Opini : Kawasaki Main di Kelas 150cc 4-Tak, Why Not ?

 

Ninja RR SE

 

Brosist sekalian. . . Di kancah persepeda motoran dunia, Kawasaki selalu dipandang sebagai pabrikan yang memiliki filosofi desain yang agresif, serta kerap menciptakan motor yang berpower besar. . . Namun, Di Indonesia, Nasib kawasaki kini terlihat hanya sebagai penggembira saja, Terlebih saat kelas 250cc yang dibanggakan lewat Ninja 250 jatuh ke tangan Yamaha bersama YZF R25 nya. . .

Lantas, Apakah yang harus dilakukan Kawasaki ??

 

 

Sebuah pemikiran ala pengamat (masih) abal-abal yakni EA’s Blog sih, menganggap Kawasaki harus bermain di kancah sport 150cc, yang pasarnya sangat menjanjikan dan terus bertumbuh layaknya iklan proma*. . . Okelah, Kita ketahui bersama bahwa Kawasaki menegaskan tak bermain segmen skutik di Tanah air, karena alasan pride atau sejenisnya (and whatsoever lahh). . .

Namun segmen sport 150cc ?? Nampaknya ini menjadi kelas yang sangat menggiurkan untuk pabrikan sekelas Kawasaki, Kecuali yaa memang Kawasaki ini pabrikan yang tidak profit-oriented (dan EA’s Blog yakin jarang ada perusahaan seperti itu). . . Meskipun tak mampu mendulang angka yang fantastis semisal pabrikan Y & H karena keterbatasan lingkup produksi, Tapi keberadaan Kawasaki di kelas ini dengan filosofi desain & totalitas nya yang terkenal, Maka konsumen juga akan diberikan banyak pilihan serta semakin diuntungkan. . .

 

Ninja RR Test

 

Satu hal lain, Nama besar Kawasaki Ninja 150 – Series harusnya mampu dimanfaatkan oleh Kawasaki untuk produk selanjutnya. . . Meskipun sudah ada Ninja 250 RR Mono yang diplot sebagai pengganti Ninja 150 RR, Namun harga yang terpaut jauh dengan pasar sport 150cc 4-Tak (dibawah 30juta) tentunya strategi pengalihan ini menjadi dipertanyakan. . .

Nah, Bila menelurkan sebuah produk sport anyar 150cc yang harganya dibenturkan dengan YZF R15 & New CBR150R, Tentunya bakal menjadi sebuah hal yang menarik bukan ?? Apalagi, Jika kawasaki juga mampu melebarkan jangkauannya ke kelas Naked-Bike 150cc 4-Tak yang angka penjualannya luarr biasaaa (Dengan nama Kawasaki Z150 mungkin). . . Ingat, Kawasaki Ninja 150 SS & R juga punya banyak fans loh Brosist !

 

Mesin Ninja 150 4-Tak

 

Bagaimana dengan mesin 150cc 4-Tak nya ?? Yahh, EA’s Blog berharap sih Kawasaki mampu membuatnya sendiri. . . Muosok bikin motor super gahar sekelas Ninja H2R bisa, bikin mesin 150cc 4-Tak yang powerfull nggak bisa ?? EA’s Blog percaya banget lah sama kemampuan KHI Group….. 🙂

Seandainya tak bisa pun, Masih ada Bajaj-KTM yang mampu diandalkan. . . Yap ! Pabrikan yang punya kerjasama dengan Kawasaki ini memang pernah dirumorkan akan menjadi pembuat mesin 150cc 4-Tak untuk Next Ninja 150. . . Meskipun dalam kasus ini akan dipertanyakan soal totalitas dari Kawasaki, Namun demi memberikan power yang mumpuni, Hal ini sih menurut EA’s Blog sah-sah saja untuk dilakukan. . .

 

Kawasaki Pulsar 200NS

 

Loh, Kawasaki kan sudah punya Kawasaki-Bajaj Pulsar 200NS sebagai andalan di kelas harga 150cc Kang Eno ?? Iya sih Brosist, Tapi keuntungan antara memasarkan produk orang lain dengan produk sendiri jelas berbeda signifikan kan (If u Know What I Mean) ??? Nah, Ini tentu bakal balik lagi ke pembahasan profit-oriented yang dibahas diatas tadi. . . Lagipula, Jika memang jadi menelurkan Ninja 150 4-Tak, Kawasaki juga mampu mem-produksinya secara lokal kan Brosist. . . Otomatis, Cost nya bisa direduksi signifikan ketimbang CBU/CKD tuh…. 🙂

 

 

 

Well. . . Tentunya ini hanya sebatas pendapat dari analisa awam ala EA’s Blog saja yaa Brosist. . . Sisanya tentu saja balik lagi ke Kawasaki, Apakah serius mau bemain di pasar sport tanah air. . . Jika iya, Tentunya ini bakal menarik dan EA’s Blog rasa bakal sedikit menggoyang pasar tanah air nih Brosist. . . Karena EA’s Blog yakin, menelurkan sebuah motor baru takkan semudah mengetik artikel ini. . . So, Kita tunggu saja yaa Brosist 🙂

 

Kawasaki Ninja 150cc 4-Tak. . . It’s Do or Die !!

New Ninja RR

Baca Juga yaa Brosist. . . .

 

Kawasaki Ninja 150 4-Tak, Ini Dia Ujian Sesungguhnya Bagi Geng-Ijo !!

The Story of Legendary Ninja 150 – Series !

Kawasaki Pulsar 200NS Injeksi Ke Indonesia ? Masih Lama !

Ini Dia Jajaran Sport Non – Jepang Yang Mampu Bersaing dengan Sport 250cc Pabrikan Jepang !

KMI Tegaskan Tak Ada Ninja 150 Edisi Perpisahan !!

Kawasaki Ninja 250 RR Mono & KLX150L Naik Harga !

Ini Dia Alasan Penjualan Ninja 250 Disalip YZF R25 !

31 comments

  1. Klo bisa kawasaki bikin motor ga usah nanggung sekalian aja bikin yang bagus contohnya pake motor ZX6R bikin duplikatnya rangka mesin semuanya sama persis cuma ccnya aja ϔά♌ƍ Θΐ kecilin jadi 150 cc pasti dunia otomotif tercengang dan motor ini bakal laku keras…Θΐ jamin geng ijo bakal pegang pasaran 150 cc 4 tak

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s