen juga akan diberikan banyak pilihan serta semakin diuntungkan. . .

 

Ninja RR Test

 

Satu hal lain, Nama besar Kawasaki Ninja 150 – Series harusnya mampu dimanfaatkan oleh Kawasaki untuk produk selanjutnya. . . Meskipun sudah ada Ninja 250 RR Mono yang diplot sebagai pengganti Ninja 150 RR, Namun harga yang terpaut jauh dengan pasar sport 150cc 4-Tak (dibawah 30juta) tentunya strategi pengalihan ini menjadi dipertanyakan. . .

Nah, Bila menelurkan sebuah produk sport anyar 150cc yang harganya dibenturkan dengan YZF R15 & New CBR150R, Tentunya bakal menjadi sebuah hal yang menarik bukan ?? Apalagi, Jika kawasaki juga mampu melebarkan jangkauannya ke kelas Naked-Bike 150cc 4-Tak yang angka penjualannya luarr biasaaa (Dengan nama Kawasaki Z150 mungkin). . . Ingat, Kawasaki Ninja 150 SS & R juga punya banyak fans loh Brosist !

 

Mesin Ninja 150 4-Tak

 

Bagaimana dengan mesin 150cc 4-Tak nya ?? Yahh, EA’s Blog berharap sih Kawasaki mampu membuatnya sendiri. . . Muosok bikin motor super gahar sekelas Ninja H2R bisa, bikin mesin 150cc 4-Tak yang powerfull nggak bisa ?? EA’s Blog percaya banget lah sama kemampuan KHI Group….. 🙂

Seandainya tak bisa pun, Masih ada Bajaj-KTM yang mampu diandalkan. . . Yap ! Pabrikan yang punya kerjasama dengan Kawasaki ini memang pernah dirumorkan akan menjadi pembuat mesin 150cc 4-Tak untuk Next Ninja 150. . . Meskipun dalam kasus ini akan dipertanyakan soal totalitas dari Kawasaki, Namun demi memberikan power yang mumpuni, Hal ini sih menurut EA’s Blog sah-sah saja untuk dilakukan. . .

 

Kawasaki Pulsar 200NS

 

Loh, Kawasaki kan sudah punya Kawasaki-Bajaj Pulsar 200NS sebagai andalan di kelas harga 150cc Kang Eno ?? Iya sih Brosist, Tapi keuntungan antara memasarkan produk orang lain dengan produk sendiri jelas berbeda signifikan kan (If u Know What I Mean) ??? Nah, Ini tentu bakal balik lagi ke pembahasan profit-oriented yang dibahas diatas tadi. . . Lagipula, Jika memang jadi menelurkan Ninja 150 4-Tak, Kawasaki juga mampu mem-produksinya secara lokal kan Brosist. . . Otomatis, Cost nya bisa direduksi signifikan ketimbang CBU/CKD tuh…. 🙂

 

 

 

Well. . . Tentunya ini hanya sebatas pendapat dari analisa awam ala EA’s Blog saja yaa Brosist. . . Sisanya tentu saja balik lagi ke Kawasaki, Apakah serius mau bemain di pasar sport tanah air. . . Jika iya, Tentunya ini bakal menarik dan EA’s Blog rasa bakal sedikit menggoyang pasar tanah air nih Brosist. . . Karena EA’s Blog yakin, menelurkan sebuah motor baru takkan semudah mengetik artikel ini. . . So, Kita tunggu saja yaa Brosist 🙂

 

Kawasaki Ninja 150cc 4-Tak. . . It’s Do or Die !!

New Ninja RR

Baca Juga yaa Brosist. . . .

 

Kawasaki Ninja 150 4-Tak, Ini Dia Ujian Sesungguhnya Bagi Geng-Ijo !!

The Story of Legendary Ninja 150 – Series !

Kawasaki Pulsar 200NS Injeksi Ke Indonesia ? Masih Lama !

Ini Dia Jajaran Sport Non – Jepang Yang Mampu Bersaing dengan Sport 250cc Pabrikan Jepang !

KMI Tegaskan Tak Ada Ninja 150 Edisi Perpisahan !!

Kawasaki Ninja 250 RR Mono & KLX150L Naik Harga !

Ini Dia Alasan Penjualan Ninja 250 Disalip YZF R25 !

Iklan

31 comments

  1. Klo bisa kawasaki bikin motor ga usah nanggung sekalian aja bikin yang bagus contohnya pake motor ZX6R bikin duplikatnya rangka mesin semuanya sama persis cuma ccnya aja ϔά♌ƍ Θΐ kecilin jadi 150 cc pasti dunia otomotif tercengang dan motor ini bakal laku keras…Θΐ jamin geng ijo bakal pegang pasaran 150 cc 4 tak

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s